7 Cara Mengoptimalkan Pemasaran

Di setiap usaha apapun, pemasaran memegang peranan penting dalam menentukan kelangsungan hidup sebuah usaha. Banyak cara untuk mengoptimalkan pemasaran agar usaha kita lancar, yang penting perhatian kita terpusat seperti fokus dengan cara penyusunan market fit yang benar atau menguasai detil produk.

Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis

Sebelumnya kita pahami dahulu bahwa pemasaran harus mampu menciptakan  sistem yang dapat membantu orang lain yang membutuhkan sesuatu menjadi tahu, suka dan selanjutnya percaya. Setelah itu menggiring mereka untuk membeli dan merekomendasikannya kepada orang lain yang memiliki kebutuhan sama.

Pada prinsipnya, sebuah produk bisa berada di tangan pembeli itu melalui proses yang panjang. Konsumen tertarik untuk membeli setelah merasa percaya. Dan orang bisa percaya karena suka, tetapi orang tidak akan suka kalau dia tidak pernah tahu.

Jadi?

Langkah pertama yang mesti dilakukan dalam pemasaran adalah membuat target market mengetahui produk kita. Target market harus tahu manfaat, kualitas, spesifikasi, model dan keunggulan produk kita. Sehingga produk kita bisa menjadi solusi dari kebutuhan target market.

Lakukan edukasi untuk mendapatkan transaksi.

Setelah melakukan edukasi yakinkan konsumen untuk membeli dan kembali membeli lagi. Saat konsumen merasa puas maka mereka akan merekomendasikan produk kita ke orang lain. Bisa dibayangkan apabila setiap hari ada 10 pembeli baru yang merasa puas dan merekomendasikan produk kita kepada orang lain maka akan berpengaruh pada peningkatan omset dan profit.

Inti dari pemasaran yaitu:

1. Mengubah target market menjadi buyer (pembeli)
2. Mengubah pembeli menjadi pelanggan
3. Mengubah pelanggan menjadi promotor atau tim penjualan.

Mengoptimalkan Pemasaran Bisnis

Lalu, bagaimana mengoptimalkan pemasaran agar mampu mencapai tujuan?

 1. Perbaiki niat

Luruskan niat memasarkan produk untuk membantu orang lain menemukan solusi dari masalahnya. Setidaknya memiliki keinginan untuk bisa bermanfaat untuk orang lain. Oleh karena itu, apabila sudah menawarkan tetapi tidak terjadi penjualan, tidak perlu baper. Bisa saja mereka tidak memiliki cukup dana untuk membeli atau produk yang kita tawarkan belum begitu dibutuhkan.

2. Kenali target market produk kita

Setiap orang memiliki selera masing-masing. Begitu juga dengan produk, tidak ada produk yang sesuai dengan semua kalangan. Setiap produk pastinya memiliki penggemarnya masing-masing. Oleh karenanya kita wajib tahu siapa yang membutuhkan produk kita, kalangan mana saja,  di mana tempat berkumpulnya dan bagaimana cara menghubunginya.

3. Kuasai produk secara detil

Pelajari keunggulan dan keunikan dari produk kita. Setiap produk pasti memiliki keunggulan dan keunikan sendiri yang membedakannya dengan produk lain. Menguasai produk secara detil akan memudahkan kita membuat promo yang menarik. Selain itu kita juga bisa meyakinkan calon pembeli.

4. Menguasai trik penjualan

Apabila kita sudah menguasai detil produk dan mengenali target market kita selanjutnya mengasah skill berjualan. Untuk menjadi penjual yang sukses haruslah sering berlatih dan berlatih.

Termasuk ketika menguasai ilmu baru, wajib wajib dilatih terus agar mahir dan menemukan polanya. Dan yang tidak kalah penting yaitu mempelajari promo yang menarik yang sulit ditolak oleh target market. 

Terus pelajari cara menyampaikannya sehingga terkesan natural tetapi meyakinkan. Dengan begitu dapat berpeluang besar menghasilkan penjualan.

5. Buat strategi promosi yang jitu dan mudah dipraktikkan

Sudah bukan zamannya lagi membuat iklan yang biasa saja di radio, televisi, pameran, brosur untuk menarik pembeli. Zaman sekarang orang malah tidak suka jika diserbu dengan iklan terus. Seperti halnya ketika kita sedang melihat tayangan di televisi, ketika ada jeda iklan biasanya akan segera mengganti saluran. 

Kecuali, iklan yang kita buat, menarik, unik, dan khas sehingga menarik perhatian calon konsumen.

Bisa?

6. Banyak berlatih dan melakukan evaluasi

Keahlian berjualan tidak akan berkembang apabila tidak sering dilatih. Segera praktikkan ilmu yang sudah didapatkan meskipun hanya sedikit. Kemudian lakukan evaluasi untuk melihat kekurangan sehingga bisa diperbaiki untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jangan bosan untuk mengulang mempraktikkan dan melakukan evaluasi. Hingga menemukan pola yang pas dengan penjualan kita.

7. Memahami cara penyusunan produk market fit

Apakah product market fit itu?

Product market fit bisa digambarkan sebagai sebuah skenario ketika seorang konsumen melakukan pembelian, menggunakan dan memberitahu orang lain mengenai produk yang digunakan dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga perusahaan mendapatkan banyak benefit.

