Yuk, Cetak Foto di ID Photobook Untuk Mencegah Dokumen Foto Hilang!

Bagi saya, foto merupakan salah satu bukti yang menyimpan semua peristiwa atau kenangan yang terjadi di sepanjang kehidupan. Tidak hanya peristiwa yang saya alami secara pribadi saja, semua peristiwa penting dan berharga dalam keluarga pun perlu diabadikan dalam sebuah gambar berbentuk foto.

cetak foto mencegah dokumen foto hilang

Jadi wajar saja, kalau saya senang berfoto-ria untuk mengabadikan setiap momen yang sudah terlewati, terutama momen yang menggembirakan dan membanggakan agar tidak terlupakan oleh waktu.

Apa, sih, Kegunaan Menyimpan Foto-foto?

Menggunakan foto, kita bisa mengenang masa yang telah lalu dan juga bisa menceritakan sebuah peristiwa yang sudah lama pada anak dan cucu kita. Sama halnya dengan orang tua saya. Mereka masih memiliki foto anak-anak, termasuk saya sewaktu masih balita. Melalui foto tersebut, ibu terkadang menceritakan polah tingkah kami saat kecil. Dan biasanya saya hanya senyum-senyum ketika ibu menceritakan polos dan lugunya kami pada masa itu. Kenangan indah yang tidak akan dilupakan, bukan?

Begitu pula dengan saya, yang kini sudah berumah tangga dan memiliki anak-anak. Setiap perkembangan tumbuh kembang mereka, selalu saya amati dan diabadikan. Selain untuk mengamati tumbuh kembang anak-anak, melalui foto, saya juga bisa mengevaluasi perkembangan mereka. Namun dari semua alasan tentang pentingnya sebuah foto, yang dirasakan paling penting, yaitu saya ingin selalu melihat wajah polos, lucu dan lugu masa kecil buah hati saya, apalagi kini mereka mulai beranjak dewasa.

Yah ..gitu, deh, akhirnya di setiap kesempatan, saya selalu menyempatkan diri untuk mengabadikannya. Kegiatan anak-anak di sekolah, misalnya saat mereka berprestasi ketika mengikuti kompetisi robotik antar siswa SD se-Bandung, langsung saya abadikan segera. 

Baca juga : Festival Kaulinan Barudak Sunda

Begitu pula ketika kami sekeluarga pergi berwisata, seperti baru-baru ini kami melakukan wisata alam ke Curug Cibareubeuy, wah ...semua momen dan tempat indah yang ada di sekitar curug, langsung kami abadikan, dong! Sayang sekali kalau terlupakan. 

Nah, itu, kan, kalau pergi berwisata, bagaimana kalau sekedar makan bersama keluarga? Tentu saja, apalagi kalau tempatnya menarik, biasanya akan saya abadikan juga, kok! Buat kenang-kenangan, ya, kan? Jadi, semua momen berharga perlu diabadikan.

Baca juga : Konsep Unik Makan di Atas Pesawat : Steak 21 Karawang

Mengapa Perlu Mencetak Foto Keluarga?

Foto-foto yang sudah kami kumpulkan tersebut, rencananya akan kami dokumentasikan serta akan digunakan untuk mengenang semua momen membahagiakan yang pernah kami lalui. Mengenang kembali hal-hal yang menyenangkan bisa membuat kita banyak bersyukur, bukan? Kita bisa merenung dan menyadari, bahwa banyak hal membahagiakan yang telah diberikan oleh Allah SWT. Alhamdulillah.

Namun, ternyata manusia hanya bisa berencana dan Allah yang menentukan segalanya. Foto yang sudah kami kumpulkan selama bertahun-tahun secara tidak sengaja hilang dalam sekejap. Ada dua kejadian yang membuat kami kehilangan dokumen foto-foto kenangan tersebut. 

Kejadian pertama, ketika saya sedang berbelanja di sebuah mall di Bandung. Waktu itu mall penuh sesak dengan  pengunjung, maklum mendekati hari raya. Dan di tengah-tengah lautan manusia itulah, tiba-tiba tas saya sudah terbuka dan handphone milik saya raib. Kaget sekaligus pengen nangis rasanya. Soalnya di gawai saya tersebut, ada foto-foto anak saya ketika masih bayi dan beberapa video ketika dia masih belajar berbicara. Bagi saya, itu momen yang sangat berharga dan patut dikenang. Semua dokumentasinya hilang seketika...hiks!

