Internet Cepat Meningkatkan Efisiensi Kerja Penulis

Sejak memutuskan untuk resign bekerja di kantoran, saya bercita-cita untuk bisa tetap produktif meskipun hanya dari dalam rumah. Kini keinginan saya untuk bisa terus berkarya di rumah sambil mengurus anak-anak pun bisa terwujud. Bisa tetap menjadi perempuan yang bekerja produktif di rumah dengan membuat karya tulis.

Gak terasa udah hampir 8 tahun saya menekuni dunia kepenulisan. Alhamdulillah, tidak hanya menulis di blog, saya juga sudah bisa menelurkan beberapa buka anak dan buku non fiksi. Pencapaian saya hingga saat ini tentunya didukung oleh banyak faktor. Terutama dukungan dari suami. Beliau sih oke oke aja melihat saya duduk lama di depan laptop asalkan semua pekerjaan saya untuk mengurus anak dan rumah sudah beres.

Sebagai orang yang tidak menekuni dunia menulis, suami saya tidak begitu paham jika membuat sebuah tulisan itu harus melalui banyak proses. Tidak bisa langsung menulis saja, tetapi perlu ada tahapan awalnya seperti melakukan riset.

Internet Cepat Meningkatkan Efisiensi Kerja Penulis

Dalam dunia kepenulisan yang menjadi pusat perhatian saya dalam beberapa tahun ini, melakukan riset merupakan tahapan paling penting dan menantang. Karena riset berarti mengumpulkan, menganalisis dan mengolah informasi atau data secara sistematis untuk bisa melahirkan tulisan yang bermutu.

Tidak hanya dibutuhkan dalam menulis tulisan ilmiah atau laporan penelitian saja, untuk menghasilkan sebuah tulisan fiksi seperti novel yang menarik, berkualitas dan berbobot pun tetap membutuhkan data dan riset.

Pentingnya Riset Untuk Penulis

Riset mengumpulkan data juga diperlukan untuk membuat artikel non fiksi atau artikel seperti yang sedang saya tulis di blog ini. Untuk membuat artikel yang baik dan informatif, perlu dilakukan riset supaya tulisan yang dihasilkan menyajikan fakta dan data yang akurat serta benar.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa melakukan sebuah riset? Berdasarkan pengalaman selama ini, saya biasanya melakukan riset yang sederhana ketika hendak membuat tulisan.

Cara melakukan riset secara sederhana yaitu:
  1. Menentukan terlebih dahulu tema tulisan yang akan dibuat
  2. Melakukan riset untuk membuat daftar pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas dalam sebuah tulisan.
  3. Menggali informasi terkait masalah yang ditanyakan
  4. Mengumpulkan data setelah mendapatkan jawaban yang diinginkan.
  5. Menyaring kembali data yang telah didapatkan sehingga mendapatkan data yang akurat untuk melengkapi sebuah tulisan.
Selain melakukan tahapan riset untuk menulis artikel di blog, saya juga harus melakukan riset ketika membuat buku anak. Barangkali ada yang mengira, sebuah buku anak dibuat melalui sebuah riset yang tidak lama. Padahal ketika hendak menulis buku anak juga diperlukan riset yang mendalam karena di dalamnya menyajikan data yang teruji kebenarannya. Sehingga buku yang dibuat bisa menyajikan fakta atau peristiwa dengan cara mengedukasi, menarik dan menghibur. Dan anak yang membaca bukunya pun bisa mendapatkan pengetahuan serta bertambah kosakatanya.



Riset Lebih Efisien dengan Internet Yang Cepat dan Stabil

Pentingnya tahapan riset dalam pekerjaan penulis, membuat seorang penulis harus memiliki waktu khusus untuk melakukannya. Bahkan bisa dibilang, butuh waktu yang tidak sebentar untuk melakukan tahapan riset. Namun apabila tidak bisa mengaturnya, waktu kita bakalan habis untuk melakukan riset, bukan?

