Kesehatan Mulut dan Gigi

Di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, kesehatan mulut dan gigi sangat penting untuk dijaga. Bukan tanpa alasan karena rongga mulut merupakan salah satu pintu masuk berbagai kuman, bakteri hingga virus. Oleh karenanya kita harus selalu menjaga kebersihan mulut, merawat gigi agar tetap bersih dan putih. Banyak cara memutihkan gigi alami dan menjaga gigi tetap sehat yang bisa dilakukan dengan mudah dan biaya yang murah. Asalkan kita rajin memelihara kesehatan gigi, maka kesehatan mulut pun bisa terjaga dengan baik.

menjaga-kesehatan-mulut-dan-gigi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mengapa kesehatan gigi dan mulut harus dijaga? Mulut dan gigi merupakan bagian tubuh yang menerima makanan, minuman dan salah satu organ penting dalam proses pencernaan. 

Saat kita mengonsumsi makanan dan minuman, semuanya memang terlihat tertelan. Namun ketika melewati rongga mulut, makanan dan minuman tersebut seringkali meninggalkan zat tertentu yang mengendap di dalam mulut. Zat yang tertinggal dalam mulut tersebut bisa saja memiliki kandungan bakteri atau kotoran di dalamnya. Nah jika bakteri dan kotoran tersebut dibiarkan mengendap dapat mengakibatkan resiko seseorang terkena penyakit atau kondisi medis tertentu.

Seperti halnya yang terjadi pada anak lelaki saya baru-baru ini. Dia merasa giginya sakit ketika digunakan untuk mengunyah makanan. Setelah diperiksa ternyata di giginya ada lubang kecil. Pantas saja anak itu  merasa sakit karena ada makanan yang masuk ke dalam lubang kecil itu.

Akhir-akhir ini anak saya memang melewatkan sikat gigi menjelang tidur. Beberapa hari yang lalu dia mengalami influenza dan sering ketiduran setelah mengonsumsi obat flu. Akibatnya ritual sikat gigi sebelum tidur terlewatkan.

Saya harus sering membujuk dia agar langsung sikat gigi usai minum obat, agar tidak ketiduran. Mengingat kesehatan gigu harus dijaga dengan baik karena fungsi gigi sangat penting untuk mengunyah makanan. Gigi yang tidak dijaga kebersihannya bisa jadi sarang kotoran yang akhirnya menjadi plak atau karies. 

Plak dan karies yang dibiarkan bisa mengikis lapisan email pada gigi. Apalagi jika senang mengonsumsi minuman asam yang berlebihan, kebiasaan itu juga bisa merusak email gigi dan mengikisnya. Nah hal tersebut yang menyebabkan gigi anak saya berlubang atau keropos. 

Gangguan Kesehatan Gigi dan Mulut

Gigi yang terlanjur rusak dan rongga mulut yang tidak bersih dapat menyebabkan banyak penyakit dan gangguan kesehatan. Kondisi tersebut bisa terjadi karena mudahnya penyebaran bakteri, kotoran hingga parasit yang menyerang mulut dan gigi. Gangguan kesehatan gigi dan mulut yang timbul ketika kebersihan mulut dan gigi tidak dijaga kebersihannya yaitu:

1. Gigi Berlubang

Salah satu gangguan di rongga mulut yang dialami oleh anak saya yaitu gigi berlubang. Penyebab gigi berlubang adalah kerusakan jaringan keras gigi yang diakibatkan oleh karies. Terbentuknya karies disebabkan bakteri yang menimbulkan warna kehitaman. Dan penyebab utamanya karena gigi kotor yang jarang disikat sehingga membentuk plak. Plak yang dibiarkan dan tidak ditangani berubah jadi karies dan menyebabkan gigi berlubang. Selain itu gigi berlubang juga disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan manis berlebihan, mulut kering, penggunaan obat-obatan atau gangguan makanan tertentu.

2. Bau Mulut (Halitosis)

Yang dimaksud halitosis adalah bau mulut yang berkelanjutan dan tidak dapat hilang meskipun mengonsumsi permen, menggunakan pencuci mulut atau sikat gigi. Pada umumnya halitosis disebabkan oleh konsumsi tembakau, sisa makanan pada mulut yang tidak dibersihkan, mulut yang kering, gigi kotor serta konsumsi obat-obatan tertentu.

