Tuesday, 7 July 2020

Cara Mengatasi Perubahan Mood

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa kembali menulis di blog ini. Setelah sekian minggu kehilangan mood untuk menulis. Sebenarnya ada banyak alasan yang membuat saya kurang mood untuk menulis. Ada alasan yang nyata, tetapi ada juga yang mengada-ada, ups, hihihi. Seandainya saya selalu menuruti perubahaan mood yang menyerang, barangkali semua aktivitas saya akan menjadi kacau, deh!

Beruntung saya cepat tersadar dan mencoba untuk mengatasi perubahan suasana hati. Padahal sebelumnya gak ada keinginan untuk memulai merangkai kata demi kata di blog ini. Seminggu lebih menemani suami yang gak bisa tidur karena tangan kesemutan dan sakit, lalu setelahnya ada acara kumpul bersama keluarga besar. Otomatis saya lebih memilih bercengkerama bersama keluarga yang sebelumnya tidak bisa bertemu selama 4 bulan dibandingkan banyak diam di depan laptop. Dan ... masih banyak alasan lainnya eheheh.

Pada umumnya orang lebih mengenal bad mood dibandingkan dengan good mood. Bisa jadi karena banyak dalam kesehariannya yang merasa senang atau good mood, merasa nyaman sehingga aktivitas berjalan lancar dan tidak begitu mempermasalahkan tentang perubahan suasana hati. 

Mood itu diartikan oleh psikolog Septiana Runikasari, M.Psi, sebagai keadaan emosional yang secara umum muncul dan bertahan dalam waktu singkat, sekitar beberapa jam sampai satu atau dua hari.

Pemicu Perubahan Mood

Seperti kita ketahui, mood itu seperti cuaca yang bisa berubah. Penyebabnya pun beragam. Bisa dari hal yang sepele hingga masalah besar. Contoh hal sepele yang bisa mengubah mood kita di antaranya, bangun kesiangan, telat makan atau mendengar kabar kurang baik tentang pasangan, semua bisa memicu perubahan suasana hati. Pemicu utama perubahan mood ini yaitu saat tiba-tiba seseorang menghadapi kejadian yang tidak diharapkan.

Menghadapi kejadian yang tidak diharapkan bisa memicu naiknya tekanan darah sampai detak jantung yang meningkat atau gangguan pencernaan. Kadang kala hormos stres pun bisa meningkat. Hal ini bisa mengakibatkan seseorang merasa lemas, kesal dan mudah marah.

cara mengatasi perubahan mood

Tidak hanya kejadian yang tidak diharapkan, kondisi kesehatan yang menurun juga bisa membuat mood kita menjadi tidak baik. Selain itu, karakter seseorang pun bisa menjadi pemicu perubahan mood. Ada orang yang mudah sekali mengalami perubahan mood, tetapi ada juga orang yang bersikap lebih santai dan sabar.

Cara Mengatasi Perubahan Suasana Hati (Mood)

Bagaimanapun mood yang buruk bisa memengaruhi aktivitas setiap orang. Namun kita tentu saja tidak bisa menghentikan rutinitas dan aktivitas yang harus kita lalui dalam setiap harinya. Apalagi untuk mereka yang bekerja di perusahaan, tentunya ada pekerjaan dan target yang harus dipenuhi tanpa harus dibatasi oleh perubahan mood.

Bila seseorang sering mengalami perubahan mood (moody) tentunya akan berpengaruh pada kinerja dan bisa mempengaruhi penilaian atasan. Hal ini bisa membuat profesionalitas kerja terganggu bahkan bisa juga mengancam karir kerjanya. Oleh karena itu, perubahan mood itu harus bisa diatasi dengan baik. Ibu Septiana selaku staf profesional Lembaga Psikologi terapan Universitas Indonesia (LPTUI) memberikan langkah-langkah pengelolaannya sebagai berikut:

Mengenali ketika terjadi perubahan mood
Mengatasi perubahan mood harus diteliti lebih terperinci untuk mengenalinya. Biasanya bad mood datang dalam pola yang sama. Setelah beberapa kejadian, biasanya orang  baru bisa menyadari hal yang menyebabkan mood turun atau naik. 

Pengalaman saya sendiri, biasanya mood saya memburuk saat perut saya belum terisi alias dalam keadaan lapar. Kalau sedang lapar, badan terutama lambung saya terasa kembung sehingga mengakibatkan berinteraksi dengan anak atau suami kadang dibumbui oleh drama hehehe. Oleh karena itu, saya memilih untuk mengisi perut dulu sebelum bad mood saya datang. 

