Monday, 17 June 2019

Pentingnya "Me Time" Untuk Kesehatan Jiwa

Me time sangat dibutuhkan oleh siapa pun terutama mereka yang sudah jenuh dengan rutinitas yang selalu berulang tanpa henti. Saat beraktivitas sehari-hari, baik di luar rumah ataupun di dalam rumah, rasa penat pasti akan muncul. Rasanya ingin sejenak bersantai dan meninggalkan kesibukan untuk sesaat. Seperti yang baru saja saya alami belakangan ini. Bersantai juga merupakan hak para ibu, bukan?
pentingnya me time untuk kesehatan jiwa

Bagi saya yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga dan bekerja dari rumah, berada di dalam rumah bukan berarti bisa bebas berongkang-ongkang kaki sepanjang hari. Namun, banyak pekerjaan rumah yang mengantre untuk diselesaikan. Belum lagi jika anak-anak minta sesuatu. Seperti cemilan untuk di sore hari usai mereka pulang sekolah.


Salah satu solusinya, saya harus bisa membagi waktu dengan baik. Jika tidak bisa membagi waktu dengan baik, sepertinya tidak akan ada jatah untuk beristirahat, deh! Memang semua pekerjaan di rumah harus dikerjakan dan diselesaikan, tetapi kita perlu mengatur waktunya dengan baik supaya enggak keteteran. Seperti yang pernah diceritakan di tulisan saya tentang cara agar kita bisa melakukan banyak hal tanpa stres. Jangan sampai kita malah kelelahan dan pekerjaan tidak selesai semuanya.

Manfaat "Me Time" Untuk Kesehatan Jiwa

Demi menghindari stres dan menjaga kesehatan jiwa, kita perlu menikmati waktu sendiri alias me time. Melakukan me time banyak manfaatnya, kan? Terutama bagi kita perempuan yang memiliki banyak aktivitas, baik di luar rumah maupun di dalam rumah. Lalu, seberapa pentingnya me time untuk kesehatan jiwa kita?


1. Kesempatan untuk muhasabah, intropeksi dan memahami diri sendiri
Saat kita berhubungan dengan orang lain, baik dengan anggota keluarga, teman-teman, rekan kerja atau teman satu komunitas, biasanya sudut pandang kita mengikuti sudut pandang orang yang ada di sekitar kita. Terkadang kita melakukannya dengan tanpa sadar.
Dengan menyendiri sejenak kita bisa merenungkan hal-hal yang tidak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya. Kita juga bisa mempertimbangkan dengan baik, segala suatu yang akan kita putuskan untuk masa yang akan datang. Setidaknya kita bisa menyempatkan waktu untuk mengenal diri kita.
Saya sendiri lebih senang menyendiri sambil merenung. Sambil memandang keindahan alam. Sesekali mengambil napas panjang seraya bertasbih melihat kemolekan goresan Sang Pencipa. Perasaan lebih tenang dan pikiran menjadi fresh.

2. Menyegarkan pikiran dan tubuh
Saat menyendiri, pikiran akan bebas dan menjadi lebih tenang. Hal tersebut bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih segar. Dampaknya bisa mempengaruhi cara kita berpikir, mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah.

3. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas
Dalam melakukan aktivitas sehari-hari terkadang pikiran kita dipenuhi oleh berbagai gangguan yang dapat mengalihkan pikiran. Dengan me time, kita bisa menghilangkan pikiran tersebut. Ketenangan yang kita dapatkan saat menghindari berbagai masalah di kehidupan bisa meningkatkan konsentrasi dan membuat kita lebih produktif lagi.

4. Memperbaiki hubungan dengan orang lain
Ketenangan yang tercipta saat me time, bisa membuat kita siap untuk berinteraksi dengan orang lain. Pikiran dan hati yang tenang mencegah tindakan negatif yang bisa merugikan orang lain dan diri sendiri.

5. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
Menyendiri dapat membuat kita mengenal diri sendiri sehingga kita bisa lebih percaya diri saat melakukan interaksi dengan orang lain. Kita juga akan merasa bahagia saat bersosialisasi dan meningkatkan motivasi untuk mengembangkan diri sendiri.

pentingnya me time untuk kesehatan jiwa
Merasa lebih fresh usai perawatan rambut

Apa yang Dilakukan Saat Me Time?

Meskipun me time membawa banyak dampak positif, tetapi kegiatan me time sebaiknya tetap padat dan bermanfaat. Apa saja yang teman-teman lakukan untuk melakukan me time?

