5 Cara Unik Menyajikan Nasi

Dunia bisnis, sangatlah dinamis. Terutama untuk bisnis kuliner. Setiap saat  produk baru bermunculan, dan setiap saat pula pemain baru bermunculan. Semua itu tidak terlepas dari proses belajar yang terus menerus dilakukan oleh pelaku bisnis. 
Semua pelaku bisnis biasanya berusaha memajukan dan mempertahankan usahanya dengan menciptakan inovasi untuk meningkatkan jumlah penjualan. Begitu pula dengan pebisnis kuliner yang makin menjamur belakangan ini. Contohnya, berinovasi dalam hal menyajikan nasi. Berikut 5 cara unik menyajikan nasi yang disajikan untuk menarik jumlah pelanggan yang datang.
1. Nasi Bumbung
Nasi bumbung adalah cara penyajian nasi dalam bumbung atau bambu. Nasi tersebut diolah atau dimasak di dalam bumbung. Cara memasak seperti ini, dapat menambah aroma pada nasi. Aroma bambu dan daun yang menyelimutinya dapat menambah cita rasa ketika disantap.
Biasanya, nasi bumbung diolah dan disediakan menggunakan bambu dengan diameter sekitar 6 cm dan panjang 12 hingga 14 cm. Rasa nasi bumbung begitu gurih, karena di dalamnya terdapat berbagai macam bumbu seperti bawang-bawangan dan ikan asin.
Cara Unik Menyajikan Nasi : Nasi bumbung
2. Nasi Liwet
Rasa nasi liwet  tidak jauh berbeda dengan nasi bumbung. Hanya dalam penyajiannya, nasi liwet menggunakan kastrol. Aromanya yang harum terbawa uap panas yang keluar dari dalam kastrol. Selain bawang-bawangan, nasi liwet juga menggunakan sereh dan daun salam untuk menambah aromanya.

Menyajikan Nasi Liwet dengan kastrol

3. Nasi Dadu
Dinamakan nasi dadu, karena memang bentuknya yang unik menyerupai dadu. Dengan menggunakan cetakan khusus, membentuk nasi seperti sebuah dadu. Di Rumah Makan Bale Desa, nasi berbentuk dadu ini disajikan dengan rasa yang beragam. Selain nasi biasa, pengunjung juga dapat memesan nasi merah atau nasi tutug oncom.
Menyajikan Nasi Berbentuk Dadu
Nasi Timbel, salah satu cara unik menyajikan nasi
4. Nasi Timbel
Menyajikan nasi dengan cara membungkusnya dengan daun pisang, dinamakan nasi timbel. Cara membuat nasi timbel sangatlah mudah. Nasi yang telah matang, masih dalam keadaan panas dibungkus dengan daun pisang yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Aroma daun pisang akan begitu terasa jika nasi dingkus dalam keadaan panas atau hangat. Tentu saja dapat menambah kenikmatan dalam menyantap hidangan.
5. Nasi Bulat
Ini merupakan cara penyajian nasi yang paling sering kita temukan ketika menikmati kuliner. Nasi dibentuk dengan menggunakan mangkuk kecil.

Artikel Lainnya :
Menikmati Nasi Bumbung
Seblak, Pedasnya Nendang 
Menikmati Ramen di Juyo Ekspres-Subang 
Kulineran di Saung Lalakon Soreang 
Ayam Goreng dan Baby Fish Goreng ala Rumah Makan Mang Yeye

15 comments:

  1. ngiler ngelihat makanannya...bukan nasinya hehehehe..salah fokus jadinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..hi..makanan pelengkapnya buat salah fokus ya mbak.. :)

      Delete
  2. Kok ada yang bentuk tumpeng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuk tumpeng? Oh iya.. itu juga bisa ditambahkan sebagai cara menyajikan nasi ya..

      Delete
  3. nasi liwet deh yg paling aku suka ;).. apalagi kalo ada taburan terinya, duuuuhhh, pgn nambah trus ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong... saya juga suka nasi liwet :)

      Delete
  4. Unik unik ya mak nasinya hihi :D aku paling suka nasi timbel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling enak tentu lauk pendampingnya ya.. :)

      Delete
  5. aroma nasi yang keluar dari ketel dan daon pisang lezaattt ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yummy....harumnya ngundang selera ya.. :)

      Delete
  6. Nasi dadu???? Baru lihat ane. Kreatif juga yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Iya unik kan.. kreatif banget ya.. :)

      Delete
  7. Yang pernah dicobain cuma nasi liwet. Kalo yang udah pernah dibuat ya nasi bulet, soalnya sejak SD suka nyetak-nyetakin nasi biar bulet kaya yang di restoran cepat saji. Hehehe. Tapi iya sih, bagaimana pun bentuk nasinya yang penting rasa lauknyaaa. XD

    ReplyDelete
  8. wah nasi bumbung belum pernah nyobain euy hehehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}