Sebuah product market fit dikatakan tidak berjalan dengan baik apabila konsumen tidak mendapatkan manfaat dari produk sehingga tidak ada promosi dari mulut ke mulut, penggunaan produk tidak berkembang, konsumen tidak mau memberi ulasan dan dampak negatif lainnya. Namun apabila yang terjadi sebaliknya, maka dipastikan produk kita cocok di pasaran.

Zaman sekarang memahami product market fit dapat memberikan banyak keuntungan, seperti menciptakan produk yang bermanfaat untuk konsumen sekaligus membuat bisnis semakin berkembang,

Kesimpulan:

Setiap usaha memerlukan strategi pemasaran yang jitu. Sebab pemasaran bisa membuat usaha berjalan lancar. Terutama apabila sistem pemasarannya bisa membantu target market mengetahui manfaat, kualitas, spesifikasi, model dan keunggulan produk yang ditawarkan. Mengoptimalkan pemasaran bisa membuat usaha kita semakin berkembang dan menuai laba sesuai harapan.

Salam takzim


Post a Comment

17 Comments

  1. Ulasan mengenai cara mengoptimalkan pemasaran ini mudah banget dipahami. Tipsnya betul dan mudah dipraktekkan juga. Buat kita yang juga memiliki usaha,, penting banget nih mempelajari cara ini untuk meningkatkan penjualan

    ReplyDelete
  2. Langkahnya panjang dari target market menjadi motor pemasaran ya? Tapi yakin aja, kalau tekun dan konsisten insya Allah bisa ya mbak. Saya pernah mengalami meskipun skala kecil, hehe effortnya lumayan

    ReplyDelete
  3. Pemasaran yang baik emang kudu ada ilmunya ya, mbak. "Ojo waton dodolan" kalau kata orang Jawa. Nice sharing, mbak.

    ReplyDelete
  4. Tips strategi pemasarannya mantul, bener semua. Harus niat untuk menerapkan kalau mau sukses ya...daaan harus mulai dari sekarang, ga boleh malu dan menunda.
    Makasih artikelnya keren...

    ReplyDelete
  5. Bagian pemasaran emang penting banget untuk semua bisnis dalam bidang apapun ya Teh. Aku pernah lama di bagian ini dan tantangannya emang banyak. Karena itu harus terus berinovasi dan membekali diri dengan ilmu yang cukup. Nice sharing Teh.. thnks for writing this article.

    ReplyDelete
  6. Setiap usaha memerlukan strategi pemasaran yang jitu, setuju banget nih Mak sama pernyataan ini. Tips-nya sgt membantu sekali utk meningkatkan strategi pemasaran yg jitu. Thank you

    ReplyDelete
  7. Marketing memang penting bgt ya mba
    Edukasi dan pengenalan produk juga kudu dilakukan dgn optimal.
    Target market harus tahu manfaat, kualitas, spesifikasi, model dan keunggulan produk kita.

    Sehingga produk kita bisa menjadi solusi dari kebutuhan target market.

    ReplyDelete
  8. Kalau ingat pemasaran bisnis ini jadi ingat waktu zaman kuliah dulu. Memperbaiki niat memang paling utama nih, supaya bisnis makin maju ya.

    ReplyDelete
  9. Semua strategi kalau cuma planning doang memang ga akan jalan ya, Mba. Saya suka yg poin 6 tuh buat tau bagus atau tidaknya planning kita memang butuh banyak berlatih. Practice makes you good

    ReplyDelete
  10. Tips untuk mengoptimalkan pemasarannya lengkap banget mbak. Memang kudu mengenali pasar dan produk kita ya, agar target market terkonversi menjadi buyer

    ReplyDelete
  11. noted deh ini, semuanya perlu latihan ya mba biar makin mahir. Dulu aku suka jualan dari SD. Jualan kertas file pertama kalii..
    ini cakep banget 7 caranya. Targetnya beneeeer kudu jelas..

    ReplyDelete
  12. Semakin kesini saya makin oaham pentingnya pemasaran/marketing. Ini adalah ilmu yang wajib dipelajari semua studi ilmu dan profesionalpun menerapkan strategi2 marketing untuk kesuksesan. Tapi memang perlu perjuangan dan ketekunan ya mam.

    ReplyDelete
  13. pengen deh belajar jurus-jurus penjualan, aku tuh payah banget kalo soal jualan produk. Beda banget sama kakak ku dia kayanya lebih hoki kalo jualan.

    ReplyDelete
  14. Setuju mba ada tekniknya ya dalam pemasaran sayangnya dulu pas buka store es krim kurang pemasaran dan strateginya kurang sehingga ya tutup sebelum berkembang

    ReplyDelete
  15. Ini penting dipelajari kalau mau memulai usaha dan makin berkembang ya mbak, saya dulu jualan jajan modal testimoni teman yang pernah pesan dan nekad hehe

    ReplyDelete
  16. Seseorang pernah crita, kalau pemasaran bisa dikatakan seperti "seni" , dimana siapa saja yang berkiprah di dunia marketing harus memiliki dan melatih skill seindah mungkin sehingga bisa menjual dengan lebih menarik dan menyenangkan. Pemasaran juga bisa menjadi medan ujian mental dan kesabaran.

    ReplyDelete
  17. Sebagai pebisnis baru, proses ini memang jadi tantangan banget ya, Mak. Apalagi terbiasa dengan aktivitas digital yang (ibaratnya) nggak pakai mikir berat2 amat. Terus, sekarang harus berjuang dan memikirkan gimana supaya bisnis ini bisa growth. Thanks tip nya Mak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^