Rambut Putih (Uban) sebagai Nasihat

Rambut putih (uban)
Mulai menemukan rambut putih di antara rambut hitam yang ada di kepala kita? Rambut putih atau uban jika mulai muncul menghiasi kepala sering diidentikan dengan usia yang tidak muda lagi. Tapi seiring perkembangan jaman, uban tidak hanya terdapat di kepala orang yang sudah tua, kini beberapa anak muda sudah mendapati rambut putih di kepala mereka.
Penyebab rambut putih amat beragam. Kurangnya asupan oksigen pada batang rambut dapat menyebabkan rambut berwarna putih. Faktor keturunan juga dapat menyebabkan uban datang lebih cepat sebelum waktunya. Selain itu faktor iklim, pengaruh tingkat stres serta pola hidup dapat mempengaruhi timbulnya rambut putih.

 Ketika rambut putih timbul, apa yang akan kita lakukan? Ada yang beranggapan uban lebih baik dicabut, tapi sebagian orang juga melarang untuk mencabutnya karena akan merangsang pertumbuhan uban lebih banyak lagi. Sebagai seorang muslim, mulai timbulnya uban dapat dijadikan suatu nasihat bagi diri. Berbekal dari pengajian yang saya ikuti, Ust Agus berpesan pada kami bagaimana menyikapi timbulnya uban di kepala. Beliau mengatakan :

" Cukuplah ajaran Islam dan uban menjadi penuntun hidup,
 untuk mencegah dari pebuatan yang terlarang. "

Ketika uban telah mulai ada di kepala kita, sudah selayaknya kita mulai berpikir untuk terus memperbanyak ibadah kita dan meninggalkan segala larangan-Nya. Lalu, bagaimana dengan mencabut uban? Sesungguhnya mencabut uban tidak haram tapi merupakan perbuatan yang tidak disukai.
Seperti yang tercantum dalam hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi no. 282
" Bahwa Nabi SAW melarang mencabuti uban, Beliau bersabda : Sesungguhnya uban itu cahaya seorang muslim "
Senada dengan hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud no. 4202 yang menerangkan :
"Rosululloh SAW bersabda : Janganlah kamu sekalian mencabuti uban, sebab tidak seorang muslimpun yang beruban melainkan di hari kiamat nanti (uban tersebut) menjadi cahaya baginya "
Wallahu a'alam

14 comments:

  1. SubhanAllah......uban bercahaya s'at di dunia dan hari kiamat nanti y mbk..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak..jadi lebih baik jangan dicabut :)

      Delete
  2. Bener mak. Ga perlu dicabut biar jadi cahaya akherat, insyaAllah :))

    ReplyDelete
  3. Hiks...mulai menghitung si rambut putiiih, ooh ga boleh dicabut yaa. kadang2 gatel banget nii rambut putih...trus ngumpul di satu tempat aja mak...jd suka dicabut klo gatel.
    Hmm ternyata dilarang yaa TFS maak

    ReplyDelete
  4. uban tidak usah dicabut, kalau bisa malah dibiarkan putih semua akan lebih bagus warna rambutnya

    ReplyDelete
  5. Ubanku nggak pernah tak cabut. Kan jadi bagus ntar kalau dah rata ubannya.kayak silver gitu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak...kayak orang bule gitu..hi..hi :)

      Delete
  6. Kalau yang masih muda berarti juga gak mesti dicabut yaa ubannya?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya....biar jd cahaya,terus kalo dicabutin terus katanya malah nambah banyak :D

      Delete
  7. wah jadi nambah ilmu mbak waahhh kerenn mbak mksih ya mbak hehe, saya juga udah ada ubannya nie waahh cahay muslimm kerennn sangat mbak mantap

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}