Pentingnya Kalsium Untuk Bayi

Beberapa waktu yang lalu, adik bungsu saya mengeluhkan anaknya yang enggan minum susu formula. Usia baby R memasuki 15 bulan, ibunya ingin dia mau minum susu formula di samping ASI. Sedangkan menurut saya, selama baby R banyak minum ASI, kita gak perlu khawatir dengan asupan nutrisinya. Namun tetap saja adik saya khawatir apabila anaknya kekurangan kalsium.

Semua ibu pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, bukan? Begitu pula dengan adik saya, dia ingin asupan yanng terbaik untuk anaknya. Kita sama-sama tahu kalau kalsium yang terdapat di susu, sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Mari kita uraikan satu persatu, manfaat kalsium untuk bayi dan anak.

Manfaat Kalsium untuk Bayi

1. Menambah Kepadatan Tulang.

Tulang merupakan 'bank kalsium' menurut Healthy Kids Association. Jadi apabila tidak ada cadangan kalsium dalam tubuh, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Bayangkan apabila proses pengambilan itu terjadi terus menerus, tulang bisa lebih mudah rapuh dan patah. Resiko osteoporosis pun akan meningkat.

Untuk usia keponakan saya, kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Di usia 15 bulan ini gigi keponakan saya sudah berjumlah 10 buah. Dan untuk melengkapi susunan giginya, dia membutuhkan kalsium yang maksimal.

2. Penting untuk Kecerdasan Anak

Tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang, kalsium juga membantu perkembangan sistem saraf dan fungsi otot pada tubuh anak. Dalam proses kontraksi otot dan penghantaran sinyal-sinyal pada sistem saraf di otak, kalsium ini terlibat langsung dalam prosesnya.

3. Membantu Pertumbuhan Tinggi Anak secara Optimal.

Pertumbuhan tinggi badan terjadi secara signifikan pada anak. Per tahun tinggi badan anak bisa bertambah sekitar 5-6 sentimeter, sejak berumur dua tahun hingga masa pubertas. Anak yang mengonsumsi kalsium secara optimal, akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang maksimal. Namun kita juga harus mengingatkan anak untuk berolahraga secara rutin dan istirahat cukup untuk pertumbuhan tinggi badannya.

4. Mengoptimalkan Sistem Imun Tubuh

Fungsi kalsium yang lainnya yaitu mengaktifkan enzim-enzim penting dalam tubuh supaya bisa menghasilkan energi dan mengoptimalkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang kuat bisa mencegah timbulnya penyakit.

Pastinya sedih kan, ya, kalau lihat anak-anak lesu, lemah, sering sakit perut, sering berkeringat, kram otot dan susah tidur?  Makanya jangan sampai anak kita kekurangan kalsium sehingga kena berbagai penyakit tersebut.

Nah, banyak juga manfaat kalsium untuk anak, bukan? Jadinya gak heran kalau adik saya begitu khawatir ketika bayinya gak mau minum susu formula. Ibu dua anak itu gak mau anaknya kekurangan kalsium.

Padahal ibu gak perlu panik. Asalkan kecukupan kalsiumnya terpenuhi dari sumber kalsium lainnya, kita bisa tenang. 

Sumber Kalsium

Saya katakan pada adik jika sumber kalsium bukan hanya dari susu formula, ajaa!! Masih ada makanan lain yang menjadi sumber kalsium. Makanan apa sajakah itu?

Sumber kalsium terbaik untuk anak yaitu produk olahan susu seperti yoghurt dan keju. Selain itu ikan teri, kacang almond, kacang kedelai, edamame, selada dan olahan tahu tempe serta sayuran berdaun hijau tua seperti brokoli, bayam dan pakcoy, juga kaya akan kalsium.

Setahu saya, bukan hanya anak dan bayi saja yang butuh kalsium untuk tumbuh kembangnya. Ibu hamil dan menyusui serta lansia juga butuh untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi. Saya jadi ingat dengan nenek yang pernah mengonsumsi suplemen untuk memenuhi asupan kalsiumnya. Mamah mertua memberikan beliau suplemen vitamin D3 1000. Mengapa vitamin D3?