Mencari Suasana Segar
Bagaimana kalau bad mood terlanjur datang? Apabila suasana tidak baik datang, sebaiknya pergi keluar rumah untuk mencari suasana yang baru. Menghirup udara segar, menikmati keindahan alam, mendengarkan gemericik air dan senandung burung. Nikmati semuanya hingga napas terasa lebih  lapang dan tidak sesak serta perasaan lebih rilek. Pilihlah tempat wisata yang bisa membuat pikiran lebih tenang dan rileks.

cara mengatasi perubahan mood

Menikmati alunan musik
Konon musik bisa meningkatkan hormon dopamin yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan bahagia di dalam otak. Pilihlah musik yang benar-benar disukai. Ketika mood saya turun atau kurang bersemangat, saya senang mendengarkan musik dengan irama yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih semangat. 

Jadi teringat ketika masa sekolah dulu, kalau lagi kesal atau ingin lebih bersemangat lagi, saya suka mendengarkan musik seperti lagu-lagu dari Metalica atau Bon Jovi. Sengaja menyetelnya dengan keras lalu ikut bernyanyi dengan bersemangat. Biasanya mood saya bisa berubah menjadi lebih bersemangat lagi.

Melebur dalam kegiatan yang disukai
Cara mengatasi perubahan mood selanjutnya yaitu dengan cara melibatkan diri dalam kegiatan yang disenangi. Misalnya melakukan hobi kita. Bagi yang berkepribadian introvert sebaiknya tidak memaksakan mengikuti kegiatan yang melibatkan orang banyak. Lebih baik melalukan hobi yang positif seperti menulis, melukis atau kegiatan positif lainnya.

cara mengatasi perubahan mood


Nah dari sekian cara untuk mengatasi perubahan mood, bagian mana yang paling sering teman-teman lakukan? Apakah cara tersebut memang bisa membuat mood berubah menjadi lebih baik? Cerita yuk!
            Salam takzim

45 comments:

  1. Mengenali ketika terjadi perubahan mood ini perlu banget sebagai langkah pertama mengatasi perubahan mood, ya Mbak. Dan hanya kita sendiri yang bisa mengenalinya.

    ReplyDelete
  2. Saya juga sedang merasakan mood nulis turun Mbak. Tiap hari kerjaannya leyeh-leyeh sambil mainan HP. Nggak mainan sosmed sih, saya mainan game, hihi

    Habisnya gak ada ide nulis. Masalahnya jarang keluar rumah itu sih, nggak ngerti mau nulis tentang apa.

    ReplyDelete
  3. Paling enak itu jalan2 keliling kota trus makan buat numbuhin mood. Tapi sekarang lagi pandemi :(

    ReplyDelete
  4. mood swing tu emang paling nyebelin ya mbak :( bikin anak dan suami was-was hahaha takutnya salah ngomong dikit di damprat

    ReplyDelete
  5. Kalau saya lebih suka membaca novel atau nonton film favorit mbak untuk mengembalikan mood. Kayaknya saya tipe yang suka dengan ketenangan, jadi lebih suka melakukan kegiatan di dalam rumah.

    ReplyDelete
  6. Aku banget ini beberapa hari mood lagi ngga asik.. memang harus cari tahu sih dan move on jangan terus dalam keadaan mood kurang baik.. karena ngga guna kalo terus menerus mood kurang bagus ya mbak

    ReplyDelete
  7. Kalau saya badmood saya minta me time ke salon mbak. Tapi saat ke luar malah kangen anak2 di rumah. Hahahha ababil.

    ReplyDelete
  8. saya tuh kalau lagi bad mood, caranya adalah makan makanan enak. wkwkw. nah cepet deh. makanya suami kalau bikin ngambek istrinya, lgs deh keluar cari makanan yang kira-kira saya suka. abis itu saya enggak ngambek lagi ke suami. makanya saya gembil, pengen cari cara lain tapi yo susah. yowes gpp makan aja yg penting bahagia ya mba haha.

    ReplyDelete
  9. Tidur atau menonton serial/film favorit biasanya saya lakukan kalau mood lagi kurang baik. Cuma kadang-kadang suka kebablasan juga. Misalnya kalau udah nyaman nonton, jadi makin gak mau ngapa-ngapain. Harus disemangatin lagi :D

    ReplyDelete
  10. Nah, bener banget teteeh kadang bad mood ini yang selalu dateng, aplagi kalo ga pas datengnya pas dengan datang bulan, haddudu lengkap sudaah yaa.

    Kalo aku suka alunan musik, ini juga sambil dengerin, suka bikin tambah happy.
    Semoga kita makin aware dengan diri dan tahu bagaimana mengatasi kalo kita lagi bad mood ya Teh.

