Avana Social Commerce Untuk Bisnis Online

Bisnis online di era serba digital merupakan sebuah hal yang mutlak. Merupakan aktivitas yang membuat orang lebih menghemat waktu dan tenaga untuk berbelanja. Hiruk pikuk dan kemacetan yang biasa terjadi di jalanan serta tuntutan pekerjaan telah menyita perhatian. Sehingga internet dipandang sebagai sarana penghubung antara pembeli dan penjual dalam bertransaksi.

Kini pembeli dan penjual bisa saling diuntungkan oleh sistem online. Orang yang ingin membeli barang melalui sistem online bisa mendapatkan pelayanan yang cepat dan praktis. Begitu pula dengan penjualnya, dia bisa mudah mendapatkan uang dari sistem online.

avana social commerce untuk bisnis online


Saya rasa semua orang bisa memulai bisnis online. Modalnya sederhana saja yakni tekad yang kuat, ilmu yang mumpuni, gigih berproses, sabar dan yakin akan berhasil.

Dan ketika melihat perkembangan saat ini dan semaraknya bisnis online, saya dan suami sepakat untuk merambah dunia online dan membuka bisnis baru. Tahun lalu kami bisnis online di bidang fashion. Alhamdulillah omzetnya lumayan. Namun usaha kami tersebut akhirnya berhenti setelah suami dan saya sibuk dengan kerjaan kami masing-masing.

Tahun ini kami bermaksud untuk memulai bisnis online lagi. Melihat situasi dan kondisi masyarakat kita sekarang, sepertinya bisnis online semakin banyak peminatnya.

Selain banyak peminatnya, berbisnis online juga sangat memudahkan dan lebih praktis. Orang tidak perlu pergi jauh keluar rumah ketika hendak membeli sesuatu. Cukup menggunakan internet semua barang kebutuhan bisa dengan mudah didapatkan.

Bagi saya sendiri, berbelanja kebutuhan menggunakan sistem online sangat menguntungkan. Tidak seperti ketika belanja secara langsung, yang kadang apa yang dibeli melebihi dengan apa yang direncanakan sebelum berangkat belanja. Pokoknya lebih hemat dan praktis kalau menggunakan sistem online, deh!

Dulu selama berjualan via online pun saya memiliki banyak keuntungan. Barang jualan bisa lebih dikenal oleh banyak konsumen. Tidak hanya di sekitaran kita saja. Pemasarannya jadi lebih luas dan cepat.

Mengoptimalkan Pemasaran


Berdasarkan pengalaman dulu, agar bisnis online bisa berjalan mulus dan lancar diperlukan pemasaran yang optimal. Pemasaran usaha harus mampu menciptakan sistem yang dapat membantu orang dengan kebutuhan tertentu jadi tahu, suka dan selanjutnya percaya. Kemudian menggiring konsumen untuk membeli dan mereferensikannya pada orang lain yang memiliki kebutuhan yang sama.

Untuk itu langkah awal pemasaran yaitu bagaimana membuat target market mengetahui produk kita. Mengetahui manfaat produk, kualitasnya, spesifikasinya, modelnya dan keunggulan produk tersebut.
Banyak yang meyakini salah satu bentuk pemasaran yang strategis yaitu dengan cara memanfaatkan sosial media. Dengan menggunakan kekuatan media sosial, kita bisa mendongkrak penjualan produk.

Berikut ini pentingnya media sosial untuk memasarkan produk yang kita jual, yaitu

  • Wadah tepat untuk mempromosikan produk
  • Tempat untuk mengedukasi pelanggan
  • Sarana berinteraksi dengan pelanggan
  • Media untuk membangun brand awareness
Adapun jenis media sosial yang dulu sering dijadikan tempat untuk mempromosikan jualan kami yaitu facebook dan instagram. Yang biasa dilakukan oleh kami sebagai pelaku usaha di media sosial facebook yaitu membuat update status singkat mengenai jenis usaha, juga membuat koleksi foto sesuai dengan tema atau event dan membagikan berita atau artikel yang berhubungan dengan usaha.
Sedangkan di media sosial instagram, kami biasa menggunggah konten dengan tema yang menarik diselingi dengan konten tips dan quote inspiratif ataupun promosi.

