Jika Memiliki Penyakit Ini, Waspadai Penggunaan Obat Asam Mefenamat

Apakah teman-teman tahu bahwa ada beberapa keadaan kesehatan yang bisa menimbulkan interaksi pada penggunaan Asam Mefenamat? Jawabannya pasti ada, jika memiliki beberapa keadaan seperti yang akan disebutkan di bawah ini sebaiknya beritahu dokter keadaan kita yang sesungguhnya, ya. 
 
Waspadai Penggunaan Obat Asam Mefenamat
Yuk, langsung saja simak penyakit apa saja yang dimaksud berikut ini: 

1.  Asma

Bagi orang yang memiliki penyakit asma, sekitar 10% bisa memiliki kemungkinan yang cukup sensitif untuk beberapa obat yang termasuk ke dalam golongan NSAID. Bagi penderita asma yang mengkonsumsi obat ini bisa memiliki potensi yang menimbulkan berbagai efek samping dan reaksi anafilaktik yang cukup parah serta kejang. Jadi bagi siapa saja yang menderita asma sebaiknya beritahu dokter supaya bisa mendapatkan obat yang tidak memberikan efek samping berbahaya untuk diri sendiri.
 
2. Edema

Dalam beberapa kasus yang ada kalau obat ini bisa menimbulkan sebuah interaksi bagi orang yang mengalami edema. Penyakit edema ini adalah penyakit yang ada kaitannya dengan gagal jantung atau hipertensi. Jadi jika termasuk pasien edema sebaiknya jika ingin mengkonsumsi obat ini harus mendapatkan pengawasan yang cukup ketat.
 
3.  Masalah pencernaan

Orang yang pencernaannya bermasalah juga sebaiknya tidak mengkonsumsi obat yang ada dalam golongan NSAID. Hal ini karena konsumsi obat yang satu ini bisa membuat keadaan jadi semakin parah, bahkan bisa menyebabkan terjadi pendarahan pada saluran pencernaan. 

4. Penyakit ginjal

Orang yang punya penyakit ginjal juga sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat yang satu ini, karena asam mefenamat ini malah bisa meningkatkan kadar kreatinin dalam tubuh. Jika kadar kreatinin yang ada dalam tubuh ini berlebihan bisa menjadi salah satu pemicu dari gagal ginjal.
 
5. Penyakit hati

Obat ini juga bisa jadi salah satu pemicu terjadinya hepatotoksisitas, kondisi ini adalah hati menjadi rusak. Jadi bagi orang yang memiliki penyakit hati jangan sampai mengkonsumsi obat yang satu ini. 

6. Hipertensi

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi juga wajib untuk menghindari obat yang satu ini, karena jika dikonsumsi malah bisa memperburuk kondisi tekanan darah tinggi yang sudah dimiliki sebelumnya. 

7. Penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah

Bagi penderita penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan juga jantung sebaiknya obat ini harus dihindari karena bisa menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan Anda. 

8. Anemia

Bagi yang menderita anemia juga tidak disarankan untuk konsumsi obat ini, hal ini guna menghindari adanya pendarahan yang berlebihan dalam tubuh.

Bagi siapa saja yang ingin mengonsumsi asam mefenamat ini tentu saja ada dosis yang harus diikuti, dosis ini pastinya berbeda- beda untuk berbagai kondisi. Bagi orang dewasa yang ingin mengonsumsi obat ini bisa memilih dosis sebesar 500 mg, bisa diminum selama 6 jam sekali atau disesuaikan dengan keadaan badan. Ingat obat yang satu ini tidak boleh digunakan lebih dari 7 hari berturut-turut.

Dosis untuk anak pastinya akan berbeda dengan dosis dari orang dewasa, jika ingin memberikan obat ini untuk anak, bisa memberikannya untuk anak yang sudah berusia 14 hingga 18 tahun, berikan dosis sebesar 250 mg, jangan juga membiarkan anak mengonsumsi obat ini lebih dari 7 hari, ya.

Nah, mungkin itu dia beberapa hal yang bisa dijelaskan dalam artikel ini semoga informasinya bisa bemanfaat untuk teman-teman semua. Sampai jumpa di kesempatan yang selanjutnya dan jagalah selalu kesehatan! 
Salam takzim

Post a Comment

1 Comments

  1. Aku kurang paham sama obat kayak gini, tetapi kayaknya berbahaya obat ini untuk penderita penyakit di atas jadi harus dihindari.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^