Nah, cara melakukan riset yang cepat yaitu dengan mencari bahan-bahannya di internet. Seperti biasanya, sumber data yang diperlukan untuk riset bisa bersumber dari buku, tulisan-tulisan ilmiah atau jurnal. Pada umumnya kita membutuhkan buku-buku sebagai penunjang data. Tidak hanya buku dalam bentuk fisik, kini kita juga bisa melakukan riset memanfaatkan e-book. Dan kini di internet sudah tersedia perpustakaan online yang memberi layanan peminjaman buku berbentuk e-book.

Untuk mendapatkan data-data dari sumber tersebut tentunya saya membutuhkan jaringan internet yang mumpuni. Alhamdulillah di rumah sudah terpasang layanan internet cepat IndiHome dari Telkom Indonesia  Kebutuhan saya untuk terhubung dengan Perpusnas yang menyediakan buku-buku digital bisa berjalan dengan lancar.

Menggunakan provider internet IndiHome, saya bisa mewujudkan produktivitas kerja di rumah. Seperti dikutip dari situs teknologi Pricebook bahwa internet cepat bisa meningkatkan efisiensi kerja. Dengan mengandalkan koneksi internet yang stabil dan cepat, aktivitas online pun bisa lebih optimal.

Internet cepat IndiHome meningkatkan efisiensi kerja


Internet yang disediakan oleh Telkom Indonesia ini sangat stabil dan aman karena menggunakan jaringan fiber optic modern. Dengan begitu jaringannya bisa lancar jaya karena aman dari gangguan kondisi cuaca yang biasanya terjadi pada provider seluler.

Saya bersyukur banget bisa dapat dukungan dari suami yang dengan suka rela menyediakan fasilitas internet cepat di rumah. Sekarang pak suami jadi tahu jika pekerjaan saya membutuhkan internet yang kencang. Dia ingin istrinya bisa bekerja efisien. Karena selain harus menyelesaikan naskah buku dan menulis artikel, saya juga harus menangani pekerjaan rumah. Menyediakan jaringan internet yang stabil dan lancar tentunya bisa mempermudah pekerjaan saya. Dengan begitu, waktu saya tidak melulu di depan laptop. Pekerjaan menulis bisa lebih cepat beres kemudian selanjutnya saya bisa bercengkerama bersama keluarga.


Salam takzim


Post a Comment

92 Comments

  1. Bener teh internet sumber penulis eksplor dan mengembangkan tulisan, terima kasih teh sudah mengingatkan

    ReplyDelete
  2. Internet memang bantu banget ya untuk kita yang berprofesi sebagai penulis. Selain riset lapangan, riset online via internet bisa jadi alternatif yang juga efektif dan efisien untuk memperkuat bahan-bahan tulisan

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah ya kak dapat dukungan suami untuk kegiatan nulisnya, difasilitasi internet cepat juga inshaAllah makin sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaa Allah salut banget sama orang-orang yang supportif gini. Difasilitasi dengan baik apalagi. Jadi semangat kan ya kitanyaaa.

      Delete
  4. Alhamdulillah, berkat internet cepat, pekerjaan menulis saya semakin dimudahkan, Mbak. Urusan pekerjaan juga cepat selesai. Saat berbeda dengan dulu. harus mengetik pakai mesin tik, kirim naskah print out lewat pos.

    ReplyDelete
  5. emang ya internet cepat tuh kunci segala2nya, apalagi dengan dukungan suami untuk kegiatan menulisnya, makin sukses ya mba

    ReplyDelete
  6. Aku membiasakan diri juga sebelum menulis, melakukan riset terlebih dahulu. Dan riset ini semakin mudah jika ada akses internet yang mudah dan lancar ya mba. Jadi lebih efektif juga kerjanya

    ReplyDelete
  7. bener sih, kalau internet cepat apalagi jarang gangguan kaya indihome gini, paling bikin happy deh, hehe kerjaan jadi lebih cepat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak. Alhamdulillah aku tiga tahun ini pakai IndiHome juga jarang banget ngalamin gangguan. Kerjaan jadi lebih lancar.

