Sunday, 12 January 2020

Pesan Untuk Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0 di Wisuda XIV STTB

Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0 merupakan tema orasi yang diberikan oleh Bapak Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA. Siapa yang tidak kenal beliau, bukan? Alhamdulillah Hari Sabtu yang lalu, saya bisa mendengarkan secara langsung orasi dari putra Presiden ketiga Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie di acara Wisuda XIV yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung.

Hari itu merupakan kali kedua saya mengikuti acara wisuda mahasiswa STT Bandung. Tahun kemarin sekolah tinggi yang memiliki tagline Your Partner to Global Competition juga mengundang pembicara yang kompeten di bidangnya.

Menurut saya, adik-adik yang berkuliah di STT Bandung, sungguh beruntung. Di setiap acara wisuda, semua yang hadir bisa mendapakan motivasi dan suntikan semangat untuk terus berkarya hingga bisa memberikan manfaat pada masyarakat dan negara.
Seperti tahun ini yang menghadirkan Bapak Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA sebagai pembicara utamanya.

Acara Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung diawali dengan pembukaan, dilanjutkan pengumuman mengenai aturan wisuda yang mesti diperhatikan. Setelah itu, para wisudawan, orang tua dan kami Blogger Joeragan Artikel dihibur oleh Tarian Selamat Datang dari Unit Seni Tari STT Bandung.

Puas menikmati tarian yang begitu cantik dan memukau, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua STT Bandung yaitu Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. Di depan 209 wisudawan Bapak Naseer memaparkan pencapaian dosen dan mahasiswa di lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Selain itu juga menginformasikan mengenai kegiatan sosialisasi aplikasi dan teknologi hasil karya mahasiswa STT Bandung kepada masyarakat di daerah Jawa Barat.

Prestasi yang membanggakan dari STTB, bahwa rata-rata lulusannya hanya memiliki jeda 45 hari saja sejak mereka di wisuda hingga terjun langsung di masyarakat. Hal tersebut menjadi bukti, STT Bandung sejak berdirinya yaitu di tahun 1991 telah meluluskan alumni yang berkualitas.

Apa rahasianya STT Bandung bisa melahirkan lulusan yang diincar oleh perusahaan luar mapun dalam negeri? Menurut Bapak Muchammad Naseer, lulusan STT bisa begitu karena adanya kerja sama yang terjalin antara STT Bandung dengan beberapa perusahaan, baik dalam maupun luar negeri. Hingga saat ini STT Bandung sudah memberikan 19 mahasiswanya untuk melakukan program intership di Taiwan dengan pendapatan 3 hingga 4 kali dari UMR Kota Bandung.

Pencapaian lainnya yang sudah didapat oleh STTB selama 28 tahun yaitu 95% dosennya telah memenuhi kualifikasi sesuai dengan ketetapan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Terdapat sepuluh dosen yang menerima hibah PDP dan 3 orang dosen yang menerima hibah DPTN.

Adapun produk inovasi yang telah dihasilkan oleh STTB yaitu Smart Aquarium, Virtual Reality Teraphy, Sistem Kendali Lampu, Mesin Pengupas Kopi, 3D Printer, Trash Packing Games, dan banyak lagi. Produk-produk inovasi tersebut dihibahkan kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. Misalnya saja mesin pengupas kopi yang bisa dimanfaatkan oleh petani kopi sehingga bisa menghasilkan produk kopi yang berkualitas.
 
Di akhir laporannya, Bapak Naseer berpesan pada pada wisudawan agar setelah lulus dari STTB, mereka tidak menghentikan proses pembelajaran. 
"Kelulusan seharusnya dijadikan sebagai titik awal dan pendorong serta motivasi untuk  melakukan pembiasaan pembelajaran yang tiada henti - Long Life Learning - proses belajar yang dilakukan kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja."
Sehingga alumni STT Bandung menjadi pribadi individu yang tidak pernah berhenti belajar, tidak pernah berhenti berkarya, berinovasi dan berpikir serta tidak pernah berhenti berdedikasi kemudian akan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi dirinya, keluarga, masyarakat dan bangsa.