Sedangkan kejadian yang kedua, terjadi pada laptop milik saya. Laptop tersebut tidak hanya digunakan oleh saya saja, anak-anak juga menggunakannya untuk menonton drama korea dan bermain game. Alhasil, laptopnya ngadat dan terkena virus. Nah ... ketika hendak diperbaiki dengan cara di format, tanpa sengaja, foto-foto milik keluarga kami yang tersimpan di dalam laptop, ikut terformat. Hilang, semuanyaaa! Huhuhu..!! (nangisdipojokan)

Semenjak itu, kami merasa perlu untuk mencetak foto keluarga. Apabila sudah dicetak, rasanya kami akan lebih tenang. Tidak perlu khawatir, arsip foto kami hilang. 

Mencari Tempat Cetak Foto yang Recommended

Seperti yang telah saya ungkapkan sejak awal, foto merupakan hal penting bagi kami. Demi mencegah foto raib seperti kejadian sebelumnya, padahal foto tersebut berguna untuk mengabadikan momen berharga di keluarga saya, saya berinisiatif untuk mencetak foto. Kebetulan sekali, ada salah satu teman yang mencetak fotonya di ID Photobook. Katanya, itu tempat cetak foto yang recommended! Saya pun penasaran, karena hasilnya katanya memuaskan.

Akhirnya saya berkunjung ke website ID Photobook. Saya amati cara membuat album foto secara mandiri, tanpa ada proses antri. Ternyata cetak album foto keluarga melalui sistem online, terbilang mudah. loh! 
Kita bisa mengkreasikan foto tersebut dalam album yang diberi sentuhan manis dan personal. Caranya cukup mudah. Kunjungi website Photobook dan pilih produknya. Setelah itu, unggah foto kita dari ponsel, instagram atau dari facebook. Setelah itu, tinggal di order desain dan kemudian cetak foto dari HP. Cukup mudah, bukan?

Masih belum paham? Berikut ini, panduan memesan photobook lewat web :





Rencananya saya akan membuat dua album foto, yang berisikan 141 foto. Dan pilihan saya jatuh pada tema Simple Elegant dan tema Traveller. Alasan saya memilih tema tersebut, karena saya kurang suka dengan tema yang gambarnya terlihat penuh, jadi kelihatan rame ... hehehe. Lagi pula keluarga kami senang sekali bepergian berpetualang mencari pemandangan yang indah, oleh karenanya saya memilih tema Traveller Quinn untuk album foto yang satu lagi.

Setelah selesai memesan, kita tinggal menunggu hasilnya yang akan dikirimkan oleh ID Photobook. Gampang, bukan? 

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat cetak foto, tidak perlu bermacet ria, kita bisa mendapatkan photobook berkualitas dari ID Photobook. Apalagi sekarang banyak promo, ada diskon ongkir seluruh Indonesia, proses pembuatannya kilat dan bergaransi! Iya, ID Photobook akan mencetak ulang album kita, apabila ada yang rusak, cacat produksi atau hasilnya tidak sesuai harapan. Harganya pun terjangkau, sekitar Rp. 125.000 hingga Rp. 350.000. Hmm..mantap!


 Cetak Foto di ID Photobook Untuk Mencegah Dokumen Foto Hilang

Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya album foto yang saya pesan tiba di kediaman kami. Baru melihat tampilan luarnya saja, saya sudah cukup puas. Dengan dibungkus kotak berwarna coklat, album foto tersebut terlihat ekslusif dan elegan.


cetak foto mencegah dokumen foto hilang

Lalu, bagaimana dengan penampilan di dalamnya? Baguus..! Saya suka dengan tata letak foto-foto yang dikelompokkan sesuai dengan temanya. Kualitas kertasnya pun tidak mengecewakan karena menggunakan kertas premium. Tidak mudah rusak dan sobek.


cetak foto mencegah dokumen foto hilang



cetak foto mencegah dokumen foto hilang

Akhirnya saya bisa sedikit tenang dan tidak perlu khawatir dokumen foto keluarga raib tanpa sempat didokumentasikan. Dengan membuat album foto di ID Photobook, foto kami yang jumlahnya banyak, bisa di simpan dengan aman. 