3. Abses Gigi

Abses gigi merupakan rongga patologis yang disebabkan oleh infeksi bakteri campuran. Kondisi gangguan kesehatan gigi ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang berasal dari gigi yang terinfeksi baik pada maksila maupun pada mandibula.

4. Kanker Lidah

Terjadinya kanker lidah penyebab utamanya adalah mutasi gen yang disebabkan oleh merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan. Namun kanker pada lidah juga dapat terjadi akibat faktor gigi dan mulut yang tidak dijaga kebersihannya.

5. Karang Gigi

Timbunan plak dan zat kapur yang bereaksi terhadap air liur dapat menimbulkan karang gigi. Penyebab utamanya adalah kuman yang memakan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan sela-sela gigi. Selain itu karang gigi bisa muncul akibat keasaman pH air liur.

menjaga-kesehatan-mulut-dan-gigi

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Begitu beragamnya penyakit yang timbul akibat kurang terjaganya kesehatan gigi dan mulut, membuat kita harus bisa melakukan beberapa pencegahan. Tips menjaga kesehatan mulut dan gigi, diantaranya:

1. Membersihkan gigi dengan pasta gigi yang mengandung flouride

Bakteri yang ada di dalam mulut biasanya mengeluarkan zat asam untuk mengolah karbohidrat dari makanan yang kita konsumsi. Zat asam tersebut dapat mengikis mineral di dalam lapisan luar gigi atau email. Kondisi ini lama kelamaan dapat menyebabkan gigi berlubang. 

Untuk memperkuat lapisan email gigi dan mencegah terjadinya gigi berlubang, sebaiknya saat menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

2. Membersihkan gigi dengan benang gigi.

Selain memakai sikat gigi untuk membersihkan gigi, menggunakan benang gigi juga dapat digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Penggunaan benang gigi juga bisa mencegah terbentuknya plak yang dapat membuat gigi berlubang. Penggunaan benang gigi dilakukan setelah menyikat gigi.

3. Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

4. Memakai mouthwash atau obat kumur

Menjaga kesehatan mulut dan gigi tidak cukup hanya dengan menyikat gigi dan memakai benang gigi. Kita juga perlu memakai obat kumur atau mouthwash. Adapun obat kumur yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yaitu obat kumur yang mengandung thymol, methyl salicylate, menthol dan eucalyptol. Semua zat tersebut biasanya terdapat dalam obat kumur yang mengandung ekstrak teh hijau, daun mint, siwak dan daun thyme.

Kandungan zat tersebut lebih efektif membersihkan mulut dan gigi dari sisa makanan dan plak, serta  menghambat pertumbuhan kuman di dalam mulut. Selain itu obat kumur juga bisa membuat napas lebih segar selama kurang lebih 12 jam. 

5. Menghindari atau mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, berasa asam, makanan dan minuman dingin karena dapat merusak lapisan gigi.

6. Konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah.

7. Mengganti sikat gigi apabila bulu sikatnya sudah usang agar tidak melukai gusi dan merusak lapisan gigi.

Sebenarnya menjaga kesehatan mulut dan gigi tidaklah sulit untuk dilakukan jika konsisten. Apabila merasakan gejala atau gangguan pada mulut dan gigi segeralah memeriksakannya ke dokter gigi agar tidak menimbulkan gejala yang lebih serius.

Post a comment

30 Comments

  1. Kesehatan gigi dan mulut ini memang tidak boleh lalai ya, Mbak Nurul. Apalagi zaman pandemi seperti ini. Anak-anak pun harus terus diingatkan. Dan memang setuju dengan cara Mbak Nurul itu. Kalau anak tidur cepat karena sesuatu, maka harus segera sikat gigi dulu. karena sisa makanan itulaha yang membuat gigi berlubang. Zaman anak-anak, saya beberapa kali sakit gigi karena gigi berlubang.
    Dan membuat saya ngeri itu kanker lidah. Walau bukan perokok dan suka minum alkohol, tetap bisa kena juga.