      Delete
  8. Tahapan riset bagi penulis ternyata butuh waktu yang nggak sebentar ya...Nggak kebayang kalau nggak ada internet dan risetnya secara offline. Bisa lebih lama lagi waktu yang dibutuhkan buat menyelesaikan penulisan buku.

    ReplyDelete
  9. mau nulis di blog aja sangat perlu untuk lakukan riset apalagi untuk menulis buku ya Mbak, yang mana akan dipublish secara offline dan melalui prosedur panjang, lewat editor dan sebagainya.
    syukurnya sekarang internet cepat dari IndiHome bisa menunjang pekerjaan dari mana saja termasuk dari rumah.

    ReplyDelete
  10. betul ya yang namanya internet cepat itu udah pasti mendukung pekerjaan kita di sebagai penulis. banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh, apalagi sudah ada indihome dengan myindihome dan program lainnya

    ReplyDelete
  11. Sebagai blogger, andalan saya tentu internet. Kalau koneksinya lagi lemot aja suka bikin kesel. Apalagi saat internetnya mati. Karena jadi berasa terhambat kerjaannya

    ReplyDelete
  12. Saya ikut merasakan juga efisiensi menulis dengan adanya internet, khususnya berhubungan dengan riset. Tidak terbayangkan bagaimana kalau tidak ada internet, riset pasti butuh waktu lama

    ReplyDelete
  13. Kerasa banget pas nulis di google docs terus internet mati.. terus ads tulisan yg hilang. Atau pas nulis langsung di aplikasi terus internet gak stabil, hilang semua tulisan wkwkw

    ReplyDelete
  14. Mencari referensi kalo Internetnya cepat dan stabil kayak IndiHome bikin mudah pas nulis juga sih. Jadinya tanpa hambatan pas lagi kerja freelance nulis artikel

    ReplyDelete
  15. ini bener banget. Aku gemes banget deh kalau internetnya lambat padahal ingin buru2 mendapatkan bahan yang diinginkan untuk membuat tulisan. Jadi berasa gak kelar2 ini tulisan dan bikin mood jelek.

    ReplyDelete
  16. Riset dengan mengandalkan internet sering daku lakukan, karena lebih praktis bisa kapan aja. Disinilah dukungan dari internet stabil dan cepat diperlukan

    ReplyDelete
  17. Mba Nurul dan keluarga pakai paket yang mana Triple P kah?

    Aku di rumah masih pakai yang 1P, buat internet doang.

    Ternyata, memilih paket kecepatan internet kudu sesuai kebutuhan di rumah ya seperti jumlah pengguna dan aktivitasnya apa saja.

    Yang pasti,
    Aku setuju banget, bahwa internet cepat memang membantu untuk meningkatkan efisiensi.

    ReplyDelete
  18. Beneer. Riset emg penting buat nulis. Kalo nggak pake riset rasanya kayak ada yg kurang. Dan aku sendiiri pun kadang jd nggak pede 😁

    ReplyDelete
  19. Sepakat sih ini, sebagai penulis juga kadang sering senewen kalau internetnya lambat. Tapi sejak pake IndiHome, urusan riset sumber tulisan bisa dilakukan dengan cepat jadinya kerja makin efisien dan efektif, hasil tulisannya pun bisa bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss Kak, sebagai penulis, kehadiran internet memang sangat membantu sekali yak. Apalagi pas riset, duh tanpa internet ya jujur aja kerjaan enggak cepet selesai.

      Delete
    2. Bener banget ini kak Nurul. Pernah gitu udah semangat depan laptop, ide segudang, kerja gak kelar-kelar sampe sore dan capek sendiri karena internetnya amsyong

      Delete
  20. Dalam menulis, entah fiksi ataupun non-fiksi tuh penting banget. Dulu aku pernah nulis novel, melalukan riset dan jujur aku terbantu banget dengan kehadiran internet cepat.

