6 Ide Tulisan Yang Bisa Menarik Minat Pengunjung Blog

Ide tulisan yang bisa menarik minat pengunjung blog, merupakan materi lanjutan yang akan saya dokumentasikan,  setelah sebelumnya saya menyimpan catatan tentang Trik Jitu Mendongkrak Pengunjung Blog, yang saya dapatkan ketika mengikuti kelas optimasi sosial media.


Materi kedua yang saya dapatkan, meliputi pencarian sumber ide untuk menulis di blog. Bisa dibilang ide menulis di blog lebih luas dibandingkan mencari ide untuk menulis buku.
Kalau menulis diblog, kita bisa lebih leluasa menentukan tema tulisan sesuai dengan apa yang diinginkan pemilik blog. Berbeda dengan menulis buku yang terikat dengan tema dan terikat dengan kebijakan tertentu. Terutama kebijakan yang diberikan oleh penerbit.

Jadi, sebenarnya ide seperti apa yang diminati pengunjung blog? Mari kita bahas satu -persatu, 6 ide tulisan yang bisa menarik minat pengunjung blog.

1. Cerita keseharian atau curahan hati

Menulis tentang keseharian kita, bisa saja menarik perhatian orang yang kepo dengan kita. Memang ada ya, yang kepo sama keseharian kita? Bisa saja, orang yang tidak kita kenal, justru ingin mengetahui pribadi dan cerita keseharian kita. 
Bisa saja loh, ada klien yang enggak sengaja baca tulisan kita, terus ingin tahu lebih jauh tentang penulisnya. Lalu kemudian, menawarkan kerja sama untuk membuat review, asyik, kan? Karena biasanya curahan hati dan cerita keseharian kita diminati pembaca setia blog. Masih enggak ada ide?

2. Menulis postingan yang long lasting
Carilah topik yang selalu diminati dan sering dicari oleh banyak orang. Meskipun ide tulisan serupa sudah banyak tersebar di media internet, kita tidak perlu khawatir, karena lambat laun akan terindeks di halaman google. 

Contohnya saja, cara mudah membuat blog, cara mendongkrak jumlah pengunjung di blog, mereview tempat wisata atau menulis tema pengasuhan anak. Tema-tema seperti yang telah disebutkan tadi, dibutuhkan oleh pembaca blog dalam jangka waktu yang lebih lama. 
Apalagi menjelang liburan akhir tahun seperti sekarang, ulasan tempat wisata, biasanya banyak diminati oleh pembaca blog.

3. Membahas topik yang sedang hangat
Ide tulisan semacam ini, bisa dibilang merupakan postingan musiman. Tapi berperan mendongkrak traffic blog. Misalnya saja, tentang pernikahan anak presiden, kasus Setya Novanto atau kisah para selebriti yang menarik perhatian publik. 

Eeh bagaimana, dong, pembahasan seperti itu sepertinya kurang pas dengan niche blog kita? Memang, sih, pembahasan issue hangat terkadang bertolak belakang dengan blog personal kita, tapi bisa disiasati dengan menulisnya dari sudut pandang pribadi kita, bukan? Bagaimana?

4. Mengulas program televisi
Perkembangan teknologi membuat orang lebih menyukai media internet untuk mencari berita atau sekedar menikmati hiburan. Sibuk beraktivitas di luar rumah membuat sebagian orang tidak sempat menonton televisi. Sebagai narablog, kita bisa membantu masyarakat dengan cara mereview ulang acara yang telah tayang di televisi. Apalagi jika ada issue yang sedang hangat-hangatnya. Tema tulisan seperti ini, bisa menarik minat pengunjung blog, loh!

Contohnya saja, kita bisa mereview tayangan "Hitam Putih". Dulu, saat acara yang dipandu oleh Deddy Corbuzier ini menayangkan  Gamal Albinsaid seorang dokter sampah dari Malang, Nunu Elfasa menuliskan reviewnya sesaat dia selesai menonton acara tersebut. Hasilnya kata kunci Gamal Albinsaid, dan dokter sampah merupakan kata yang sering disasar, sehingga blog Nunu Elfasa berada di halaman pertama Google.

