7 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Menjelang akhir semester, anak sulung saya harus mengerjakan banyak tugas untuk melengkapi nilai semesteran. Salah satunya tugas membuat video untuk mata kuliah olahraga. Ketika mengerjakan tugas dari dosen mata kuliah olahraga tersebut, anak saya mendapatkan satu pengalaman yang tidak menyenangkan sekaligus bisa dijadikan pelajaran. Dia jadi lebih aware terhadap manfaat pemanasan sebelum olahraga setelah mengalami insiden kecil. 

7-manfaat-pemanasan-sebelum-olahraga

Insiden? Ya, ketika mengerjakan tugas olahraga tersebut, anak saya tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu. Dia langsung melakukan gerakan-gerakan olahraga menirukan gerakan dosennya dari channel youtube. Akibatnya di tengah-tengah kegiatan membuat video, anak saya mengerang kesakitan karena kakinya mendadak kram. Ketika saya tanyakan alasan dia tidak melakukan pemasanan dulu, jawabannya bikin saya geleng-geleng kepala. Males, itu alasannya! #emakpun meradang :(

Padahal sebenarnya dia tahu manfaat pemanasan sebelum olahraga, tetapi karena ingin segera menyelesaikan tugas mata kuliah olahraga tersebut dan lanjut mengerjakan tugas lainnya, dia malas melakukan pemanasan.

Pemanasan Sebelum Olahraga

Dapat dikatakan tubuh manusia itu ibarat mesin kendaraan yang perlu dipanaskan sebelum digunakan. Melakukan pemanasan sebelum olahraga tidak hanya berlaku untuk atlet profesional, siapa saja yang mau melakukan kegiatan olahraga harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Manfaat olahraga akan terasa untuk tubuh setelah melalui tiga fase yaitu pemanasan, olahraga inti dan pendinginan.

Otot tubuh kita akan terasa lebih lentur, kuat dan sehat setelah melakukan pemanasan. Otot diibaratkan menjadi bahan bakar saat berolahraga yang bisa membantu tubuh beraktivitas fisik. Oleh karenanya otot perlu menjalani sesi pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga.

Sebenarnya pemanasan tidak perlu dilakukan lama-lama, cukup dilakukan selama 6 menit saja. Namun kita juga perlu memahami bila porsi dan  macam pemanasan serta peregangan tidaklah sama sesuai dengan jenis olahraganya. 

Pemanasan sebelum olahraga sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu pemanasan statis dan dinamis. Pemanasan statis yaitu ketika posisi tubuh tidak bergerak ketika melakukan pemanasan seperti peregangan di tempat atau stretching. Sedangkan pemanasan dinamis yaitu pemanasan yang dilakukan sambil bergerak seperti jalan di tempat atau lari-lari kecil. 

7-manfaat-pemanasan-sebelum-olahraga

Lakukan pemanasan dalam jangka waktu yang dibutuhkan oleh tubuh. Pemanasan yang terlalu lama dapat mengakibatkan tubuh kelelahan dan otot menjadi kurang lentur ketika melakukan olahraga inti. Begitu juga sebaliknya saat kita melakukan pemanasan terlalu sebentar.

Manfaat Pemanasan

Setelah kakinya sakit karena kram, anak saya berjanji akan melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga. Dia paham bahwa pemanasan tidak hanya mencegah dari cedera tetapi juga membawa banyak manfaat agar sesi olahraga bisa berlangsung secara optimal. Berikut ini manfaat pemanasan sebelum olahraga yang bisa kita ambil, yaitu:

1. Jangkauan Gerak Sendi Lebih Meningkat

Melakukan pemanasan dapat meningkatkan jangkauan gerak sendi. Ketika gerakan sendi bisa dilakukan dengan gerakan bebas maka tubuh dapat berolahraga secara optimal. Melakukan pemanasan sesering mungkin dapat mengasah/melatih sendi kita bergerak bebas saat berolahraga. 