Supaya bisnis online kami bisa berkembang, tentu harus ada usaha yang dilakukan agar pelanggan melirik produk. Tips berinteraksi dengan pelanggan yang biasa kami lakukan diantaranya:
  • Merespon pelanggan dengan cepat. Sebaiknya di bawah satu jam atau sesuai target waktu yang telah ditetapkan.
  • Dahulukan merespon pelanggan yang sedang mengalami masalah
  • Jangan pernah memberikan komentar negatif kepada pelanggan dan gunakan bahasa yang sopan dan melayani
  • Mengunggah foto-foto produk di berbagai media sosial yang digunakan untuk berjualan
  • Mencatat data pelanggan serta mengelola data persediaan barang dagangan
Semua aktivitas tersebut tentunya memerlukan waktu yang khusus dengan tingkat fokus yang tinggi. Padahal kami memiliki aktivitas utama masing-masing. Lalu bagaimana?

Sudah tentu untuk membangun bisnis online kami perlu alat penunjang khusus dengan sebuah sistem yang bisa membuat jualan kami lebih efektif dan mudah. Ya, untuk mendukung bisnis online berjalan lebih praktis dan mudah dibutuhkan sebuah media social commerce.

Avana Social Commerce Pendukung Pebisnis Online

Seiring perkembangan teknologi dan informasi muncul media marketplace yaitu sebuah laman yang menyatukan para penjual onliner. Sistem pembayaran yang berlaku mulai dari yang masih cash on delivery (COD) hingga sistem transfer. Namun kehadiran marketplace ini di sisi lain menjadi boomerang tersendiri bagi pengusaha online. Hal yang menyebabkan pelaku usaha merasa dirugikan oleh kehadiran marketplace yaitu:
  • Adanya persaingan yang tidak sehat antar pelaku usaha seperti banting-bantingan harga
  • Brand marketplace biasanya menjadi lebih terkenal dibandingkan dengan brand pelaku usahanya sendiri
  • Sulitnya mengembangkan brand usaha pelaku usaha
  • Pelaku bisnis lainnya suka meng-akusisi foto barang milik pengusaha sejenisnya.
Berawal dari permasalahan yang timbul, muncullah konsep social commerce. Istilah social commerce sendiri masih asing di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal social commerce adalah tempat yang sangat sesuai dengan bagi pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Dan salah satu brand social commerce Indonesia yang terkenal, terpercaya dan sudah banyak digunakan yaitu AVANA.

AVANA merupakan Social Commerce platform yang memudahkan pelaku usaha seperti pengusaha, UKM dan UMKM untuk berjualan secara online. Pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian hingga melakukan proses pembayaran di media sosial melalui media sosial seperti facebook, messenger dan instagram yang sudah dimoderenisasi.
                                                      
Ketika ada pelanggan yang ingin bertransaksi, mereka tidak perlu meninggalkan media sosial milik penjual. Proses pemesanan dan pembayaran tersebut bisa langsung dilakukan di media sosial penjual. Biasanya kita akan diarahkan ke website jualan lainnya. Kalau menggunakan AVANA kita bisa tetap berada di media sosial penjual tanpa harus log out. Nah, lebih praktis, bukan?

avana untuk bisnis online


Pelaku bisnis bisa menggunakan tiga toko online utama AVANA yaitu Webstore, Facebook store,  dan Messenger store. Apa saja yang membedakan ketiganya?

Webstore
Yang dimaksud webstore adalah toko online website. Berbeda dengan website yang sering kita temukan, website AVANA mempunyai kelebihan yaitu bisa menampilkan harga, promosi, kategori produk hingga melakukan checkout di tempat. Selain itu tampilannya juga berbeda dengan website pada umumnya. Pelaku usaha bisa memilih dua jenis tema di website tersebut, yaitu tampilan biasa atau landing page. Disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pelaku usahanya masing-masing.

Facebook store
Sedangkan yang disebut Facebook store adalah toko online facebook page. Konsepnya hampir sama dengan facebook store. Toko online AVANA yang satu ini sudah sepenuhnya terintegrasi ke webstore. Metode pembayarannya juga bisa dilakukan langsung di toko online. Facebook store page ini tidak memiliki tema seperti webstore.