Pesan Ketua STTB tersebut disampaikan kepada mahasiswa yang diwisuda pada Hari Sabtu kemarin, terdiri dari  mahasiswa Teknik Industri  berjumlah 113 orang, Teknik Informatika sebanyak 70 orang dan Desain Komunikasi Visual lulusan yang di wisuda ada 26 orang.
Bapak Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA
Puncak acara Wisuda STT Bandung yang diselenggarakan di Hotel Harris Festival Citylink menghadirkan Bapak Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA sebagai keynote speaker. Beliau memberikan orasi dengan tema Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0

Setelah memaparkan beberapa megatrends global yang akan terjadi di masa revolusi industri 4.0 dan cara menghadapinya, para wisudawan pun diberi wejangan untuk bekal mereka setelah lulus dari tempat mereka menimba ilmu. Beberapa pesan beliau yang mesti menjadi perhatian, yaitu:

  • Ekonomi di masa yang akan datang harus mengandalkan inovasi untuk bisa memiliki daya saing tinggi
  • Untuk mencapai hal tersebut, seluruh masyarakat terutama kaum muda perlu aktif di UKM rintisan (Start-Up) diberdayakan dengan Teknologi (Informasi dan Komunikasi)
  • Diperlukan penyiapan Sumber Daya Manusia yang unggul (terutama di bidang teknologi) tersedianya mentor dan pendanaan (di fase awal) untuk proses inkubasi perusahaan rintisan tersebut. Dan ini masih menjadi tantangan yang harus dihadapi.
  • Membentuk SDM ialah kunci, sistem dan proses pendidikan diubah untuk mencapai tujuan.
  • Generasi muda diharapkan mengerti dan menguasai rincian dan proses Teknologi-Inovasi-Kewirausahaan. Proses tersebut adalah kunci untuk pengembangan negara dan bangsa di masa mendatang.
  • Generasi muda dituntut untuk bisa jeli dalam mencari kesempatan 
  • Diharapkan semua lulusan memiliki daya juang yang tinggi. Kegagalan memang mesti dihadapi, tetapi harus berusaha untuk mencoba terus, karena kegagalan merupakan ajang pembelajaran untuk menghadapi masalah yang akan dihadapi di masa datang.
Orasi yang diberikan oleh Bapak Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA tidak hanya bermanfaat bagi wisudawan saja. Bagi saya dan orang tua yang hadir sebagai pendamping wisudawan, transfer ilmu dari beliau membuka wawasan kami menjadi lebih luas lagi. Apa saja kendala yang akan dihadapi di masa depan dan berbagai solusinya.

Tidak hanya wawasan yang bertambah, di acara wisuda tersebut saya juga sangat bangga dengan prestasi beberapa mahasiswa yang berprestasi. Dari sekian banyak wisudawan, ada yang memiliki prestasi dengan skripsi terbaik dan wisudawan terbaik. Berikut ini beberapa mahasiswa yang memiliki predikat terbaik yaitu:

Skripsi Terbaik dari Jurusan Teknik Industri :
1. Virgiawan Candra Bhakti, S.T
Judul : Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri

2. Indra Rukmana, S.T
Judul : Optimasi Produksi Dyeing Finishing Dengan Metode Integer Linear Programming

3. Zaenal Uyun, S.T
Judul : Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis Untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering

Setelah pengumuman skripsi terbaik diumumkan pula Wisudawan Terbaik dari Jurusan Teknik Industri yaitu Dheyu Laksmi Wulandari, S.T. Di acara wisuda tersebut, Dheyu mewakili rekan-rekannya yang lain untuk menyampaikan kesan dan pesan selama belajar di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung.

