Kebiasaan Pasca Lebaran

Alhamdulillah kini kita sudah memasuki bulan Syawal, merayakan hari Raya Idul Fitri sebagai moment yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Menjadi negara yang memiliki umat muslim terbanyak di dunia, Indonesia memiliki keunikan tersendiri dalam merayakan hari lebaran. Melakukan kebiasaan yang sudah dilakukan sejak dahulu dan menjadi tradisi turun temurun. Salah satunya merayakan hari raya dengan membagikan angpau. 

kebiasaan-pasca-lebaran


Tradisi membagikan angpau merupakan kebiasaan yang paling ditunggu oleh anak-anak. Mereka senang sekali bisa mendapatkan uang angpau dari kerabat dan handai taulan. Biasanya anak-anak akan menggunakan uang tersebut untuk kepentingan mereka sendiri. Banyak hal yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia terutama anak-anak saat menggunakan uang mereka.

Kebiasaan Masyarakat Indonesia Pasca Lebaran

Berikut ini kebiasaan unik masyarakat Indonesia dalam menggunakan uang hasil angpau. Apakah teman-teman juga melakukan hal yang sama?

1. Membeli Buku

Menurut saya kebiasaan yang satu ini cukup baik. Anak-anak menggunakan uang angpau mereka untuk membeli buku. Dengan begitu kecerdasan literasi anak bisa semakin berkembang. Pengetahuan mereka pun akan semakin bertambah dengan membaca berbagai buku. 

kebiasaan-pasca-lebaran


Anak-anak saya juga punya kebiasaan mengajak orang tuanya untuk pergi ke toko buku pasca lebaran. Masing-masing membeli buku kesukaan mereka, buku cerita dan buku pengetahuan.

2. Beli Barang Elektronik

Kebiasaan pasca lebaran yang lainnya yaitu membeli barang elektronik seperti handphone. Saya lihat toko yang ramai dikunjungi oleh konsumen setelah lebaran salah satunya adalah toko ponsel. Meski tidak hanya smartphone yang menjadi barang elektronik yang banyak dibeli. tetapi handphone tetap menjadi barang elektronik yang paling diminati oleh anak muda.

3. Membeli Mainan

Untuk anak yang masih kecil, mereka pada umumnya menggunakan uang angpau untuk membeli mainan. Anak-anak selalu ingin memiliki mainan yang sedang nge-trend dan disukai. Misalnya ketika zaman fidget spinner dan mobil hot wheels sedang digandrungi, anak lelaki saya juga berburu mencari mainan tersebut untuk dikoleksi. 
 
kebiasaan-pasca-lebaran



4. Berwisata atau Travelling

Libur pasca lebaran merupakan hari yang paling dinantikan oleh banyak orang. Selain waktunya lebih lama dibandingkan hari libur lainnya, biasanya libur lebaran digunakan untuk pulang ke kampung halaman. Dan biasanya, masyarakat melakukan wisata dan liburan ke tempat wisata yang ada di sekitar kampung halaman mereka.

Apalagi kalau ada kesempatan bertemu dengan teman-teman lama, biasanya dimanfaatkan pergi berlibur bersama ke tempat wisata yang menarik. 


5. Wisata kuliner

Selain pergi ke tempat wisata yang ada di daerahnya, masyarakat Indonesia juga sering melakukan kebiasaan menikmati khas makanan setempat. Bagi mereka yang merantau, mencicipi makanan khas daerah mereka merupakan hal istimewa yang sudah menjadi tradisi. Misalnya saja bagi mereka yang mudik ke kampung halamannya di Palembang, biasanya akan mendatangi tempat makan yang sudah menjadi favoritnya sejak dahulu. Atau banyak juga yang sengaja pergi ke tempat lain untuk menikmati kuliner khas daerah tujuan wisata.