 ➰Messenger store
Toko online AVANA selanjutnya yaitu messenger store yang memberdayakan konsep chatting untuk berjualan. Biasaya aplikasi messenger ini hanya digunakan sebagai broadcast pesan atau melakukan percakapan online, saat ini messenger dapat dijadikan katalog bisnis online. Konsepnya hampir sama dengan Facebook store yaitu dapat melakukan checkout

Nah, di masing-masing toko online tersebut pelanggan hanya tinggal klik tombol buy untuk melakukan proses pengisian informasi dan pembayaran. Atau bisa juga menekan tombol details agar bisa melihat informasi lebih lanjut mengenai produk yang akan dipilih.

social commerce avana untuk bisnis online

Satu hal penting yang membuat AVANA Indonesia sebagai social commerce yang terpercaya yaitu:

Semua transaksi pembelian yang dilakukan di ketiga toko online AVANA bisa dimonitoring dan diproses hanya pada satu dasbor AVANA. Dasbor tersebut berfungsi sebagai pengelola toko-toko online tadi. Mengelola dari  menggunggah produk, mengganti tema, buat promosi, merekap penjualan dan pembelian dan aktivitas lainnya.                                                                                        
Barang yang telah diunggah di dasbor, otomatis akan tampil pula di ketiga toko online. Selain itu, stok produk, kategori barang dan deskripsi produk juga akan muncul.                                                     
social commerce avana media bisnis online

Ketika ada yang membeli produk di webstore maka stok barang yang ada di facebook store dan messenger store pun akan berubah. Jadi, otomatis stok barang tercatat berkurang. Bahkan ketika ada stok barang yang tampil di dasbor kosong (nol), maka pelanggan tidak akan bisa membeli barang tersebut. Saat itu, penjual bisa menambahkan ulang jumlah produk di dasbor.

avana social commerce untuk bisnis online
avana social commerce untuk bisnis online


Nah, rasanya tidak salah lagi kalau pelaku bisnis seperti saya memilih AVANA sebagai alat social commerce terpercaya untuk bisnis online. Pelaku usaha akan lebih praktis berjualan dan bisa dibantu dalam menentukan target pasar. Praktis, bukan? Penjual tidak perlu mengeluarkan energi banyak untuk beriklan, semua sudah dibantu oleh AVANA.
Berikut ini cara mudah untuk bisa bergabung bersama AVANA :
avana social commerce untuk bisnis online
avana social commerce untuk bisnis online
avana social commerce untuk bisnis online


Apalagi AVANA akan selalu mendukung dan menjadi tempat bagi perkembangan bisnis online para pelaku usaha online Indonesia. Kelebihannya lagi, AVANA dapat membuat keuntungan dengan cara mengubah media sosial yang kita miliki menjadi toko online yang berkualitas.

Bagaimana, sudah tertarik juga untuk menggunakan AVANA sebagai penunjang perkembangan bisnis online kalian? Silakan coba berjualan di sana, karena sekarang merupakan waktu yang tepat untuk kita mengepakkan sayap bisnis supaya lebih besar lagi menggunakan media sosial.

avana social commerce tempat bisnis online

AVANA memberikan kesempatan pada siapa saja yang tertarik dengan bisnis online untuk bergabung. Selain itu ada juga kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik dari AVANA, loh! Sat ini AVANA sedang menyelenggarakan blog competition. Ada hadiah menarik yang bisa dibawa pulang bagi pemenang yang beruntung, asiiik!
Nah, untuk informasi selengkapnya bisa dicek di https://blog.avana.id/2020/03/18/blogger-competition/

Yuk, ikutan!

 Salam takzim

Post a Comment

25 Comments

  1. Makin banyak nih tempat yang mendukung sosial distancing diantaranya market place yang memenuhi kebutuhan kita. Memudahkan penjual memasarkan produk dan pembeli mendapat tempat belanja lengkap dan terpercaya

    ReplyDelete
  2. sepertinya lebih mudah dan simpel ya buat bikin toko di AVANA. Saya langsung mupeng nih, tapi mau jual apa ya? Hihihi ...

    ReplyDelete
  3. Abis baca keuntungan serta kemudahan berjualan di Avana, saya jadi pengen buka akun jualan di sana juga. Sebagai salah satu Platform Social Commerce, kehadiran Avana pastinya akan sangat membantu eksistensi para penjual online.

    ReplyDelete
  4. Jadi ini semacam membuat toko online sendiri ya dengan fasilitas dan bantuan lengkap. Menarik!