2. Fleksibilitas Tubuh Semakin Meningkat

Gerakan olahraga apapun akan semakin terasa mudah dilakukan saat fleksibilitas tubuh meningkat. Fleksibilitas tubuh tidak hanya berguna saat digunakan berolahraga, kegiatan sehari-hari pun akan terasa mudah dan ringan dengan fleksibilitas tubuh yang optimal.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Selain bertujuan mempersiapkan otot-otot tubuh, gerakan pemanasan juga bisa melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan seluruh tubuh. Kesehatan jantung pun akan terpelihara dan terhindar dari serangan jantung apabila sirkulasi darahnya lancar. Selain itu sirkulasi darah yang lancar bisa mengurangi nyeri otot pasca berolahraga. Rasa nyeri bisa jauh berkurang dan waktu pemulihan pun jadi lebih singkat. 

4. Melancarkan Aliran Oksigen

Oksigen memiliki peran penting dalam aktivitas fisik. Di kala aliran oksigen di dalam tubuh lancar, kita bisa bergerak lebih bebas. Pemanasan sebelum olahraga membantu memperlancar aliran oksigen di dalam darah dan mengurangi rasa sakit setelah olahraga. Rasa sakit yang dirasakan setelah berolahraga  disebabkan tubuh dipaksa melakukan aktivitas berat padahal ada beberapa bagian dari otot yang belum mendapatkan aliran darah yang membawa oksigen. Itulah sebabnya pemanasan sangat penting dilakukan sebelum berolahraga.

5. Memperbaiki Postur Tubuh

Sebuah riset berhasil membuktikan bahwa pemanasan sebelum olahraga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik serta mengurangi rasa nyeri otot yang biasanya dirasakan setelah melakukan aktivitas olahraga. Dengan pemanasan otot menjadi lebih seimbang dan dapat mencegah postur tubuh yang buruk.

6. Otot Mendapat Suplai Nutrisi 

Selain bisa meningkatkan suplai darah ke otot, pemanasan juga bisa meningkatkan suplai nutrisi untuk otot. Nutrisi yang ada dalam darah bisa mengalir ke otot yang digunakan untuk berolahraga ketika melakukan pemanasan. Sehingga dapat mencegah nyeri setelah berolahraga.

7. Meningkatkan Energi

Manfaat pemanasan sebelum berolahraga lainnya yaitu bisa meningkatkan energi. Durasi lamanya olahraga turut mempengaruhi hasil yang didapatkan. Durasi olahraga yang tepat membuat otot berkembang dengan lebih baik. Akan tetapi tanpa melakukan pemanasan, tubuh cenderung lebih mudah letih, energi seperti cepat terkuras dan olahraga pun menjadi kurang maksimal. Pemanasan bisa membantu meningkatkan energi karena darah yang berisi oksigen akan mengalir dengan cepat ke seluruh tubuh. Kondisi inilah yang membuat tubuh terasa lebih bertenaga dan kita pun tidak mudah lelah.

Semua 7 manfaat pemanasan sebelum olahraga itu bisa didapatkan dengan cara melakukan pemanasan dengan benar. Peregangan yang menjadi bagian pemanasan ini sebaiknya dilakukan dari tubuh bagian atas ke bawah. Lakukan peregangan dari bagian leher, lengan, pinggang hingga kaki. 

Namun perlu diperhatikan, bahwa pemanasan tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Ada beberapa kondisi seperti berikut ini yang tidak dianjurkan melakukan pemanasan sebelum berolahraga, seperti:
 
a. Mengalami Cedera Akut
Ketika ada bagian tubuh yang mengalami cedera akut, sebaiknya tidak melakukan peregangan saat pemanasan. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui lebih detil gerakan pemanasan yang boleh dilakukan.
 
b. Cedera yang Menimbulkan Nyeri
Jika sedang merasakan cedera di tubuh yang menimbulkan rasa nyeri, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau instruksi kebugaran untuk mengetahui gerakan pemanasan sebelum berolahraga.

c. Memiliki Keterbatasan Fisik
Ada sebagian orang yang memiliki keterbatasan fisik sehingga mereka tidak bisa bergerak bebas sesuka hati. Untuk mencari gerakan pemanasan yang boleh dilakukan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar fleksibilitas tubuh tetap terjaga.
 