    ReplyDelete
  2. Kalo baca soal kesehatan gigi , ingat lagi udah waktunya aku ke dokter gigi buat bersihkan karang... Duh pandemi ini bikin malas ke dokter 😢

    ReplyDelete
  3. Kesehatan gigi & mulut juga berpengaruh kepada kesehatan tubuh kita yang ,ain ya aku pernah baca kaya gitu. Makanya haru smenjaga kebersihan & kesehatan gigi dan mulut dengan baik

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah makai benang gigi, deh. Itu makenya gimana ya, Teh? Kok kebayangnya malah benang jahit >.<

    ReplyDelete
  5. Kayaknya pakai mouthwash nih yang sering terlupa aku, Mbak. Kadang malas. Pernah sampai operasi cabut gigi duh sakit banget sampe seminggu baru pulih. Minum aja sakit, hihi. Jadi bener memang kesehatan gigi dan mulut itu kunci kebahagiaan juga ternyata. Kalau dah sakit gigi, pikiran kacau deh. Makasih dah diingatkan.

    ReplyDelete
  6. Minum obat obatan tertentu ternyata bisa membuat nafas jadi bau juga ya..
    Btw, aku yang belum pernah nyoba yaitu pake benang gigi. .. Pernah lihat sih tapi belum ingin mencoba hehee

    ReplyDelete
  7. Menjaga kesehatan gigi secara konsisten juga belum tentu akan terhindar selalu dari gigi berlubang, kalau misal sikat gigi aja hihi sepengalamanku ini. Kalau baru sakit gigi dan harus dicabut, baru deh kesadaran makin meningkat kalau gigi itu aset banget. Jadi, jgn nunggu sakit dulu biar bisa jaga kesehatan gigi dan mulut ya

    ReplyDelete
  8. Kesehatan mulut dan gigi memang sangat penting. Bahkan sudah dijaga dengan baikpun, terkadang masih saja ada masalah di mulut ataupun gigi. Apalagi di masa pandemi ini, agak takut ke dokter gigi kalau ga perlu-perlu banget.

    ReplyDelete
  9. Karang gigi nih masalahku. Hehe.. Masalah gigi emang gak boleh dianggap sepele. Meski ada yg bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Dua2nya sakit euy

    ReplyDelete
  10. Permasalahan di anakku saat ini giginya terlanjur rusak dan rongga mulut yang tidak bersih sehingga menyebabkan gangguan kesehatan dan berlubang.

    ReplyDelete
  11. duu jadi berasa diingetin harus ke dokter gigi, sejak pandemi ini belum pernah ke dokter gigi lagi, karang gigi ini mulai mengganggu

    ReplyDelete
  12. Aku selalu ingatkan ke anak doal menggosok gigi ini
    Karena kalau ga dibiasakan sejak kecil bakalan bermasalah sampai besar
    Contohnya aku sendiri

    ReplyDelete
  13. Penting banget nih urusan kesehatan gigi dan mulut ya teh, untuk membersihka n gigi dengan benang gigi, belum pernah teh tapi saya jadi penasaran nih.

    ReplyDelete
  14. Hampir setahun pandemi, saya belum ke dokter gigi sama sekali, heuheu. Masih worry aja padahal dokter langganan sudah mulai praktik lagi. Sementara mengandalkan perawatan rumahan aja. Sikat gigi, sikat lidah dan kumur dengan obat kumur. Urusan kesehatan mulut ini memang jadi krusial selama masa covid. Jadi sudah semestinya mendapat perhatian ekstra.

    ReplyDelete
  15. aku baru ngerasain nih kemarin sakit gigi pas pandemi, ga berani ke dokter gigi pulaaa.. huhu. alhamdulillah sekarang dah mendingan bgt sih tapiii.. menjaga kesehatan gigi itu emang penting banget yaaaa

    ReplyDelete
  16. Anak saya sebetulnya termasuk rajin menggosok gigi, tapi ternyata dia juga mengalami masalah dengan giginya yang berlubang. Mungkin karena di malam hari dia suka jarang gosok gigi ya?

    ReplyDelete
  17. AKu suka ngilu kalau bersihkan gigi dengan benang. Jadi ya diakali aja ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk bersihin karang gigi.

