Tuesday, 17 December 2019

Pentingnya Menjaga Keamanan Website Untuk Narablog

Sebuah website bagi narablog merupakan hal yang penting. Eh, sebentar, barangkali ada yang masih bingung, apa bedanya website dan blog? Secara sederhana yang disebut website adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut semua situs web yang berada di internet.


Sedangkan blog merupakan salah satu jenis website yang populer, karena pengelolaanya yang sangat sederhana. Dan seringkali blog disebut sebagai website pribadi. Mengapa disebut sebagai website pribadi? Karena tulisan di dalamnya biasanya berisi berbagai tema yang diminati oleh pemilik blog. Gaya bahasa yang digunakan pun menggunakan bahasa yang lebih personal.


Singkatnya, blog merupakan salah satu jenis website. Jadi boleh dong jika saya menyebut blog tempat kita berinteraksi ini sebagai sebuah website?

Nah berbicara tentang website atau blog, saya ingin sekali punya sebuah website pribadi dengan performa yang bagus. Yang dimaksud bagus di sini, blog kita nyaman dilihat, mudah untuk dibuka dan memiliki konten yang bermanfaat bagi pembaca.

Blog sebagai salah satu jenis dari website ini memiliki banyak manfaat bagi saya pribadi. Apa sajakah manfaatnya bagi saya?

1. Sebagai sarana menulis.
Selain menulis naskah buku, blog merupakan wadah lain yang menunjang saya dalam merangkai kata dan membagikan tulisan yang bermanfaat untuk orang lain.
Siapa yang tidak senang apabila tulisan kita bisa menjadi inspirasi bagi orang lain? Menjadi bahan tutorial yang diperlukan? Pasti semua mau, deh!

Selain itu, saya juga bisa bebas mengekspresikan semua yang ada di pikiran dan hati, di media online ini. Seperti yang dikatakan banyak orang, menulis bisa melepas stress. Asyiknya nulis di blog itu, kita bisa mencurahkan semua yang ada di pikiran dan melepaskan segala yang kita rasakan. Bahkan ada yang memanfaatkan menulis sebagai terapi gangguan bipolar, loh!


2. Sebagai tempat untuk menyimpan dokumentasi. Di dalam blog saya, tertuliskan beberapa cerita perjalanan keluarga saya. Mulai dari tahap pengasuhan anak dan tumbuh kembangnya, aktivitas mereka sehari-hari hingga pengalaman kami saat berlibur ke suatu tempat. Tentunya cerita yang bisa diambil manfaatnya oleh orang lain, bukan hanya sekedar cerita saja.

Tidak hanya cerita yang dituliskan tetapi disertakan juga gambar-gambar yang mendukung. Di sana, semua kenangan keluarga saya terdokumentasikan dengan baik. Jika saya kangen dengan masa kecil anak-anak, saya bisa membaca tulisan-tulisan saya yang terdahulu. Atau apabila saya hendak pergi ke suatu tempat wisata yang sebelumnya sudah dikunjungi, saya juga bisa melihat kembali informasinya di blog.

Saya juga tinggal membuka blog ketika ingin mengingat materi parenting atau seputar kepenulisan. Karena saya juga mendokumentasikan materi hasil training atau materi talkshow yang pernah saya ikuti di website pribadi saya ini.

3. Meningkatkan kredibilitas
Saat ini masyarakat lebih banyak memanfaatkan internet untuk mencari produk atau jasa layanan. Dari blog atau website kita, konsumen bisa dengan mudah menemukan layanan yang mereka cari.
Misalnya saja konsumen yang membutuhkan artikel untuk bisnis mereka,  bisa saja memesannya dari penulis sebuah blog. Dalam kasus seperti ini, biasanya konsumen melihat performa sebuah blog yang sesuai dengan keinginan mereka.

Atau pemilik blog yang juga merangkap sebagai influencer, apabila sudah tersedia profil dan isi blog yang menarik tentu akan dipilih oleh klien untuk memasarkan produk mereka.
Kesimpulannya, performa sebuah blog itu bisa mencerminkan kredibilitas dari penulisnya.

4. Target pembaca yang lebih luas.
Melalui website pribadi, penulis bisa menyebarkan tulisan yang dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan performa blog yang bagus dan bisa menjangkau masyarakat luas, tulisan yang kita buat juga akan tersampaikan lebih luas lagi, bukan?

Akan berbeda ceritanya jika kita hanya menuliskan ilmu seperti hasil seminar, di buku pribadi atau catatan di ponsel. Tulisan itu hanya mengendap dan kita saja yang bisa membacanya. Jika ditulis di blog, tulisan tersebut akan dibaca oleh banyak orang sehingga tidak hanya kita yang merasakan manfaatnya.

5. Menghemat waktu
Mari kita bayangkan seandainya ingin menyampaikan paparan informasi yang bermanfaat dilakukan dengan cara bertatap muka, melalui telepon atau menggunakan brosur, cukup merepotkan, bukan?

Nah, menggunakan sarana menulis seperti blog, uraian informasi yang dibutuhkan akan tersampaikan dengan mudah. Cukup menghemat waktu, deh!

Sebenarnya masih banyak manfaat blog/ website bagi saya. Jadi rasanya saya harus bisa menjaga keamanan blog yang saya miliki. Apalagi baru-baru ini saya mendapatkan kabar yang tidak menyenangkan. Seorang teman kehilangan tulisan-tulisan yang memiliki page view tinggi di blognya.