7-manfaat-pemanasan-sebelum-olahraga

Nah, dari beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan melalui pemanasan, sebaiknya kita tidak abai melakukan pemanasan sebelum olahraga. Selain dapat menghindari cedera, pemanasan juga banyak memiliki manfaat sehingga kita bisa berolahraga dengan optimal dan tentunya bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Yuk, berolahraga! Melakukan olahraga merupakan salah satu cara mudah dan murah untuk hidup sehat, loh!

Selamat berolahraga, jaga kesehatan, ya ...!

Salam takzim


Post a comment

28 Comments

  1. Benar sekali mbak, sebelum olahraga wajib melakukan pemanasan biar tidak mengalami cidera. Ternyata manfaatnya juga banyak ya, selain untuk mencegah cidera. Kalau ikut senam biasanya ada sesi pemanasan di awal, jadi lebih tenang saat melakukan gerakan selanjutnya. Makasih ulasanya mbak, jadi tambah ilmu saya.

    ReplyDelete
  2. Bener banget mbak, pemanasan juga mampu menghindarkan dari cedera otot. Tapi kadang aku juga suka lupa pemanasan beda dengan saat dulu masih muda dan gabung team basket di SMA disiplin banget hehee..

    ReplyDelete
  3. Setuju banget teh. Pemanasan sebelum olah raga itu wajib deh. Aku pernah terkilir gara-gara nggak pemanasan main langsung aerobik aja di rumah ngikutin yutup hihihi. Alhasil keseleo deh. Emang kadang suka bandel dan pengen cepet-cepet aja sih kita kalau ngapa-ngapain ya...

    ReplyDelete
  4. Semoga putrinya Mbak Nurul sudah baikan ya..Memang pemanasan perlu sebelum melakukan olahraga karena banya manfaatnya dan untuk menghindari cidera. Kapan hari saya, sore-sore main bulutangkis di depan rumah sama anak-anak, enggak pakai pemanasan, eh terkilir kaki hihihi..Harusnya memang pemanasan dulu ya, jangan ngegas langsung

    ReplyDelete
  5. Yuni kadang melakukan pemanasan kurang lama. Suka nyeri sih. Duh, pemanasan sebelum berolahraga memang kudu pas waktunya euy...

    ReplyDelete
  6. Yap, pemanasan/ warming up memang se-PENTING ituuu
    semoga sang buah hati semakin sehaaattt ya mba
    InsyaALLAH kita bisa semakin setrooongg!

    ReplyDelete
  7. Belajar dari pengalaman si Sulung nih..
    Betapa penting ternyata pemanasan sebelum olah raga, menghindari hal2 yang ga diinginkan.
    Aku pernah juga teh, biasanya kalo nganter olive renang, main nyemplung aja, yang ada pas di kolam kaki kramnya ampoon.

    ReplyDelete
  8. Supaya lebih aman dan melancarkan alurian okseigen ya pemanasan oenting banget. Lagi pula katanya kalau gak pemanasan bisa cidera otot juga ya mbak

    ReplyDelete
  9. pemanasan atau stretching sebelum berolahraga sangatlah penting jangan sampai di skip apalagi sengaja, efeknya bahaya juga ya

    ReplyDelete
  10. Bener banget, pemanasan penting banget dilakukan sebelum masuk ke gerak inti. Pernah dulu waktu renang, nggak pake pemanasan, yang ada kaki jadi tiba-tiba kram dan hampir aja tenggelam.