    ReplyDelete
  18. Kalo aku selalu bilang kediri aku, paling ngga enak itu sakit gigi dan sariawan.. mau makan ngga enak dan mau ngapa ngapain juga ngga enak huhu.. jadi memang sudah paling bener jaga kesehatan mulut dan gigi dengan sebaik baiknya ya.. dan sebenernya simpel dan praktis tinggal mau atau tidak rajin jaga kebersihan mulut dan gigi

    ReplyDelete
  19. aku belum lancar dan terbiasa membersihkan gigi dengan benang atau flossing bukan sih sebutannya, eh salah tulis ya?

    merawat kesehatan gigi dan mulut memang penting sekali ya

    ReplyDelete
  20. Aku belum rutin nih kontrol ke dokter giginya. Ke dokter tu cuma klo ada keluhan aja. Padahal kan harusnya gak ada keluhan pun tetap kontrol rutin ya.

    ReplyDelete
  21. Iya nih, pasca banjir saya malah dapet rejeki sariawan. Nyeri banget pipi bagian dalam saya. Saya konsumsi vitamin C, tapi nggak mempan. Mungkin dosisnya kurang ya. Untung ada pemeriksaan kesehatan gratis pasca banjir, ikutan deh saya berobat. Setelah itu diberi vitamin C dosis 50mg oleh pak dokter juga parasetamol untuk meredakan nyeri. Alhamdulillah, jadi reminder nih supaya saya rajin konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C.

    ReplyDelete
  22. Dulu saking berusaha membiasakan anak-anak gosgi sebelum tidur, sampai mereka udah ngantuk bangeeet pun sampai kubelain bawa sikat gigi ke kamar. Akhirnya, sempet jadi terbiasa sikat gigi di kamar :D
    Tapi sekarang anak-anak sudah makin besar, sikat gigi sebelum tidur sudah nggak di kamar lagi (paling sesekali si kecil). Setidaknya kebiasaan sikat gigi sebelum tidur sudah terbentuk meski tidak terbukti bisa menyelamatkan gigi susu mereka (karena kan banyak faktor ya...)
    setidaknya saat gigi dewasa mereka sudah muncul, mereka sudah punya habbit sikat gigi.

    ReplyDelete
  23. Betul banget gigi dan mulut harus dirawat. Nggak enak banget memang kalau sakit gigi aku udah pernah ngerasain. Makanya wajar kalau sampai ada lagu "lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi" eh :D.

    ReplyDelete
  24. Dokter gigi emang termasuk yg cukup rawan selama pandemi, atau kalo bisa ditahan ya,di tahan sih sakit giginya hehehe

    ReplyDelete
  25. Ah iya, tentang pakai mouthwash ini masih PR banget karena ada rasa mual saat berkumur pakai mouthwash. Sudah coba beberapa merk, tapi masih sama hasilnya.

    Btw, karena Pandemi sehingga urusan ke dokter gigi totally "libur", bahkan saat sakit gigi (tepatnya mau konsultasi utk pasang behel karena ada giginya yang bertumpuk), jadinya nunggu entar kalau sikon sdh kondusif.

    ReplyDelete
  26. Anakku paling susah nih kalau diajak sikat gigi sebelum tidur. Jadi sikat giginya pas mandi saja. Tapi emang ngaruh sih ke gigi. Jadi giginya kayak gripis gitu yg depan.

    ReplyDelete
  27. Aku coba rajin jaga kesehatan mulut dan gigi sejak pandemi. Karena ternyata ngga cukup cuma rajin gosok gigi ya, Mba. Kebersihan rongga mulut dan kerongkongan juga ngaruh banget ke kesehatan kita keseluruhan. Karena takut juga kalau sampai gigi kenapa-napa. Tapi udah setahun belum bersihin karang gigi nih aku, masih parno ke praktik dokter :(.

    ReplyDelete
  28. Aku belum pernah bersihin gigi pake benang hehehe. Seringnya pakai tusuk gigi. Menjaga kebersihan gigi dan mulut ini wajib banget, kalo aku minimal sikat gigi 2x sehari.

    ReplyDelete
  29. Teteh...
    Kita sehati niih..

    Aku kemarin lagi cari-cari cara gimana agar rutin merawat gigi dan rongga mulut agar sehat, karena aku takut banget pandemi begini kudu ke dokter gigi kaan..

    Akhirnya aku beli mouthwash dan membiasakan anak-anak mengurangi makanan dan minuman manis.

    Bismillah,
    Sehat selalu.

    ReplyDelete
  30. Nah untuk membersihkan karang gigi itu biasanya ke dokter ka. Cuma selama pandemi ini belum sih agak takut. Apa aman ya ke dokter gigi sekarang2 ini mba? Punya pengalaman gak mba?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^