    ReplyDelete
  21. paling kesel dan emosyiii banget sih kalo lagi riset via internet trus lagi on fire daaann internetnya kayak keong wkwkwk itu jadi bad moment dan akan bikin bete seharian hahaha untungnya selama kerja pakai IndiHome terselamatkan dari bad moment hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. buat para pekerja yang ngndelin internet, kalau udah lelet atau ada gangguan tuh pasti bikin senewen ya

      Delete
  22. Untung yaa kak pake IndiHome internet kenceng, kerjaan jadi lancar dan cepat selesai. Jaman sekarang tuh memang butuh banget internet

    ReplyDelete
  23. Setuju kak, internet cepat bisa membantu sgala hal.
    Misalnya mau cari referensi, informasi lainnya sangat membantu.

    ReplyDelete
  24. Setuju kak, internet cepat bisa membantu sgala hal.
    Misalnya mau cari referensi, informasi lainnya sangat membantu.

    ReplyDelete
  25. Menulis itu memang butuh proses. Termasuk menulis untuk blog yang artikelnya kadang gak terlalu panjang, tetapi tetap gak asal sembarangan saja. Nah, dengan internet ini membantu banget ya Mba untuk riset tulisan.

    ReplyDelete
  26. wiiih keran nih kakak udah 8 tahun kerja di dunia kepenulisan dan menghasilkan banyak buku anak dan non fiksi. keren! tentu semua berkat ketekunan, kerja keras dan internet ya kak. mantap!

    ReplyDelete
  27. Dalam bekerja, memang penulis sangat bergantung pada internet ya mbak
    Kalau internetnya cepat dan stabil, kerja jasi efisien

    ReplyDelete
  28. Kegiatan menulis itu emang perlu banget didukung dengan riset ya, Kak... kalo nggak tulisannya jadi kosong gitu. Terutama untuk menulis buku, butuh banget iu referensi dan literatur pendukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, terima kasih sudah berbagi cara melakukan riset yang sederhana dan mudah diikuti juga. Jadi punya cara yang beda dan lebih mudah untuk riset sebelum proses menulis

      Delete
  29. Betul, apalagi ketika ikut lomba blog. Risetnya harus banyak dan tentu butuh referensi dari berbagai sumber. Punya internet yang cepat, apalagi itu IndiHome, bikin tulisan menjadi lancar :)

    ReplyDelete
  30. internet cepat memang sangat membantu banyak pekerja ya mbak. Terlebih jika pekerjaan kita ada di bidang digital yg semua harus cepat dan efisien juga

    ReplyDelete
  31. BANGEET..Setuju banget aku mba. Internet cepat itu udah seperti kebutuhan utama yaa untuk kita semua

    ReplyDelete
  32. aku juga kerja banyak berdasarkan analisis terbuka dari referensi yang ada mba, jadi kalau internet ngga bagus emosi jadinya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. for sure aku juga akan selalu mencari koneksi yang oke dan cepat mba.. Suka emosi lhooo kalau internetnya ngga oke dan suka mendadak off hehe

      Delete
  33. Bener banget Teh. Aku juga merasakan ini nih. Kerjaan nulis jadi lebih cepat beres, lebih konperehensif pula kontennya. DUlu sebelum pasang internet, aduh, nulis teh meni banyak mandeknya. Harus bangetlah penulis mah punya internet cepat di rumahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba samaan aku juga kalau nggak ada internet cepat mau nulis gimana juga pasti bingung banget :D

      Delete
  34. internet cepat memang perlu banget utk efisiensi. Kadang saya terpaksa keluar rumah untuk browsing bahan2 tulisan yang dibutuhkan, seperti ke perpustakaan misalnya. Kalau di rumah ada internet cepat, akan sangat membantu banget

    ReplyDelete
  35. Menulis memang bukan proses yang sederhana yaa..
    Dengan internet stabil dan lancar, semua materi bisa dijadikan produktivitas dalam menyelesaikan pekerjaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu, menulis butuh banget internet yang cepat dan stabil biar pas cari referensi juga cepat. Kalo internetnya lambat, duh, proses nulis jadi lama banget selesainya

      Delete
  36. Apapun profesinya, penggunaan jaringan internet cepat di zaman sekarang sudah wajib, menjadi makanan sehari2 :) Apalagi bagi penulis yang butuh berbagai informasi terkini, biasanya gugelan dong ya. Untung ada IndiHome yang cuuuzzz wuuuz3x gitu jadi kita ga worry lagi deh.

