Rekomendasi Wisata Kuliner Di Kota Tegal Terpopuler

Informasi wisata kuliner di Kota Tegal tidak kalah populer dengan kota lainnya dan memiliki cita rasa yang khas. Banyak kulinernya yang melegenda atau diwariskan secara turun-temurun. Bahan-bahan makanannya pun cukup sederhana, tetapi tetap unik. 
 

Rekomendasi Wisata Kuliner Kota Tegal

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Tegal, selain bisa mengunjungi tempat wisata yang indah juga bisa menikmati kuliner khas kota Tegal yang sedap disantap.
Berikut ini rekomendasi wisata kuliner di Kota Tegal yang populer dan memuaskan.

1. Nasi Lengko Gang Kimto

Nasi, tauge, potongan timun, bumbu kacang, dan kerupuk, merupakan isi dari nasi lengko legendaris. Menurut penjualnya sendiri, nasi lengko ini sudah dijual selama empat generasi. Penampilannya mirip seperti ketoprak, tetapi hidangan nasi lengko tentu memiliki ciri khasnya sendiri. Nasi yang satu ini menggunakan komponen utama nasi dan biasanya bisa dimakan bersama lauk pendamping. Jika ingin mencicipinya, lokasi nasi lengko ini terletak di Jalan Ahmad Yani. 

Nasi lengko khas Tegal
sumber gambar: Wikipedia

2. Kupat Bongkok Bu Isah

Tempe dengan kuah kari atau kuah kuning menjadi pendamping yang cocok untuk potongan lontong. Selain itu, ada sayur mie dengan warna yang cukup pekat. Sambal yang dipakai pun disebut menggunakan sambal dadak.

Dari segi rasa, mirip dengan tauco, rasanya gurih, manis, dan cukup pedas. Tempat makan ini telah berdiri cukup lama di Jalan Cemara, Mintaragen. Dengan budget yang sesuai di kantong, wisatawan yang mampir untuk sarapan akan merasa puas. 


3. Tahu Aci dan Pletok Mas Arif

Berbahan dasar aci dan tahu yang dibuat menjadi adonan, rekomendasi wisata kuliner yang satu ini cukup populer di kalangan orang tua sampai anak muda. Cireng yang dibentuk sedemikian rupa dicampur dengan irisan daun kucai.

Tahu dipotong-potong setengah dan tidak akan lepas setelah dipadukan dengan adonan. Varian pletok, seperti namanya akan terlihat mekar ketika sudah matang. Campuran acinya pun lebih banyak, tetapi rasa tetap nikmat. Berlokasi di Jalan Mayjend DI. Panjaitan, tahu aci dan pletok kini menjadi bagian kuliner khas Tegal yang tidak kalah populer.

4. Kamir Al Karomah

Dari luar, terpampang tulisan untuk pilihan susu sapi atau kambing dengan berbagai varian rasa. Jika penasaran, wisatawan harus melipir sejenak ke Kamir Al Karomah. Namun, tempat makan ini juga menjual sebuah kue cetak yang menjadikan tape sebagai keunikannya. Setelah dimasak setengah matang, bagian atas kue akan ditaburi meses coklat atau topping yang disesuaikan dengan selera. Rasa dari kue tradisional ini sangatlah natural, sedikit manis, dan  akan terasa lebih nikmat karena ada tambahan cokelat di bagian atasnya.
 

5. Rujak Kangkung Mahkota

Rujak biasanya dibuat dari buah-buahan yang memiliki rasa asam manis. Namun, kali ini bahan dasarnya adalah kangkung. Pilihannya ada dua, yakni rujak ulek dan rujak yang langsung berupa sayuran dengan bumbu. Asam jawa, sejumput garam, cabai, dan bumbu kacang.

Si pembuat rujak akan memperlihatkan proses pembuatannya ketika bahan diulek. Wisata kuliner ini sudah berkembang sejak tahun 70-an. Varian sayurnya bermacam-macam, yang pasti kangkung dan pare menjadi sayuran paling mendominasi. Bahan pelengkapnya adalah lontong dan tahu yang dipotong-potong. 
 

6. Es Salju

Dengan potongan roti tawar, kolang-kaling, cincau, alpukat, dan susu kental manis, serta sirup, es salju yang menyegarkan, sedap dinikmati dengan harga terjangkau. Es salju disebut-sebut sebagai persilangan antara es doger dengan es campur. Lokasinya terletak di Jalan Kapten Ismail. 


7. Kepala Kambing Bakar Bu Darti

Rekomendasi wisata kuliner tidak biasa ini menyajikan bagian-bagian dari kepala kambing yang akan dibakar. Namun, ada pula kepala utuh yang memiliki harga lebih tinggi. Sambal akan langsung dituangkan di atas nasi dan disantap bersama sate kepala kambing. Jika ingin mencobanya, wisatawan bisa langsung datang ke pasar alun-alun.

Dari rujak sayur, hingga kepala kambing, beberapa di antara wisatawan pasti belum pernah mencicipi kuliner tersebut. Jika mampir ke Tegal, beragam wisata kuliner wajib untuk dicicipi satu-persatu. Semoga informasi wisata kuliner yang sudah disajikan bermanfaat. 

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments