Tuesday, 10 December 2019

Mencari Peluang dan Penghasilan dari Internet

Teknologi berbasis internet merupakan peradaban yang sudah dikenal dan tidak dapat dihindari dalam dunia informasi dan komunikasi global. Bahkan internet disebut sebagai revolusi dalam dunia komunikasi dan informasi, karena pengaruhnya dalam mempercepat perubahan zaman dirasakan begitu dahsyat.

"Bangsa yang menguasai teknologi informasilah yang akan menguasai dunia."

Diakui atau tidak, internet kini sudah menjadi kebutuhan semua orang. Jutaan informasi, bisnis, belajar mengajar dan kemudahan hidup lainnya bisa didapat dengan mudah dari dunia maya tersebut.
Gaya hidup masyarakat pun sudah dipengaruhi oleh dunia baru yang kasat mata dengan cara barunya yaitu e-life, gaya hidup yang banyak dipengaruhi oleh elektronik. Contohnya saja e-book, e-library, e-government, e-education dan lainnya.


 Ibu Rumah Tangga Pun Harus Melek Internet

Internet bagaikan lautan ilmu pengetahuan yang luas. Kita bisa mendapatkan beragam informasi dengan sekali klik. Sebagai ibu rumah tangga, kita pun harus bisa menguasai teknologi. Dengan memahami cara penggunaannya, kita bisa mendapatkan banyak informasi yang bisa bermanfaat untuk menunjang semua aktivitas kita sebagai perempuan. Kita bisa dapatkan informasi mengenai tumbuh kembang anak, masalah kesehatan, psikologi hingga cara membuat makanan untuk dihidangkan untuk keluarga.

Namun internet juga bisa berakibat buruk dan bisa menjadi fitnah di saat kita tidak bisa memahami dan mewaspadai mudharat yang ditimbulkannya. Ketika orang tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang internet maka orang akan cenderung melihat hal-hal yang negatif saja dari internet. 

Oleh karena itu, penting bagi saya selaku ibu rumah tangga untuk menguasai teknologi dan memanfaatkan internet secara positif. Tidak hanya bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan, melalui internet ibu rumah tangga pun bisa memiliki banyak peluang dari internet.

Memanfaatkan Peluang dari Internet

Di tengah perdebatan mengenai dampak positif dan negatif internet bagi kebanyakan orang, lebih baik kita pelajari sisi positifnya dan peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan dari internet. Ada beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga saat menggunakan internet.

Pertama, peluang untuk menuntut ilmu. Saat ini di internet banyak menyediakan sumber dan referensi pengetahuan yang dibutuhkan oleh para ibu. Bahkan ada juga kuliah online yang bisa dimanfaatkan bagi yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Jadi, siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa kuliah lagi? 

Kedua, peluang meningkatkan ketrampilan. Ada yang ingin terampil membuat kue? Tidak harus ikut kursus, bisa saja bergabung dengan komunitas memasak atau milis memasak, kemampuan memasak bisa berkembang, bukan? Demikian juga jika ingin menambah keahlian menulis, fotografi, membuat kerajinan tangan dan keahlian lainnya, kita tinggal mengaksesnya melalui internet. 

Ketiga, ajang menyambung silaturahim. Sebagaimana kita ketahui, dengan internet bisa memudahkan kita "bertemu dan berinteraksi" dengan orang lain meski dipisahkan jarak ribuan kilometer. Memanfaatkan internet, kita bisa tetap bersilaturahim dengan kerabat atau teman yang sangat jarang ditemui.

Keempat, mendapatkan penghasilan. Begitu banyaknya pengguna di internet menawarkan pasar yang luar biasa luas jangkauannya. Internet merupakan tempat yang menjadi tujuan dan referensi siapa saja untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mulai dari membeli aksesoris untuk rambut hingga peneliti luar angkasa. Semua bisa didapat di internet. Maka tidak heran jika banyak peluang di sana sehingga menciptakan berbagai profesi baru yang membutuhkan pengguna dan penyedia jasa layanan.
Bagi ibu-ibu yang ingin menambah penghasilan, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan dengan internet. Sudah saatnya perempuan itu bisa mandiri secara finansial, setuju, gak? :D

Mencari Penghasilan dari Internet

Mendapatkan penghasilan dari internet bukan hanya sebuah mimpi. Seperti usaha lainnya, berbisnis online juga memerlukan waktu untuk berkembang, diperlukan beberapa strategi untuk membangunnya. Ada beberapa profesi berbasis internet yang berkembang akhir-akhir ini, diantaranya:


Youtuber
Profesi berbasis internet yang akhir-akhir ini menjadi pembicaraan adalah youtuber. Sebutan youtuber diberikan pada orang-orang yang secara rutin membuat video dan mengunggahnya di saluran milik mereka di youtube.


