Tuesday, 5 November 2019

Cara Jitu Meningkatkan Traffic ke Website Agar Bisnis Semakin Lancar

Pengguna internet di Indonesia semakin hari semakin banyak jumlahnya. Terutama bagi generasi muda yang akrab dengan teknologi. Bisa dikatakan jika generasi yang dekat dengan internet adalah generasi yang beruntung. Karena dengan internet mereka bisa memiliki penghasilan. Anak sekolah sekarang bisa menjadi penerbit konten hanya bemodalkan internet, bersaing dengan media yang sudah mapan. Dengan menggunakan internet pula, seorang mahasiswa bisa membangun bisnis yang melayani konsumennya di seluruh Indonesia.

cara jitu meningkatkan traffic ke website agar bisnis semakin lancar

Well, terbukti jika internet benar-benar memberi kesempatan kepada siapa pun untuk bisa bersaing dengan golongan yang sudah mapan, bukan?


Bagi yang memiliki kemampuan menulis, dengan inernet juga bisa menerbitkan buku dengan mudah tanpa harus bekerja sama dengan penerbit besar. Dengan bermodalkan smartphone, laptop dan internet, kita bisa memasarkan produk hingga ke seluruh dunia. Internet benar-benar mengubah cara orang berbisnis.

Melalui internet, pebisnis dapat menjangkau target pasarnya lebih luas dengan biaya yang lebih terjangkau. Namun jika tidak direspon dengan baik, kehebatan internet bisa menjadi bumerang bagi pelaku bisnis. Apabila tetap terpaku dengan cara lama bukan tidak mungkin akan kalah bersaing dengan kompetitor bahkan bisa saja bisnisnya mengalami kegagalan.

Dahulu untuk membuat usaha ramai dikunjungi pelanggan, kita harus menyewa atau memiliki tempat usaha yang strategis. Namun kini lokasi yang strategis tidak selalu menjadi hal yang utama untuk mencapai suksesnya pemasaran sebuah bisnis.

Agar bisnis lebih sukses, tidak hanya dengan memiliki tempat usaha di lokasi yang strategis. Lebih dari itu, bisnis yang kita miliki harus mudah ditemukan. Nah dari beragam metode pemasaran, salah satu sistem penjualan yang banyak digunakan dan sudah terbukti ampuh adalah pemasaran melalui internet.

Apapun bisnis yang kita miliki, akan semakin baik jika bisnis tersebut mudah ditemukan di internet. Ketika produk kita mudah ditemukan, akan semakin banyak orang yang akan menjadi pembeli produk kita.

Lalu bagaimana caranya agar bisnis kita bisa eksis di internet? Salah satunya dengan menggunakan website. Tidak hanya sekedar memiliki website saja, tetapi kita juga harus mampu membuat website kita mudah ditemukan oleh pelanggan dan banyak mendatangkan traffic.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mendatangkan traffic website, yaitu

1. Lakukan SEO


Cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan teknik SEO (Search Engine Optimization). SEO terdiri dari dua jenis yaitu on page dan off page. SEO on page fokus pada optimalisasi hal-hal yang ada di website. Sedangkan teknik SEO off page fokus pada hal yang ada di luar website.
cara jitu meningkatkan traffic ke website agar bisnis semakin lancar

Dengan menerapkan SEO pada website milik kita, diharapkan bisa mengoptimalkannya mendapatkan peringkat yang maksimal pada hasil pencarian di Google. Penerapan SEO yang optimal dapat membuat blog atau website kita menembus halaman pertama atau bahkan peringkat pertama di Google. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat website kita ada di halaman utama google yaitu:

a. Melakukan Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog atau website lain, lalu kita meninggalkan komentar sambil menyisipkan alamat website milik kita di bagian nama pemberi komentar.

Misalnya ketika teman-teman mengunjungi blog www.nurulfiri.com lalu membaca salah satu tulisan saya kemudian memberikan komentar. Nah ketika komentar dipublikasikan, orang lain bisa membaca komentar tersebut. Lalu saat orang lain mengklik nama teman-teman maka pembaca akan diarahkan ke website/blog teman-teman. Dengan demikian akan mendongkrak pengunjung blog/website kita, bukan?

b. Menjadi Penulis Tamu di Blog Lain

Cara berikutnya yang bisa diterapkan untuk mengoptimalkan website yaitu dengan cara menjadi penulis tamu. Ketika menjadi penulis tamu, kita menulis artikel yang di-publish di blog orang lain. Dalam artikel yang ditulis kita boleh mencantumkan link yang apabila di klik akan mengarah ke blog kita. Selain itu kita juga bisa menuliskan profil singkat sebagai penulisnya.

