Peluang UMKM yang Bisa Jadi Inspirasi Usaha

Akhir-akhir ini banyak masyarakat mengeluhkan situasi ekonomi yang terasa berat. Kondisi tersebut membuat sebagian masyarakat memilih untuk membuka usaha agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Namun tidak semua orang memiliki modal besar hingga memilih memulai bisnis dari kecil. Mengelola bisnis seadanya dengan keahlian yang terbatas.

Bisnis dengan skala kecil ini lebih dikenal sebagai UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dan ada juga yang menyebutnya UMKM yaitu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Usaha ini biasanya dilakukan oleh perorangan atau badan usaha milik perorangan.

Peluang UMKM yang Bisa Jadi Inspirasi Usaha

Ternyata pelaku UKM di masyarakat jumlahnya cukup banyak. Mereka mencari penghasilan dengan cara membuka usaha secara kecil-kecilan. Meskipun masih taraf kecil atau mikro, tetapi kehadiran UMKM sangat penting. Ya, UMKM merupakan salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia.

Jenis UMKM yang Bisa Jadi Inspirasi Usaha

Begitu banyaknya pelaku UMKM di Indonesa juga membuktikan bahwa sektor bisnis kecil ini bisa diandalkan untuk memperbaiki perekonomian masyarakat. Lalu apa saja jenis UMKM yang bisa dijadikan inspirasi usaha untuk mendapatkan penghasilan yang besar?

1. Bisnis Kuliner Rumahan

Usaha atau bisnis yang tidak pernah mati karena merupakan kebutuhan pokok yaitu bisnis kuliner. Sektor makanan ini merupakan kebutuhan bagi semua orang. Usaha ini potensi keuntungannya sangat potensial karena merupakan bagian dari kebutuhan pokok. Memulai usaha kuliner pun bisa dilakukan dengan modal minim.

Memulai usaha ini bisa dengan memanfaatkan peralatan masak yang ada di rumah dan membuat produk makanan yang unik dan menarik. Buatlah pembeda dibandingkan usaha sejenis lainnya, dengan memberikan kualitas rasa makanan, pelayanan, packaging yang unik dan strategi pemasaran yang baik.

2. Bisnis Fashion Online

Selain bisnis kuliner, usaha di bidang fashion juga bisa dijadikan peluang yang bagus untuk menambah penghasilan. Karena sebagai kebutuhan pokok juga, produk fashion ini akan banyak dicari oleh orang. Kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Lakukan promosi supaya branding bisnis kita dikenal banyak orang.

Pelaku usaha bisa mengembangkan UKM pada bagian produksinya atau jual beli produk fashion, baik di toko online atau toko konvensional. Apabila tidak memiliki cukup modal, kita bisa memulai bisnis fashion dengan menjadi dropshipper terlebih dulu.

3. Bisnis Laundry

Usaha laundry memang sudah banyak tetapi masih memiliki peluang yang besar untuk saat ini. Dengan modal sekitar 10 juta untuk membeli mesin cuci, mesin pengering dan alat pendukung lainnya, kita bisa memulai usaha mikro di rumah. Gunakan ruangan kosong yang ada di rumah sebagai permulaan membuka bisnis laundry.

4. Usaha Agribisnis

Usaha agribisnis yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan merupakan bisnis yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Peluang usaha ini cukup besar apabila ditekuni dengan serius. Usaha agribisnis meliputi ternak ayam petelur atau ayam potong, menanam sayur organik, jual bibit tanaman, ternak ikan, budidaya tanaman rempah dan lainnya.

5. Bisnis Produk Kreatif

Aneka produk kreatif atau kerajinan tangan mempunyai nilai jual yang tinggi. Beri keunggulan dengan membuat produk yang unik dan artistik. Ada banyak peluang usaha kecil dan menengah di bidang produk kreatif seperti aksesoris atau ornament untuk rumah.

6. Bisnis Sablon Kaos

Sablon kaos masih menjadi contoh usaha mikro yang banyak diminati. Jenis usaha ini memang membutuhkan skill dan modal dalam jumlah lumayan. Meskipun begitu, usaha sablon kaos memiliki potensi yang besar terutama ketika memasuki masa kampanye pemilihan wakil rakyat.

