Situs Freelancer untuk Mahasiswa

Setiap orang tua pasti ingin anak mereka bisa lebih baik dari orang tuanya, bukan? Ingin anaknya bisa lebih sukses, lebih pintar, lebih baik, lebih sejahtera , pendidikan lebih tinggi, dan semua kebaikan lainnya.

Begitu juga dengan saya dan suami yang menginginkan pendidikan anak bisa lebih tinggi dari orang tuanya. Atau minimal sama dengan kami sebagai sarjana.
Berbeda dengan anak pertama saya yang bersemangat meneruskan pendidikan hingga perguruan tinggi, anak bungsu saya justru kurang bersemangat meneruskan pendidikan hingga ke bangku kuliah.


Situs Freelancer untuk Mahasiswa

Anak lelaki saya malah lebih senang bekerja setelah menamatkan sekolahnya di SMK. Saya dan suami sebenarnya tidak melarang dia bekerja dan mengurungkan niatnya untuk kuliah tetapi saya dan pak suami ingin dia punya latar belakang pendidikan sama atau lebih tinggi dari orang tuanya.

Bungsu kami sebenarnya ingin kuliah tetapi mengingat biaya untuk kuliah lumayan menguras dompet, membuat dia berpikir ulang untuk meneruskan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.
Saya selaku orang tua berusaha memberi pengertian kepada anak kami supaya tidak terlalu memikirkan tentang biaya kuliah. Karena saat ini banyak bertebaran bea siswa yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keringanan biaya kuliah.

Tidak hanya dengan memanfaatkan fasilitas bea siswa untuk bisa meneruskan pendidikan ke bangku kuliah, kebutuhan biaya kuliah juga bisa dipenuhi dengan bekerja secara freelance

Saat ini sudah tersedia beberapa situs online yang dapat membantu freelancer untuk mendapatkan pekerjaan. Meskipun masih berkuliah, mahasiswa tidak perlu khawatir karena ada beberapa pekerjaan yang tidak mengutamakan latar belakang pendidikan seperti pekerja tetap.

Jenis pekerjaan freelance yang fleksibel cocok untuk mahasiswa karena bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Dengan begitu mahasiswa tidak perlu takut bila jam kerjanya bisa mengganggu kegiatan perkuliahan.

Sudah tersedia beberapa situs online yang dapat membantu freelancer untuk mendapatkan pekerjaan. Meskipun masih berkuliah, mahasiswa tidak perlu khawatir karena ada beberapa pekerjaan yang tidak mengutamakan latar belakang pendidikan seperti pekerja tetap.

Jenis pekerjaan freelance yang fleksibel cocok untuk mahasiswa karena bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Dengan begitu mahasiswa tidak perlu takut bila jam kerjanya bisa mengganggu kegiatan perkuliahan.

Situs Pekerja Freelance untuk Mahasiswa

Siapa saja yang sedang mengenyam pendidikan di bangku kuliah tetap bisa berkuliah dengan lancar sambil bekerja secara freelance. Berikut ini beberapa situs freelance yang cocok untuk mahasiswa.

1. Sribu

Situs freelance buatan lokal ini menyediakan berbagai pilihan bidang pekerjaan lepas untuk mahasiswa.

Pengoperasian website freelance lokal cukup mudah karena buatan lokal. Pembayaran setelah selesai proyek pun tidak sulit. Di website tersebut sudah tersedia banyak pilihan bank dan ada jaminan uang kembali juga. Jaminan yang diberikan oleh situs tersebut diberikan ketika freelancer atau penyedia jasa tidak melakukan tugas dengan baik.

2. Projects.co.id

Situs freelance yang cukup terkenal di kalangan mahasiswa yaitu projects.co.id. Di situs ini mahasiswa bisa mendapatkan berbagai jenis freelance. Begitu juga dengan fee-nya yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.
Cara mendaftar di situs projects cukup mudah dan tidak dipungut biaya apapun.

3. Freelancer.co.id

Rekomendasi situs freelance untuk mahasiswa berikutnya yaitu freelance.co.id. Mahasiswa yang mencari peluang pekerjaan di situs ini bisa mendapatkan penghasilan dalam bentuk dolar, loh! Bidang pekerjaan freelancer yang tersedia di sana di antaranya desain grafis, penerjemah, pemasaran, IT, jurnalistik, dan bidang pekerjaan lainnya.

Situs freelancer ini, cocok sekali untuk mahasiswa jurusan IT atau bahasa. Cara mendaftar di situs ini cukup mudah, kita hanya diminta untuk mengisi data diri dan keahlian secara lengkap. Setelah itu, bisa dipilih project yang sesuai dengan keahlian, cocok waktu pengerjaannya, sesuai harga penawaran, dan sebagainya.

4. Fiverr

Rekomendasi situs freelance untuk mahasiswa berikutnya yaitu Fiverr. Situs ini menyediakan berbagai bidang freelance dengan bayara menggunakan mata uang dolar. Bidang pekerjaan freelance yang tersedia di Fiverr diantaranya desain grafis, penulis dan penerjemah, programming, dan sebagainya.

5. UpWork

Seperti situs freelance lainnya, UpWork juga menyediakan berbagai tipe pekerjaan. Sistem kerjanya yaitu dibayar per jam sesuai dengan fee yang sudah disepakati. Jenis penawaran proyek di UpWork terdiri dari dua bagian yaitu jangka panjang dan pendek. Karena pembayarannya berdasarkan hitungan jam kerja, situs ini menyediakan tools tracking seperti sistem kerja di perkantoran. Jenis bidang usaha yang tersedia di UpWork yaitu desain logo, desain grafis, editor video, pengisi suara, dan masih banyak lagi.

6. Glints

Glints merupakan situs kerja freelance yang cukup populer di kalangan mahasiswa maupun pencari kerja. Website ini menyediakan berbagai bidang pekerjaan dan pendaftarannya pun gratis. Selain menyediakan peluang pekerjaan, di situs Glints juga tersedia kursus online untuk meningkatkan kemampuan.

Beberapa project yang ada di Glints diantaranya berbasis luar negeri. Dan bidang pekerjaan yang bisa dipilih oleh mahasiswa antara lain penulis artikel, admin sosial media, penerjemah, desain grafis, dan masih banyak lagi.

7. Peopleperhour

Untuk mahasiswa yang menguasai bidang programming, dunia marketing, menulis, desain grafis, dan menguasai aransemen musik bisa mencari peluang freelancer di Peopleperhour.

Rekomendasi website freelance untuk mahasiswa

Situs Penyedia Pekerjaan Freelance

Nah, dari berbagai situs freelance tersebut para mahasiswa bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan tambahan untuk uang kuliah atau sebagai tabungan mereka. Termasuk anak saya yang tahun depan akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi bisa memanfaatkan peluang menjadi freelancer di berbagai website tersebut.

Setelah mengetahui berbagai situs freelancer untuk mahasiswa, dalam blog ini ada juga tulisan yang membahas tentang jenis pekerjaannya. Simak lebih jelasnya dalam tulisan pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa. Selain itu, sobat juga bisa membaca pembahasan tentang tips membangun network untuk freelancer dan rekomendasi freelance yang cocok untuk milenial. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Salam takzim

Post a Comment

0 Comments