6. Tradisi ziarah

Kebiasaan pasca lebaran yang sering dilakukan oleh orang Indonesia selanjutnya yaitu melakukan perjalanan ziarah ke makam tokoh ternama seperti para wali. Melakukan ziarah kubur bagi sebagian masyarakat merupakan bagian dari wisata religi yang sudah dilakukan secara turun temurun.

Kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pasca lebaran ini biasanya dilakukan dalam waktu yang bersamaan sehingga memicu terjadinya kerumunan. Di saat pandemi, melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut tetap harus memperhatikan protokol kesehatan terutama menghindari kerumunan.

Jasa Transportasi yang Aman dan Nyaman

Jika memang harus dilakukan bersama-sama keluarga lebih baik menggunakan media transportasi yang aman. Salah satu jasa transportasi yang menyediakan jasa paket ziarah religi yaitu TRAC. Dengan menggunakan TRAC Bus Services, masyarakat yang ingin berziarah akan merasa tetap aman dan nyaman. TRAC menyediakan paket ziarah religi mulai dari Rp. 3,5 juta dengan layanan yang memperhatikan peraturan perundang-undangan perjalanan di masa pandemi.

kebiasaan-pasca-lebaran
 
Kendaraan yang disediakan oleh TRAC menerapkan SMART protocol yang meliputi penyemprotan rutin di unit kendaraan dengan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan. Selain itu juga memastikan pengemudi yang bertugas telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan mewajibkan pengguna jasa mengenakan masker serta sarung tangan juga menyediakan hand sanitizer untuk penumpang. Tidak hanya itu saja, TRAC juga menerapkan physical distancing dalam membatasi jumlah penumpang.

Oh ya, beberapa tujuan wisata ziarah yang bisa dikunjungi bersama TRAC Bus yaitu ziarah Banten, ziarah wali 5, ziarah wali 9, ziarah 3 wali dan ziarah Panjalu. Semua daerah wisata ziarah tersebut dapat dikunjungi dengan menggunakan layanan sewa bus dari TRAC. Layanan tersebut dapat menjadi pilihan untuk kebutuhan transportasi rombongan atau grup.

Fasilitas apa saja yang bisa kita nikmati ketika menggunakan jasa transportasi TRAC?

Setiap bus TRAC interiornya dibuat senyaman mungkin dan melalui perawatan yang rutin dilakukan. Fasilitas yang tersedia seperti fasilitas wifi, LCD TV, perangkat karaoke, toilet dan pantry.

Keamanannya pun menjadi perhatian khusus. Setiap seat dilengkapi dengan sabuk pengaman. Selain itu setiap armada TRAC Bus dilengkapi dengan palu pemecah kaca, pintu darurat dan tabung pemadam kebakaran. Bagaimana dengan pengemudinya? Pengemudi yang disediakan adalah pengemudi yang terlatih dan sudah berpengalaman sehingga kenyamanan dan keselamatan penumpang jadi lebih terjamin.

Tipe bus yang disediakan oleh TRAC yaitu small bus, medium, big hingga luxury. Dengan pilihan konfigurasi jumlah kursi mulai dari 11 hingga 59 seats.

Lalu bagaimana caranya untuk menggunakan jasa layanan dari TRAC?

Bagi yang ingin menggunakan layanan sewa bus bisa melalui aplikasi TRAC To Go. Dengan aplikasi tersebut pelanggan bisa memilih paket wisata religi yang disediakan. 
 

