Mau Wisata ke Bandung? Lakukan 5 Tips Wisata Yang Mudah dan Ekonomis Ini

Kota Bandung sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat adalah kota metropolitan terbesar kedua setelah Jabodetabek. Selain merupakan kota terbesar di wilayah selatan Pulau Jawa, Kota Bandung juga merupakan kawasan yang dipenuhi tempat wisata menarik.

Dahulu, kota kembang ini merupakan cekungan danau besar yang berubah menjadi pemukiman penduduk. Cekungan raksasa tersebut dikelilingi oleh pegunungan yang masih asri dengan tumbuhan hijaunya. Oleh karena itu, tidaklah heran jika saat ini, banyak tempat wisata di Kota Bandung yang menonjolkan keindahan alam sebagai daya tarik bagi para traveller.

http://www.nurulfitri.com/2017/09/wisata-ke-bandung-yang-mudah-dan-ekonomis.html
Alun-alun Kota Bandung


Buktinya setiap akhir minggu atau saat hari libur, kota yang dijuluki Paris van Java ini banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Mereka ingin menikmati iklim pegunungannya yang lembab dan sejuk. Sejauh mata memandang, kita akan menemukan pemandangan yang begitu memukau. Begitu banyak tempat yang harus dikunjungi untuk menikmati keindahan alamnya.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan Bandung sebagai surganya dunia. Saya rasa, pernyataan itu tidaklah berlebihan. Karena nyatanya, kini semakin banyak tempat wisata yang dibangun dengan menonjolkan keindahannya di kota pendidikan ke-2 se-Indonesia ini. 

Well ... Penasaran dengan tujuan wisata di Bandung? Mau berwisata ke Bandung? Saya sendiri penasaran sekali rasanya, ingin mendatangi semua tempat wisata yang ada di sana, bersama-sama dengan suami dan anak-anak saya.
Tapi tempat wisata mana yang akan saya datangi terlebih dahulu? Begitu banyak tempat wisata di Kota Bandung, bukan? Misalnya saja untuk wilayah  bagian utara, beberapa tempat menarik yang bisa dinikmati keindahannya yaitu : 

Hutan Pinus Cikole

Hutan Pinus yang berada di Cikole Lembang ini, merupakan tempat wisata yang berada di bawah deretan pohon pinus yang ada di lereng Gunung Tangkuban Parahu. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, bisa menikmati ayunan hammock yang diikat pada batang pohon pinus. Bau daun pinus serta kesegaran alam di sana, sangat cocok untuk melepaskan penat dan stress.
http://www.nurulfitri.com/2017/09/wisata-ke-bandung-yang-mudah-dan-ekonomis.html
Hutan Pinus Cikole

Tiket masuknya pun cukup terjangkau, yaitu sekitar lima ribu rupiah. Tempat liburan yang sangat ekonomis, bukan?



de' Ranch Lembang
Tempat wisata ala cowboy dan suku Indian yaitu de' Ranch, merupakan area wisata yang areanya cukup luas. Terdapat beberapa tanah lapang yang digunakan untuk menggembalakan kuda dan sapi. Seperti temanya, beberapa permainan yang ada di de' Ranch menggunakan properti yang sama dengan para cowboy dan baju khas suku Indian. Pengunjung dapat mengenakan kostum-kostum tersebut ketika main di wahana menunggang kuda atau memanah.
http://www.nurulfitri.com/2017/09/wisata-ke-bandung-yang-mudah-dan-ekonomis.html
de' Ranch


Curug Ciomas Maribaya
Di bagian utara Kota Bandung, kita juga bisa menikmati indahnya air terjun Curug Ciomas Maribaya. Air terjun ini berada di hutan raya yang menyangga kehidupan masyarakat Pulau Jawa dan Bali. Untuk mencapai tempat wisata ini, pengunjung bisa menggunakan layanan transportasi ojek atau berjalan kaki sambil menikmati kesejukan Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang masih ditumbuhi berbagai macam pohon yang rindang.

http://www.nurulfitri.com/2017/09/wisata-ke-bandung-yang-mudah-dan-ekonomis.html
Curug Ciomas
Floating Market Lembang
Masih terletak di Bandung Utara, ada pula tempat wisata yang mengusung tema pasar terapung. Pengelola Floating Market,membangun beberapa tempat jual beli di atas permukaan danau. Alat tukar yang digunakan di sana pun cukup unik, yaitu dengan menggunakan koin. 

http://www.nurulfitri.com/2017/09/wisata-ke-bandung-yang-mudah-dan-ekonomis.html
Floating Market

Selain pasar terapung, di tempat wisata ini pengunjung juga bisa bermain perahu dayung di atas danau. Di tempat itu pula, anak-anak bisa memberi makan hewan-hewan yang ditempatkan di sebuah kandang besar. Salah satu wahana yang akan disukai oleh anak-anak yaitu wahana miniatur kereta api. Di wahana tersebut terdapat kereta api, stasiun dan properti pendukung lain, yang dibuat menyerupai aslinya dengan perbandingan 1:24. 

