Friday, 26 July 2019

Menjaga Quality Time Bersama Insto Dry Eyes

Dari Ibnu Abbas r.a. berkata, Rasulullah Saw bersabda:
"Manfaatkan lima keadaan sebelum datang: masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa sempatmu sebelum masa sempitmu, masa kayamu sebelum datangnya fakirmu, dan masa hidupmu sebelum datangnya matimu." (HR. Al Hakim dan Al Baihaki)

Sesuai dengan sabda Rosul, sebaiknya kita memanfaatkan waktu dengan lebih baik. Jangan sampai ada waktu yang terbuang percuma. Saya sendiri berusaha untuk bisa berbuat sesuatu yang berguna agar waktu tidak berlalu tanpa ada manfaatnya.

Demi menjaga waktu agar tidak terbuang percuma, sebaiknya lewati waktu dengan kegiatan yang lebih positif seperti menjaga semua aktivitas kita agar selalu berkualitas.

Menjaga Quality Time dalam Keluarga


Nah, kegiatan untuk mengisi quaity time bagi saya dan anggota keluarga lainnya, tidaklah sama. Kami memiliki hobi masing-masing. Apa saja yang kami lakukan saat mengisi waktu luang? 

1. Membaca Buku favorit
Salah satu kegiatan yang paling saya sukai untuk mengisi waktu luang adalah membaca buku. Kalau bukunya menarik, saya bisa asyik membaca hingga waktu yang lama. 
Dampak terlalu lama membaca, terkadang membuat mata perih. Saya harus menghentikan dahulu kegiatan membaca buku favorit yang sedang seru-serunya disimak.
"Matanya capek, tuh! Udah istirahat aja, paling juga gara-gara ngantuk," itu tanggapan suami saat saya mengeluhkan kondisi mata saya.
Apakah karena banyak membaca menyebabkan saya ngantuk?



2. Menulis menggunakan laptop
Selain membaca saya juga senang menulis. Ini salah satu aktivitas favorit yang paling sering saya lakukan. Kenapa? Soalnya hobi yang satu ini sudah menghasilkan, alhamdulillah ya Allah.
Siapa yang tidak senang kalau hobinya bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan, bukan? Hehehe
Saking senangnya kadang saya suka lupa waktu. Bisa asyik di depan laptop seharian. Dan kalau ada kerjaan menulis yang temanya "gue banget", saya bisa menghabiskan waktu hingga larut. Apalagi saat anak-anak sudah tidur, wah ... makin asyik, deh! Nulis di tengah keheningan malam, ditemani suara detik jam yang berdetik perlahan, membuat aktivitas menulis menjadi semakin syahdu, halagh! 😂

Namun terkadang saya terpaksa harus menghentikan kegiatan menulis saat merasakan sesuatu yang mengganggu seperti mata sepet. Pandangan saya jadi tidak nyaman. Mata terasa perih dan sepet. Saya pikir hal itu terjadi karena terlalu lama melihat layar laptop. Enggak nyaman sekali, rasanya deh! Aktivitas hobi saya jadi terganggu. Hiks!



3. Travelling bersama keluarga
Tidak hanya melakukan "me time" untuk  mengisi waktu luang, hang out bersama keluarga juga sudah menjadi kebiasaan di keluarga saya. Tidak harus pergi ke tempat yang jauh, pergi bersama ke tempat wisata yang ada di dalam kota pun sering jadi pilihan kami untuk mengisi liburan.

Kalau pergi main di dalam kota, perginya hanya sebentar, dong? Eh, enggak juga. Meski di dalam kota, waktu untuk menikmati wahana wisata tetap panjang. Bahkan bisa sampai sore, karena lebih santai. Toh masih di dalam kota.

Bagi kami yang menjadi penumpang, menempuh perjalanan sore menjelang malam hari, sih, enggak ada masalah. Namun bagi suami saya selaku supir, perjalanan malam bisa membuat matanya sakit. Suami kerap mengeluhkan kondisi mata lelah. Saat mengemudikan kendaraan, matanya harus tetap fokus melihat kondisi jalanan. Akibatnya matanya terlihat merah. Ternyata mata merah itu bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti, asap dan debu jalanan, terlalu lama menatap jalanan atau terkena hembusan AC dalam mobil.


