Platform Pendanaan Digital Bagi UMKM Indonesia

Masa pandemi Covid 19 dianggap mimpi buruk bagi para pelaku UMKM di Indonesia, terutama bagi pelaku usaha Ultra Mikro. Banyak tempat usaha yang harus tutup karena adanya penerapan zona PPKM. Tempat usaha ditutup, pembeli pun banyak beralih berbelanja menggunakan media online. Pelaku usaha yang tidak menguasai digital marketing akhirnya banyak yang tumbang. Perputaran uang pun terhambat, akibatnya modal usaha terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.
 
Modalku Platform Pendanaan Digital Bagi UMKM Indonesia

Keterlibatan UMKM Dalam Perekonomian Bangsa

Tersendatnya usaha para pengusaha UMKM setidaknya memberi dampak besar pada perekonomian bangsa. Seperti kita ketahui pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya keterlibatan UMKM. Berdasarkan isi UUD 1945 pasal 33 ayat 4 yang menyatakan bahwa UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dapat disimpulkan bahwa UMKM memiliki peran yang penting terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

Seperti yang dilansir dalam bkpm.go.id, UMKM memiliki peran yang penting sebagai salah satu pilar perekonomian Indonesia, bahwa:
  1. UMKM memiliki andil yang besar terhadap PDB yaitu 61,97% dari total PDB nasional atau sama dengan Rp. 8.500 triliun pada tahun 2020.
  2. UMKM mampu menyerap kredit terbesar pada tahun 2018 dengan jumlah kurang lebih Rp. 1 triliun.
  3. UMKM berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja yang banyak yaitu sebesar 97% dari daya serap dunia usaha pada tahun 2020. Sehingga banyaknya UMKM berbanding lurus dengan terbukanya lapangan pekerjaan di Indonesia. Hal tersebut membuktikan bahwa UMKM memiliki andil yang besar dalam penyerapan tenaga kerja.
Sayangnya kontribusi UMKM terhadap perekonomian mengalami banyak masalah akibat pandemi. Jumlah UMKM dan kontribusinya menurun sejak tahun 2020 lalu. Permasalahan yang dihadapi UMKM Indonesia diantaranya perubahan pola konsumsi barang dan jasa dari sistem offline menjadi online, pelaku usaha juga memiliki masalah di bidang tenaga kerja akibat pemberlakuan pembatasan sosial. Selain itu terhambatnya distribusi produk, kesulitan bahan baku dan keterbatasan modal disinyalir juga menjadi masalah selama pandemi.

Melihat peranan UMKM yang besar terhadap perekonomian bangsa, banyak pihak yang berupaya supaya pelaku UMKM bisa bangkit lagi dan memperbaiki pertumbuhan ekonomi negara. Terutama bantuan pada masalah keterbatasan akses permodalan. Pemerintah dan beberapa pihak terkait memberikan inovasi layanan keuangan agar dapat membantu UMKM-UMKM mengembangkan bisnisnya.

Pendanaan Digital Bagi UMKM

Inovasi layanan keuangan yang dapat membantu pembiayaan usaha juga dilakukan oleh FinTech pembiayaan, Modalku. Platform pendanaan digital Modalku menyampaikan tantangan dalam pendanaan usaha pada UMKM.

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Head of Partnership & Special Project Modalku, Mario Enrico bahwa banyak aktivitas UMKM berjalan dengan modal swadaya atau berasal dari kantong sendiri. Karena mereka kesulitan mencari partner pembiayaan usaha. Keadaan tersebut tentunya tidak terjadi pada perusahaan-perusahaan besar yang sudah mapan. Berdasarkan kondisi yang ada di lapangan, berbagai media keuangan hadir dengan inovasi layangan keuangan yang solutif, membantu pelaku UMKM.
Modalku Platform pendanaan digital untuk UMKM

Platform Pendanaan Digital Modalku

Salah satu pihak yang peduli dengan keberadaan UMKM di Indonesia adalah platform pendanaan digital, Modalku. Modalku sebagai platform pendanaan digital memiliki basis teknologi finansial di Indonesia. Modalku berperan sebagai penghubung UMKM dan pemilik dana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan membentuk dunia keuangan yang lebih inklusif.

