Tips Menguasai 13 Bahasa Asing ala Gayatri Wailissa

Gayatri Wailissa (sumber:kompas.com)
Siapa tidak mengenal Gayatri Wailissa, sosok wanita muda yang merupakan Duta Asean untuk Indonesia di bidang anak. Prestasi yang gemilang telah membawa dirinya mendunia. Gadis berusia 17 tahun ini terkenal memiliki banyak talenta seperti drama, teater, baca puisi, bermain biola dan menulis. Yang amat menakjubkan adalah talentanya di bidang linguistik. Dia menguasai 11 bahasa asing dengan fasih dan benar. Sungguh sangat luar biasa bagi seorang gadis yang dibesarkan dari sebuah keluarga yang sederhana.

Untuk mengikuti les bahasa yang beragam itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi dengan keadaan perekonomian keluarganya yang sederhana tidak mengurungkan niatnya untuk bisa menguasai beberapa bahasa asing.  Lantas bagaimana Gayatri menguasai 13 bahasa asing itu? 

Menurut Gayatri di Kantor AJI (Aliansi Jurnalis Independent) Ambon pada tahun 2013 silam, dia menguasai beberapa bahasa asing itu dengan cara belajar mengenai tata bahasanya dari buku. Melalui kegiatan menonton film dan mendengarkan lagu asing, dia belajar cara pengucapannya. Sedangkan untuk memperbanyak kosa katanya, Gayatri sering menghapal dari kamus. Semangat mempelajari bahasa asing ini bermula dari kegemarannya menonton film kartun dan mendengarkan lagu asing.
Bahasa asing yang dikuasai oleh Gayatri dengan fasih adalah Bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Perancis, Korea, Jepang, Italia, Spanyol, Mandarin, Arab dan India. Selain itu, Bahasa Rusia dan Tagalog pun sedang didalami olehnya.

Ternyata untuk belajar bahasa tidak harus selalu melalui kursus atau les. Mempelajari bahasa bisa dengan cara mendengarkan lagu dan menonton film asing. Yang lebih penting, untuk menguasai sebuah bahasa, kita harus lebih sering menggunakannya atau sering berlatih di dalam kehidupan sehari-hari.
 ------------------
Semangatnya untuk terus berprestasi memang patut diacungkan jempol. Sebagai seorang duta, Gayatri telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Semoga semua jasanya dapat dikenang dengan baik oleh semua orang. Selamat jalan Gayatri Wailissa, semoga amal ibadahmu diterima oleh Yang Maha Kuasa.

8 comments:

  1. Alloh Swt memanggilnya begitu cepat yaa..saat semua orang kagum dan ingin mengikuti jejaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Teh..umur manusia gak ada yang tau.. :(

      Delete
  2. Subhanallah.. Masih muda banyak prestasinya.. Jadi kepengen punya anak seperti itu. :)

    Boleh juga nih tipsnya biar pintar banyak bahasa..

    ReplyDelete
  3. sedih bacanya,,,di usia gemilangnya dia harus pergi,,

    makasih mbak sharenya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mas. Dia salah satu anak muda yang berbakat :)

      Delete
  4. Sayang sekali di usianya yang masih muda. Namun umur manusia juga tidak bisa ditebak & ditentukan. Gayatri, telah memberi contoh dan semangat luar biasa untuk anak-anak Indonesia. Semoga gayatri beristirahat dengan damai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, umur manusia memang tidak bisa di tebak. Semangatnya memang patut di contoh ya..

      Delete
  5. Anak yang luar biasa mengagumkan dan membanggakan negara Indonesia. Semoga dapat menginspirasi kita semua, tidak hanya anak muda namun juga semua kalangan masyarakat indonesia.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}