Selain bisa mendukung optimalisasi SEO untuk website, menjadi penulis tamu juga bisa meningkatan popularitas sekaligus mengenalkan profil bisnis kita kepada publik, loh! Bagaimana, tertarik?

c. Membagikan Link Tulisan ke Sosial Media

Sosial Media yang kita miliki juga bisa dijadikan sarana untuk mendatangkan traffic ke website. Beberapa media sosial yang bisa digunakan untuk optimalisasi website yaitu facebook, twitter, instagram dan youtube.

cara jitu meningkatkan traffic ke website agar bisnis semakin lancar

2. Memanfaatkan E-book Sebagai Sarana Promosi Website


Kita juga bisa memperkenalkan website melalui e-book. Cara mengoptimalkannya sangat sederhana. Usahakan untuk membuat e-book yang berkaitan dengan isi website kita. Selanjutnya di akhir e-book bisa ditampilkan alamat website kita. Selain itu kita juga bisa mengisi e-book dengan sedikit cerita yang bisa menggugah pembaca untuk membeli produk. Dengan begitu, ketika pelanggan membaca e-book kita, mereka akan tahu tentang website tersebut dan bisa saja jadi pembaca setia website kita.

Promosi menggunakan e-book termasuk upaya promosi dalam jangka panjang. Mengapa demikian? Karena saat e-book kita dipublikasikan di internet, e-book tersebut akan tetap ada selama karya tersebut tidak dihapus.

3. Beriklan di Internet


Menggunakan jasa iklan juga merupakan langkah strategis yang bisa mendatangkan traffic di website. Dari berbagai layanan program periklanan yang tersedia seperti facebook ads dan google AdWords, merupakan program periklanan yang banyak direkomendasikan.

Banyak direkomendasikan disebabkan kedua program layanan itu sangat mudah untuk digunakan oleh siapa pun. Melalui iklan maka produk kita bisa terkenal dan dapat mendatangkan traffic ke website.

4. Menceritakan Website Kita Kepada Semua Orang.


Promosi website tidak hanya dilakukan secara online. Promosi blog/website juga bisa dilakukan melalui percakapan sehari-hari. Setiap ada kesempatan untuk membicarakan website/blog kita, ceritakan secara langsung maupun melalui via chat di aplikasi pesan seperti Line atau WhatsApp

5. Mengadakan Kegiatan Offline


Sarana promosi blog/website juga dapat dilakukan melalui kegiatan offline, contohnya seminar, perlombaan, workshop, dan kegiatan lainnya. Kegiatan offline semacam itu dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengenalkan website/blog kita kepada publik.

Singkatnya semua upaya untuk mempromosikan website akan bermuara pada upaya menjadikan website kita sering diingat oleh banyak orang. Dan semakin banyak orang yang kenal dengan website kita maka semakin besar juga jumlah orang yang berkunjung. Sehingga tidak menutup kemungkinan, selanjutnya akan menjadi pelanggan dari produk kita.

Satu hal yang mesti menjadi perhatian pada saat website kita sudah popular atau mudah ditemukan oleh pengguna internet, maka akan dibutuhkan resource yang tidak sedikit agar website dapat bekerja dengan maksimal. Untuk mendapatkan resource disarankan untuk bisa mendapatkan ruang yang cukup besar untuk menyimpan file website dengan layanan dari Hosting Indonesia seperti Qwords.

cara jitu meningkatkan traffic ke website agar bisnis semakin lancar

Dengan demikian website binis yang kita miliki akan mudah dicari dan bisa menarik pengunjung sehingga jalannya bisnis pun bisa semakin meningkat. Yes, internet bisa memudahkan semua orang untuk melakukan segala hal termasuk berbisnis, bukan?

Bagaimana dengan teman-teman, apakah sudah mengoptimalkan internet untuk berbisnis atau mengenalkan profil kita pada publik? Yuk, sharing!

