Ide Bisnis yang Menjanjikan di Bulan Ramadhan

Mencari peluang usaha yang menjanjikan menjadi langkah yang strategis bagi pelaku bisnis yang ingin meraih kesuksesan dalam dunia bisnis yang makin berkembang. Mengamati kondisi di sekitar, apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat, apa yang menjadi tren di lingkungan sekitar atau masalah yang dihadapi oleh masyarakat bisa memunculkan ide usaha.

Dalam beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan ini bisa dijadikan momen untuk mengumpulkan penghasilan. Ada beberapa ide usaha yang bisa menjanjikan di bulan Ramadhan. 

Ide Bisnis yang Menjanjikan di Bulan Ramadhan


Ciri Peluang Usaha yang Menjanjikan 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai peluang usaha yang menjanjikan di bulan Ramadhan, mari kita pahami bersama karakteristik usaha yang menjanjikan. Bisnis yang menjanjikan itu bukan hanya dilihat dari banyaknya keuntungan yang didapat. Namun juga keberlanjutan usaha yang dijalankan.

1. Dibutuhkan Banyak Orang

Bisnis yang menjanjikan itu adalah usaha yang menjual barang atau jasa yang dibutuhkan oleh orang banyak. Jadi pastikan produk atau jasa yang kita jual merupakan hal yang banyak dibutuhkan oleh orang-orang.

2. Mempunyai Jangka Waktu yang Panjang

Selama ini kita bisa melihat banyak usaha yang terlihat menjanjikan tetapi tidak berlangsung lama. Biasanya hal ini terjadi karena produk atau jasa yang ditawarkan tidak banyak dibutuhkan atau tidak memberikan nilai lebih bagi pelanggan.

3. Berpotensi untuk Berkembang

Ciri usaha yang menjanjikan selanjutnya yaitu usaha yang mempunyai potensi untuk berkembang. Berkembangnya dalam berbagai aspek, seperti pengembangan inovasi produk hingga perkembangan usahanya sendiri seperti membuka cabang usaha.

4. Menyediakan Produk yang Berkesinambungan

Sebuah usaha bisa dikatakan menjanjikan apabila produk yang ditawarkan selalu tersedia.

Ciri peluang usaha yang menjanjikan ini bisa saja berubah menyesuaikan perkembangan dunia usaha. Oleh karena itu penting sekali untuk mempelajari tren pasar supaya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Ide Bisnis di Bulan Ramadhan

Mengamati hal-hal yang nge-trend dan dibutuhkan bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Seperti halnya dalam waktu dekat ini kita akan memasuki bulan Ramadhan. Mari amati apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di bulan suci tersebut!

Ide Bisnis di Bulan Ramadhan

Berikut ini ide usaha yang bisa dilakukan ketika memasuki bulan Ramadhan.

1. Bisnis Alat Sholat

Bulan Ramadhan biasanya dijadikan momen yang paling penting untuk memperbanyak ibadah, baik yang wajib maupun yang sunah. Dengan waktu ibadah yang cukup padat, pastinya memerlukan perangkat sholat yang lengkap.

Tidak hanya individu, masjid dan Musala pun memerlukan alat sholat untuk memfasilitasi jamaahnya beribadah.

Beberapa keperluan seperti sajadah, mukena, sarung, atau Al Qur'an bisa kita sediakan untuk memenuhi keperluan masjid atau musala. Semua kebutuhan tersebut bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan.

2. Bisnis Makanan untuk Berbuka dan Sahur

Tidak semua orang memiliki waktu untuk memasak atau menyediakan makanan untuk berbuka dan sahur, seperti pekerja kantoran atau anak kos. Kebutuhan masakan jadi ini bisa jadi peluang bagus yang sayang untuk dilewatkan.

Dalam menjalankan usaha katering ini perlu memperhatikan kualitas rasa, kebersihan, dan kesehatannya. Sediakan pilihan paket dengan harga sesuai target market yang dituju. Jagalah menu makanan selalu segar dan bergizi supaya pelanggan setia membeli makanan kita.

3. Bisnis Kurma

Salah satu buah yang paling diminati saat puasa adalah buah kurma. Mengonsumsi buah kurma ketika berbuka merupakan sunah Rasulullah. Selain itu buah kurma dipercaya mempunyai banyak manfaat. Kelebihan buah kurma ini bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan karena banyak yang membutuhkan. Sediakan beragam jenis kurma yang diminati oleh banyak orang. Buah kurma ini selalu menjadi makanan favorit yang disediakan saat puasa. 

Merintis usaha yang menyesuaikan kebutuhan di momen tertentu dianggap bisa menguntungkan. Hal ini juga merupakan implementasi memanfaatkan peluang bisnis sesuai dengan permintaan pasar. 

4. Bisnis Busana Muslim

Permintaan pasar terhadap ketersediaan busana muslim biasanya meningkat menjelang atau saat bulan Ramadhan. Ada sebagian masyarakat yang memegang tradisi membeli busana muslim baru ketika menjelang hari raya. 

Dilihat dari sisi bisnis, kebiasaan masyarakat ini bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Makin banyak orang yang mencari busana muslim baru, maka besar juga peluang kita memasarkannya.

5. Bisnis Hampers atau Parsel

Kebiasaan saling mengirimkan Hampers atau Parsel sudah jadi tradisi sejak zaman dulu. Hal ini cukup menguntungkan bagi yang memiliki usaha pembuatan hampers atau parsel. Parsel dijadikan bingkisan untuk dikirimkan kepada keluarga, teman, rekan bisnis, dan relasi lainnya.