Sekarang tetap puas-puasin ambil foto sana-sini, deh! Tidak perlu khawatir foto hilang, karena ada rekomendasi tempat cetak foto di ID Photobook. Apalagi albumnya di desain kayak Majalah, serasa jadi orang terkenal yang suka diliput di majalah-majalah gitu, kan? Hihihi....

Dengan memiliki album foto cetak, jika sedang kangen pada suatu momen atau suatu tempat, kita tinggal buka albumnya aja. Lebih mudah dan ringkas.
Bagaimana dengan teman-teman, pernah kehilangan dokumen foto milik pribadi atau keluarga? Mau cetak foto ala-ala majalah seperti saya? Bisa kunjungi: 

websitenya di ID Photobook 
instagram : @id.photobook
fanpage : https://www.facebook.com/Idphotobook.page 

45 comments:

  1. Saya sudah pernah mencetak di ID Photobook, Mbak..dan puas dengan hasilnya. Ini lagi nyicil lagi, sedikit-sedikit dicetak agar enggak hilang..Sudah pengalaman kehilangan foto di gadget dan flashdisck soalnya..Hiks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuh...sedih banget ya...saat kehilangan dokumen foto

      Delete
  2. Aku tuh memang mau nyetak semua foto2 travekingku di photobook ini mba. Tp blm selesai milih fotonya saking banyaknya hahahaha. .

    Krn planningnya, aku mau bikin album traveling sesuai negara2 yg prnh aku datangin. Jadi 1 album, utk 1 negara :D. So lumayan pusing milihnya. Tp memang hrs dibikin album gt drpd ntr foto2ku ilang. Selama ini nyimpennya di flickr soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...gak usah dipilih, Mbak. Buatin album aja semuanya hihihi

      Delete
  3. Whuaaaaa makasiiih mba infonya. Kayanya aku merasa perlu nih cetak di sini. Waktu itu juga laptop sempet ngadat alhamdulillah gak sampe ke format ulang.

    ReplyDelete
  4. Aih pingin.itu yang caption di foto booknya dari mereka kan? Terus yang ngurutin foto tertentu di sebelah mana juga mereka? Dari dulu pingin tapi belum jadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang menata letak fotonya pihak ID Photobook

      Delete
  5. Huwaaaa, bermanfaat sekali infonya. Makasih yaa

    ReplyDelete
  6. Desainnya bagus-bagus mba, iya sih lama-lama foto nanti banyak terus hapus padahal bagus-bagus, dan jaman sekarang orang mulai jarang cetak foto tapi sebenernya itu dokumentasi paling berharga sih buat masa nanti.

    ReplyDelete
  7. Bener banget. Penting nyetak foto sekarang karena bila berupa file saja sangat rawan hilang

    ReplyDelete
  8. Whuaaaa.. Sy blm pernah nyetak foto kecuali foto wedding. Hihi... Semoga sy gak kehilangan deh. Amiin
    Keren2 ya template fotonya. Jd mupeng

    ReplyDelete
  9. Kayaknya pengen nanti bikin buat kado ulang tahun anak. Jadi dia tau mukanya kayak apa dari sejak lahir sampai usianya sekarang. Keren ya...

    ReplyDelete
  10. Hasil cetaknya bagus ya, mirip majalah gitu. Kalau fotoku dicetak gitu bisa rasa-rasa artis hehe...banyak fotoku yang belum dicetak soalnya

    ReplyDelete
  11. Wah jd pengen jg nyetak poto. Soalnya zaman skrng kan jarang banget ya foto dicetak. Sementara pernah ngerasain sendiri nyesek hape rusak dan foto2 kenangan di sna semua huhuhu
    TFS infonya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..nyesek banget, kalau dokumen hilang

      Delete
  12. Mencetak foto hanya saya lakukan pada momen-momen penting saja, ternyata penting juga ya. Terkadang foto secara digital memang berpotensi hilang juga karena berbagai sebab.

    ReplyDelete
  13. Wah, thks sharingbya teh Nurul, saya baru tau ada cetsk poto kek gini. Hihi, biasanya cukup puas simpen di lappie aja.