Dusun Bambu
Menurut kabar, pengelola Dusun Bambu sama dengan pengelola tempat wisata Floating Market. Konsepnya pun serupa, sama-sama memanfaatkan danau untuk dijadikan tempat wisata. Area yang digunakan pun sama luasnya. Bagi pecinta bunga, Dusun Bambu merupakan tempat yang cocok untuk menikmati taman bunga dengan aneka bunga berwarna-warni. 

http://www.nurulfitri.com/2017/09/wisata-ke-bandung-yang-mudah-dan-ekonomis.html
Aneka bunga di Dusun Bambu
Bagaimana dengan kulinernya? Serupa dengan tempat wisata lainnya, Dusun Bambu menyediakan berbagai macam kuliner yang memanjakan lidah. Di sana juga menyediakanTtempat makan berupa rumah kayu yang didirikan di sekeliling danau. Sungguh, pemandangan indah yang sangat memukau mata.


http://www.nurulfitri.com/2017/09/wisata-ke-bandung-yang-mudah-dan-ekonomis.html
Rumah kayu di Dusun Bambu
Selain tempat wisata yang telah disebutkan sebelumnya, di daerah Bandung Utara masih banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi yaitu Farm House, Grafika Cikole, Taman Bougenville, dan tempat berlibur lainnya. Nah, di Bandung utara saja, tempat wisatanya banyak yang mesti dikunjungi, bukan?

Sedangkan di Bandung bagian selatan, daerah wisata yang dapat dikunjungi pun cukup banyak. Ada Kawah Putih Ciwidey, Bumi Perkemahan Ranca Upas, Pemandian Cimanggu, Pemandian Air Panas Walini, Situ Patengang serta masih banyak tujuan wisata lainnya. Serupa dengan Bandung bagian utara, bagian selatan kota kembang juga memiliki banyak tempat wisata yang sayang dilewatkan keindahan alamnya.

Dengan begitu banyak tepat wisata yang harus dikunjungi, membuat wisatawan perlu memperhatikan beberapa hal, agar kedatangannya ke Kota Bandung tidak banyak menghabiskan waktu dan biaya. Oleh karena itu, sebaiknya orang yang mau berlibur ke Bandung, memperhatikan 5 tips wisata yang mudah dan ekonomis :

Pertama, lakukan perencanaan yang terperinci. Seperti kita ketahui, Kota Bandung memiliki banyak tempat wisata. Tidak hanya di Bandung bagian selatan, bagian utara Bandung pun memiliki banyak tempat wisata menarik. 

Untuk mengunjungi semua tempat wisata di sana, tidak bisa memakan waktu yang singkat. Beberapa tempat wisata yang tersebar di kota terbesar di selatan Jawa ini, memiliki area  yang luas. Sepertinya untuk berkeliling di sana, bisa menghabiskan waktu seharian. Jadi, sebaiknya direncanakan dengan matang, tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi.


Kedua, ada baiknya untuk menghubungi teman yang ada di Kota Bandung. Biasanya orang yang tinggal di kota tujuan wisata, lebih mengenal keadaan yang ada di sana. Bagaimana transportasi di sana, bagaimana keadaannya serta fasilitas apa yang bisa dinikmati.
Dengan mencari tahu informasi melalui teman, tujuan wisata akan lebih terarah, menghindari waktu yang bisa saja hanya habis di perjalanan. Dan tentu saja, bisa meminimalisir penggunaan biaya yang tidak direncanakan.

Ketiga, mempersiapkan barang yang akan dibutuhkan ketika berwisata. Barang yang akan dibawa adalah barang yang benar-benar akan digunakan ketika berlibur. Hindari membawa terlalu banyak barang. Karena akan memakan banyak tempat dan terkesan tidak praktis.

Selain pakaian dan perlengkapannya, perlu juga dipersiapkan peralatan untuk dokumentasi, seperti kamera atau ponsel. Persiapkan pula charger, power bank dan alat penunjang dokumentasi lainnya.

Keempat, persiapkan anggaran tidak terduga. Sebaik apapun perencanaan untuk melakukan perjalanan, hal-hal yang tidak terduga tetap harus dipertimbangkan. Kita tidak akan tahu apa yang bisa terjadi selama berada di tempat wisata. Oleh karenanya, mempersiapkan dana tidak terduga sebaiknya tetap diperhatikan.

