Tips Cerdas dalam Mengolah Makanan

Tips Cerdas Mengolah Makanan
Makanan adalah salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa kita kesampingkan. Menyediakan makanan untuk keluarga merupakan salah satu hal untuk mencapai kebahagian dalam kehidupan rumah tangga. Di dalam mempersiapkan hidangan untuk keluarga, perlu kita ketahui tips cerdas dalam mengolah makanan, agar menghasilkan makanan yang berkualitas. Tips itu diantaranya yaitu : 

Mengatasi masakan yang terlalu asin. 
Pernah mengalami makanan yang kita masak terlalu asin? Tidak perlu khawatir, jangan sekali-kali menambahkan gula, karena rasanya akan semakin tidak karuan. Untuk mengurangi rasa asin tersebut, kita dapat mengakalinya dengan cara memasukkan potongan kentang ke dalam masakan kita. Setelah itu, masak kembali hingga mendidih.

Menumis bumbu
Untuk menghindari bumbu yang kita tumis hangus dan merusak cita rasa masakan, kita dapat memasukkan bawang putih saat minyak masih dingin. Begitu juga dengan bumbu yang dihaluskan. Minyak yang panasnya perlahan naik, dapat membuat minyak esensial rempah keluar dalam keadaan lebih utuh. Hal ini dapat membuat masakan kita lebih harum dan dapat menggugah selera makan.

Warna sayur tetap cerah
Melihat sayur yang berwarna hijau cerah  di meja saji, tentu saja mengundang kita untuk segera menyantapnya. Bagaimana agar sayuran tetap bisa berwarna cerah? Masukkan sayuran dalam air yang telah mendidih, bubuhkan sedikit garam. Ketika warna hijaunya telah menjadi cerah, angkat dan celupkan dalam air es, tiriskan. Sayuran dapat segera dihidangkan.

Jamur Merang tidak cepat hitam
Jamur merang, jika tidak langsung dimasak akan berubah menjadi berwarna kehitaman. Agar tidak menjadi hitam, simpan jamur merang dengan cara membungkusnya dengan menggunakan kertas koran. Setelah itu, jamur merang dapat disimpan ke dalam otak sayur yang ada di lemari es.

Tahu tahan lama dan tetap segar
Tahu jika disimpan di ruang terbuka akan menjadi berlendir atau rusak. Karena daya simpannya yang tidak lama. Namun ada cara agar tahu dapat tetap segar dan tahan lama. Caranya, cuci bersih tahu, lalu masukkan ke dalam air yang mendidih. Diamkan sebentar lalu tiriskan. Setelah tahu dingin, masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan di dalam lemari es. Selain direbus dalam air yang mendidih, tahu juga dapat dikukus. Ketika tahu telah dingin, masukkan dalam kantong plastik dan simpan dalam lemari es.

Mengupas wortel tanpa membuang antioksidannya
Wortel mengandung antioksidan pada kulitnya. Untuk dapat menggunakannya, hindari mengupas kulit wortel. Cukup dikerik kulitnya dengan pinggiran pisau.

Daun pepaya tidak pahit
Banyak orang tidak menyukai pahitnya daun pepaya. Namun rasa pahit ini dapat dikurangi dengan cara meremas-remas daun pepaya hingga getahnya keluar. Setelah itu, siram dengan air sambil terus diremas-remas. Lakukan hingga air remasan tidak berwarna hijau lagi. 
Selain itu, untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya, dapat juga dengan cara menambahkan daun jambu biji ketika merebusnya.

Tentu masih banyak cara agar kita bisa mengolah makanan dengan cerdas, hingga masakan yang berkualitas dapat kita sajikan untuk keluarga tercinta. Apakah ada yang memiliki tips cerdas lainnya?

9 comments:

  1. Untuk mengurangi pahit daun pepaya bisa juga direus menggunakan tanah liat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih tambahan tipsnya mbak Tatit :)

      Delete
  2. wuuh rajin mbakku satu ini.
    Tipsnya okeh
    Dahulu, tips seperi ini aku kirim ke majalah Kartini lho, lumayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan honornya ya mbak.? Wah patut dicoba tuh... he..he..

      Delete
  3. wah baru tau sya mbk yg point 1-4 ...trimkash infonya mbk ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Zaqia..trima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  4. Daun jambu biji bisa mb? Seberapa bnyak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak...kasih secukupnya aja mbak, tergantung dari banyaknya daun pepaya yang akan kita masak.

      Delete
  5. tips2nya keren euy,,, trutama buat sy yg kalo masak sll keasinan...hehehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}