Rekomendasi Pekerjaan Freelance untuk Pemula

Menjadi seorang freelancer merupakan salah satu pekerjaan paling banyak diminati oleh masyarakat beberapa tahun belakangan ini. Dengan alasan bisa memiliki banyak waktu yang fleksibel, kebebasan dalam mengatur dan membagi waktu dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu sudah banyak tersedia konten di media sosial yang menyediakan informasi mengenai pekerjaan freelance untuk pemula, membuat makin banyak yang minat menekuni dunia freelance. 

Peluang Freelancer untuk Pemula.

Lalu bidang apa saja yang termasuk pekerjaan freelancer? Berikut ini rekomendasi pekerjaan freelance yang bisa ditekuni oleh pemula.

Rekomendasi Pekerjaan Freelance untuk Pemula

1. Penulis Lepas

Bagi yang senang menulis atau memiliki latar belakang pendidikan jurnalisme, pemasaran, atau bahasa, sobat bisa menemukan banyak sekali peluang pekerjaan freelance sebagai penulis lepas. Pekerjaan penulis ini mempunyai banyak peluang yang dikerjakan dari jarakjauh mulai dari penulisan artikel, postingan di blog, press release, script writer, dan jasa menulis lainnya.

2. Copywriter

Pekerjaan freelance yang kedua ini hampir sama dengan penulis. Sebenarnya copywriter merupakan bagian dari penulis. Hanya saja copywriter lebih fokus pada bidang yang berkaitan dengan promosi, iklan, hingga materi publisitas. Sebagian copywriter fokus untuk menulis berita atau konten lain yang bertujuan untuk membagikan informasi.


Melansir dari U.S. Bureau of Labor Statistics (BLS), prospek freelance ini diperkiraan akan meningkat hingga beberapa tahun mendatang. Apalagi di Amerika Serikat sendiri, sangat banyak lowongan untuk jadi copywriter yang bekerja untuk klien di seluruh dunia, setiap tahunnya

3. Desain Grafis

Di saat teknologi makin berkembang, proses jalannya perusahaan pun melakukan penyesuaian. Cukup banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang membutuhkan desainer grafis. Jika sobat memiliki kemampuan membuat desain grafis dan memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang software design seperti Adobe Creative Suite (Photoshop dan Illustrator) atau canva, bisa mencoba menjadi freelance desainer grafis.

Selain itu, sobat yang memiliki kemampuan desain grafis dapat membuka jasa lain seperti pembuatan logo, ilustrasi, dan lainnya.

4. Editor Video

Saat ini video dengan durasi pendek sedang nge-trend, paling populer dan paling cepat berkembang di dunia digital. Perusahaan dan pelaku bisnis lainnya membutuhkan editor video yang bisa membuat konten digital hingga periklanan atau film. Jenis freelancer yang satu ini membutuhkan keahlian mengoperasikan Adobe After Effects, Capcut, atau Premiere Pro.

5. Fotografer

Untuk sobat yang senang menekuni dunia fotografi, bisa juga mempertimbangkan untuk menjadi fotografer lepas. Menjadi freelance di bidang fotografi, kita bisa menentukan sendiri tariff atau bayaran yang harus dibayar oleh klien. Peluang kerja di bidang ini diperkirakan akan terus tumbuh hingga 17% pada tahun 2030.

Pekerjaan Freelance sebagai Fotografer

6. Ahli Sosial Media

Rekomendasi pekerjaan freelance selanjutnya yaitu menjadi ahli sosial media. Saat ini pekembangan sosial media cukup masif, sehingga peluang pekerjaan sejenis ahli sosial media tentunya akan banyak tersedia. Pengetahuan tentang platform media sosial seperti instagram, twitter, dan Tiktok bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Peluang jadi freelancer di bidang sosial media akan terus berkembang seiring makin meningkatnya pengguna media sosial yang diperkirakan akan mencapai hampir 6 miliar pada tahun 2027. Selain itu makin banyak juga pengusaha yang memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran dan promosi. Pekerjaan di sosial media ini meliputi pembuatan dan posting konten di media sosial milik klien, menganalisa engagement, berkomunikasi dengan audience, dan pekerjaan lainnya.