    ReplyDelete
  11. Teh Nurul, ini aku banget. Bahkan bulan Juli aja belum ada satu tulisan pun loh hiks. Aku setuju bisa pakai musik. Biasanya aku pakai instrumen hujan dan petir, di yutub ada teh. Tapi kalau gak pakai wifi bisa jebol kuota hehe. Tapi lumayan dengan instrumen hujan, seakan hening dan jadi fokus akhirnya mood baik lagi :) Emang kayaknya butuh liburan *eh

    ReplyDelete
  12. Aku moody kalau premenstruasi sama saat menstruasi. Itu asli parah dan kayanya sensi banget. Akhirnya jauhkan diri dari orang-orang, nyari udara segar sama makan makanan pedas

    ReplyDelete
  13. Aku untuk balikin mood selain dengan musik juga keluar rumah, muter-muter di dalam mobil, pokoknya gak turun teh. Jadi di dalem mobil sambil liatin jalan aja sudah hepi, dan biasanya mood membaik hehe :) Alhamdulillah suamiku baik, mau nganterin muter-muter jalan gak jelas gini wkwk :D

    ReplyDelete
  14. cara mengatasi perubahan mood yang biasa aku lakukan, nonton youtube/netflix/liatin ig story orang sambil minum segelas kopi

    ReplyDelete
  15. Mood menulis selalu naik turun aku juga Teeeh,
    Biasanya kalau mood lagi kurang baik, cencu saja aku menonton drama Korea sampai baper, mood booster banget lah itu hahahaha

    ReplyDelete
  16. Betul MBA mendengarkan Musik akan mengurangi Bad mood. Apalagi Musik slow ditambah gemerik air atau lagi yg Kita sukai

    ReplyDelete
  17. kalo aku jalan kaki aja mba di sekitaran komplek perumahan, duduk depan danau, atau olahraga.

    ReplyDelete
  18. Semogaaaa semuanya sehat ya Mbaaa
    Aselik, mengatasi mood yg angot2an ini syusyaaahh bgt.
    Doa terbaik untuk kita semua

    ReplyDelete
  19. nah, tiap orang biasanya emang punya mood booster tersendiri ya mbak. Kalo aku lebih ke makan yg pedes dan seger sama lihat landscape hijau hehe

    ReplyDelete
  20. Sejak dan pandemi dan semua anggota keluarga di rumah terus saya juga sering mood swing, biasanya setiap pagi rumah sepi dapat kesempatan me-time, sekarang cuma mau nulis sambil denger musik dengan tenang aja gak pernah ada kesempatan 😁

    ReplyDelete
  21. Iya niih, teh...
    Kalau sudah moody, aku lebih seneng ke pesen makanan yang aku mau. Sederhana aja...cilok pedeess, misalnya.. Atau lotek.
    Heuheuu...larinya kenapa ke makanan yaak...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Etapi kemarin sedang kepikiran keluarga di Surabaya, otomatis merontokkan semua mood ku, teh...
      Aku ambil buku genre thriller doonk...buat mengalihkan.
      Alhamdulillah.

      Delete
  22. Aku pas harus merawat ibuku sakit berbulan-bulan, kemudian sampai ibuk meninggal, pas mau balik lagi nulis tuh rasanya juga berat banget, Mbak. Akan tetapi, tetap kupaksa dan aku menghibur diri sendiri. Oke, semua akan baik-baik saja dan kemudian cus menulis lagi pelan-pelan. Alhamdulillah, ini sudah kembali lagi ke dunia nulis.

    ReplyDelete
  23. Setuju banget mba Nurul, dengan melakukan hal yang kita sukai biasanya mood buruk lekas memudar dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  24. Aku mengalami mood swing terparah itu saat hamil ini. Ga tahu kenapa, srkarang santai, ntar berapa menit kemudian ngamuk. Nangis. Hiks. Belum nemu gimana caranya biar bisa selow menghadapi deama kehamilan.

    ReplyDelete
  25. Perut kosong memang bikin baper. Jadinya urung-uringan hahaha. Saya juga harus kenyang dulu supaya tenang :D

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah aku tidak memiliki mood yang aneh-aneh, palingan kalau lagi menstruasi hari pertama kadang mood yang tadinya bagus bisa mendadak malas dan mager parah atau bisa jadi lebih sensi.

    ReplyDelete
  27. Hal yang paling bikin moodku swing adalah ketika PMS. Udah ga bisa diapa-apain itu. Obatnya ya hanya diem di rumah dan tidak banyak berkomunikasi. Daripada ntar banyak yang jadi korban hehehe... Rebahan dan banyak baca buku aja klo pas mood sedang tidak stabil gitu. Sehari palingan udah kelar sih.