    ReplyDelete
  14. bener jg nih
    foto keluarga di hp harus dicetak
    jgn sampe hp eror, memory card rusak atau hp ilang nangis deh hiks
    setidaknya yang mewakili dari beberapa fase kebersamaan keluarga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mbak. kebersamaan dengan keluarga perlu diabadikan.

      Delete
  15. ini dia yg saya cari mba.. lumayan nih mau cetak foto pernikahan kemarin.. kan biar gak hilang dan ada kenangan untuk ditinggal di rumah

    ReplyDelete
  16. Saya sekarang udah gak pernah cetak foto lagi Mbak, kecuali buat pas foto hehe.

    ReplyDelete
  17. Jadi ingat candaan temen di grup.
    Belum bisa nyetak buku solo, nyetak buku album foto dulu ajalaaah...

    Hahaha...dan jadi ngat bagaimana diary jaman dulu yaa, teh...
    Ada isolasian foto trus berceritalah kita..

    Jaman sekarang,
    Dengan segala kecanggihan, bisa lebih mudah dan pasti awet hingga anak cucu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..bener juga, nyetak album foto dulu sebelum buku solo ya.. :))

      Delete
  18. Wah keren banget, jadi pengen nyetak, soalnya foto-foto Saya juga banyak

    ReplyDelete
  19. Sy sudah pernah cetak disini 200foto mbak dan hasilnya memuaskan. :)

    ReplyDelete
  20. Bagusss yaa hasil cetak di ID Photobook. Dan yg terpenting kita gak kehilangan foto2 lagi ya Mbak.. selamat berfoto ria kembali, Mbak :)

    ReplyDelete
  21. Kenangan manis aja kan ya kak? Yang agak pahit ngga usag dicetak. Kalau yang manis manis suka senyum senyum sendiri ngebacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Yang pahit gak perlu di cetak. Nanti baper :))

      Delete
  22. Aku naksir deh asli!!!
    Kemarin juga rada2 galau kan karena laptop gak nyala sementara foto2 baru kupindah. ID photobook recomended banget yaa

    ReplyDelete
  23. Wah ia memoriku sudah full banget keberatan foto. Baru tau photoboot ini kece ih. Terimakasih buat infonya ya mbak 😊

    ReplyDelete
  24. Wah keren banget. Alternatif cetak photo nya kreatif. Aku sih jarang photo dan jarang cetak. Tapi kalau ide nya seperti ini jadi mau juga.

    ReplyDelete
  25. Beberapa waktu lalu sempet pengen nangis karena hp rusak..dan foto gak bisa diselamatkan..
    Besok mau juga ah..pake photobook.., ambil foto yg diaosmed aja..semoga hasilnya bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...sayang sekali kalau foto-fotonya sampai hilang

      Delete
  26. dari dulu kepingin banget nyetak foto di photobook ID ini tAPI belum terrealisasi juga. setelah melihat hasil foto mbak nurul jadi tambah kepingin nyetak lagi

    ReplyDelete
  27. Jadi inget zaman dlu, semua foto di cetak dlam album. Kalo kangen biasanya buka2 album foto kenangan, keren nih id photobook, jdi pngen abadiin momment2 berharag dlam album foto

    ReplyDelete
  28. udah lama banget berencana cetak foto di ID Photobook ini, tapi cuma rencana doang tanpa action. sekarang kayaknya mau benar2 cetak apalagi setelah melihat hasilnya dari mbak nurul

    ReplyDelete
  29. Aku sudah coba. Sayangnya hasilnya kurang oke, nih. Kertasnya kurang lux. Semoga segera ada perbaikan kualitas ya.

    ReplyDelete
  30. belum pernah cetak disini aku masih sukacetak yg jadul teh hahaha

    ReplyDelete
  31. Wah emang penting ya ngeprint hasil foto bbrp kali foto digital hilang gara2 komputer rusak..

    ReplyDelete
  32. Bagus, udah pernah intip2 harga, tapi belum bikin sampai sekarang,hihi

    ReplyDelete
  33. Wah perlu dicoba nih, ada beberapa foto keluarga yang pengen dicetak

    ReplyDelete
  34. Iya ya, zaman sekarang mah moto gampang, tapi gampang juga filenya ilang. Gak dicetak sih ya. Kalo dicetak gini kan enggak. Dan, keren2 juga hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang sekali, kalau sampai filenya hilang Teh

      Delete

.comment-content a {display: none;}