    ReplyDelete
  11. Artikelnya sama kek bahan ujian anakku mbaa.. Hihi. Jd buat note jg nih buat kita jg nieh emak2 yg kadang olahraga lupa pemanasan. Heu

    ReplyDelete
  12. Warming up yang tepat membuat badan kita udah siap dan semangat melakukan olahraga ya

    ReplyDelete
  13. setuju mbak
    emang yg namanya pemanasan sebelum olah raga itu penting banget..
    klo g pemanasan bisa cedera

    ReplyDelete
  14. Biar badan gak 'kaget'. Makanya penting banget pemanasan sebelum olahraga. Daripada udahannya nanti kenapa-napa

    ReplyDelete
  15. Aku pernah mbak renang bareng anak kos sewaktu kerja nggak pake pemanasan alhasil kaki kram sakitnya luarr biasa untuk ada yang nolongin. Jangan anggap remeh pentingnya pemanasan sebelum olahraga, setuju bangeet.

    ReplyDelete
  16. Setuju aku nih, pemanasan itu penting banget deh untuk melatih fleksibility tubuh kita dan lebih mempersiapkan jantung juga sih. IMO.

    ReplyDelete
  17. Pemanasan memang sepenting itu ya, pernah aku gak pemanasan yg ada malah jd sakit, gak sehat di badan

    ReplyDelete
  18. Wah saya pikir pemanasan saat olga cuma sekedar meregangkan otot2 sendi biar nyaman olganya. Ternyata manfaatnya banyak banget sampai melancarkan sirkulasi darah. Cuss lah besok yg bener pemanasannya kalau pas olga.

    ReplyDelete
  19. Bener banget Mbak, duh kasihan kalau cidera saat olah raga itu pasti sakit banget.

    Aku juga sedang melakukan senam pemanasan terus nih, belum brani senam yang melakukan banyak gerakan berat. Jadi, aku mulai dulu senam peregangan seluruh tubuh, biar sendi-sendinya lentur dan gak kaku

    ReplyDelete
  20. Iya, kadang malas pemanasan ya padahal akibatnya fatal kita bisa cedera dan tubuh nggak nyaman..memang harus disiplin pemanasan sebelum olahraga

    ReplyDelete
  21. Aku nih kadang suka skip pemanasan loh mbak, padahal pemanasan itu penting banget ya. Mungkin karena selama ini hanya jalan dan sepedahan doang makanya suka skip pemanasan.

    ReplyDelete
  22. Aku pernah ngerasain rasanya olahraga tanpa pemanasan, otot betis rasanya kaku banget. Sejak kejadian itu, sebelum olahraga pasti pemanasan dulu

    ReplyDelete
  23. Banyak ya manfaat pemanasan sebelum olahraga. Huhu, aku seringnya gak pemanasan dulu deh kalo olahraga. Jadinya badan sering kaku. Kadang cedera otot juga. Aku gak sabaran orangnya. Huhu... kudu belajar pemanasan deh ih.

    ReplyDelete
  24. Kangen zumbaaa..
    Iya, teh...sebelumnya kudu banget pemanasan dan yang penting adalah rutin. Jadi olahraganya bisa meningkat perlahan, gak langsung digeder.

    ReplyDelete
  25. Ahaaaa, berasa baca materi pelajaran penjasorkes dengan bahasa yang lebih enak :)
    Bener banget mak, pemasanan sangat pentiiing dalam berolahraga. Tanpa pemasanan, salah-salah bisa cedera.

    ReplyDelete
  26. Kadang saya suka lupa pemanasan dan malemnya biasanya menjadi kram di kaki, pemanasan emanng penting dan semoga saya istikomah nih kakak

    ReplyDelete
  27. Anakku juga sudah paham soal pemanasan karena kalau lihat aku olahraga tapa pemanasan, suka sekali dikomentari

    ReplyDelete
  28. Bener banget Mbak, pemanasan sebelum olah raga memang penting banget. Saya sendiri pernah ngalami OR tanpa pemanasan, saat olah raga memang belum terasa. Begitu selesai oalah raga, selang 30an menit, rasa sakit menyergap segenap tulang dan persendian sampai beberapa hari

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^