TRACToGo Experience

Kini aplikasi TRAC To Go memiliki fitur terbarunya yaitu TRACToGo Experience. Di dalam fitur Experience ini, kita bisa memilih berbagai akomodasi. Pilihan akomodasi yang bisa digunakan yaitu mulai dari kendaraan berkapasitas 4 orang sampai bus berkapasitas 45 orang. Aplikasi jasa transportasi ini bekerja sama dengan vendor-vendor yang sudah terpercaya seperti hotel bintang 4 dan 5, tempat wisata serta beberapa restoran yang otentik.
 
kebiasaan-pasca-lebaran
Penggunaan aplikasi Trac To Go sangat mudah. Kita cukup mengunggahnya di Google Play Store maupun Apple Appstore. Berikut ini link untuk mengunggah aplikasi TRAC To Go

 Link GooglePlay Store:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trac.tractogo&hl=en&gl=US

Link Apple App Store:

https://apps.apple.com/us/app/trac-to-go/id1459840738

So … untuk menggunakan jasa transportasi TRAC tidak sulit, bukan? Kita hanya tinggal memesan layanannya melalui aplikasi yang sudah tersedia di ponsel kita. Berwisata usai lebaran akan lebih menyenangkan dan aman, deh!

 Salam takzim


Post a Comment

24 Comments

  1. Dari beberapa poin di atas yang paling sering kami lakukan pasca lebaran, pasti nemenin anak-anak beli mainan dan beli buku. Biasa anak-anak kalo dapet THR pasti uangnya dipake buat beli mainan heheh

    ReplyDelete
  2. biasanya kalau abis lebaran anak - anak yang happy nih ya mba hehehe.. dapat banyak THR dan aku suka aja mereka menabung sih, kalau pun beli sesuatu ngga dihabiskan semuaaa

    ReplyDelete
  3. Biasanya pasca lebaran selalu traveling bersama keluarga, tapi sudah 2x lebaran ini kita jajannya buku dan mainan untuk di rumah. Nanti kalau pandemi sudah berakhir bisa traveling lagi deh, dan mau nyobain Trac to go.

    ReplyDelete
  4. Hihi ngomong2 tentang angpau di hari Lebaran mdmang sdh menjadi tradisi ya menyediakan uang baru bagi anak2 yg kebetulan berkunjung sebentar bersam ortu mereka tak melupakan ProKes lho. Bunda dr para anak n keponakan juga trima sesuatu di hari Lebaran berupa transferan hadiah lebaran. Insya Allah kl Covid q9 sdh kabur dari bumi kita bunda akan usul ke grup pensiunan utk Wisata Rohani menggunakan TRAC yg nisa membetikan kenyamanan selama perjlnn.

    ReplyDelete
  5. di hari senin tanggl 17 mei kemarin, bandara penuh dengan banyak masyarakat yang sudah begitu rindu akan kampung halaman, dan pastinya membutuhkan transportasi darat selama di sana

    ReplyDelete
  6. beberapa kebiasaan pasca lebaran yg biasanya dilakukan masa pandemi ini gak bisa dilakukan dulu ya mba...sekarang malah di jabodetabek perpanjangan pengetatan dan pembatasan mobilitas orang berlaku hingga akhir bulan nih.

    ReplyDelete
  7. wah hampir sama nih kebiasaan setelah lebarannya
    yg paling utama,anak anak hbs lebaran minta ke toko mainan, hehe
    angpao lebaran buat beli mainan

    ReplyDelete
  8. Benar-benar mewakili kebiasaan yang dilakukan pasca lebaran, tapi biasanya paling sering ziarah dan berwisata, yang sayangnya belum bisa dilakukan karena masih pandemi. Mungkin setelah pandemi usai pingin jalan-jalan lagi apalagi pesan kendaraan juga makin mudah berkat Aplikasi Trac To Go ini.

    ReplyDelete
  9. Beberapa tradisi di atas setelah lebaran jg dilakukan di sini seperti berwisata atau bersiarah

    ReplyDelete
  10. Kalau di Makassar sini, istilah ziarah atau massiara bukan cuma ke kuburan. Pergi ke tetangga atau sanak saudara untuk silaturahim juga disebut massiara. Kebiasaan juga kalo di sini anak-anak kecil pergi massiara keliling kompleks, buat dapetin angpau. 😆

    ReplyDelete
  11. Fasilitas busnya nyaman ya dan ditunjang dengan penyelenggaraan prokes pastinya.

