Hari Blogger Nasional, Mengikat Ilmu dengan Tulisan


Selamat Hari Blogger Nasional untuk para blogger se-Indonesia!

Bagaimana kabar kalian di hari ini? Tetap aktif ngeblog? Masih ngeblog tergantung mood atau malah mandeg?
Apa kabarnya profesi kita ini ya? Ada yang tahu bagaimana prospek profesi blogger di tahun 2023 ini?
Kita harus bersyukur banget karena ternyata profesi blogger itu masih jadi pekerjaan yang worth it di tahun 2023 ini.

Hari Blogger Nasional, Mengikat Ilmu dengan Tulisan

Blogger di Tahun 2023


Menulis di blog memiliki kebebasan untuk mencurahkan segala kreativitas hingga terbukanya peluang monetisasi yang luas. Yup, pekerjaan blogger di tahun 2023 menawarkan potensi yang tidak terbatas bagi mereka yang siap maju ke depan dan mengejar kesuksesan.

Lalu apa alasannya blogger masih jadi pekerjaan yang menjanjikan di tahun ini?

1. Meningkatnya Pengguna Mesin Pencari

Tahukah sobat, Bussiness DIT memperkirakan 5,06 milyar orang di seluruh dunia memakai mesin pencari. Ini membuktikan bahwa pengguna mesin pencari terus meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

2. Bisa Jadi Investasi

Blog memang bukan media yang bisa menghasilkan cuan dalam waktu yang singkat. Butuh proses yang tidak sedikit agar bisa dimonetisasi. Awalnya kita memang harus mengeluarkan biaya untuk membeli domain dan hosting. Namun dalam beberapa waktu akan menghasilkan dalam jumlah besar jika kita konsisten. Rutin menulis konten, lakukan optimasi SEO dengan baik maka hasilnya akan terlihat.

3. Monetisasi yang Beragam

Ngeblog bisa menghasilkan cuan melalui beberapa cara seperti konten yang disponsori, pemasangan afiliasi, adsense, atau penjualan produk/jasa. Dengan membangun audiens yang luas maka kita bisa memanfaatkan peluang monetisasi untuk menghasilkan pendapatan dari blog.

4. Sumber Rujukan yang Utama

Blogger berkesempatan menunjukkan pengetahuan, keahlian dan pengalaman melalui tulisan yang dibagikan. Blogger juga bisa membangun reputasi sebagai ahli dalam bidangnya dan menjadi sumber rujukan bagi orang -orang yang mencari informasi atau solusi yang berhubungan sehingga membuat tulisannya menjadi rujukan utama.

5. Persaingan yang Tidak Ketat

Jika dibandingkan dengan YouTuber, persaingan di dunia blogger tidak begitu ketat. Namun untuk bisa bersaing di dunia blogging maka sebaiknya kita menguasai teknik SEO supaya artikel yang ditulis bisa tampil di mesin pencari google

Nah, kaaan, ternyata profesi kita itu masih menjanjikan bukan?

Mengikat Ilmu dengan Tulisan

Bagi saya sendiri, menulis di blog selain untuk menyalurkan hobi menulis juga karena ingin mendokumentasikan pengetahuan saya dalam bentuk tulisan.

Selama ini jika mendapatkan ilmu dari sebuah bacaan, saya mencatatnya supaya tidak hilang. Tulisan itu bisa saya buka sewaktu -waktu jika ada perlu. Dengan begitu ilmu dan pengetahuan yang saya dapat bisa tersimpan. Syukur -syukur bisa bermanfaat bagi orang lain.

Begitu juga ketika menghadiri sebuah seminar atau zoom meeting, biasanya insight yang saya dapatkan dicatat dalam tulisan di blog. Dengan begitu ilmu yang saya dapatkan tidak menguap dari ingatan. Apalagi kalau mengingat daya ingat kita sangat terbatas.

Selain itu, saya juga mengikuti anjuran yang diajarkan dalam Islam bahwa disyariatkan mencatat atau menulis ilmu yang disampaikan oleh pemateri.

“Ikatlah (catatlah) ilmu dengan tulisan.” (HR. Ibnu ‘Abdil Barr)

Bertekad untuk Lebih Baik Lagi

Ngeblog memang masih menjanjikan di tahun 2023 ini, tetapi bukan berarti kita terlena dan santai saja. Bagaimanapun kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Mengamati apa tren yang ada di masyarakat. Jangan sampai kita hanya asyik menulis saja tetapi tidak melihat apa yang diinginkan oleh masyarakat.

Penting juga untuk membangun audiens di blog kita. Juga persiapkan diri kita agar menjadi blogger professional. Dan tepat di Hari Blogger Nasional ini saya juga berharap bisa menekuni menulis di blog lebih baik lagi. Dan berikut ini beberapa hal yang ingin saya lakukan ke depannya supaya bisa lebih baik lagi.

1. Meningkatkan Kemampuan

Selain meningkatkan kemampuan menulis, saya juga berharap bisa meningkatkan kemampuan dalam mendesain, mengambil foto yang menarik, membuat infografis yang baik dan membuat video pendukung.