Well, dari pengalaman keluarga saya saat menjaga quality time yang kami miliki, kegiatan apa pun pasti akan menjadi terganggu bila merasa tidak nyaman pada kedua mata kita. Apalagi mengalami ketidaknyamanan pada indera penglihatan seperti mata kering, wah ... cukup mengganggu! Sebenarnya apa sih mata kering itu?

Tentang Mata Kering

Mata kering adalah kondisi mata saat tidak mendapat pelumasan yang memadai dari air mata. Saat dalam kondisi kering membuat  mata tidak dapat menghilangkan debu dan kotoran lainnya. Akibatnya mata pun terasa tidak nyaman.

Kornea pada mata yang sehat,  akan terus dialiri air mata ketika sedang berkedip. Fungsinya untuk memberi sel kornea mata terpenuhi nutrisinya dan melindungi benda asing dari luar. Menurut tulisan yang dilansir oleh alodokter,com, air mata sehat merupakan senyawa campuran dari lemak, air, lendir serta lebih dari 1500 protein yang dapat membuat mata menjadi halus dan terlindungi dari lingkungan sekitar seperti kuman yang menimbulkan infeksi.

Suami yang sering merasa matanya tidak nyaman saat berkendara dan saya yang sering merasa mata perih ketika terlalu lama di laptop, beranggapan bila mata merah hanyalah gangguan yang biasa saja. Padahal itu merupakan gejala mata kering.

Gejala Mata Kering
Gejala mata kering yang sering terasa yaitu mata merah, terasa panas, terasa ada kotoran seperti pasir, kering, penglihatan buram, sulit membuka mata ketika bangun tidur, terdapat lendir di sekitar mata atau merasa mata cepat lelah.

Mata kering tingkat keparahannya dirasakan berbeda bagi setiap orang, mulai dari yang ringan hingga berat. Kita perlu berhati-hati dengan kondisi mata kering. Karena mata kering bisa bertambah parah jika terus dipaksakan melihat layar komputer/laptop berjam-jam, terlalu lama berada di lingkungan yang kering, atau membaca buku terlalu lama. Di khawatirkan akan terjadi peradangan pada permukaan mata yang dapat menimbulkan jaringan parut pada kornea.


Hiii ...ngeri membayangkannya. Seorang teman bahkan pernah mengalami mata kering yang parah dan harus menjalani operasi. Dia mengeluh jika prosesnya sangat menyakitkan.
Berbekal pengalaman teman, saya mesti berhati-hati menjaga kesehatan mata anggota keluarga. Saya harus mempersiapkan segala sesuatunya agar semua tidak terkena mata kering.

Menjaga Quality Time Bersama Insto Dry Eyes


Agar kualitas waktu keluarga saya tetap terjaga dengan baik, akhirnya saya temukan juga produk unggulan yang bisa diandalkan. Produk Insto Dry Eyes menjadi andalan keluarga saya untuk mencegah mata pegel dan mata perih sebagai salah satu tanda mata kering.



Indikasi dari Insto Dry Eyes untuk mengatasi kekeringan pada mata dan sebagai pelumas mata. Mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl selulose dan Benzalkonium Chloride, yang berguna untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata.

Komposisinya berupa Hidroksi propil metil selulosa 3.0 mg dan Benzalkonium klorida 0.1 mg. Cara penggunaannya pun sudah tertera dengan jelas di dalam kemasannya yaitu 1-2 tetes pada setiap mata, 3 kali sehari.

