Manfaat Tidur Siang

Aktifitas Tidur siang
Akhir-akhir ini, saya banyak membaca tentang kebijakan yang diberlakukan di beberapa tempat kerja mengenai jam tidur siang di kantor bagi pegawainya. Tentu ada manfaat yang ingin dicapai dari kebijakan itu. Setelah saya cari informasi mengenai masalah ini, ternyata memang ada manfaat yang bisa kita ambil dari aktivitas tidur siang.
Siang hari, di saat orang-orang sibuk dengan aktivitas mereka, perlu adanya waktu sejenak untuk istirahat melepas penat dan stres atau kelelahan. Banyak orang menganggap jika tidur siang merupakan kegiatan orang malas. Namun perlu diperhatikan, jam tidur malam orang-orang masa kini ternyata 2 jam lebih pendek dari lamanya tidur malam pada 50 tahun yang lalu. Sehingga, jam tidur siang dapat menggantikan kekurangan jam tidur pada malam hari. Lantas apa saja manfaat positif dari tidur siang?
Allegheny College. AS mengadakan studi yang menyimpulkan jika tidur selama 45-60 menit di siang hari dapat membantu menurunkan tekanan darah setelah mengalami kelelahan, stres dan tekanan setelah beraktivitas dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang. Hal ini juga dapat membuat jantung menjadi lebih sehat.
Peneliti Sarah Conklin, Ph.D, mengungkapkan jika tidur siang dapat bermanfaat bagi kardiovaskular dan mempercepat pemulihannya karena stres mental. Sarah mengadakan penelitian dengan mempelajari 85 siswa yang sehat dan dibagi menjadi dua kelompok,  yang tidur siang selama 60 menit dan yang tidak tidur siang. Hasilnya, siswa yang tidur siang memiliki tingkat tekanan lebih rendah secara signifikan selama fase pemulihan dibandingkan dengan yang tidak tidur siang. Menurut Sarah, percobaan ini membuktikan bahwa tidur siang memberikan manfaat penyembuhan dan protektif.
Tidur siang juga dapat meminimalisir terkena masalah hati yang parah. Dalam website CNN, mengungkapkan studi yang mereka pelajari bahwa menghabiskan waktu tidur di kantor selama setengah jam atau tiga jam selama seminggu dapat membuat mereka  terhindar dari kerusakan hati.    
Ternyata memang perlu, jika ada kebijakan yang diberikan beberapa tempat kerja untuk memperbolehkan karyawannya tidur siang di kantor. Karena dengan tidur siang selama 10-40 menit akan membuat badan terasa lebih relaks, lebih nyaman dan mengurangi tingkat hormon perusak yang berlebih di dalam darah. Hormon ini dapat terjadi akibat dari aktivitas fisik dan otak yang dikeluarkan saat memulai aktivitas.
Tidur siang juga dapat melenturkan otot-otot yang tegang, membuat otak lebih segar sehingga dapat mengembalikan kemampuan untuk berpikir, berkonsentrasi serta menambah produktifitas dan semangat kerja. Peneliti dari  Spanyol. Dr. Iskalanty menegaskan bahwa tidur siang dapat menguatkan memori dan kemampuan  konsentrasi serta memberikan peluang pada otak untuk bekerja lebih rileks.
Dari berbagai penelitian yang ada,  ternyata diketahui banyak sekali manfaat positif yang di dapat dengan melakukan aktivitas tidur siang. Hal ini pula yang mendasari beberapa kantor di Jepang menganjurkan tidur siang pada karyawannya. Beberapa kantor di Indonesia ternyata juga sudah ada yang memperhatikan kebutuhan tidur siang untuk karyawannya.
sumber : Buku Dasyatnya Manfaat Ibadah-ibadah Harian

Related Post
Tips Mengatasi mata Lelah
Cara Alami Mengatasi Influenza
Khasiat Tanaman Lidah Buaya
Dampak mengkonsumsi Daging Kambing
Rumput Istimewa
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

13 comments:

  1. Tidur siang bersamaan waktunya dengan makan siang. Ini yang menjadi dilema. Di kalangan pabrik, istirahat siang hanya dipatok kisaran 1 jam saja untuk istirahat sholat makan. Kalau masih bisa membagi waktu ya sisanya buat tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul...saya juga pernah mengalaminya. Harus bisa ngatur waktu, supaya sempat tidur siang walaupun sejenak di tempat kerja

      Delete
  2. Sayangnya jarang ada kesempatan untuk tidur siang bagi yang bekerja. Paling saya bisa ada kesempatan tidur siang kalau libur akhir pekan saja. Itu pun jika tidak diajak anak keluar.

    ReplyDelete
  3. Sayangnya tidak ada kesempatan tidur siang karena harus kerja.

    ReplyDelete
  4. makanya dulu pernah pas kerja saya n beberapa temen menyempatkan tidur pas jam istirahat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak...saya dan teman-teman juga menyempatkan untuk tidur siang, meskipun hanya 15 menit saja

      Delete
  5. Pengen bisa tidur siang sih tapi .. jam istirahatnya nggak nutut hihihi

    ReplyDelete
  6. saye gk bisa tidur siang...soal.e kerja dikantor mulai pagi sampai sore..
    jadi waktu istirahat cuma bisa buat makan..hihi T_T

    ReplyDelete
  7. Saya kerja nyaris 10 jam menatap layar monitor tiap hari. Klo saya pikir memang harus mengistirahatkan mata sih. Ntar matanya jadi sakit klo kelamaan lihat monitor >.<

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas infonya bagus dan sangat amat bermanfaat http://goo.gl/yhGkVE

    ReplyDelete
  9. wah tidur siang itu ternyata banyak manfaatnya ya....saya ndak pernah tidur siang soalnya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}