Skripsi Terbaik Jurusan Teknik Informatika :
1. Deri Hermawan, S.KOM
Judul : Aplikasi 3D Virtual Reality sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Andrioid

2. Regina Sukma Citra, S.KOM
Judul: Klasifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web

3. Yasti Aisyah Primianjani, S.KOM
Judul: Rancang Bangun Ssistem Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler

Sedangkan Wisudawan Terbaik dari Jurusan Teknik Informatika diraih oleh Muhammad Rizal Mutaqin, S.KOM

Skripsi Terbaik Jurusan Desain Komunikasi Visual
1. Andri Setiawan, S.Ds - Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah
2. Bagus Arya Suseno, S.Ds - Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung
3. Luthfi Alfaritzi, S.Ds - Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung

Dan Wisudawan Terbaik dari Jurusan Desain Komunikasi Visual yaitu Tiffani Zeta D, S.ds

Penandatangan MOU

Di akhir acara Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung dilakukan MOU antara pihak Sekolah Tinggi Teknologi Bandung dengan PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga, Biofarma dan Pegadaian.
Alhamdulillah acara bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Besar harapan dari semua pihak agar para lulusan menjadi pribadi yang tidak pernah berhenti belajar, berkreasi dan berinovasi hingga menjadi individu yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Terima kasih pada Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang telah mengundang kami blogger dari Joeragan Artikel. Tidak hanya pengalaman melihat secara langsung prosesi wisuda di kampus yang berada di Jalan Soekarna Hatta Bandung tersebut, tetapi kami juga bisa mendapatkan banyak ilmu dari orasi dan pemaparan pembicara yang hadir.


             Salam takzim



41 comments:

  1. Istilah skripsinya banyak yang bikin aku roaming huhuhu generasi 4.0 sekarang makin canggih. Aku berasa harus banyak baca dan terus update biar ga gaptek. Minimal tau lah. Semoga adik-adik mahasiswa ini bisa berkarya dan berkontribusi di dunia nyata ya

    ReplyDelete
  2. Selamat untuk para wisudawan STT Bandung, semoga ilmunya berkah bermanfaat buat sesama.
    Saya konsesn ke pesan Pak Ketau STTB tentang Long Life Learning. Belajar bisa dimana saja kapan saja dan dengan siapa saja. Betul sekali! Apalagi ditambah pemaparan dari Pak Ilham Habibie. Acara wisuda yang keren ini!

    ReplyDelete
  3. Baca judul-judul skripsinya jadi ingat jaman kuliah dulu, jaman perjuangan menyelesaikan skripsi.

    Semoga adik-adik yang sudah diwisuda ini tidak lantas berhenti belajarnya walau telah lulus dan diwisuda

    ReplyDelete
  4. Dulu sempat pengen kuliah di STTB, tapi aku kurang pede.. hihihi Jadi aku pilih kampus lain deh

    ReplyDelete
  5. Aku baru tahu Teteh ternyata Pak Ilham ini anaknya bapak Habibie ya. Pantesan namanya sama dan masyAllah ilmunya luas juga ya kayak ayahnya. Keren ya Teh. Dan aku juga mu ngucapin kepada Sekolah Tinggi Teknologi Bandung ini atas kelulusan para mahasiswanya. Semoga adek-adek mahasiswa ini bisa menyebarkan ilmu-ilmu mereka seluas-luasnya. Aminnn

    ReplyDelete
  6. Tahun depan anakku mulai kuliah nih, aku juga lagi nyari informasi sekolah tinggi yang kurikulumnya sebagian besar mengarah ke teknologi terkini dengan pertimbangan peluang kerja nantinya yang lebih besar. STT Bandung bisa jadi salah satu referensinya nih, apalagi jaraknya ngak terlalu dekat dari Tangerang. Penguasaan teknologi di kalangan generasi muda memang penting banget ya mbak.

    ReplyDelete
  7. Selamat atas wisudanya adik-adik semua. Semoga ilmunya berkah.

    Yang ga kalah penting juga adalah etos kerja. Selepas kuliah, kalau bekerja, hendaknya menjaga terus semangat untuk ingin majunya. Jangan sampai terbawa sistem kerja yang kadang ga ideal, lalu luntur semua jiwa-jiwa fighting itu.