UMKM yang bisa jadi ide bisnis

7. Usaha Toko Sembako

Toko sembako merupakan tempat yang paling sering dikunjungi orang untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Menyediakan kebutuhan makanan pokok seperti beras, gula, sabun mandi, pasta gigi dan bahan pokok lain, bisa menguntungkan terutama jika berada di tempat yang strategis. 

8. Bisnis Pendidikan

Tempat bimbingan belajar atau tempat kursus ini juga cukup banyak digemari. Bisnis pendidikan ini diminati bukan hanya dari kalangan pelajar, namun juga orang yang ingin menambah keahlian khusus.

9. Bisnis Kecantikan

Memulai bisnis kecantikan, modalnya tidak harus banyak. Buatlah layanan kecantikan ini di rumah seperti salon. Peluang usaha ini terbilang masih cukup banyak diminati oleh masyarakat.

10. Bisnis Produk Kebutuhan Anak

Usaha produk kebutuhan anak mulai dari mainan, buku anak, pakaian hingga makanan masih menjadi bisnis yang menjanjikan. Biasanya orang tua tidak ragu mengeluarkan sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan anak mereka.

Bisnis UMKM yang bisa jadi inspirasi usaha

11. Bisnis Otomotif

Banyak peluang yang bisa diambil di bidang otomotif, seperti menyediakan layanan perbaikan kendaraan atau bengkel, jual beli suku cadang kendaraan, jasa penyewaan kendaraan atau jasa cuci kendaraan. Bisnis otomotif cukup potensial karena jumlah kendaraan di Indonesia terus bertambah.

12. Bisnis Tour & Travel

Indonesia memiliki banyak daerah pariwisata yang bisa dijadikan peluang untuk memulai bisnis Tour & Travel. Bidang bisnis ini bisa menawarkan paket tur dengan ekstra fasilitas yang menarik bagi wisatawan. Layanan yang dapat ditawarkan berupa penyewaan penginapan, villa, losmen, guest house dan sejenisnya.

Nah, itulah beberapa peluang UMKM yang bisa jadi inspirasi usaha. Sebenarnya masih banyak jenis usaha UMKM yang bisa jadi inspirasi usaha. Jelilah memulai usaha yang dikuasai atau paling diminati. Perhatikan juga modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis mikro ini. Lihat peluang yang ada di sekitar kita dan mulai berinovasi.

Dengan menjadi UMKM Indonesia yang kuat, maka secara tidak langsung perekonomian bangsa pun bisa bangkit.

Salam takzim


Post a Comment

24 Comments

  1. aku pengen banget punya bisnis tour travel, karena aku suka banget jalan-jalan. Mudah-mudahan bisa suatu saat punya bisnis ini, karena memang aku jg udah mulai punya anak yang gede, udah ga ngurus bayi lagi, hehe, jadi mudah2an ada waktu luang

    ReplyDelete
  2. Penghasilan besar karena bisnis tercipta karena ada niat, kemauan dan juga pantang menyerah. Tetap semangat membeli sebongkah berlian

    ReplyDelete
  3. masyaAllah banyak jalan menuju pintu rejeki lewat umkm. kuncinya kudu konsisten, sabar dan telaten. pengalaman dari sayah yg belum bisa konsisten makanya gagal :D

    ReplyDelete
  4. saya kepengen bikin usaha kulineran

    ReplyDelete
  5. INspirasi untuk bisa melihat peluang UMKM ini bisa disesuaikan dengan passion yaa, teh.. Jadi di saat senang dengan apa yang digelutinya, bisa mencurahkan seluruh isi hati untuk menjalankan usaha. Seperti misalnya punya anak-anak, sekalian bisnis buku anak agar bisa menjadi manfaat untuk keluarga dan kemudian menyebarkan ke seluruh keluarga Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Banyak peluang ya sebenarnya mba. Aku pengin usaha kuliner nanti cita2😆 kalau udah pengsiun ehhh malah kudunya dari sekarang ya mba. Moga UMKM Indonesia sukses barokah aamiin