                   Salam takzim

64 comments:

  1. Shiaaappp! mau lakukan semua tips yg dikau jembrengin Mba
    Thanks loot sharing-nya yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Berkat perkembangan zaman, teknologi semakin canggih dan sangat memudahkan pekerjaan kita.

    ReplyDelete
  3. Wah, terimakasih banyak sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaat sekali ini Mbak.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih untuk tips yang sudah dibagikan Mbak, pasti akan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. Oh ternyata kita juga perlu mengadakan kegiatan offline juga ya Mbak.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, informasi yang sangat bermanfaat sekali Mbak. Semangat terus dalam berkarya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp!
      Sesama content creator saling dukung dan menguatkan yaaa
      berbagi tips juga cihuy niiihhh
      --bukanbocahbiasa(dot)com--

      Delete
  7. Untuk urusan SEO sebenarnya sangat banyak. Google sendiri mencatat bahwa ada sekitar 200 faktor SEO. Walaupun SEO sangat penting, namun kualitas konten juga sangat menentukan.

    Cuman kendalanya, kualitas tulisan tanpa ditunjang SEO yang bagus akan susah dan lama untuk dapat ranking

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul, kualitas konten itu sebetulnya yang paling utama ya, tapi memang kalo nggak ditunjang SEO jadinya susah juga masuk ranking. Jadi dua-duanya penting :D

      Delete
  8. Benar juga, ya. Banyak usaha yang jadi lebih mudah dikembangkan dengan adanya internet. Ide bikin ebook dan acara offline ini boleh juga dipakai

    ReplyDelete
  9. Ada banyak cara buat naikin traffic ya..yg penting konsisten n tekun ngeblognya

    ReplyDelete
  10. Point 1 b aku belum pernah coba ni teh soalnya waktu itu pernah coba mau nulis kayak masih helum terbiasa gitu sama platform nya dan akhirnya gak jadi. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Wah keren juga nih idenya, membuat e book untuk promosi website. Makasih banyak buat semua tips nya, duh masih banyak PR yang harus dikerjakan nih untuk meningkatkan traffic website.

    ReplyDelete
  12. Aku masih pengen belajar mba buat SEO ya ampun hahaha masih bener-bener ga bisa :p

    ReplyDelete
  13. Internet sudah jadi jalan usaha saya sejak 2011, sepulangnya saya merantau dari luar negeri jadi TKI. Alhamdulillah kalau internet dimanfaatkan dengan positif, bisa jadi ladang usaha, termasuk dalam berbisnis yang mengandalkan website salah satunya

    ReplyDelete
  14. Aku masih terus belajar nih mba pengen ngerti SEO hehehe pegennya sih belajar tatap muka soalnya kalau panduan dari google ga ngerti :D

    ReplyDelete
  15. wahh trims nih tips2nya.. banyak yang belum aku lakukan... hehe.. Aku baru sebatas bikin tulisan SEO aja.. share di medsos dan BW..

    ReplyDelete
  16. SEO masih jadi tantangan banget buat saya. Tapi, ya harus tetap dipelajari meskipun dasarnya supaya traffic blog minimal lumayan, lah

    ReplyDelete
  17. Wah menarik juga nih yang membuat e-book. Jadi kita bisa membuat dan menyebarkan e-book dan menyelipkan juga link website kita di sana ya.

    ReplyDelete
  18. Memanfaatkan E-book Sebagai Sarana Promosi Website ---- belum pernah kucoba yang ini. Suamiku pernah bilang juga tentang ini tapi belum terpikir. Bagus juga ya ...

    ReplyDelete
  19. Masih PR banget nih mba belajar SEO. Selama ini kebanyakan nulisnya ya asal nulis aja, belum menerapkan sangat prinsip-prinsip SEO. Penting juga ya ternyata belajar SEO untuk meningkatkan trafik blog.

    ReplyDelete
  20. Ooow, unik ya, jadi website kita sendiri juga harus terus menerus dipopulerkan, baik online maupun offline?

    nulis sebagai blogger tamu itu boleh juga, ya... sapa ya yang mau tak tulisin blognya xixixixiixi

    ReplyDelete
  21. SEO cuma basic, perlu belajar lagi. Untuk E-book belum pernah. Tipsnya bikin semangat ngeblog yg akhir2 ini turun kembali lagi. Males ngeblog jadi trafficku terjun juga :(

    ReplyDelete
  22. Baru tahu nih saran ttg kasih link di ebook. Berarti harus publish cerita dulu yaa. Hahaha..