    ReplyDelete
  8. Keren banget baru lagi datang ke acara wisudaan dan menghadirkan key notes speaker yang gak main-main. Edukasi dan pesan yang disampaikan sangatlah berguna gak cuma buat wisudawan tapi buat kita juga ya teh sebagai tamu yang datang. Satu lagi dari semua rangkaian wisuda yang aku inginkan adalah ngikutin wisuda lagi. Semoga terealisasi untuk bisa lanjut kuliah lagi aamiin

    ReplyDelete
  9. Boleh nih nanti buat adikku yang bungsu kalau mau kuliah rekomendasiin STTB. Dia tertarik DKV soalnya hehe. Btw teh ini kampusnya di Soetta sebelah mana ya?

    ReplyDelete
  10. Meski sekarang zamannya orang bisa belajar otodidak via media sosial dan internet, tetap aja kita butuh pendidikan formal di institusi resmi yang wajib tatap muka langsung. Ada pembelajaran tentang etika berinteraksi sosial yang nggak bisa didapat cuma dari online. Semoga barokah ilmunya adik-adik yang sudah diwisuda. Terus belajar dan berkontribusi untuk masyarakat.

    ReplyDelete
  11. Generasi muda dituntut jangan gaptek, ya. Sejak lahir aja mereka sudah akrab dengan dunia digital. Nanti ke depannya, teknologi semakin emmegang peranan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung para wisudawan ini bisa mendengarkan pemaparan langsung yang isinya memang sangat bagus. Semoga kelak bisa dipraktekkan dalam kehidupan nyata

      Delete
  12. wah keren, beruntung banget bisa sekolah di STTB dan jadi lulusan terbaik. pasti orang tuanya bangga banget. Semoga ilmu mereka bermanfaat dan bisa membawa perubahan positif untuk Indonesia

    ReplyDelete
  13. Fresh Graduate saat ini bukan saja hanya bekal Ijazah namun harus memiliki skill atau kemampuan untuk bersaing di era industri 4.0

    ReplyDelete
  14. Salut dengan STT Bandung yang mencetak generasi muda berkualitas. Terbukti ya dari jeda 45 hari saja dari sejak kelulusan hingga bekerja. Semoga lulusan STT Bandung ini bisa memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan Indonesia.

    ReplyDelete
  15. Aku penasaran sama meja belajar lipat itu kalau baca judul skripsinya. Cuma dalam waktu 45 hari berarti sebulanan untuk menyiapkan semua supaya bisa terjung lgs ke masyarakat ya, produktif banget lulusannya

    ReplyDelete
  16. aku selalu bilang ke murid-muridku, bahwa belajar itu nggak hanya 12 tahun ajah, tapi long life learning. semoga mereka paham maksud frase ini setelah aku sampaikan ke mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepanjang masa ya terus belajar, selalu ada materi baru di tiap fasenya. Kalau sudah kerja tapi gak mengupgdare diri juga akan tertingal dengan para lulusan baru

      Delete
  17. aku baru tahu nih sekolah teknik Bandung padahal beberapa lowongan kerja di kantor perlu yang teknik next ah bisa kerja sama dengan STTB ini :)

    ReplyDelete
  18. Selamat terjun ke masyarakat, adik-adik manis! Sekarang ini banyak pekerjaan dan memang butuh inovasi juga. Jadi gak ada alasan baru lulus dan gak dapat kerja

    ReplyDelete
  19. Ngeliat adanya wisuda ini jadi aku inget masa lalu jaman aku pas dlu pas wisuda dikampus kangen banget deh rasanya

    ReplyDelete
  20. Selamat untuk wisudawan STTB. Semoga ilmunya terus dikembangkan dan membawa manfaat yang lebih luas dalam masyarakat.
    Generasi di era 4.0 memang harus siap masuk dunia kerja dan persaingan global ya.

    ReplyDelete
  21. Setiap liat wisuda teh suka terharu saya mah teh, seneng aja bawaannya. Ah jadi kangen masa wisuda.

    ReplyDelete
  22. Zaman aku sekolah di Garut dulu STT Bandung ini terkenal dan idaman banget. Kalau ada yang bisa tembus ke sana itu udah dijamin kerja katanya. Ternyata memang iya.