Di dalam memilih platform pendanaan, masyarakat terutama pelaku UMKM pastinya melalui berbagai pertimbangan. Selain platformnya harus memiliki reputasi yang baik, juga dinilai aman dan resmi dalam pengawasan OJK. Berikut ini keunggulan Platform Pendanaan di Modalku yaitu:
  1. Mendanai UMKM Indonesia mulai dari Rp. 100 ribu
  2.  Menyediakan tingkat bunga hingga 17% per tahun
  3. Tenor pendanaan singkat antara 1 hingga 24 bulan
  4. Memiliki izin resmi dan diawasi oleh OJK
Modalku wadah pendanaan digital untuk UMKM

 
Modalku menjamin para pengguna layanan pendanaannya mendapatkan berbagai manfaat. Apa sajakah manfaatnya? Berikut ini manfaat bergabungnya para usaha UMKM dalam Modalku yaitu:

Terbuka untuk Semua Pengusaha

Seluruh pelaku UMKM dapat mengajukan pinjaman modal usaha di Modalku. Baik UMKM yang berjualan menggunakan sistem online (menggunakan marketplace atau berjualan di platform transportasi online) atau yang berjualan secara offline, selama menggunakan sistem kasir digital seperti Majoo, Spot, Gobiz, Moka dan kasir digital lainnya.

Persyaratan yang Mudah

Syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan pendanaan cukup mudah. Hanya membutuhkan foto KTP, mutasi rekening usaha, laporan penjualan usaha dan foto selfie.

Penilaian Usaha

Modalku akan melakukan penilaian usaha yang dilakukan secara menyeluruh dari sisi bisnis offline maupun online. Hal ini membuktikan bahwa Modalku tetap memperhatikan keseluruhan jalannya usaha.

Modalku Peduli dengan Perkembangan Bisnis

Sudah ribuan UMKM yang bergabung dan mengembangkan bisnis dengan pinjaman usaha di Modalku.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, Modalku berharap akan semakin banyak UMKM yang mau bergabung dan merasakan manfaat yang sama dengan ribuan UMKM lainnya.

Adapun mengenai persyaratan untuk bergabung di Modalku, sangat mudah dan simpel. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, untuk UMKM yang mau bergabung di Modalku harus memiliki bisnis online maupun offline yang menggunakan sistem kasir digital seperti Spot, Gobiz, Moka, Majoo dan kasir digital lainnya.

Syarat untuk mendapatkan pendanaan dari Modalku yang selanjutnya adalah pelaku usaha memiliki bisnis dan berdomisili di wilayah Jawa, Batam, Makassar, Palembang, Bali dan Medan. Selain itu usahanya telah berjalan lebih dari 6 bulan, memiliki pendapatan bulanan mulai dari Rp. 6 juta, dan bukan pebisnis yang berjualan dengan sistem reseller atau dropshipper. Persiapkan pula dokumen pendukung seperti foto KTP, mutasi rekening usaha selama 3 bulan terakhir, foto NPWP atau Laporan Penjualan di sistem kasir digital atau marketplace.

Cukup mudah untuk mendapatkan dana modal dari Modalku, bukan? Pengajuan modal tanpa agunan yang disediakan oleh Modalku diharapkan dapat membantu para pelaku usaha untuk menjalankan usahanya kembali.

UMKM Bangkit, Perekonomian Melejit

Berjalannya usaha para UMKM tentu dapat memberikan kontribusi penyerapan tenaga kerja. Selain itu dapat menyerap kredit lebih besar lagi. Dengan demikian perekonomian dapat berputar terus. Pertumbuhan usaha kembali bangkit berdampak pada bangkitnya perekonomian negara. Perekonomian yang stabil tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semoga.
 