Alhamdulillah, berkat Insto Dry Eyes, keluhan mata kering tidak ada lagi. Keluarga sehat dan quality time pun bisa berjalan dengan baik. Mengisi waktu dengan membaca buku bisa saya lakukan lagi dengan leluasa. Jika mata terasa sudah perih atau lelah, tinggal teteskan saja Insto Dry Eyes, 1-2 tetes di setiap mata. Begitu diteteskan Insto, mata pun terasa segar. Langsung lanjut lagi baca bukunya, deh!

Begitu pula dengan kegiatan menulis di blog, jika sudah terlalu lama menatap laptop dan mata sepet, langsung ambil Insto, teteskan di mata, langsung segeeer! :) Hobi yang alhamdulillah menjadi pekerjaan saya pun bisa dilanjut tanpa khawatir dengan gangguan indera penglihatan.

Tidak hanya saya yang merasa senang dengan ketersediaan Insto di rumah, suami pun jadi lebih tenang jika harus menyelesaikan pekerjaannya di depan komputer. Bahkan saat bepergian, Insto bisa jadi andalan saat menemani kami dalam perjalanan. Mengemudikan kendaraan seharian hingga malam, bukan jadi perkara yang dikhawatirkan lagi.

Nah teman-teman, itulah cerita keluarga kami saat menjaga quality time bersama Insto Dry Eyes. Bagaimana dengan teman-teman, pernahkan mengalami gejala mata kering saat beraktivitas sehari-hari? Cerita, yuuk!

                 Salam takzim


30 comments:

  1. saya juga suka baca, kadang sampai lupa waktu. betul juga kadang mata terasa pering, kalau sudah gitu sih biasanya yuni suka tutup buku, cuci muka dan kedip - kedipin mata manja.

    hehehehe

    ReplyDelete
  2. Pengalaman aku banget ini, karena keseringan depan laptop sama gadget, kadang kalau sudah fokus kedip matanya kelamaan, akhirnya mata jadi perih, gak enak banget deh, makasih infonya ya mba tak cobain deh insto, manatau cocok 😊

    ReplyDelete
  3. Insto Dry Eyes memang bisa diandalkan di era digital....ya mbak
    Saat mata seringkali berhubungan dengan layar sehingga rasa tak nyaman, pegel, sepet dan mata kering pun datang. Insto Dry Eyes lah yang bisa jadi solusinya

    ReplyDelete
  4. Insto Dry Eyes sahabat saya juga kala mata terasa kering. Setelah aktivitas baca, online medsos kadang kala mata terasa kering. Untung ada Insto Dry Eyes.

    ReplyDelete
  5. Kegiatannya mirip sama saya mba. ditambah lagi naik motor dan main HP. kadang baru 15 menit aja udah terasa gak nyamannya mata. Insto aman digunakan tiap hari ya mba?

    ReplyDelete
  6. Wah, bisa bener nih...
    Tapi apa tidak ada efek sampingnya? Komposisinya aman ya?
    Boleh nanya dong.. Ada maksimal pemakaian dalam sehari tidak?

    ReplyDelete
  7. Kalo aku nih saat nyetir kadang semburan AC itu yang bisa bikin mata kering. Whaa siaap kayanya perlu masuk kotak P3K nih insto dry eyes.

    ReplyDelete
  8. Bye mate kering, insto dry eyes cocok
    Buat kita kita yg sering tak lepas dari gadget

    ReplyDelete
  9. Bekerja depan laptop memang membuat mata perih, apalagi kalau membaca buku sambil tiduran.

    ReplyDelete
  10. Mantap... saya suka cara teh nurul bercerita. Asik banget nih, dapat ilmu juga 😍

    ReplyDelete
  11. Waaah hare gene kita memang kudu banget sedia INSTO.
    Karena mata kering bisa terjadi kapan aja ya Mba

    ReplyDelete
  12. Saya juga nih mbak, sering nggak sadar baca buku terlalu lama, tahu-tahu udah perih aja matanya. Apalagi saat banyak deadline, Insto ini membantu banget mengurangi mata pegel dan perih.