Ibu rumah tangga seperti saya, bisa saja mencari peluang memanfaatkan youtube. Yang senang memasak, bisa membuat video tutorial memasak. Bagi yang senang membuat kerajinan atau menjahit juga bisa membuat video tentang kegemarannya itu. Atau bagi yang senang ber-makeup, bisa juga, kok, membuat tutorial merias wajah.
Kerajinan Decoupage


Vlogger
Orang yang senang membuat video blog disebut vlogger. Biasanya berupa rekaman aktivitas vlogger dipadu dengan teks dan musik, dengan tema sehari-hari, misalnya berbelanja, makan di tempat yang instagramable, mengunjungi tempat wisata atau pesta ulang tahun.

Adakalanya vlog dibuat secara profesional layaknya membuat rekaman di televisi yang melibatkan penata rias, juru kamera dan sutradara. Namun ada juga yang membuatnya dengan cara amatir. Merekam sendiri menggunakan mikrofon tempel dan merekam secara manual.

Bagi emak yang memiliki anak kecil, bisa juga merekam aktivitas si kecil saat bermain atau membuat tutorial permainan edukatif untuk anak. Atau bisa juga membuat video saat anak-anak membuka mainan baru. Selain itu, merekam aktivitas anak saat sedang berulang tahun pun bisa dijadikan materi untuk vlog. Ada ide lain?

Bisnis Endorsement
Profesi berbasis internat yang satu ini biasanya dilakukan oleh selebgram atau selebriti instagram. Orang yang disebut selebgram adalah mereka yang memiliki pengikut puluhan ribu hingga jutaan di akun media sosial instagram.

Sedangkan yang dimaksud dengan endorsement yaitu mengiklankan suatu produk secara tidak langsung melalui tulisan, foto atau video.

Jualan Foto
Hobi mengambil gambar pemadangan yang bagus? Jangan salah, kini fotografer bisa menghasilkan banyak uang juga, loh! Tidak perlu memiliki kamera canggih dengan harga ratusan juta, menggunakan smartphone pun kita bisa mendapatkan foto yang bagus.

Menjual foto di internet merupakan cara termudah untuk memiliki penghasilan dari internet tanpa banyak modal. Situs web yang menawarkan untuk menjual foto yaitu Shutterstock, Istockphoto, atau Pixabay. Tertarik memiliki penghasilan dari jualan foto? Yuk, berburu foto di alam dan lingkungan sekitar kita. Masih banyak tempat yang menyajikan keunikan tersendiri di sekitar kita, bukan?

Narablog/ Memiliki situs web
Menulis di blog adalah  cara jitu mendapatkan penghasilan dari internet bagi ibu rumah tangga. Hanya dari dalam rumah, ibu rumah tangga bisa mendapatkan uang dengan mudah dari internet. Selain membuat konten yang menarik, narablog juga harus memiliki followers serta traffic blog yang bagus.

Agar bisa memiliki traffic blog yang bagus, pemilik blog harus memiliki domain atau hosting. Sekarang tempat membeli domain dan hosting murah bisa ditemukan dengan mudah. Memiliki domain dan hosting bisa membuat blog kita tampak lebih profesional. Sehingga dipercaya oleh klien untuk bekerja sama. Adapun kerja sama yang bisa didapatkan dari menulis blog yaitu endorsement, iklan, menjual produk sendiri, menjual konten dan lain-lain.

Well, alhamdulillah saya bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan menulis di blog. Sekarang untuk memenuhi kebutuhan pribadi, gak perlu lagi minta ke suami. Uang dari suami bisa ditabung atau untuk keperluan darurat. Setidaknya kegiatan ini bisa membuat keuangan keluarga bisa lebih sehat, deh! Alhamdulillah.



Freelancer / Jasa pembuat  Artikel
Banyak situs yang membutuhkan artikel karena tidak sempat menulis sendiri di website mereka. Kita bisa menawarkan tulisan untuk pemilik web. Dan semua yang kita tulis menjadi hak pemilik website. Menurut para ahli, kunci dari seorang freelancer adalah mengetahui materi yang dia tulis, membuat konten 100% original dan bersifat informatif.

Keuntungan menjadi penulis artikel, kita tidak mempunyai kontrak panjang yang mengikat dan bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Saya juga termasuk yang memanfaatkan internet untuk menjadi pembuat artikel. Dulu saya bisa menulis sekitar 7 artikel dalam sehari untuk beberapa website. Penghasilannya? Sekali lagi, alhamdulillah. :D

Menjual E- Book
Salah satu mendapatkan penghasilan dari internet yaitu menjual e-book. Yang dimaksud e-book adalah buku elektronik, buku yang dipublikasikan secara digital. E-book bentukannya berupa file PDF atau word.
Biasanya e-Book dijual berbentuk PDF oleh penjual. Tujuannya agar bisa terlihat lebih profesional.