    ReplyDelete
  37. Tulisan ini karena sangat mengena di hati bunda maka bunda harus kembali mengulang membacanya karena ternyata diperlukan poin2 research sblm membuat tulisan aplg aku yg bukan seorang penulis Senior walaupun usiaku sangat Senior behe..

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah berkat layanan internet cepat Indihome dari Telkom Indonesia, efisiensi kerja mbak Nurul sebagai penulis dapat meningkat. Riset data lancar jaya ya mbak, tulisan jadi cepat jadi.

    ReplyDelete
  39. Memang betul sekali sebelum menulis paling tidak membuat draft.penulisan dl. Finalnya sangat efektif pake fasilitas internet. Tanpanya alamaaa ribet dan sangat tidak efektif pekerjaan kita.

    ReplyDelete
  40. Penting banget seorang penulis ya kak melakukan riset. Oh ya Saya sudah merasakan keunggulan IndiHome selama 2 tahun ini.Puas banget,sinyalnya bagus. Aksesnya mudah nyaris tidak pernah mengalami kendala ya dalam internet.apalagi harganya termasuk terjangkau

    ReplyDelete
  41. internet cepat adalah impian banget yaa. sebagai blogger, internet cepat akan memudahkan pekerjaan kita

    ReplyDelete
  42. Kehadiran internet cepat memang sangat memudahkan banyak hal ya Mbak termasuk dalam urusan menulis. Pastinya akan sangat terbantu dalam mencari referensi atau aktivitas yang membutuhkan jaringan internet stabil

    ReplyDelete
  43. Buku anak tuh justru butuh riset yang mendalam dan detail. Kita nantinya menuliskannya dengan bahasa sederhana, padahal yang hendak disampaikan tuh enggak sederhana. Nah, gimana tuh kaaan... ;)
    Butuh internet yang stabil ketika kita sedang riset tentunya ya. Kalau koneksinya abur-aburan bikin semangat kerja drop deh.

    ReplyDelete
  44. Iya banget teh..
    Pernah mengalami masa-masa poor of jaringan internet yang bikin senewen. Pekerjaan menulis yang risetnya membutuhkan jaringan lancar ini jadi super lama dan berasa gak maju-maju. Kalo uda gitu, rasanya gak pingin kerja lagi.. huhuh..

    Alhamdulillah,
    Ada jaminan internet lancar dari IndiHome. Widi rumah dari Telkom Indonesia yang bisa diandlakan.

    ReplyDelete
  45. iya banget loh kalau nggak ada internet cepat sudah pasti aku kebingungan kalau mau nulis karena segarla referensi carinya ya di internet hehehe

    ReplyDelete
  46. Internet memang sangat membantu para penulis dalam proses penulisan karyanya ya, mbak terutama dalam hal mencari referensi tulisan bisa lebih mudah dengan adanya internet

    ReplyDelete
  47. Kesel banget sih pasti kalau mau update tulisan tapo koneksi internetnya jelek. Jadi memang sekarang ini kebutuhan internet cepat memang wajib banget. Selain untuk berkerja juga menjadi tempat silaturahim juga pakai internet cepat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koneksi jaringan yang cepat ini jadi andalan memang kak, biar sat-set-sat-set kerjaannya ya, kan bikin bahagia juga

      Delete
    2. iya, mbak. memang sekarang segala bidang kehidupan itu cukup bergantung sama internet yaa makanya penting banget punya internet cepat di rumah kita

      Delete
  48. Alhamdulillah, terus produktif menulis dari rumah berkat koneksi intenet yang stabil ya mbak.
    Iya, emang beda tulisan yang berdasarkan riset yang matang dengan tulisan yang asal tulis saja. Yang melakukan riset mendalam terlebih dahulu pasti tulisannya berbobot dan memberikan banyak manfaat bagi pembacanya

    ReplyDelete
  49. Internet cepat memang sangat membantu dalam berbagai bidang pekerjaan. Bagi pekerjaan menulis, internet cepat sudah pasti sangat dibutuhkan. Meski masih suka dibanding-bandingkan dengan internet negeri-negeri tetangga, Indihome sudah buanyak menolong pekerjaan anak bangsa.