Salam takzim

Post a Comment

17 Comments

  1. Sekarang ini sudah banyak bermunculan platform pendanaan digital bagi UMKM semoga dengan adanya ini para pelaku UMKM bisa terus berinovasi dan semangat untuk memajukan bisnisnya.

    ReplyDelete
  2. Menarik sekali ya program dari Modalku yang memberikan pinjaman pada UMKM. Btw kisarannya bisa pinjam berapa maksimalnya? Apakah dilihat dari jenis usahanya?

    ReplyDelete
  3. Pendanaan digital harus disikapi dengan baik ya mbak Nurul,
    kadang pas menerima dana, enak aja gitu makenya dan bisnisnya jadi nomor dua deh

    ReplyDelete
  4. Semoga UMKM di negeri ini bangkit kembali, pandemi tidak berkelanjutan lagi soalnya mulai deg denger di cina lagi ada lagi virus terbaru hadewww....

    Pendanaan umkm semoga di pergunakan sebaik baiknya untuk usaha bukan untuk hal yang komsumtif.

    ReplyDelete
  5. Penting banget nih mengecek apakah platform pendanaan digital sudah mengantongi ijin dari OJK, dan Modalku ini sudah terdaftar di OJK ya mbak. Bagi pelaku UMKM yang butuh tambahan modal usaha, bisa nih mengajukan pinjaman pendanaan ke Modalku

    ReplyDelete
  6. semoga UMKM makin menggeliat dengan adanya platform pendanaan. sehingga perekonomian Indonesia makin maju

    ReplyDelete
  7. Wah, luar biasa sekali ini. Para pelaku UMKM harus tau info ini. Semoga dengan ada pendanaan seperti ini para pelaku UMKM bisa bangkit dan lebih produktif

    ReplyDelete
  8. Nama platfom pendanaanya bagus ya mba.. Modalku
    Dan dengan Modalku ini semoga bisa membantu para pelaku UMKM ya mba untuk maju dan berkembang

    ReplyDelete
  9. Kasihan banget ya di awal-awal pandemi banyak yang bangkrut & tutup usaha karena orang-orang juga membatasi mobilitas. Sekarang sudah mulai bangkit, banyak UMKM yang butuh pendanaan. Aku coba pelajari Pendanaan digital Modalku dari tulisan mbak Nurul nih

    ReplyDelete
  10. Modalnya pada habis dan pasukan enggak seperti biasanya ya, mbak. Jadi butuh modal tambahan.

    Modalku pasti sangat membantu para pelaku umkm, nih.

    ReplyDelete
  11. Ikut seneng deh, kini banyak pihak yang peduli UMKM. Terutama dalam urusan pendanaan ya. Semoga UMKM Indonesia bisa majuuu

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah ya semakin banyak pihak yang peduli dengan UMKM dan Modalku membantu pengusaha untuk bisa mendapatkan pendanaan dan modal usahanya, sudah terdaftar di OJK juga jadi lebih aman...

    ReplyDelete
  13. dengan pendanaan begini memang kudu pilih-pilih yang trusted ya mak. Jangan sampai yang bermasalah jadi aman juga ke kitanya yang minjem. paling tidak aman dari bahaya di kemudian hari

    ReplyDelete
  14. Ini kalau udah ada fasilitas yang mau ngebantu UMKM kayak gini, semoga yang minjem juga bisa fokus dan menggunakan dana yang ada dengan bijak, jadi biar maksimal gitu dan usahanya makin maju

    ReplyDelete
  15. Senang sekali dan menyambut hangat atas dukungan benyak platform pembiayaan bagi para UMKM. Semoga usaha-usaha ini bisa terus maju bersama.

    ReplyDelete
  16. Semakin ada platomform pendanaan yang membantu umkm semakin bagus karena umkm bisa tergantikan secara finansial dan bisa mendorong ekonomi

    ReplyDelete
  17. Hepi banget kalau ada pendanaan macam ini untuk UMKM. Tapi omset ku belum masuk nih mba, harus semangat lagi nih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^