Kelima, pilih yang mudah dan ekonomis. Berlibur bukan berarti kita harus menghabiskan dana yang kita miliki, bukan? Jangan sampai tujuan berlibur yaitu untuk melepas penat, malah mendatangkan stres usai berlibur. Dana yang dimiliki habis bahkan meninggalkan hutang. Akibatnya yang terjadi beban pikiran semakin bertambah.

Bagaimana caranya agar liburan kita lebih mudah dan ekonomis? Salah satunya dengan mencari hotel atau tiket pesawat dengan harga yang terjangkau. Zaman sekarang, semua serba mudah. Sudah banyak agen perjalanan yang menyediakan tiket pesawat dan hotel yang sesuai dengan tujuan tempat wisata. 

Banyaknya agen perjalanan, memudahkan para pelancong untuk memilih tiket pesawat dan hotel yang sesuai dengan anggaran biaya. Traveller bisa memesan tiket pesawat di satu agen karena harganya murah dan memesan hotel di agen lain yang menyediakan harga miring. Namun berdasarkan pengalaman, cara tersebut cukup menghabiskan waktu. Tidak praktis dan kurang ekonomis, memesan di dua agen berbeda denga ketentuan dan cara pembayaran yang terkadang tidak sama.

Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, kini pergi berlibur bisa lebih mudah dan saving time. Mengapa bisa begitu? Karena kini traveloka membuka pemesanan tiket pesawat dan hotel dalam satu paket. Wah, tawaran yang menarik, ya? Menggunakan paket wisata traveloka, tentu saja jadi lebih mudah dan ekonomis. Karena tidak perlu memesan secara terpisah.


Selain itu, dengan memesan satu paket perjalanan, harganya lebih murah dibandingkan jika memesan tiket dan hotel secara terpisah. Karena biaya yang dikeluarkan lebih murah, maka bisa lebih menghemat dana untuk berlibur. Kelebihan dana yang ada, bisa digunakan untuk menikmati kuliner di tempat wisata atau bahkan untuk ditabung, ya, kan?

Layanan satu paket di traveloka tidak hanya harganya saja yang miring, pembayarannya pun sangat mudah karena pilihan metode pembayaran yang banyak. Jenis pembayaran yang bisa digunakan yaitu transfer melalui ATM, m-banking, internet banking, credit card atau di minimarket yang terdekat. Benar-benar persiapan wisata yang mudah dan ekonomis, bukan?

Jadi tidak ada salahnya jika teman-teman ingin berlibur, terutama wisata ke Bandung, untuk melakukan persiapan yang lebih bijak. Lebih praktis dan ekonomis memesan tiket dan hotel dalam satu paket, karena lebih mudah dan saving time.  Bagaimana? Sudah siap wisata ke Bandung? Yuk, persiapkan segala sesuatunya dengan mudah dan ekonomis.

22 comments:

  1. Wah sebagai orang yang dibesarkan di Bandung,saya belum pernah k sini bun
    de' Ranch Lembang. Maluuu aq 🙈

    ReplyDelete
  2. Pengen mbak...tapi jauh banget dan macetnya gak sanggup hiiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he he...ke sananya jangan pas waktu liburan Mbak...supaya gak macet.

      Delete
  3. Pengen ke Bandung, belum kesampaian. Kalau ada teman buat ke sana, mau deh. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada saya Mbak..temen buat main di Bandung hehehe

      Delete
  4. Bandung emang juara. I love Bandung. :* :* :*

    ReplyDelete
  5. Sudah lama ingin ke Bandung Mba.. tapi blm kesampaian...

    ReplyDelete
  6. Ke Bandung kadang sebelnya karena maceeeet..:D
    Tapi pesonanya itu ngangeni sekali..Jadi tetap membuat kami dari Jakarta datang dan datang lagi..
    Terima kasih tipsnya, Mbak...Aku bookmark yaa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya gak macet, ke Bandungnya jangan hari libur, Mbak.. :)

      Delete
  7. Bandung, salah satu tempat wisata favorit saya.😀

    ReplyDelete
  8. Daaaaaan semua tempat itu belum pernah saya kunjungi. Heuheuuu padahal Jkt-Bdg ga jauh2 amat. Nanti kalo ke Bdg saya colek mba Nurul yaa...hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaak...colek-colek saya ya..nanti kita main bareng hihihi

      Delete
  9. Waah Dusun Bambu cakep tuh mbak. Semoga diberi kemampuan untuk ke sana.

    ReplyDelete
  10. yang pasti siapkan diri jangan sampe meriang atau acara jalan jalan jadi gagal totalll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kalau menjaga kesehatan itu memang yang paling penting ya...

      Delete

.comment-content a {display: none;}