7. Penerjemah

Seorang penerjemah akhir-akhir ini banyak diminati. Dengan modal bahasa yang mumpuni, kita bisa menjadi seorang penerjemah. Seorang freelancer penerjemah bisa memiliki banyak klien yang berbeda dalam satu waktu. Asalkan bisa membagi waktu dengan baik, maka bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

8. Konten Kreator

Bekerja menjadi seorang konten kreator dapat menghasilkan cuan yang cukup menggiurkan. Terutama bagi konten kreator yang telah terkenal. Sebagai pembuat konten, kita bisa lebih fleksibel dalam menyelesaikan pekerjaan. Tidak harus terikat dengan jadwal kerja yang biasanya berlaku di perusahaan.

9. SEO Content Writer

Sebagai freelance pemula, menjadi Search Engine Optimization (SEO) Content Writer bisa jadi peluang yang menjanjikan. Tidak terikat dengan perusahaan, kita dapat membuka jasa sebagai SEO dan mengelolanya sendiri.

10. Proofreader

Pekerjaan freelance untuk pemula yang selanjutnya yaitu menjadi proofreader. Menjadi proofreader bisa membantu banyak perusahaan dalam menerbitkan sebuah artikel atau buku yang akan dicetak dari kesalahan penulisan. Seiring meningkatnya popularitas konten yang dihasilkan oleh AI, maka makin meningkat juga kebutuhan seorang proofreader.

11. Virtual Assistant

VA atau virtual assistant ini bisa jadi rekomendasi sebagai freelancer selanjutnya. Hampir mirip dengan asisten di kantor, virtual assistant juga berasal dari berbagai keahlian dan tingkat pengalaman. Biasanya VA dibutuhkan oleh klien untuk menangani segala kebutuhan yang meliputi penelitian, entri data, hingga berinteraksi dengan pelanggan. Sedangkan VA yang memiliki keahlian lebih expert biasanya dibutuhkan untuk membantu data analisis, campaign pemasaran, pembuatan konten, hingga melakukan riset.

12. Tutor Online

Opsi berikutnya yang bisa jadi rekomendasi freelance untuk pemula yaitu menjadi tutor online. Kelebihan freelancer ini, tutor bisa berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan. Untuk sobat yang mengambil jurusan pendidikan, membuka bimbingan belajar online bisa jadi altermatif usaha yang bagus.

Selain untuk pelajar, sobat juga bisa jadi tutor untuk orang dewasa yang membutuhkan pengetahuan tentang keuangan, public speaking, atau pengembangan website.

Pekerjaan Freelance  Tutor Online

Itulah beberapa rekomendasi pekerjaan freelanc untuk pemula. Apakah sobat tertarik juga untuk menjadi freelancer tapi masih bingung memilih pekerjaan yang paling diminati? Mungkin sebaiknya sobat baca dulu apa itu freelance beserta kelebihan dan kekurangannya. Dan selanjutnya bisa mempelajari cara jadi freelancer untuk pemula.
Semoga bermanfaat

Salam takzim

Post a Comment

36 Comments

  1. wah idenya asyik banget nih. meski bukan lagi freelancer pemula, tapi kalau lagi bosen, mau juga nyoba job lain, hehe

    ReplyDelete
  2. Aku tau virtual asissten semenjak covid. Ternyaa setelah covid kebutuhan VA tetap masih tinggi

    ReplyDelete
  3. Banyak juga ya pekerjaan freelance yang bisa kita lakukan. Cuma memang butuh keterampilan dan peningkatan skill juga sih. Biar makin kece hasilnya yang kemudian berimbas pada kenaikan rate card deh.