2. Menguasai coding

Selama ini saya menggunakan platform blogspot untuk ngeblog. Seperti kita ketahui bersama, platform yang satu ini banyak berhubungan dengan coding dalam penggunaannya. Oleh karenanya saya ingin bisa menguasai coding lebih dalam lagi.

3. Aktif Membangun Relasi dan Komunikasi

Selain memperhatikan hal-hal teknis pada blog, saya juga perlu membangun relasi dan komunikasi yang baik dengan teman blogger. Dengan begitu saya harap bisa mendapatkan wawasan dan ilmu baru dari mereka. Selain itu kolaborasi dengan teman bisa diwujudkan dalam bentuk kerja sama, seperti saling memromosikan konten blog, berkomentar di postingan teman, atau menulis konten tamu di blog teman.

4. Konsisten

Salah satu kunci keberhasilan dalam ngeblog yaitu menulis dengan konsisten. Bagian yang satu ini merupakan pekerjaan rumah paling utama bagi saya hahahaa… Ya begitulah, semua konten kreator itu kuncinya harus konsisten. Kalau tidak selalu update blog , performa blognya tidak akan meningkat.

5. Mempelajari SEO

Bagi blogger meningkatkan traffic organic di blognya merupakan tugas utama. Dan yang berpera krusial dalam meningkatkan traffic adalah Optimasi Mesin Pencari (SEO). Supaya bisa terus bertahan di industri digital, saya harus bisa memperdalam ilmu SEO sebagai salah satu cara optimalisasi blog. Dan ini bukan pekerjaan mudah, perlu usaha bangeet! hehehe

6. Lebih Giat Memonetisasi Blog

Memiliki penghasilan dari blog merupakan bonus yang menarik dari kegiatan ngeblog. Oleh karenanya harus dipikirkan strategi monetisasi yang cocok dengan pembaca blog kita. Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk monetisasi blog yaitu pemasangan iklan, program afiliasi, pembuatan konten berbayar, atau penjualan produk atau jasa. Dan sepertinya untuk waktu ke depan saya tertarik untuk menambah pundi-pundi dengan mengikuti program afiliasi.

7. Lebih Aktif di Media Sosial

Keberadaan media sosial sangat penting dalam mendukung performa blog. Karena media sosial bisa dijadikan tempat untuk memromosikan blog. Selama ini saya belum konsisten menghidupkan media sosial, tentu banyak sekali alasannya, huhuhu! Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih rajin bikin konten di media sosial. Doakan, yaa!

Dengan semua tekad dan rencana yang sudah saya tuliskan, harapannya semua itu terlaksana dan bukan hanya sekedar wacana aja, hehehe. Dan semoga saja blog ini bisa terus menyajikan tulisan yang bermanfaat bagi pembacanya. Aamiin.

Komunitasnya Emak Blogger

Salah satu hal penting yang mendukung saya hingga di posisi sekarang adalah adanya komunitas yang mewadahi orang-orang dengan frekuensi yang sama. Yup, bergabung di komunitas blogger membuat saya bisa lebih banyak wawasan dan pengalaman. Dari dalam komunitas, saya bisa bertukar ilmu dengan anggotanya. Dan kadang informasi mengenai job juga didapatkan dari komunitas.

Salah satu komunitas yang paling berpengaruh dalam profesi saya sebagai blogger yaitu Kumpulan Emak Blogger (KEB). Saya bisa memiliki banyak teman yang memiliki passion sama di dalam KEB. Selain itu, anggota komunitasnya selalu saling berbagi ilmu dan pengalaman. Bisa dibilang tidak terasa ada perbedaan antara blogger senior atau junior. Semua sama-sama belajar di dalamnya.

Terima kasih untuk KEB (Kumpulan Emak Blogger) yang selalu menjadi wadah silaturahmi bagi emak-emak blogger. Terima kasih juga karena menjadi penyambung informasi dari brand yang ingin bekerja sama dengan emak blogger.

Harapannya KEB bisa terus menjadi komunitas yang bermanfaat bagi anggotanya. Semoga jajaran Makmin KEB bisa diberikan kesehatan selalu dan terus membersamai anggotanya untuk berkembang. Jayalah terus Kumpulan Emak Blogger!

Kumpulan Emak Blogger


Salam takzim



Post a Comment

2 Comments

  1. Wahhh gak kerasa banget udah selama ini ngeblog dan banyak menghasilkan sesuatu cuma dari blog aja, seperti yang disebutkan jadi banyak ilmu, menambah penghasilan baru dan relasi.. Semoga makin banyak lagi hal-hal yang didapat dan wishlist di tahun kemaren yang belum tercapai bisa tercapai ditahun ini hhe

    ReplyDelete
  2. Buat ku yg LBH suka membaca, blog udh pasti jadi referensi pertama kalo mau cari informasi mba. Baru setelah itu YouTube. Selama msh ada di blog, aku prefer blog.

    Toh LBH cepet akses, dan ga makan kuota banyak 😄

    Makanya walo dibilang blog udh ga zaman, aku percaya masih kok. Masih banyak temen bloggers yg aktif dan suka menulis. Apalagi kalo udh ketemu wadah komunitas yg cocok kan, seperti KEB 👍. Betah banget di sini.. membernya juga baik2. Dan aktif yg penting.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^