    ReplyDelete
  13. kegiatan quality time bareng keluarganya hampir sama dengan kami mba, cuma bedanya point 1, kalau kami ngemil makanan pavorite bersama hihihihi... btw insto memang dari dulu hingga sekarang ya mba, menjadi pertolongan pertama utk mata iritasi ataupun mata kering bahkan lelah.

    ReplyDelete
  14. Wah andalan banget ini teh, insto selalu ada di rumah, kadang malah aku cemplungin juga dalam tas kalo pas ngetrip sama anak-anak. Palagi musim kemarau gini banyak debu bikin mata sepet dan perih.

    ReplyDelete
  15. Aku juga sering mengalami mata kering. Dulu bandel sih, suka ngucek-ngucek mata. Untungnya ada Insto, jadi terbantu banget.

    ReplyDelete
  16. Saya juga selalu sedia Insto Dry Eyes nih.. ampuh banget mengatasi gejala Mata kering saat lagi mengemudi..

    ReplyDelete
  17. Kegiatan kita kurang lebih sama ya, Teh, berkutat dengan laptop. Tapi di era digital ini aktivitas apa coba yang nggak terhubung dengan gadget, ya kan? Makanya, butuh banget yang namanya Insto Dry Eyes karena aktivitas kita nih rentan sekali terkena gangguan mata kering.

    ReplyDelete
  18. bentuknya yang imut, jadi bikin gampang dibawa kemana-mana ya Mba, tapi kadang karena kecil, jadi slip juga kadang, hahaha. mau btw itu heppy banget ya jalan ama keluarga kalo sehat semuanya

    ReplyDelete
  19. Wah bahaya juga ya mata kering ini kalau dibiarkan. Bisa berlanjut makin parah bahkan harus operasi.

    Saya kok jadi pengen coba pakai insto dry eyes juga, sehari-hari di layar laptop lumayan bikin mata terasa nggak enak

    ReplyDelete
  20. Saya sering banget nih mba, apalagi kalo udah dikerjar dateline pasti kelopak mata sampai bengkak saking pegelnya diajak kerja terus-terusan di depan layar laptop. Biasanya setelah itu saya tetesin langsung insto dry eyes terus ajak mata instirahat.

    ReplyDelete
  21. Aku pake tetes mata insto ini juga mom.. Secara harga murah.. Kualitas bagus.. Dan bs dibawa kemana aja

    ReplyDelete
  22. Ya ampun, karena mengabaikan mata kering sampai harus operasi?Habis ini aku beli insto deh. Kerjaanku kan tiap hari natap laptop ama smartphone.

    ReplyDelete
  23. Mungkin kalau saya bukan mata kering tapi lebih ke mata berarir. Jadi kalau sering beraktivitas di luar rumah, mata berair seperti terkontaminasi debu gitu..Untungnya selalu sedia insto juga

    ReplyDelete
  24. Bukan pernah, sering Mbak ! Karena pekerjaanku kebanyakan behind the desk. Insto Dry Eyes pilihanku juga buat atasi mata kering, mata pedih dan mata pegel.

    ReplyDelete
  25. andalan banget ini dan praktis untuk dimana kemana-mana ya, mba :)

    ReplyDelete
  26. Kalo aku travelling jauh selalu sedia insto didalam tas suka perih dan lelah mata

    ReplyDelete
  27. Traveling bareng keluarga, iih kami banget ini mah. Maksudnya impian kami selalu hehehe. Pengenya piknik terus malah.

    ReplyDelete
  28. Senang ya kalau quality time tidak terganggu karena sudah sedia Insto Dry Eyes. Partner klop.

    ReplyDelete
  29. suka baca, terus pekerjaan selalu menggunakan laptop dan smartphone, rawan banget mengalami mata kering. dan Insto ini solusinya... aku juga selalu sedia Insto kok, kemana-mana juga bawa Insto, kemasannya mungil dan praktis. harga juga terjangkau

    ReplyDelete
  30. Insto ini salah satu produk yang wajib ada di kotak p3k di rumahku, karena kita semua pakai kacamata dan banyak beraktivitas di depan laptop yang bikin mata cepat kering.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^