Tips Mempersiapkan Ramadhan Agar Ibadah Lancar

Biasanya kita akan melakukan banyak persiapan ketika menghadapi momen penting dan bersejarah, bukan? Begitu juga dalam rangka menghadapi bulan Ramadhan yang penuh berkah ini! Supaya bisa menjalani ibadah dengan lancar dan hikmat selama bulan Ramadhan, perlu dilakukan persiapan yang matang.

Tips Mempersiapkan Ramadhan Agar Ibadah Lancar

Persiapan yang biasa saya lakukan bukan hanya yang berkaitan dengan keperluan pribadi saja. Mempersiapkan segala sesuatu untuk kenyamanan keluarga dalam menjalani ibadah di Bulan Ramadhan pun tidak luput dari perhatian saya. 

Persiapan Menyambut Ramadhan

Beberapa hal yang saya lakukan untuk menyambut Bulan Ramadhan barangkali ada kesamaan dengan persiapan yang dilakukan oleh teman-teman, berikut ini persiapan yang biasa saya lakukan menjelang bulan puasa.

1. Mempersiapkan Iman

Persiapan pertama dan paling dasar yaitu mempersiapkan iman. Menyambut bulan penuh berkah, dapat dimulai dari latihan mengendalikan diri dari kebiasaan yang buruk. Berusaha untuk bisa tepat waktu dalam menjalankan salat dan menata hati untuk selalu bersih. Selain itu, mulai menanamkan niat untuk gak nonton atau baca berita yang bisa menimbulkan gibah atau tontonan sejenisnya, hehehe ...

2. Membayar Utang Puasa

Persiapan penting untuk menghadapi bulan puasa tentunya harus melunasi utang puasa di tahun sebelumnya. Jadi jauh-jauh hari sudah dipersiapkan untuk membayar utang puasa. Malah kadang setelah selesai merayakan lebaran, setelah puasa syawal bisa dilanjut mengqadha puasa. Jadi bisa lebih tenang nantinya.

3. Menyiapkan Kondisi Fisik dan Jasmani

Selama menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh, diperlukan ketahanan secara fisik dan jasmani. Jangan sampai kondisi tubuh kita tidak prima ketika menjalankan ibadah selama satu bulan penuh. Untuk mendapatkan kondisi fisik dan jasmani yang prima bisa dimulai dengan rutin melakukan olahraga, menjaga asupan makanan sehat, tidak begadang, mengonsumsi vitamin dan suplemen serta persiapan lainnya. Dengan begitu diharapkan kita bisa berpuasa dengan fit hingga akhir bulan.

Tips Mempersiapkan Ramadhan dengan Olahraga

4. Membersihkan Lingkungan Sekitar

Ibadah kita akan bertambah khusyuk jika dilakukan di lingkungan yang bersih, bukan? Apalagi kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Memang tidak ada salahnya sih kalau kita bersih-bersih saat sedang puasa. Tapi kenapa ya, bawaannya suka lemes dan mager kalau lagi puasa itu #alesyaan :D

Sebenarnya kalau bersih-bersih pada saat bulan Ramadhan, agak dikhawatirkan juga kalau waktu dan perhatian kita akan terbagi. Asyik bersih-bersih, eh udah mau maghrib. Padahal makanan untuk buka belum dimasak atau jadi gak sempat banyakin baca Al-Qur’an. Sayang sekali, kan?

Tips Mempersiapkan Ramadhan dengan Bersih-bersih Rumah

5. Menyiapkan Perlengkapan Ibadah

Nah untuk persiapan perlengkapan ibadah ini memang tidak bisa terlewatkan. Kegiatan beribadah selama bulan Ramadhan pasti akan terasa lebih hikmat dan nyaman jika menggunakan alat ibadah yang bersih dan wangi. Oleh karenanya, semua perlengkapan seperti mukena, sajadah, sarung, baju koko akan saya cuci bersih dan diberi pewangi. Dengan menjalani ibadah dengan hikmat, semoga saja bisa menggapai berkah ramadhan, ya ... Aamiin. 

6. Persiapan Kebutuhan Dapur

Yang tidak kalah pentingnya untuk mempersiapkan aktivitas selama Ramadhan yaitu melengkapi kebutuhan dapur. Biasanya di grup-grup WhatsApp udah ada yang suka sharing menu untuk satu bulan penuh. Nah, dari sana biasanya diambil yang sesuai dengan selera dan budget keluarga saya. Jadi bisa ada bayangan, mau masak dengan menu apa aja selama sebulan.

Oh iya, maksudnya bukan menyiapkan bahan makanan untuk sebulan, tapi mempersiapkan bumbu masak dan kebutuhan pokok yang utama aja. Sedangkan untuk bahan makanan saya membelinya dua atau tiga hari sekali. Pernah juga beli bahan makanan selama seminggu, malah kadang ada yang gak sempat dimasak. Akhirnya takut mubadzir, kan.

Okey ... itulah beberapa persiapan yang saya lakukan untuk mempersiapkan bulan suci Ramadhan. Semua tahap persiapan ini biasanya saya cicil selama beberapa minggu sebelum puasa. Kecuali untuk persiapan bahan makanan, saya siapkan dua hari atau sehari menjelang puasa. Tujuan dilakukannya persiapan ini supaya mempermudah aktivitas dan fokus menjalani ibadah selama puasa. Dan harapannya akan tersedia banyak waktu untuk melakukan ibadah wajib maupun sunah di bulan puasa. Semoga bisa, ya … Aamiin. Lalu bagaimana dengan sobat? Apa persiapan kalian dalam menghadapi bulan suci Ramadhan? Sharing, yuuk!

Salam takzim


Post a Comment

3 Comments

  1. Memang kalau di awal Ramadan itu agak sulit menahan lapar dan godaan karena belum terbiasa dan kadang lupa harus menahan kebiasaan buruk hemm. Memang harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari untuk menata hati dan iman. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Bener banget mak, apalagi point kedua tuh wajib mengganti puasa yang terkadang kita lupakan karena kesibukan dan nggampangin bayar utang puasa. Makanya kadang aku bayarnya pas Senin Kamis mbak jadi ga berasa kan. Makasih tips2nya mbak semoga ibadah kita lancar

    ReplyDelete
  3. Menghadapi bulan suci memang harus mempersiapkan diri sebaik mungkin ya Teh. Biar ibadahnya lancar jaya sampai Idul Fitri tiba. Selemat berpuasa teh, sehat selalu yaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^