    ReplyDelete
  5. Avana Social Commerce..menarik ini, buat membantu baik penjual maupun pembeli. Platformnya memudahkan penjual danmeringankan yang ingin membeli barang. Tentu banyak yang terbantu para pelaku usaha dengan adanya Avana

    ReplyDelete
  6. Aku mau unduh langsung saja mbak, biar lebih paham dan sekalian praktek

    ReplyDelete
  7. Asyik, nih. Semakin banyak saja kemudahan yang bisa diperoleh para pelaku usaha, termasuk Avana. Yang penting mau melek informasi dan mengikuti perkembangan teknologi ya, Teh.

    ReplyDelete
  8. Wah inovasi baru di bidang bisnis online ya teh. Emang kalau di marketplace tuh brand kita bisa jadi tenggelam ya karena Banyaknya penjual dengan ragam harga

    ReplyDelete
  9. Avana keren ya bantu pelaku usaha dalam melancarkan bisnisnya. Wah jadi kepikiran juga pengen daftar di Avana. Apalagi untuk iklan dll ditangani juga oleh Avana.

    ReplyDelete
  10. Yeaaah. Mau jugak buka toko online via Avana ah 😍 jaman sekarang memang serba online, jadi kita harus ikuti perkembangannya.

    ReplyDelete
  11. wah sekarang bisnis online jadi lebih mudah ya ada avana ini, jadi lebih praktis deh untuk berbisnis. keren banget ini mah sangat membantu para enterprenuer online.

    ReplyDelete
  12. Avana ini fiturnya beneran lengkap lho, sampainada messenger store, FB store, jarang2 e-commerce kayak gini. Jadi pengin mengembangkan lagi passion lama. Iya, jualan itu dulu udah jadi passion-ku lho.

    ReplyDelete
  13. Para pebisnis online (dan konsumennya) semakin dimudahkan untuk berdagang, nih. Saya baru tau Avana ini. Boleh lah saya infokan ke sodara yang suka jualan online. Dari penjelasan Teteh, pastinya Avana ini akan memudahkan dan semoga melariskan jualan :) Thanks infonya, Teh. Sukses untuk lombanya

    ReplyDelete
  14. Sepertinya ini berita baik bagi pelaku usaha. Jadi tidak perlu ribet pasarkan produknya cukup gunakan social commerce Avana.

    ReplyDelete
  15. Lengkap banget fiturnya ya, Teh. Sangat membantu buat pedagang online pemula seperti saya. Jadi kepo pengen ngulik fiturnya.

    ReplyDelete
  16. Kalo sarananya baik memang bisa mengoptimalkan penjualan ya. Termasuk avana ini

    ReplyDelete
  17. Wah asyik nih. Makin abnyak wadah untuk berjualan bagi para pebisnis. Inovasinya bagus. Jadi pengen berbisnis online jg nih

    ReplyDelete
  18. wah jadi ingin coba avana kebetulan ada produk yang ingin kujual tapi masih kurang promosi neh

    ReplyDelete
  19. Wuah enak ya kalo pake avana
    Udah sekalian optimasi web, fb sama messanger. Pokoknya dapet sepaket lengkap

    ReplyDelete
  20. Gampang ya dari mulai buku toko sampai posting2 dan promo2 semua udah ada di sistem tinggal jalanin/ operasiin aja dan caranya termasuk gampang dimengerti. Yang jualan online mesti makai platform ini nih :D

    ReplyDelete
  21. Avana jadi solusi banget ya buat UMKM go online. Banyak hal yang dibantu sehingga UMKM bisa fokus kualitas, kuantitas dan marketing produknya tanpa memikirkan optimasi segala macem hehehe. Mantep nih

    ReplyDelete
  22. Bisnis Onlinememang sedang happenning ya Mbak, apalagi AVANA ini merupakan Social Commerce platform yang praktis, pelaku usaha seperti pengusaha, UKM dan UMKM pastinya terbantu bgt.

    ReplyDelete
  23. Yang penting dari jualan itu selain semuanya jelas, juga testimoni pembeli yaa, teh..
    Aku ngerasain banget kalau ke toko online, orangnya gercep, ramah dan testimoni pembeli sebelumnya yang meyakinkan, langsung auto-belanja.

    ReplyDelete
  24. Maksudnya kita punya toko online tapi bekerja sama dengan AVANA ya?
    Kelihatannya mudah dan ga buat kita ribet sebagai pemula yang mau memulai usaha

    ReplyDelete
  25. sekarang ingin berbisnis pun semakin mudah dan banyak wadahnya, apalagi dengan munculnya avana yang bisa diakses dalam 1 dashboard saja

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^