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmati waktu saat sendiri, contohnya saja
  • Membaca buku. Bagi saya, me time adalah waktunya membaca. Tidak hanya buku, saya juga sering membaca informasi dari media online, terutama blog-blog teman.
  • Merenung sambil menikmati keindahan alam. Jika ada waktu untuk pergi keluar rumah, hal yang paling senang saya lakukan adalah menikmati pemandangan alam sambil mengingat perjalanan hidup yang telah lalu sekaligus memikirkan rencana apa yang akan dikerjakan untuk masa depan.
  • Olah raga. Selain menyehatkan, berolahraga bisa membuat pikiran lebih tenang dan menjaga suasana hati. Olah raga sebenarnya kegiatan me time yang paling jarang saya lakukan. Entah kenapa, selalu ada saja alasannya hehehe
  • Melakukan perawatan tubuh dan wajah. Nah, me time yang paling menyenangkan dan membawa mood menjadi lebih baik bagi saya yaitu melakukan perawatan tubuh, perawatan rambut atau wajah. Tidak hanya membuat suasana hati lebih baik, perawatan juga bisa membuat tubuh terasa lebih segar.
  • Membuat karya seni. Bagi yang senang membuat pernak-pernik, menghasilkan hasta karya yang unik bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan saat me time. Seperti yang kerap dilakukan oleh Mbak Meirida, membuat kreasi dari stick bekas atau bisa juga membuat kerajinan decoupage yang sedang nge-trend saat ini.
    pentingnya me time untuk kesehatan jiwa
    Kreasi decoupage
  • Menonton. Tidak hanya menonton film, kita juga bisa menyenangkan diri dengan menonton pertunjukan seni. Selain bisa menikmati keindahannya, juga bisa mengasah daya artistik kita sendiri.
  • Berkomunitas. Bertemu dengan teman-teman yang memiliki frekwensi yang sama, akan sangat menyenangkan dan bisa menambah semangat, bukan? Bertemu sambil berdiskusi dengan teman yang sama-sama senang fotografi misalnya, bisa menambah ilmu dan pengalaman. Begitu juga dengan komunitas penggiat hobi lainnya.
pentingnya me time untuk kesehatan jiwa
Me time menikmati keindahan alam
 Usai menikmati me time, biasanya kita bisa merasa lebih baik lagi. Kita bisa menjadi pribadi yang siap menolong orang lain. Seperti ungkapan yang mengatakan bahwa kita baru bisa menolong orang lain saat kita bisa menolong diri sendiri. Tanpa melakukan me time, kita akan terus merasa kelelahan bahkan kewalahan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Merasa lebih bersemangat untuk lebih produktif lagi tentu bisa menjadikan kita sebagai perempuan yang kuat dan menunjukkan kalau kita bisa menjadi perempuan hebat. Sudah dapat dipastikan, dibalik keluarga bahagia dan sejahtera ada peran perempuan hebat dibelakangnya, bukan?

Kesimpulannya, untuk bisa menjadi perempuan yang hebat, produktif, siap menolong semua anggota keluarga dan mampu mendidik anak-anaknya, diperlukan ketenangan pikiran dan tubuh yang sehat. Dan untuk mempunyai tubuh sehat dan pikiran yang tenang, perlu kesempatan untuk menghabiskan waktu untuk diri sendiri. Itulah mengapa me time sangat penting untuk kesehatan jiwa. Karena semua orang termasuk para ibu, membutuhkan waktu me time untuk memperbaiki kualitas diri.

Lalu, bagaimana dengan teman-teman? Hal apa yang paling disukai saat melakukan me time?
              Salam Takzim


15 comments:

  1. Sangat setuju, Mbak. Memang benar me time ini penting banget. Ga kebayang betapa ribetnya hidup ini kalau tidak diselingi dengan aktifitas yang menyegarkan pikiran.

    ReplyDelete
  2. Apalagi buat introvert, tentunya setelah beraktifitas, perlu jeda yg hanya butuh ruang sendiri, hheee
    Kalau aku sih sering ngelakuin ini misalkan butuh me time mbak, nonton drakor atau anime sambil makan atau dg camilan, terus olahraga, paling sering itu hehe

    ReplyDelete
  3. Wah bener banget tuh Mbak me time itu juga sangat penting untuk diri sendiri

    ReplyDelete
  4. Wah sama nih Mbak, aklau saya sendiri sih lebih suka travelling me time nya hehe

    ReplyDelete
  5. Me time itu memang penting banget ya Mbak untuk merefreh pikiran juga

    ReplyDelete
  6. Me time ternyata juga sangat penting ya Mbak. Wah nggak boleh dianggap remeh nih hehe

    ReplyDelete
  7. Wah bermanfaat sekali nih Mbak. Terima kasih informasinya kalau me time itu sangat penting

    ReplyDelete
  8. Benar banget mbak nurul, emak2 harus punya ruang dan waktu untuk sendiri dan menikmati kesendirian.

    ReplyDelete
  9. Contoh2 me time yang ditulis mbak nurul di atas hampir semuanya juga saya lakukan. Bner2 fresh kalau sudah melakukan me time ya mbak. Bekerja jd semangat kembali.

    ReplyDelete
  10. Apalagi sejak punya beby dan begadang malam terus besoknya masuk.kerja pagi. Me time berasa sangat berarti. Kepengen banget jalan terus makan ice cream dan es kelapa muda di pinggir pantai

    ReplyDelete
  11. Kalo saya me time biasanya baca lightnovel atau webnovel, yang terjemahan. Tetapi sekarang sudah mulai berubah, me time sekarang main dengan anak. hohoho

    ReplyDelete
  12. Btw Eny barusan metime loh nonton 🤣 walaupun sendiri bagi Eny itu metime kak...

    ReplyDelete
  13. Ngeblog itu me time banget loh buat aku

    Ngobrol sama Ibu, itu juga me time untuk kami berdua, sekaligus quality time

    ReplyDelete
  14. kalau diriku Me Time nya sederhana banget... tiduran atau tidur sekalian. sisanya diisi dengan window shopping di e-commerce atau ngeliatin youtube dengan topik yang aku suka atau lagi dipelajari. lebihnya sih ngga ada kak. gitu doang tapi bikin rileks banget

    ReplyDelete
  15. Kalau anak-anak sudah memasuki usia sekolah, Mama bisa banget Me Time.
    Pas dulu anak masih mungils, jangankan me time, bisa mandi pagi juga uda syukur banget.
    Iya yaa, teh Nurul...

    Semoga Ibu di manapun berada tetap bersabar...
    Semua ada saatnya...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^