Itulah beberapa profesi yang bisa menghasilan dari intenet. Di tahun 2019 dan tahun depan ini disinyalir lebih mudah untuk mendapatkan uang dari internet. Banyak juga media sosial yang bisa dimanfaatkan.
Jadi, kehadiran internet tidak hanya melulu hal yang negatif. Kita bisa memanfaatkannya dengan cara yang postitif. Mencari peluang dan penghasilan di internet, bukan hal yang baru.

Nah, bagaimana dengan teman-teman? Sudah mencari peluang dan penghasilan dari internet? Sharing, yuk!
                Salam takzim

40 comments:

  1. Wah bener banget tuh Mbak memang ada banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan internet

    ReplyDelete
  2. Wah banyak banget nih ya Mbak pekerjaan yang bisa dilakukan dari internet ini

    ReplyDelete
  3. Saya pingin nih Mbak menjadi seorang youtuber hihi. Apalagi bisa sambil travelling :D

    ReplyDelete
  4. Memang nih ya kita harus pandai-pandai memanfaatkan internet ini. Karena bisa menjadi sumber penghasilan hihi

    ReplyDelete
  5. Wah banyak banget nih ya peluang dari adanya internet ini. Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  6. Benar juga ya. Teknologi itu netral, tergantung kitanya bagaimana memanfaatkan itu

    ReplyDelete
  7. Waah aku termasuk yang narablog nih. Dulu aku gak terpikir bisa menghasilkan dari blog. Alhamdulillah tyt memang bisa banget ya.

    ReplyDelete
  8. Dan jualan online juga bisa jadi ide buat dapet penghasilan ya, mba. Daku termasuk narablog dan penulis lepas. Dan bener emang fakta di tulisan ini

    ReplyDelete
  9. Siaaapppp

    Yuk optimalkan potensi kita dan berburu rezeki dari media digital

    ReplyDelete
  10. gak kepikiran deh yang Menjual E- Book itu .. iya juga ya, jualan karya tulis atau novel di online kayak wattpad - dll

    ReplyDelete
  11. Setuju banget, alhamdulillah Dewi merasakan banget fungsi-fungsi dari internet di atas.

    ReplyDelete
  12. Setuju banget, Alhamdulillah Dewi merasakan bgt fungsi-fungsi di atas,byk sekali manfaatnya. Kalau ingat dulu masih awal penggunaan internet di saat remaja sering ada isu betapa mudahnya akses situs yg terlampau fullgar, sebenarnya itu juga jadi PR juga saat ini jika penggunanya tidak bs menggunakan internet dg bijak ya teh.

    ReplyDelete
  13. Yup, ibu rumah tangga juga harus melek teknologi ya, syukur-syukur kalau bisa menghasilkan uang juga dari internet...

    ReplyDelete
  14. Saya sedang menuju ke sana Mbak. Sekarang baru belajar dulu. Kalau selama ini, saya sih sudah memanfaatkan internet untuk jualan online. Alhamdulillah, hasilnya juga sudah lumayan. Selanjutnya, ingin memanfaatkan blog dengan maksimal.

    ReplyDelete
  15. Benar banget mba, internet memang membuka peluang yang sangat besar, termasuk bagi emak-emak rumahan. Meski berada di rumah, emak bisa mengembangkan diri dan kemampuan serta bisa ikut membantu menambah pemasukan keluarga.

    ReplyDelete
  16. Setuju banget teh, mak emak harus melek internet biar gak ketinggalan jaman, sekaligus berpeluang dapetin duit ya teh. Seneng banget aku jg bisa mulai dikit-dikit jadi blogger mesji blm femes-femes amat hehehd

    ReplyDelete
  17. Heeh ya mba..sekarang ini banyak peluang-pelunag yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mendulang rupiah, dan dulu tidak terpikirkan sama sekali

    ReplyDelete
  18. Mbak aku masih gak bisa membedakan antara vlogger dan youtuber. Apa beda medianya aja ya? Tapi aku sepakat, IRT harus melej internet

    ReplyDelete
  19. Oo youtuber dan vlogger itu beda, ternyata, ya teh.
    Hehe, baru tahu saya.
    Btw alhamdulillah sdh bs ngeblog, alhamdulillah banyak pintu rejeki digital berawal dari situ.
    Berkat Teh Nurul jg bimbingannya. 🙂