    Aku masih berjuang sama seo sih,kalo share ke orang2 udah dilakukan walau awalnya maluuu..
    Skrg pake wa status juga, jd gak cuma kalangan blogger yg tahu webku

    ReplyDelete
  23. seo yg paling bikin puyeng nih teh, hihihi
    mau nerapin kok yaa bingung gitu padahal udah diajarin :D

    ReplyDelete
  24. Klo saya lebh fokus ke seo sama make informative article dulu, yang lainnya sebagai support aja.. Smangat meningkatkan traffic man teman bloggerku sayang

    ReplyDelete
  25. Blogwalking adalah salah satu memiliki manfaat untuk meningkatkan traffic mbak dan semoga terus bisa konsisten.

    ReplyDelete
  26. thanks sharingnya mba nurul. huhuhu, kayaknya dr smua point itu aku msh blm oke deh. yg uda dikerjakan belum maksimal dan bbrp point spt vikin ebook sama sekali blm pernah

    ReplyDelete
  27. SEO tricks memang bermanfaat bangeet ya mba..aku udah lama pengen belajar yang serious tapi belum sempet ajaa deh

    ReplyDelete
  28. Menjadi penulis tamu ini yang lama banget udah nggak aku lakukan. Tahun ini sama sekali enggak nulis untuk website lain

    ReplyDelete
  29. Ini juga bisa jadi tips monetisasi blog ya biar traffic meroket. Aku masih payah nih dalam hal SEO-nya :D

    ReplyDelete
  30. saya sih masih ke hal tentang SEO sih, sama lkeyword hasil roset emang menang banyak itu mnak

    ReplyDelete
  31. Blogger juga bisa memanfaatkan ini, ya. Punya blog dengan traffic yang banyak pasti menyenangkan dan bisa menguntungkan juga

    ReplyDelete
  32. Informasi yang sangat dibutuhkan nih buat para pebisnis yang menggunakan teknologi digital seperti website.. ini bisa juga diberlakukan bagi para blogger ya mbak.. sip sip informasinya sangat bermanfaat banget ini dan ingin trafic blog bagus akutuh

    ReplyDelete
  33. Tipsnya lengkap nih, mau mulai dipraktikkin sesegera mungkin biar trafik website saya jadi meningkat juga. SEO terutama sangat berpengaruh ya karena kalau tulisan bisa muncul di halaman muda Google, otomatis akan mendatangkan pembaca organik juga

    ReplyDelete
  34. Beberapa tips di atas udah saya jalankan sih. Cuma masih banyak yang jadi PR buat saya apalagi yang berhubungan dengan SEORANG masih belum bisa saya terapkan sepenuhnya.

    ReplyDelete
  35. Aku sesekali suka lupa membagikan url artikel di komunitas Fb, paling di sosial media sendiri aja. Atau ikutan blogwalking juga bisa digunakan untuk menjaring trafik ya

    ReplyDelete
  36. Bener banget kak semua cara diatas dan SEO ini yang belum aku paham betul huhu. Saya sendiri PV meningkat ya share sosmed juga sih.

    ReplyDelete
  37. Traffic emang penting banget sih tapi untuk blogger blogger yang biasanya ikut lomba atau didayagunakan penambah penghasilan hihi.. aki sendiri SEO nya belom lulus nih mba 😂

    ReplyDelete
  38. SEO-nya ini yang susah, Mbak.. Huhu, belum apa-apa udah mumet duluan, hiks..

    ReplyDelete
  39. terima kasih sudah berbagi informasi yang bermanfaat seperti ini. semoga bisa membawa keberkahan bagi orang banyak

    ReplyDelete
  40. mengadakan kegiatan offline tuh termasuk efektif. kalau udah kenal pasti bakal cari info ke web. idaman banget punya traffic yg tinggi

    ReplyDelete
  41. Kalau untuk bisnis emang penting banget deh punya website, yang pasti harus enak tampilannya dan bagus tentunya. SEO ini emang paling penting banget deh untuk meningkatkan traffic ya mbak.