    ReplyDelete
  23. Wah, STTB sudah wisudaan lagi. Tahun lalu juga banyak peluang yang ditawarkan. Tahun ini suntikan semangatnya juga nggak kalah menggairahkan. Sukses terus untuk STTB deh

    ReplyDelete
  24. Klau sdh Ada MOU antara Sekolah Tinggi Teknologi Bandung dengan PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga, Biofarma dan Pegadaian ini lulusannya di jamin bisa lsg kerja yakk

    ReplyDelete
  25. Omaigat keren banget Mbak Nurul bisa diundang ke acara wisudanya STT Bandung. Anak muda sekarang prestasinya makin membanggakan, ya. Semoga bisa terus diaplikasikan untuk membangun negeri. Aamiin.

    ReplyDelete
  26. Keren deh STTB. anak tetanggaku juga ada yg di sana. Dia langsung kerja begitu lulus. Semoga bisa menjadi lulusan yang membanggakan almamater

    ReplyDelete
  27. Terharu yaa, teh...
    Berasa salah satu momen membahagiakan bisa lulus dan mempersembahkan yang terbaik untuk orangtua, khususnya.

    Dan semoga ilmunya berbuah untuk kebaikan masyarakat.

    ReplyDelete
  28. Pesan-pesan bapak Ilham sangat penting ya mbak, tidak hanya untuk wisudawan nmun bisa membuka jendela wacana kita yang ikut meliput. Salut juga dengan STT Bandung yang meluluskan 209 wisudawan, semoga bisa membawa banyak manfaat bagi sekitar dan bangsa.

    ReplyDelete
  29. Generasi jaman now harus bisa mengoptimalkan penggunaan teknologi sih biar gak ketinggalan jaman. Jadi genersi lulusan jaman now itu harus banget punya bekal skill selain pastinya ijazah kelulusan perguruan tinggi. Keren bisa menghadirkan putra sulung (Alm) Bpk BJ Habibie.

    ReplyDelete
  30. Senangnya bisa hadir di acara ini ya teh. Apalagi sambil mendengarkan sambutan pak Ilham. Sebagai putra dari pak Habibie pasti banyak yang bisa kita ambil pengetahuan dari beliau

    ReplyDelete
  31. Benar banget pesannya. Justru wisuda ini babak baru buat para wisudawan, tidak boleh puas dan berhenti belajar karena yg akan dihadapi setelah ini adalah dunia sesungguhnya untuk mengaplikasikan apa yg telah mereka dapatkan.
    Woow, MOU dengan perusahaan-perusahaan besar Indonesia, semoga STTB makin maju.
    Selamat buat para wisudawan, semoga ilmunya selalu bermanfaat buat semua.

    ReplyDelete
  32. Important and interesting messages indeed.. I love the fact that he wants us to realize the dramatic changes that took place and capitalize it, make the most of it..

    ReplyDelete
  33. Pas bangeet ya mbazz pesan dan moment wisuda yang sdg berlangsung .. semoga berkah utk semua

    ReplyDelete
  34. Aeru banget ya mbak bisa init menyaksikan proses wisudanya , merasa ikutan bangga dan terharu, apalagi bs ketemu dan liat speaknya anak prof Habibie

    ReplyDelete
  35. sekolah teknik bandung semoga lulusannya banyak berkarya di tempat yang baik dan memajukan bangsa, aamiin

    ReplyDelete
  36. Mantaap sekarang kampus juga ngundang blogger ya untuk meliput acara wisuda. Jadi nostalgia masa-masa saat wisuda deh.

    ReplyDelete
  37. wuih abis wisuda langsung bisa dapat pekerjaan ya. gak lama3 jd pengangguran. senangnya ada peluang kerja atas kerjasama dg pihak kampus. jd pengen kuliah di situ deh, boleh kan

    ReplyDelete
  38. Semoga lulusannya menjadi SDM mumpuni menghadapi tantangan dunia kerja jaman now ya....gak ada yang mengeluh susah cari kerjaan juga...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^