    ReplyDelete
  20. Wah saya baru jadi narablog saja nih. Peluang lainnya untuk medapatkan penghasilan dari internet masih terbuka lebar ya ternyata. Semoga di tahun depan bisa berkembang ke kegiatan lainnya

    ReplyDelete
  21. Seamsainya aku tau ada peluang besar dari internet, mungkin aku gak akan memilih untuk kerja kantoran yang rasanya sepeeti dipenjara oleh waktu.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah semakin banyak pintu rejeki yang terbuka ya mba dengan adanya internet ini mba Sesuatu yang ga pernah aku duga sebelumnyaa

    ReplyDelete
  23. Yup! Rasanya sekarng semakin jarang ya ketemu orang yang sama sekali gak bersentuhan dengan internet. Memang bagusnya dimanfaatkan. Banyak banget peluang yang ada lewat internet

    ReplyDelete
  24. Bener banget itu memanfaatkan internent utk hal2 positif. Jangan yg negatif. Dengan internet semua jadi mudah.

    ReplyDelete
  25. Asal mau memanfaatkan dan rajin upgrade pengetahuan, kesempatan untuk mencari pendapatan akan selalu ada ya mb..bahkan tidak terbatas ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  26. Internet membuka peluang baru untuk pekerjaan yang dulunya tidak terpikirkan ya mba...

    ReplyDelete
  27. Sekarang ini banyak yang bisa dikerjakan dari internet ya mbak, karena memang akupun sudah merasakannya. Yang paling penting itu konten dan konsistennya kita ya.

    ReplyDelete
  28. Internet ini sungguh jadi solusi banget buat ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tambahan namun dengan tetap berada di rumah. Revolusi dan solusi terbaik.

    ReplyDelete
  29. BEneran yah banyak banget peluang dari Internet nih, tergantung kita memanfaatkannya saja yah

    ReplyDelete
  30. Ini artikelnya harus aku kasih ke temenku yang profesinya ibu rumah tangga dan masih bingung kerja apa yang menghasilkan tapi tetep bisa jagain anak di rumah. Udah dikasih tau pun tetep bingung. Mungkin kalau baca ini jadi tercerahkan dia mba. Hmm..

    ReplyDelete
  31. Klo Kita bisa melihat Sisi positive internet banya Peluang yang menghasilkan ya mba dah banyak testimony mereka berhasil bngt

    ReplyDelete
  32. Bener. Banyak peluang dr internet. Kota bisa berprofesi apa saja dg membuat konten ya mba. Dan itu cukup menghasilkan. Nilai plusnya lagi nambah banyak teman.

    ReplyDelete
  33. Banyak ya manfaat dari inet, bisa bikin org produktif dan menghasilkan materi. Emang lbh baik begitu drpd inet dipakai buat hal yang gak berguna.
    Ini jg makin membuka lapanga pekerjaan baru yang bisa dikerjakan dr rumah ya mbak

    ReplyDelete
  34. Asalkan mau tekun dan kerja keras bisa ya punya penghasilan dari internet. Tidak perlu keluar rumah buat ngantor. Enak banget nih buat para ibu. Bisa leluasa mengatur waktunya.

    ReplyDelete
  35. Ternyata banyak juga peluang yang bisa kita dapatkan melalui internet ya mba. Asalkan memang kita berikhtiar untuk kebaikan, pasti ada jalan.

    ReplyDelete
  36. Pling gampang emang kerja di internet.orang tak nampak tapi gaji keluar aheyyy
    Ibuk2 cem kita kan jadi senanggg

    ReplyDelete
  37. Jadi bedanya vlogger sama youtuber apakah, teh?
    Kalau vlogger adalah blog dalam bentuk video yang sebenernya menjadi pelengkap tulisan, begitukah?

    Profesi zaman sekarang yang aku sukkaaa~
    Pada kreatif dan inspiratif.

    ReplyDelete
  38. Kalau saya sendiri lebih suka dengan blogger walaupun sekarang youtuber sedang naik dan uwow lah penghasilanya heheee

    ReplyDelete
  39. Sekarang emang lebih mudah sih Mak untuk kita dapet duit dari internet. Aku pun udah terbiasa freelance sejak dulu sebagai content writer. Tapi memang yang harus diperhatiin adalah penguasaan materi yang ditulis dan kontennya pun harus 100% organik. Kalo udah menguasai, bakal lebih mahir dan lancar buat dapet project lagi.

    ReplyDelete
  40. Iya nih, aku merasa beruntung bgt bs hidup di era internet seperti ini. Kd lebih banyak peluang utk dapet penghasilan dr internet tanpa harus kerja kantoran. Waktu kerja bs fleksibel bgt. Dan jadi ada media buat menyalurkan kreasi dan karya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^