5. Review Produk
Sesekali, tidak ada salahnya jika kita mengulas produk yang kita pakai atau tempat makan yang pernah kita kunjungi. Apa saja bentuknya, jika bisa bermanfaat bagi orang lain, kita bisa menuliskannya di blog.

Ketika kita wisata kuliner ke tempat yang menarik atau mendapatkan menu yang benar-benar memenuhi selera, kita bisa mengulasnya di blog. Selain membantu mempromosikan tempat yang telah kita kunjungi, juga dapat membantu orang yang sedang mencari tempat makan, ketika mengunjungi kota yang sama.
Sebenarnya ulasan seperti ini juga bisa menarik klien untuk mempromosikan produknya di blog kita. Jadi sekali dayung, dua tiga pulau bisa dilampaui. Betul?


6. Mengikuti Giveaway
Selain mengincar hadiah yang ditawarkan, mengikuti give away juga bisa menambah ide untuk menulis di blog. Dengan demikian, otomatis blog kita bisa ter-up date terus. Siapa tahu, alih-alih mencari bahan untuk menulis, ternyata kita yang jadi pemenangnya, seru, kan?

Nah, itulah 6 ide tulisan yang bisa kita gunakan untuk menarik minat pembaca blog yang saya dapatkan ketika mengikuti kelas optimasi sosial media. Semoga bermanfaat.

Dari keenam ide tulisan yang bisa menarik minat pengunjung blog di atas, poin mana yang paling disukai oleh teman-teman? Apakah ada ide lain yang bisa menarik minat pembaca blog? Sharing yuuk!!


31 comments:

  1. Untuk poin 2 saya setuju buat artijel cara atau tutorial karena lebih lama dan orang masih tetap cari

    Oh yah untuk poin no 6 kayaknya bukan mengikuti giveaway deh tapi mengadakan giveaway

    ReplyDelete
  2. Ah thanks banget ide postingannyaaaaaa. Kira2 tren blog di 2018 bakal kayak gimana ya?

    ReplyDelete
  3. paling susah itu kalau disuruh curhat, takut jatuhnya malah lebay...postinganku yang long lasting itu tips sama resep. Sepele sih tapi nyumbang view lah dikit-dikit...

    ReplyDelete
  4. Waah,makaish idenya, mba Nurul, saya suka bingung dengan tema postingan di blog, oh iya setelah ngintip GA, ternyata postingan review drakor di blog yang paling banyak pengunjungnya, hehehe

    ReplyDelete
  5. Curhat sama progam TV
    Ini kan paling serinh dan emang sehari2 nemenin bocah nonton, hehehe

    Kalau pas lagi blank, review film atau drama jg lumayan sih

    ReplyDelete
  6. Wah terima kasih sekali atas 6 idenya. Jujur aku lebih suka yang review ataupun pengalaman tentang sesuatu hal dibanding cuma cerita keseharian aja hehe. Tapi kadang susah ya bikin tulisan blog tetap nyaman dan enak dibaca :")

    ReplyDelete
  7. Tambahan mbak,
    Ide tulisan yang menarik untuk dijadikan ide dasar dalam sebuah postingan blog, antara lain berupa tulisan review dari sebuah film, atau juga mengulas suatu game, atau juga menulis sebuah cerpen dan sastra..

    Namun semua itu kembali lagi pada niche blog masing2, dan harus disesuaikan untuk itu dalam memiiih ide tulisan, lalu harus konsisten akan jenis blog yang dibuat

    ReplyDelete
  8. Duh dari sekian kayaknya yang belum aku ikut lomba dan Giveaway. Hmm seneng banget kalau bisa ikutan ya. Coba ah menyusun kekuatan ikut lomba hehe

    ReplyDelete
  9. Duh... makasih Mbak sudah sharing mengenai ide tulisan ini. Kebetulan habis nulis sponsored post mau nulis apa lagi, bingung. Trus jadi keingetan sama sesuatu. Hihihi. Insya Allah segera nulis lagi, ah :)

    ReplyDelete
  10. Maksih idenya mbak, butuh ide memang

    tahu ga, aku sudah hampir 2 minggu ga nulis. Tulisan yang nangkring di blog akhir-akhir ini adalah stok lama ckckkckckck