    ReplyDelete
  7. UMKM emang darahnya ekonomi Indonesia. Kebayang ya kalau krisis ekonomi datang melanda, terus gak ada dukungan UMKM, gimana coba nasibnya negara dan masyarakat kita. Korporasi besar emang bagus banget, bisa kasih pekerjaan dan bayar pajak besar. Namun mereka kurang fleksibel. Kalau UMKM bisa beralih dari satu bisnis ke bisnis lainnya, jika dirasa menguntungkan

    ReplyDelete
  8. Banyaaakkk bgt peluang yg bisa digali, dipelajari dan dieksekusi

    karena jaman now, kita terbantu bgt dgn canggihnya teknologi juga ya kan.

    semangaattt

    ReplyDelete
  9. aku lihat, orang-orang semakin mengerti pentingnya bisnis di bidang UMKM ini. Ini membantu sekali ya, supaya perekonomian bisa berjalan tanpa henti

    ReplyDelete
  10. era digital seperti sekarang ini memang terbuka lebar ya untuk menjadi pebisnis bagi semua umkm

    ReplyDelete
  11. Banyak sekali peluang yang bisa kita manfaatkan untuk bisnis umkm ya mbak
    Asal jeli mengambil peluang, bisnis umkm pasti cuan

    ReplyDelete
  12. Ternyata banyak juga ya bisnis yang bisa dijalankan dari rumah, bisa disesuaikan juga sebenarnya dengan apa yang kita suka ya.

    ReplyDelete
  13. ada banyak ya peluang usaha yang bisa dimulai dari rumah kita. kalau aku jujur tertarik banget punya usaha di bidang kecantikan mbak kayak punya toko kosmetik gitu soalnya kosmetik ini termasuk banyak dicari juga sekarang

    ReplyDelete
  14. Bisnis kecantikan kayaknya lagi booming banget ya, banyak banget yang memilih u tuk berbisnis skincare anak muda dan sukses tapi memang rezeki sudah diatur sih ya,

    ReplyDelete
  15. Sekarang ini memang peluang UMKM sangat menjanjikan. Apalagi Indonesia sudah di endemi, sehingga masyarakat lebih semangat belanja secara langsung

    ReplyDelete
  16. Aku pernah mencoba di bisnis produk kreatif, pernah juga di fashion. Akhirnya sekarang belajar menjalankan usaha kuliner rumahan sejak bulan Maret lalu.

    ReplyDelete
  17. pengin banget punya UMKM yang memenuhi prinsip ecososmersial alias punya misi lingkungan dan sosial, tapi juga komersial hahaha. Sekarang sih lagi suka bikin sabun minyak jelantah yang punya benih tiga pirinsip itu. Belum tahu ke depannya sih, karena bisa dibilang masih bayi bangeet, belum seserius kalau mau beneran diarahkan jd umkm.

    ReplyDelete
  18. Semoga UMKm di Indonesia makin maju karena terbukti UMKM membantu perekonomian Indonesia

    ReplyDelete
  19. bisnis rumahan kue aku dah termasuk UMKM juga walaupun belum terkenal banget tapi dah punya banyak pelanggang

    Yang sering jalanin sih kakakku kebetulan aku cuma bantu2 marketing aja

    ReplyDelete
  20. Banyak sebenarnya ya usaha yang bisa ditekuni dalam skala industri rumahan (UMKM), kalau saya tertarik buat bikin toko sembako

    ReplyDelete
  21. Masya Allah ... banyak peluang untuk memulai usaha UMKM yah asal mau mencoba, belajar, coba lagi. Dukungan pemerintah juga sekarang ini makin banyak, sering ada pelatihan bebas biaya untuk para pengusaha UMKM.

    ReplyDelete
  22. Iya akhir-akhir ini makin sulit rasanya, ikhtiar mencoba belajar menulis novel online semoga dimudahkan Allah, terima kasih ide-ide usahanya ya mbak bisa jadi inspirasi kita nih

    ReplyDelete
  23. bener banget peluang umkm banyak ya, Mba asal niat kita kuat dan melek digital, insya Allah semuanya bisa jalan yaa

    ReplyDelete
  24. Banyak juga ternyata yaa yang bisa jadi ide usaha. Yang paling keliatan di lingkungan aku tuh kayanya laundry deh. Lumayan jadi solusi kalau lagi gak sempet nyuci soalnya ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^