    ReplyDelete
  50. Sangat betul sekali coba kalau internet lelet lambat hadewww bawaannya esmosi. Buka web ajaaa bisa bisa 30 menit sampai sejam baru bisa sangat mengganggu kan yaks...

    Nah makanya wajib banget tau provider internet apa yg tepat buat dirumah

    ReplyDelete
  51. Seneng banget ya teh kalo kerja dapet support dari keluarga plus support sistem yang lain kaya internet yang gak lola alias loading lama. Indihome emang the best klo masalah internet

    ReplyDelete
  52. Internet sangat dibutuhkan oleh penulis ya mbak
    Kalau ada sinyal internet cepat dan stabil seperti ini, kerja jadi efisien ya

    ReplyDelete
  53. Sekarang tuh internet cepat beneran udah jadi kebutuhan dasaarr yaa. Untuk menunjang pekerjaan soalnyah. Kalau lemot, adududu. Udah tinggal finishing aja jadi kzel banget jadinya ya

    ReplyDelete
  54. Aktivitas riset sekarang makin seru dan cepet. Bayangin dulu sebelum ada internet harus baca bertumpuk-tumpuk buku sampe duduk berjam-jam di Perpustakaan

    ReplyDelete
  55. yesss setuju banget! mau nulis apa klo ga riset dan baca sumber2 informasi sebagai referensi ygy, beruntung bgt sekarang bisa baca online dan cari sumber referensi online

    ReplyDelete
  56. keren ya indihome ternyata pakai fiber optic yaa, jadinya pelayanan internetnya bebas hambatan dan kencang. btw barakallah ya mbak, memiliki internet kenceng memang membantu penulis melakukan riset ya mbak. jadi lebih produktif dan menyenangkan

    ReplyDelete
  57. Harus setuju hehe.. Proses menulis memang tidak mudah. Risetlah poin penting yang menentukan sebuah tulisan bermutu atau tidak. Internet yg lancar menunjang proses itu

    ReplyDelete
  58. Waah...internet memang juara, bisa dimanfaatin seauai kebutuhan. Terutama cari data & riset buatku juga...indihome wmamg kereen.

    ReplyDelete
  59. MaasyaAllah... Mba' aku seakan dijewer karena masih belum bisa mengoptimalkan menulis semaksimal Mba Nurul.
    Blog-ku acak-acakan & penuh debu. Sangat menginspirasi!!
    Sukses selalu ya Mba'..

    ReplyDelete
  60. Asli emang sebagai penulis aku terbantu dengan IndiHome. Bukan untuk buka chatGPT, yaaaa. Tapi buat riset, dll.

    ReplyDelete
  61. Benar banget kak. Internet cepat bisa bantu kita buat riset penulisan. Kalo lemot, kan bisa berabe urusan. Mood kita bakalan ancur. Dan niat kita menulis bakalan luntur. Untung ada IndiHome dari Telkom Indonesia yang punya koneksi internet cepat dan stabil ya kak.

    ReplyDelete
  62. Keren banget Kak udah nulis banyak buku anak. Nulis di majalah anak-anak juga kah?

    Sebagai penulis dan blogger riset emang perlu banget ya. Dan salah kalau ada yang bilang kalau kerjaan nulis itu mengkhayal doang :D.

    Untung ada intenet cepat Indihome, nulis dan riset makin lancar.

    ReplyDelete
  63. Penulis dan internet kini makin tidak bisa terpisahkan ya. Menulis butuh riset mendalam agar tulisannya juga tidak menyesatkan.