Entah apa yang jadi penyebabnya. Blog teman saya itu bisa terkena hack dan kehilangan banyak postingan bagus dari dalamnya. Kabar itu jelas membuat saya kaget. Selama ini saya kira, yang bisa di-hack itu yang berhubungan dengan uang. Ternyata postingan di blog pun bisa hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan pengalaman teman itulah, saya merasa perlu untuk menjaga keamanan website. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan website, yaitu:

1. Menyiapkan keamanan website
Pilih password yang aman untuk website kita. Gunakan kombinasi yang bervariatif. Kita harus kreatif membuat password hingga keamanan website terjamin dengan baik.
Selalu membuat kata kunci dengan mengkombinasikan huruf kapital, huruf kecil, angka hingga tanda baca.

2. Rajin Update Blog
Apabila website tidak di-update secara berkala, bisa mengganggu keamanan sebuah website juga loh! Website yang tidak teratur di-update terkesan tidak profesional.

3. Hindari Penyebaran Informasi Sensitif
Sebaiknya menghindari penyebaran informasi sensitif yang kita miliki seperti user name dan password untuk log in ke cPanel atau sejenisnya.

4. Gunakan server hosting yang aman
Seberapa jauh keamanan website kita juga ditentukan oleh tingkat keamanan server hosting yang digunakan. Gunakan server hosting yang tidak mudah dijebol hacker.

5. Meng-install SSL
SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol keamanan yang berguna untuk membuat tautan dalam bentuk enskripsi antara server web dengan web browser yang menggunakan komunikasi online.

Kita  bisa melihat website yang sudah memiliki sistem SSL dengan cara melihat langsung dari atas web browser kita. Di sebelah nama website kita akan muncul gambar gembok kecil berwarna hijau. Selain itu bagian https juga akan berwarna hijau.

Bagaimana? Sudahkah website teman-teman dipasang SSL Indonesia untuk menjaga keamanan website? Apalagi tools yang digunakan untuk mejaga keamanan website? Sharing, yuk!

              Salam takzim

18 comments:

  1. iya bener, blog bisa jadi catatan perjalanan kita dan jadi dokumentasi, pasti seneng kalau dibaca suatu saat nanti

    ReplyDelete
  2. Wah trima kasih infonya. Nanti mau ngecek ah. Kayanya kalo gembok hijau udah ada. Baru tau juga nih kalo jarang posting ngefek ke keamanan web juga. Pantes dulu sering bgt dpt komen spam

    ReplyDelete
  3. Nah PR Dewi mau jadiin SSL dari dl dilema kawatir jadi brokenlink di blog orang lain. Alhamdulillah skrg sdh nemu solusi.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah sudah. Etapi ada blog satu lagi blm dipasang. Semoga segera. Tadinya sih coba buat mumpung ada yang bantu, eh sekarang malah sering keteteran jadi gak diurus. Hehehe

    ReplyDelete
  5. oh jadi rajin update blog juga jadi salah satu cara buatjaga keamanan website yah mbak, baru tauu,,, baiklah, hahha aku mau rajin rajin post

    ReplyDelete
  6. Teteeeh,
    dulu awalnya blogku isinya curhatan semua waktu Fathir masih bayi hahaha
    Tiap nulis isinya ngeluuuuh terus ehe ehe

    Sekarang seneeeng jadi suka diundang liputan untuk ditulis di blog, ngeluhnya jadi mulai dikurangin hahaha

    ReplyDelete
  7. NAh aku lagi berusaha untuk selalu rajin update blog mba. Dan emang harus kita jaga baik baik sih ya mba

    ReplyDelete
  8. Wah, yang poin nomer 2 ituh. Semenjak berangkat haji kemarin, aku beberapa bulan nggak update blog dan pas ngecek, komennyaaaa banyak spaaaammm :D :D :D Duh, gawat bener ini. Apakah ini artinya aku harus pasang SSL juga? :D

    ReplyDelete
  9. Aku duku gak ngerti SSL baru sadar SSL penting banget pas ada notifikasi kalah ada orang yang akses blog aku ternyata penting yaa SSL

    ReplyDelete
  10. Buat yang berbasis WP, selektif dalam memilih plugin juga penting ni. Soalnya seringkai plugin tertentu dijadikan jalan masuk hacking juga.

    ReplyDelete
  11. Iya bangeeet, main di internet itu bikin terlena. Bisa bikin bahaya diri sendiri. Cara ngatasinnya ya dengan waspada pada web yang gak aman. Dan amankan web/blog kita dengan SSL

    ReplyDelete
  12. Artikel yang sangat berfaedah banget ini, aku punya blog tapi ngga tau bagaimana menjaga keamanannya.. jadi mulai aware nih sama keamaanan blog sendiri supaya jauh dari hal hal yang ngga diinginkan ya

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah aku udah ada tanda gemboknya nih mbak :D Semoga aman yaa.
    Soalnya bahaya nih kalau web kehack dan digunakan oleh org2 yang gak bertanggungjawab buat nyebarin hal negatif yaa

    ReplyDelete
  14. Nice share mba. Aku emamg kudet banget sama dunia blog. Jadi nulis ya hanya nulis aja
    Padahal perlu juga nih rupanya ya ningkatin keamanannya biar ga jadi masalah

    ReplyDelete
  15. Rajin check dan maintenance blog penting ya dan perlu juga pakai ssl demi keamanan website.

    ReplyDelete
  16. Betul mbak, dan masih banyak lagi manfaat lainnya ya.. Salam Blogger newbie

    ReplyDelete
  17. Teteh...aku mau tanya doonk...
    Ngefek gak siih...kalo kita upload konten di blog, tapi kita backdate?
    Aku akhir-akhir ini sering begitu, soalnya biar keliatannya kaya 2 hari sekali update, padahal mah...hasil backdate semua.

    ReplyDelete
  18. Kalau buat blog wordpress apa saja yang perlu dilakukan agar aman mbak.. karena biasanya wp malah yang sering kena hack

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^