Beberapa sumber menyebutkan bahwa vitamin D3 merupakan bentuk paling alami dari vitamin D. Vitamin ini berperan penting untuk mengatur kadar kalsium di dalam tubuh dan juga bermanfaat menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Lebih jelasnya manfaat utama vitamin D3 adalah membantu tubuh kita dalam menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk menjaga tulang tetap kuat. Mengonsumsi vitamin D3 baik dilakukan oleh orang-orang yang tidak mendapatkan asupan vitamin D baik dari makanan ataupun dari sinar matahari. Mamah mertua mendapatkan vitamin tersebut di toko online kesehatan yang terpercaya. Usaha mamah memang berhasil, karena nenek masih kuat berjalan sendiri tanpa bantuan apapun di usianya yang 92 tahun.

Kalau lihat pengalaman nenek, jadi makin terpicu untuk menjaga asupan kalsium untuk tubuh sendiri. Inginnya bisa seperti nenek, di usia lanjut tetapi masih bisa bergerak bebas tanpa alat bantu. 

Kembali lagi ke kasus keponakan saya, untuk anak sekecil itu asupan kalsiumnya memang perlu diperhatikan, supaya tumbuh kembangnya optimal. Selaku orang tua, wajar apabila adik saya merasa khawatir ketika anaknya gak mau minum susu. Setelah saya beritahu tentang sumber kalsium lainnya, dia bisa tenang kembali, loh! Alhamdulillah.

Salam takzim


Post a Comment

25 Comments

  1. wah banyak banget manfaat kalsium buat anak, sepemahamanku kalsium ini bisa membantu pertumbuhan tulang buat si kecil yang tulangnya masih muda pastinya bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  2. Bayi, anak, remaja, dewasa hingga lansia pasti butuh kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. Penting banget kita berolahraga sambil berjemur mendapatkan sinar matahari pagi yang baik. Sekarang ada D3 1000 ya, membantu tubuh kita dalam menyerap kalsium dan fosfor.

    ReplyDelete
  3. Na itu dia mbake sebaiknya baby minum susu dan terbaik pastinya ASI dulu ya, untuk cukupin kebutuhan kalsiumnya

    ReplyDelete
  4. Pentingnya kalsium pada bayi tuh yang membuat anka jadi makin sehat. Kepadatan tulang juga sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak ya mba

    ReplyDelete
  5. Sepakat banget, anak bayi perlu banget kebutuhan kalsiumnya dipenuhi jadinya makin sehat dan kuat untuk pertumbuhan ya

    ReplyDelete
  6. Setiap ibu ingin yang terbaik untuk anaknya. Walau sudah diberi ASI pengennya ditambah lagi dengan susu formula, biar asupan nutrisinya tambah sempurna ya Mbak. Yah kekuatiran yang wajar. Tapi jangan pula sampai senio ya Mbak. Kalsium emang penting banget dan sumbernya banyak juga selain susu

    ReplyDelete
  7. Kalsium punya segudang manfaat bagi kesehatan tulang dan gigi, pastinya penting bagi setiap orang, bahkan sejak bayi sampai yang tua. Sumber kalsium ada banyak, tinggal kita cari dan konsumsi secara rutin.

    ReplyDelete
  8. Dulu tuh kalau pas dateng ke dokter anak selalu dikasih pesan "jangan lupa selalu perhatikan kalsium anak ya bu". Jadi aja sampai sekarang tuh anakku senang sekali minum susu.

    ReplyDelete
  9. Kalsium ini memang penting banget ya buat tubuh. Apalagi buat bayi. Untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Akan sangat fatal jika kebutuhan kalsiumnya kurang terpenuhi. Semoga para orang tua selalu aware dengan ini, ya.