    Kadang aku ikutan GA biar semangat nulis hehehe

    ReplyDelete
  11. No 1-2 itu terbukti banget. Pv ku untuk curhat justru ramai, dan pv untuk tulisanku doa untuk acara perpisahan itu long lasting tiap bulan2 jelang musim perpisahan rame banget

    ReplyDelete
  12. setuju sama nomor satu hehehhee kadang orang kepo dan akhirnya baca-baca tulisan kita. ikutan GA mayan sering tapi nggak menang-menang hikks

    ReplyDelete
  13. Tulisan curhatan tentang pengalaman memang banyak yang mengunjungi, postingan long lasting kalau saya ramai saat liburan. Seperti harga tiket wahana dan lokasi wahana, kalau niche saya ambil dari sudut pandang yang sesuai dengan blog.

    ReplyDelete
  14. Yang no 6 belum pernah saya coba bun. Tetapi udah ada niat sih. Semoga nanti terwujut. Untuk sementara yang kepikiran dikasih klo saya ngadain giveaway itu buku parenting, atau buku cerita anak atau mainan edukasi hihihi

    ReplyDelete
  15. P:engen bikin tulisan yang long lasting/ evergreen supaya PV-nya tetep stabil. Tapi emang kadang curhat remeh2 juga banyak dibaca ya mbak :D
    Yg penting tetep menulis :D

    ReplyDelete
  16. Review kosmetik banyak di minati emak-emak..terutanyma produk menengah...
    Kalo produk mihil..skip..he2

    ReplyDelete
  17. Hahahah aku ada tulisan tentang perawatan muka, lari manis tiap hari. kayanya harus sering2 nulis itu sih wkwkkw.

    ReplyDelete
  18. aki seringnya no 2 dan no 5 nih mba.. nulis yang long lasting kaya resep-resep masakan sama review makanan, restoran atau produk favorit di ru mah hehe

    ReplyDelete
  19. Paling ampuh sih klo nulis berita yang lagi in banget sehingga, trafficnya deres dah pokoknha dan banham dicari. Apalagi buat judul yang unik boom pasti rame yg baca

    ReplyDelete
  20. Kalau aku sih selalu ya baca dan search di google itu review tapi sekarang bener2 milih reviewnya paid atau enggak. Kalau paid soalnya banyak yang enggak jujur.

    ReplyDelete
  21. You are great mba. Aku perhatiin tulisan-tulisanmu juga long-lasting pantes ih pengunjungnya deres...

    ReplyDelete
  22. iyah, tulisan curhat di blog aku rame bener, byk yg curhat balik, hihihi

    ReplyDelete
  23. Na, ini harus dicoba satu-satu. Thanks for sharing ya mbak

    ReplyDelete
  24. pernah nyoba nulis tentang hal yang sedang in, memang mendongkrak banget kunjungannya...., mau nyoba ah ide2 lain dari mbak Nurul
    makasih mbak

    ReplyDelete
  25. Wah, makasih ide nya mba. Harus dicoba nih..

    ReplyDelete
  26. Kayaknya idenya bisa satu per satu dicoba di blog nih. Sekarang soalnya kebanyakan review juga sih hehehe :D

    ReplyDelete
  27. Saya termasuk blogger pemula yang enggak rajin menulis..setelah membaca artikel ini saya dapet pencerahan untuk bisa lebih rajin menulis.makasih mba nurul ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga tetaprajin, ya, Mbak :)

      Delete
  28. Kayaknya saya milih yang long lasting atau curhat deh. Tapi, kalau curhat ada learning pointnya gitu, kayaknya lebih baik ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Mbak, bukan curhat sembarang curhat. Tapi curhat yang ada hal yang bisa diambil manfaatnya oleh pembaca.

      Delete
  29. Dapat moment "AHA" setelah baca postingan ini heheh
    Soalnya suka bingung mau nulis apa di blog..karena kelamaan cari idenya akhirnya gak nulis-nulis hehehe

    ReplyDelete

.comment-content a {display: none;}