    ReplyDelete
  64. Bener banget, Teh. Internet cepat itu salah satu amunisi bagi penulis. Kalau internet lambat, yang ada malah emosi dan bete duluan >.<

    ReplyDelete
  65. Sumber referensi penjulis paling banyak memang dari internet. Kita bisa nuli poin poin penting menulis dengan melihat berbagai sumber. Tentu dengan internet cepat semua akan berjalan tanpa hambatan

    ReplyDelete
  66. Duuuwww sebagai sesama penulis yang butuh riset, aku tahu banget rasanya internet lelet tuh bikin beteee. Bawaannya pengen banting aja haha. Soalnya kalau ngga riset juga gimana kita bisa nulis data yekan. Untung aku juga pake IndiHome internet cepat.

    ReplyDelete
  67. Bersyukur banget ada internet cepat, menulis jadi lebih mudah dan cepat, apalagi buat riset keyword, jadi bisa makin mudah dengan adanya internet

    ReplyDelete
  68. Internet lancar benar-benar membuat produktivitas menulis buku jadi efisien dan sesuai dengan target. Riset nulis jadi lancar terhindar dari emosi jiwa akibat internet lelet. IndiHome memayang layanan yang memahami penulis.

    ReplyDelete
  69. Bener. Mood pas lagi riset juga terjaga lho kalau kecepatan internet stabil dan bikin data yang dikumpulkan jadi cepat. Akhirnya kan tulisan jadi lekas digarap.

    ReplyDelete
  70. Betul banget mba, riset buat nulis itu butuh banyak sumber yang valid. Nah, untung ada internet cepat. Kalo nggak bisa stagnan di cari referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku pun gitu. Mau nulis buku ataupun blog pasti butuh baca referensi dulu
      Emang penting banget jaringan internet yang cepat dan lancar bagi seorang penulis ya mbak

      Delete
  71. Menulis itu butuh referensi yang banyak ya, Mbak. Jadi kita perlu koneksi untuk mencari sumber-sumber referensi yang bisa dijadikan tulisan. Kalau internet gak ada, pusinglah kita. Untungnya saat ini ada IndiHome, layanan internrtnya cepat dan stabil.

    ReplyDelete
  72. ngga bisa dipungkiri emang internet cepat dan stabil penting banget karena bisa digunakan buat mencari ide dan juga membantu mencari data tambahan yang penting untuk menyempurnakan tulisan sih

    ReplyDelete
  73. Bener banget kak, jadi banyak referensi dan cari2 sudut pandang lain untuk tulisan jadi lebih mudah berkat internet.

    ReplyDelete
  74. Pernah pas riset buat nulis tuh entah webnya yang lemot atau internet nya yang lemot. Eh pas ganti mobile data langsung lancar. Enakan pakai IndiHome ya? Internetnya lancar

    ReplyDelete
  75. Iyaa mang penting banget sebelum nulis harus riset, klo internetnya pake IndiHome mah enak yaa browsing riset sana sini lancarr

    ReplyDelete
  76. Internet sangat diperlukan jaman sekarang bukan saja buat penulis tapi semua lapisan deh.
    Ibaratnya warung kecil saja bisa jualan lewat internet.

    ReplyDelete
  77. Saya setuju sekali, Teh.
    Menulis atau apapun tanpa riset dan penelitian hasilnya akan hambar. Jaman sekarang meski di rumah saja jiwa bisa berkelana kemana pun ya. Termasuk cari pengalaman lain buat bekal menulis ini. Adanya internet sungguh sangat membantu aktivitas penulis dan lainnya

    ReplyDelete
  78. Menulis membuat setiap hari semakin bermakna ya, teh..
    Apalagi kalau risetnya dibantu internet cepat dan stabil. Semakin mudah dan produktif.

    ReplyDelete
  79. Betul banget nih internet cepat meningkatkan efisiensi, apalagi buat pemuja deadline yg butuh serba cepat akses banyak referensi utk bahan tulisannya

    ReplyDelete
  80. bener banget mba, internet yang cepat dan stabil tuh bikin blogger lebih efisien. apalagi kalau ga terpengaruh cuaca dan waktu, hujan/panas atau siang/malam ga mempengaruhi kecepatan jaringan internet. mantab tuh, bisa bikin kita lebih leluasa berkreasi ;)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^