    ReplyDelete
  42. Masalah SeO saya mah masih blank teh haha, kudu banyak belajar lagi nih

    ReplyDelete
  43. Iya nih mba utk blog berkualias hrs tekun ya SEO utama walaupun masih terus kupelajari Juga walaupun rada berasap sedikit ☺️

    ReplyDelete
  44. No 5 kyknya yang belum pernah saya coba hehe. Kalau SEO skrng lagi keranjingan SEO-in semua bahkan tulisan curhat di-SEOin supaya ditemukan hehe. Buat yang ternak adsense atau jualan sungguh menguntungkan yaaa kalau trafik tinggi :D

    ReplyDelete
  45. Banyak PR nihh biar blogku makin dilirik mba, semoga bisa mengikuti saranmu lebih rajin ya..biar makin bagus kinerja blogku..

    ReplyDelete
  46. e-book juga gak kalah penting ya buat ningkatin traffic website, biar bisnis makin lancar

    ReplyDelete
  47. Aq baru kepikiran untuk menjadi guess di blog orang lain, sbnrnya dulu ada yang pernah tawarin, tp krna kurang ngerti jd tolak deh huhu, pdhl bagus yah untuk menaikkan traffic

    ReplyDelete
  48. Wah perlu juga ya menceritakan pada orang lain tentang blog kita. Saya malah kadang menyembunyikan diri, menutupi kalau saya punya blog. Malu mau cerita-cerita soal blog saya

    ReplyDelete
  49. Waaah cara cara ini memang sangat penting untuk dilakukan agar trafic lancar.

    Tapi yang paling pentin sih konsisten, kalau cuma belajar seo tapi ga konsisten ngeblog percuma juga. Pernah nyoba...

    ReplyDelete
  50. Wahahaha sejauh ini saya sebagai blogger biasa hanya menjalankan metode blogwalking saja, pantes sepi ._.

    ReplyDelete
  51. Nah ini yang baru saya lakukan Mbak. Sebagai newbie saya masih terus berusaha untuk menaikkan trafic. Perlu di coba ini Mbak tipsnya. Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  52. Wuih perlu banyak belakar lahi saya... semoga diluaskan kolam ilmu yang di share ini mbak

    ReplyDelete
  53. SEO masih PR banget nih buat aku. Pelan² sih mulai menata tulisan sendiri. Walopun blm nangkring pejwan. Hehe...
    Blogwalking tuh kadang maleees banget. Hayuuh aaah semangat...
    Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  54. Yuni udah mulai kenal SEO, udah mulai ikutan BW. Yang belum adalah menjadi penulis tamu di blog orang lain. Hehehe

    ReplyDelete
  55. Membaca ini membuat saya terpacu untuk belakar lagi..
    Makasih mbak sharingnya

    ReplyDelete
  56. Wow, tipsnya mantul banget nih Teh.
    Mesti saya catat baik-baik ini buat bekal pensiun nanti, kali aja saya ikutan bisnis hehehe...

    ReplyDelete
  57. Memperkenalkan website melalui e-book. Wah, ide menarik ini. Efektif juga pasti ya selali teknik SEO yang selama ini sudah biasa dijalankan. Ternyata ada banyak cara untuk meningkatkan traffic ke website

    ReplyDelete
  58. Ternyata banyak cara ya mbak, saya gak sempat kepikiran yang promo di e-book itu

    ReplyDelete
  59. Cara-cara yang dituliskan disini memang ampuh yaa mbak untuk meningkatkan traffic website kita, asal telaten mengelolanya. Tentu dibutuhkan website yang akses dan konektivitasnya juga cepet lancar dan gak lelet ya mbak

    ReplyDelete
  60. Wah, sekaramg agar bisnis kita lancar, dapat dilakukan dengan meningkatkan traffik kebwebsite

    ReplyDelete
  61. Tipsnya banyakk, dan aku cuma tahu beberapa aja. Jadi banyak PR, nih, srmoga di 2020 makin maksimal ngelola web.

    ReplyDelete
  62. Sudah lama pengen tahu apa sih yang bisa mendongkrak traffic blog. Alhamdulillah dapat jawabannya di sini. Tfs mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^