    ReplyDelete
  28. Aku akan mengalami bad mood kalau terjadi sesuatu yang nggak diinginkan atau yang di luar kendali. Sama pas menjelang menstruasi pasti bad mood haha. Cara mengatasinya adalah dengan menyendiri sebentar atau dengar musik. Alhamdulillah nggak pernah bad mood yang parah banget, sih.

    ReplyDelete
  29. Saya nih udah dua harian ini bad mood, jadwalnya mau datang bulan, badan nggak enak, ketambah ada masalah yang bikin hati sebel. Pengen banget melipir refreshing tapi suasana lagi begini

    ReplyDelete
  30. Terima kasih tipsnya, Mbak. Yang penting memang mengenali penyebab perubahan moodnya dulu ya. Saya biasanya yang paling ampuh untuk memperbaiki mood itu pergi ke taman dan lihat dunia luar atau tidur. Tapi di masa pandemi ini jalan kaki di pagi hari selama 30 menit sudah bisa memperbaiki bad mood.

    ReplyDelete
  31. Saya nyaris sebulan juga lagi moody, masalah sekolah anak..kwkwk, ternyata ngurusin PPDB aja bisa ya bikin bad mood emak-emak.Hiks
    Cara mengatasinya...nonton. Suka nonton film lepas. Sekali nonton selesai. Kalau berseri kepanjangan...Rasanya jadi segeran kalau habis nonton ini hihi

    ReplyDelete
  32. Kalau mood saya lagi gak bagus, biasanya untuk mengembalikannya ada dua cara. Kalau moodnya masih terbilang cukup ringan, saya makan makanan favorit, pasti bahagia lagi dan mood bisa bagus. Tapi kalau udah jelek banget, hal yang paling bagus ya tidur. Menginstirahatkan otak sejenak. Bangun-bangun udah seger lagi.

    ReplyDelete
  33. Kalau aku ngatasin perubahan mood sesimple dengerin musik yang enakeun ditelinga aku teh. Kerasa sih 4 bulan di rumah aja bikin mood swing. Bawaannya cemas sama pengen marah-marah aja dong. Hihi.

    ReplyDelete
  34. hmmm, i choose it, looking for the different condition, like to be fresh, enjoyed and happy. Example, when i go to my office i will choose the different street with what street i go to home.

    ReplyDelete
  35. Kalo lagi PMS nih mbaa yang mood swing banget, hahaha
    banyakin stok camilan deh supaya ada penghibur di kala mood lagi nyungsep.

    ReplyDelete
  36. Hiks. Saya banget ini. Moodyan, moodnya sering tibatiba berubah :( Pengen banget bisa mengatasi perubahan mood gitu.

    ReplyDelete
  37. Nah iya nig biadai Kita until mengatasinya Mengenali dulu ketika terjadi perubahan mood kmudian
    Mengatasi perubahan mood harus Tau asal muasal pnyebabnya kuncinya sih bersyukur

    ReplyDelete
  38. Perubahan mood akan membuat kita kurang semangat perlu ada pendorong. Kalau mpo suka dengerin musik aja.

    ReplyDelete
  39. Untuk mood nulis sendiri masih belum stabil kalau aku mah teh ahhahaa sakarepnya dan sesuai DL weh kalau yang job

    ReplyDelete
  40. Kalo aku sih biar mood jadi bagus biasanya sih beraktivitas yang lain dari biasanya... tapi seringnya sih olahraga yng sukses bikin good mood balik..

    ReplyDelete
  41. Akun juga kalau lagi nggak mood yo mba langsng mengalihkan ke hal yang lain. Aku setuju caramu mba. Biasanya ak larinya kalau ga jalan, makan ya nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. KOk sama Nyi, aku juga suka banget nyemil aneka jajanan untuk mengembalikan mood yang berantakan. So far berhasil sih. Tapi lemaknya juga ikutan nambah hehehee...

      Delete
  42. Saya sering begini teh. Tiba-tiba saja mood saya terjun bebas, pada saat seperti itu saya bisa mager semager-magernya. Biasanya kalau seperti itu, secepatnya saya keluar jalan, ke taman kota yang biasanya digunakan pula untuk senam, tapi pandemi ini membuat semua taman kota dibatasi. Maka kembali lagi ke dunia imajinasi, membaca dan bw

    ReplyDelete
  43. Jadi pengen ke gunung nih. Pas baca ini suasana hatinaku lagi ga beres jadinya tapi karena PMS

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^