    ReplyDelete
  12. Lengkap ya fitur dan fasilitasnya TRAC ini, safety dan prokesnya juga bagus, bikin tenang yang ingin bepergian. Walaupun sebagian besar Orang harus nunda dulu rencana Traveling mengingat sikon Pandemi yang belum usai, huhu.

    ReplyDelete
  13. Rencana libur sekolah pengen mudik Bogor, karena pas lebaran ngga pulang, bisa ya sewa mobil dari Trac yang terpercaya..

    ReplyDelete
  14. mantap juga ya ini. jalan2 pake TRAC yang jelas aman protokolnya dan bisa beli buku juga wisata dengan nyaman.
    Ide menarik mba Nurul

    ReplyDelete
  15. Sejak menikah, saya tidak membiasakan kasih angpau. Ikutin kebiasaan keluarga suami. Biasanya keluarga besar suami bergantian menjadi tuan rumah. Biasanya berkumpulnya di resto.

    Nah kebiasaan ini saya lakukan juga ke keluarga besar. Kami lebih memilih menraktir keluarga besar makan bersama.

    Sejak pandemi, momen ini jadi hilang. Semoga bisa kumpul lagi. Jalan bareng lagi dengan sewa bis. TRAC jadi pilihan deh untuk sewa kendaraan

    ReplyDelete
  16. Asyik banget kalau bisa ziarah setelah lebaran. Di kami, lebarannya 2x, dan karena sudah tradisi, sayang kalau ditinggal. Setelah lebaran kedua (Badha Kupat-Lepet), tabungan sudah mepet dasarnya. Hahahah.

    ReplyDelete
  17. Uang angpaunya anak-anak biasa mereka tabung atau pakai beli buku. Tahun ini pastinya gak heboh macam sebelum masa pandemi, karena ya emang gak kemana-mana pas lebaran, kecuali bareng keluarga dekat/yang inti aja.

    ReplyDelete
  18. Supaya anak anak ngga jenuh selama libur lebaran, memang baiknya dibeliin mainan dan buku bacaan supaya mereka ada kesibukan.

    Pengen suatu hari nanti bisa jalan sama keluarga besar pakai Trac To Go

    ReplyDelete
  19. Kalau anak-anakku biasanya angpaunya buat beli mainan atau perlengkapan sekolah, Mbak.. pernah juga buat beli sepeda, hehe.
    Btw ziarah religinya jadi aman dan nyaman ya kalau menggunakan TRAC To Go. Prokesnya juga ketat, sih. Jadi pelanggan tenang deh sewa kendaraan di sana :)

    ReplyDelete
  20. Wisata kuliner sama jalan jalan ke pantai ini tradisi orang Indonesia banget ya mbk. Trac To Go ini memudahkan kita untuk traveling bareng keluarga ya. Banyak pilihan paket dan transportasinya

    ReplyDelete
  21. Wah asli sih penasaran banget sama promonya Trac To Go ini Mak! Baru tau kalau ternyata aplikasi ini juga menawarkan pilihan paket wisata yang terjangkau dan bisa dicoba sesuai dengan budget yang kita punya :))

    ReplyDelete
  22. Tahun ini sedih ga bisa wisata barengan keluarga huhuh, semoga tahun depan bisa jalan - jalan lagi, hehe. Btw ini Trac To Go ini oke banget yah, pilihan wisatanya banyak ternyata yah.

    ReplyDelete
  23. Asik yah abis lebaran wisata bareng keluarga, apalagi pakai aplikasi Trac To Go ini, pilihannya lebih banyak dengan harga yang terjangkau.

    ReplyDelete
  24. kebiasaan yg disebutkan tersebut juga saya lakukan sih mbak, kecuali beli barang elektronik, hehehe. Gimana ya soalnya setahun sekali dapat THRnya tapi ya emang pas butuh juga. Beli mainan anak-anak juga jarang sih.
    Wah, Trac to Go ini praktis banget ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^