    ReplyDelete
  4. Sejauh ini, untuk jadi freelancer saya mampunya baru yang nomor 1. Penulis lepas. Dan masih sebatas nulis di blog. Tapi ya sudah lumayanlah incomenya bisa buat bayar domain dan sewa hosting, sama beli skincare :)

    ReplyDelete
  5. Sebenernya banyak banget ya, pilihan pekerjaan online, aku juga pengen banget bisa dapat Pekerjaan freelance, cuma maybe masih belum waktu

    ReplyDelete
  6. Berkat internet nih, jadi banyak pilihan freelance job. Serunya bisa dikerjakan darimana saja. Ibu rumah tangga wajib nyoba peluang ini deh. Apalagi kalau anak-anak udah besar. Cari kesibukan yang bermanfaat kan...

    ReplyDelete
  7. Suamiku juga VA, sejak ada pandemi. Lumayan bisa nambah-nambah tapi kerjaan utama masih bisa jalan terus. Kerjanya juga nggak tiap hari.

    ReplyDelete
  8. Kalau paling enak sepertinya kreator konten sih. Bisa mulai pakai gadget yanh ada dulu sambil cari peluang endorse atau monetisasi akun

    ReplyDelete
  9. Aku saranin klo untuk freelance di desain grafis. Karena banyak yang. Butuhin terutama bisnis umkm yang baru merintis. Itung2 bantu mereka juga hehe

    ReplyDelete
  10. Buat yang lagi mencari sambilan kerja atau mau menekuni pekerjaan ini juga bagus nih, tinggal pilih mana yang sesuai dengan skill yang dimiliki

    ReplyDelete
  11. Era digital membuka Banyak peluang bagi kita. Termasuk Bisa bekerja freelance dari mana saja. Alhamdulillah saya pun saat ini freelance sebagai penulis. Tapi Insya Allah mau terus belajar mengembangkan diri lagi.

    ReplyDelete
  12. Setelah pandemi freelance serba online banyak bermunculan dan ternyata sampai sekarang pekerjaan sampingan itu masih banyak dibutuhkan
    Saya sendiri dengan jadi copy writer dan influencer Alhamdulillah ad abuat beli pulsa

    ReplyDelete
  13. Rupanya banyak ya yang bisa kita lakukan di saat kita jadi freelancer pemula. Bahkan gajinya bisa lebih gede nih yg penting fokus dan konsisten.

    ReplyDelete
  14. Banyak banget ya kak pilihan menjadi freelancer. Emg kita harus tahu skill kita di mana. Jd akan menyesuaikan dgn job yg ada. Syukur kl freelancernya bs dilakukan dmn aja. Asyik banget tuh. Dpt cuan di pekerjaan yg kita senangi.

    ReplyDelete
  15. Semua pekerjaan freelance ini memang cocok untuk pemula. Beberapa teman sering nanya biasanya, mungkin nanti bisa saya rekomendasikan artikel ini ke mereka.

    ReplyDelete
  16. Ternyata pilihan pekerjaan freelance itu banyak ya, bisa dicoba dan disesuaikan dengan keahlian bertahap diperbaiki keahliannya yang penting telaten ya

    ReplyDelete
  17. Bener banget nih! Peluang freelance sebagai penulis lepas atau copywriter emang keren banget! Apalagi dengan perkembangan digital, bisa dapetin klien dari mana aja tuh. Kayaknya bakal seru banget jadi bagian dari industri yang terus berkembang gini, ya! 💻📝

    ReplyDelete
  18. Paling penasaran sih sama Virtual Assistant, soalnya suka seliweran sponsornya di FB, xixixi..

    ReplyDelete
  19. Freelance itu enak kerjanya fleksibel. Dari sisi salary juga lumayan kalau kitanya mau sat sit set mah hehe

    ReplyDelete
  20. Freelancer itu kerjanya bebas. Penghasilannya pun bebas. Seru tapi menantang sih. Yang pasti sih mesti disiplin mengatur waktu, skala prioritas, dan keuangan.