Untuk memberi nilai tambah dan daya tarik untuk pelanggan, buatlah hampers atau parsel yang sekreatif mungkin. Atau tawarkan beberapa jenis isi hampers yang berbeda sesuai permintaan. Ragam isi parsel sendiri bisa mulai dari makanan, minuman, buah-buahan, kue kering atau peralatan rumah tangga.
Tidak hanya membuat isi hampers yang unik dan kreatif, cara pengemasannya pun sebaiknya dibuat menarik dan unik. Dengan kelebihan itu, diharapkan bisa meningkatkan penjualan.

6. Bisnis Kue Kering

Bagi yang memiliki hobi masak terutama mengolah kue kering, berjualan kue kering bisa dijadikan peluang bisnis yang auto cuan. Usaha kue kering ini selalu jadi bisnis primadona di bulan Ramdhan dan menjelang lebaran. Peminat kue kering ini selalu melonjak memenuhi kebutuhan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Untuk mendatangkan pembeli dan memenangkan persaingan dengan kompetitor, kreaikan kue lebaran yang menarik. Ciptakan rasa kue yang istimewa untuk melengkapi hari raya yang istimewa. Produk kue kering ini juga bisa dijadikan hampers yang dikemas dengan kreatif.

Itulah beberapa ide bisnis yang menguntungkan selama bulan Ramadhan. Ada yang menginspirasi sobat untuk membuka usaha? Atau beberapa sobat sudah menjalankan usaha tersebut? Yuk, sharing!

Salam takzim

Post a Comment

16 Comments

  1. dari dulu seneng ngeliatin e-comerce saat bulan puasa, soalnya banyak hampers yang lucu dan unik. Dari situ sempet kepikiran untuk bikin bisnis serupa, tapi bingung mulai dari mana.
    sampe sekarang sebenernya masih ada keinginan untuk memulai bisnis hampers, semoga segera terwujud juga

    ReplyDelete
  2. Semua bisnis yang disebutkam di atas memang banyak dicari saat jelang Idulfitri. Ada satu lagi mbak, catering untuk hari lebaran. Itu banyak juga yang cari termyata 😊

    ReplyDelete
  3. Banyak cara untuk mendapatkan cuan saat buan ramadhan ini ya. Banyak ide bisinis yang bisa dieksekusi terutama seperti yang sudah dituliskan diatas. Kebanyakan orang emang kepengen yang praktis jadi ini kesempatan untuk menyediakan kebutuhan / gap yang ada

    ReplyDelete
  4. Usaha takjil menjelang berbuka puasa juga menarik dan mendatangkan cuan di bulan Ramadhan.

    ReplyDelete
  5. Ramadan jelang Lebaran tuh bisnis yang amat menjanjikan berupa kue kering, pakaian, dan peralatan sholat. Duh, sayang banget aku gak bisa bikin kue kering. 🤣

    ReplyDelete
  6. Bisnis takjil si yg paling mantap. Apalagi kalau jualannya di tempat strategis. Auto laku itu.

    ReplyDelete
  7. Hiks, jadi keinget obrolan ma suami. Dari jauh hari sebelum ramadan tu kami dah mikir-mikir mo usaha gorengan. Soalnya di kampung tempat saya tinggal sekarang, banyak orang yang butuh itu dari pada harjs jauh keluar kampung. Eh, sampe ramadan sekarang pun ternyata kami sama-sama repot dan nggal ngejalanin usaha itu.

    ReplyDelete
  8. Kue kering sih ya paling marak, apalagi trend belakangan ini agaknya mulai bergeser dari beli baju lebaran adalah wajib jadi yang penting kue banyak untuk tamu. Baju bisa thrifting. Tapi, sebagai affliliator baju muslimah, lebarsn termasuk panen juga alhamdulillal

    ReplyDelete
  9. Ada banyak ya ide bisnis yang bisa dijalankan di bulan Ramadhan. Kepengen deh aku juga bisa bisnis salah satunya. Tapinya kalo sekarang, telat kayaknya. Lumayan padahal omzetnya ya bisnis-bisnis ini.

    ReplyDelete
  10. Ada banyak ya ide bisnis yang bisa dijalankan di bulan Ramadhan. Kepengen deh aku juga bisa bisnis salah satunya. Tapinya kalo sekarang, telat kayaknya. Lumayan padahal omzetnya ya bisnis-bisnis ini.

    ReplyDelete
  11. Itu foto kue ulat keketnya lucu dan menggoda sekali kak... Saat puasa dan menyambut lebaran bisnis makanan memang paling menguntungkan ya kak...

    ReplyDelete
  12. Bulan ramadhan memang bisa menjadi sumber rezeki bagi para pedagang. Sekarang banyak banget penjual makanan ataupun minuman untuk berbuka.

    ReplyDelete
  13. Ramadhan membawa berkah tersendiri, pada bulan inilah banyak sekali peluang peluang bisnis yang bisa kita lakukan.

    ReplyDelete
  14. Takjil menurutku bakal laku banget sih di saat ramadhan, apalagi kalau bisa delivery, udah pasti banyak yang beli sih apalagi buat yang mageran

    ReplyDelete
  15. Wah iya nih, pas Ramadan gini mulai deh ada yang menekuni usaha. Biasanya ya usaha alat sholat sekaligus baju2 gitu buat lebaran atau kue2 kering seperti yang mbak bilang.
    Kadang ada yang musiman tapi ada juga yang kemudian bisnisnya berlanjut sampai nanti2 krn udah merasa ketemu passionnya :D

    ReplyDelete
  16. Kalo ramadhan tuh banyak banget kesempatan dapet cuan... jualan balon aja laku haha... tetanggaku gitu biasa jual martabak mini selama ramadhan jualan balon.. anak-anak tiap hari beli balon

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^