    ReplyDelete
  10. Pentingnya kalsium dan bukan dari susu saja sumbernya. Kalau dari asupan lain juga suplemen tersedia akan tercukupi nanti. Senangnya vitamin seperti D3 1000 seperti ini sudah mudah sekali dibeli secara online sehingga kapan saja dibutuhkan bisa dipesan

    ReplyDelete
  11. kalsium dan vitamin D saling membantu ya untuk pertumbuhan anak. Berapa dosisnya ya? dulu waktu kena covid memang minum vitamin D tapi setelah sembuh, udah ga lanjut lagi.

    ReplyDelete
  12. Kalsium adalah salah satu zat yang penting bagi tubuh ya mbak.
    Apalagi buat bayi, penting punya asupan kalsium agar tulang dan giginya tumbuh kuat

    ReplyDelete
  13. Selain tulang, kalau boleh menambahkan, juga utk gigi mbak hehe
    Soalnya anakku dulu sempat anemia dan kekurangan kalsium jd giginya sempat rapuh gtu :D
    Eh tapi emang kalsium ini penting tak hanya buat anak/bayi tapi juga org dewasa ya, supaya tulang kuat terus sampai usia lansia nanti, nabungnya emang kudu sejak anak2 :D

    ReplyDelete
  14. Keponakanku pada minum ASI. Dikasih sufor malah gak mau. Seneng sih karena malah irit, hahaha. Kalau udah MPASI, banyakin sayur sama buah biar nutrisinya oke

    ReplyDelete
  15. Banyak banget manfaat kalsium buat anak ya Teh. Nutrisi mendukung tumbuh kembangnya juga. Jadi kebutuhan kalsium juga perlu dipenuhi.

    ReplyDelete
  16. Kalsium emang banyak manfaatnya emak, dan menurut aku enggak cuma bayi aja sih yang butuh kalsium, semua orang dan termasuk kita..m

    ReplyDelete
  17. Kalsium emang banyak manfaatnya emak, dan menurut aku enggak cuma bayi aja sih yang butuh kalsium, semua orang dan termasuk kita..m

    ReplyDelete
  18. Yup, setuju Mba bahwa sumber kalsium itu ada banyaaak. Masih banyak salah kaprah di masyarakat kita kalau sumber kalsium itu susu aja. Jadilah berlomba-lomba kasih susu anak, yang terkadang malah punya kandungan gula yang tinggi :").

    ReplyDelete
  19. suplemen vitamin di masa pertumbuhan dan lansia memang penting banget ya mbak. Di masa pandemi begini juga, saya rutin minum vitamin penambah imunitas ini. Secara dulu enggak pernah kepikiran makan segala macam vitamin. Tapi sekarang kerasa banget, alhamdulillah saya dan keluarga sehat karena tercukupi kebutuhan harian vitamin dan mineral.

    ReplyDelete
  20. anakku juga mengkonsumsi vitamin d3 bagus untuk tumbuh kembangnya, aku belinya di toko online juga karena jarang ada yang jual kalau offline

    ReplyDelete
  21. Iya mbak, memang banyak banget ya manfaat kalsium untuk tubuh. Makanya untuk anak dalam masa pertumbuhan dianjurkan untuk minum susu. Meskipun sumber kalsium tidak hanya dari susu, tapi bisa juga dari makanan lainnya

    ReplyDelete
  22. penting banget sih kalsium dari masih di kandungan sampe pertumbuhannya, tapi kadang orang suka ga aware karena bukan gizi utama padahal pentingnya dan banyak pula kebtuhan porsi kalsium untuk anak

    ReplyDelete
  23. Kalsium memang penting banget nih bagi tubuh. terutama untuk tulang ya, sebagai penyangga badan yang kalau bisa sampai tua masih bagus. Makanya sejak bayi harus diperhatikan asupan gizi yang mengandung kalsium, harus tercukupi dalam konsumsi harian.

    ReplyDelete
  24. Aku juga lagi cari nih suplemen kalsium untuk aku dan bayi. Cek ah sesuai rekomendasi mba Nurul.

    ReplyDelete
  25. saya konsumsi kelor buat kalsium saya dan si bayi lewat asi .. tapi rasanya masih butuy suplemen juga sih biar kebutuhan kalsium bener2 cukup di masa menyusui ini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^