    ReplyDelete
  21. Wah setuju banget, semua profesi ini banyak dicari dan jasanya juga bisa dilakukan oleh para freelancer ya

    ReplyDelete
  22. Pernah menjajal content writer, copy writer. Sekarang tertarik dengan virtual assistant, kayanya lagi banyak dibutuhkan. Cuma perlu mendalami lagi sih skill untuk jadi VA. Makasih paparannya Mbak..

    Vita mamanesia.com

    ReplyDelete
  23. Banyak banget yaaa pekerjaan freelance yang bisa dipilih sebagai sarana pemenuhan kebutuhan sehari-hari atau jadi pendapatan sampingan. Senang menemukan salah satu bidang yang saya jalani secara freelance, masuk juga dalam daftar di sini.

    ReplyDelete
  24. freelancer jaman now peluang mendapat penghasilannya banyak banget ya, tinggal memilih dan sesuaikan dengan skill dan minat

    ReplyDelete
  25. Jadi freelancer itu di zaman sekarang banyak peluangnya, tinggal miliki aja skill yang dibutuhkan dan jadilah spesialis di bidangnya.

    ReplyDelete
  26. Dengan berkembangnya teknologi makin banyak juga ya jenis pekerjaan yang bisa kita lakukan.. makin berkembang juga dunia karir yang ada yaa

    ReplyDelete
  27. Ternyata banyak juga ya peluang jenis pekerjaan sebagai freelance untuk pemula. Di dunia digital saat ini, memperluas peluang untuk mendapatkan penghasilan dari mana saja salah satunya sebagai freelance. Dengan tingkatkan skill digital, bisa banget dapat pekerjaan.

    ReplyDelete
  28. Banyak pekerjaan freelance yang dapat dilakukan untuk mencari tambahan cuan. Yang terpenting dari freelance adalah konsisten dan terus memperbaiki skill supaya bisa bersaing terus.

    ReplyDelete
  29. Ternyata peluang untuk bekerja secara freelance banyak sekali yaaa... tinggal kita sesuaikan dengan minat dan kemampuan yang kita miliki. Lebih baik memanfaatkan waktu sebaik2nya dengan apply beberapa peluang kerja sebagai freelancer gini.

    ReplyDelete
  30. Ternyata banyak pilihan dan peluang bekerja sebagai freelance ya. Kalau proofreader ini kerjaannya mirip editor freelance juga kan Mbak?

    ReplyDelete
  31. Aku tuh penasaran banget sama pekerjaan copywriter dan Virtual Assistant. Tapi jenis pekerjaan online lainnya yang ada dalam artikel ini juga menarik untuk dicoba sih Apalagi SEO content writer

    ReplyDelete
  32. Asalkan ada kemauan, banyak sekali ya pekernjaan freelance yang tidak menyit waktu. Apalagi sekarang banyak juga yang bisa remote. Jadi makin mudah menambah pundi-pundi pendapatan

    ReplyDelete
  33. Semenjak era digital 4.0, banyak lapangan pekerjaan freelance yang tadinya asing buat gen Z tapi bisa dikerjakan di mana saja ya..

    ReplyDelete
  34. sekarang banyak pilihan pekerjaan ya untuk diseriusi ataupun sekedar tambahan, asal rajin aja asah skill

    ReplyDelete
  35. Sebenarnya banyak bgt ya kerja freelancer tp saingannya jg banyaak hrs nambah skill terus

    ReplyDelete
  36. Keren yaah.. meskipun di rumah, tapi tetap bisa memanfaatkan waktu dengan produktifitas yang menghasilkan. Semua profesi tersebut sangat gak asing buatku karena circleku juga begituu, teh..

    Punya temen yang meskipun sambil ngasuh bayi, tetep ngelesi bahasa inggris online.
    Salut bangeett..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^