Delapan Manfaat Berjalan Kaki

Jalan kaki yang Menyehatkan
Bagi umat Islam, salah satu ibadah yang dilakukan setiap hari adalah pergi beribadah ke mesjid. Sesuai anjuran Rosululloh dan telah dicontohkan oleh beliau, apabila hendak pergi ke mesjid akan lebih baik dengan berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan aktivitas yang ringan tapi menyehatkan. Oleh karena itu Rosululloh, menganjurkan berjalan kaki apabila hendak ke mesjid. Seperti yang terdapat dalam sebuah hadist, beliau bersabda : 

"Barang siapa pergi ke mesjid untuk shalat berjamaah maka satu langkah akan menghapus satu kesalahan dan satu langkah akan ditulis sebagai kebaikan, baik ketika pergi maupun pulang. "    (HR. Ahmad)

Selain mendapatkan pahala, berjalan kaki ke mesjid juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karenanya, jalan kaki merupakan salah satu kegemaran Rosululloh. Secara ilmiah, berjalan kaki memiliki banyak manfaat.
Pertama, mengurangi sindrom metabolik. Dalam studi yang dilakukan oleh Duke University Medical Centre, ditemukan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari dapat mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes dan juga penyakit stroke.
Kedua, berjalan kaki dapat mengurangi bahaya resiko terkena kanker payudara. Kali ini berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Journal of The American Medical Association yang menyebutkan bahwa, dengan berjalan kaki beberapa jam dalam sepekan dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara.
Ketiga, olah raga yang paling ringan ini juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. menurut laporan National Sleep Foundation, berjalan cepat di sore hari akan membuat tidur lebih nyenyak. Dengan berjalan kaki, maka hormon serotonin akan meningkat dan ini akan menimbulkan rasa lebih nyaman. Namun patut diperhatikan, jangan berjalan kaki dua jam sebelum tidur.
Keempat, dengan berjalan kaki, tubuh akan merasa nyaman karena adanya gerakan pada tangan dan kaki. Hal ini juga dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri.
Kelima, membuat bahagia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas yang mengatakan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi depresi dan stres. Bahkan, penelitian dari Universitas Temple mengemukakan jika berjalan selama 90 menit selama 5 kali dalam seminggu dapat membuat orang merasa bahagia. Hal ini disebabkan karena tubuh manusia memproduksi endorfin lebih banyak.
Keenam, mengurangi berat badan. Seorang wanita yang berjalan kaki selama satu jam selama lima hari dan mengkonsumsi 1.500 kalori setiap harinya, dapat  mengurangi berat badan sebanyak 11,3 kg dalam setahun. Ini berdasarkan penelitian di Brown University dan University of Pitsburgh.
Ketujuh, dapat mengurangi pengeroposan tulang. Berjalan kaki selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu dapat mencegah dan mengurangi resiko terjadinya pengeroposan tulang
Kedelapan, berjalan kaki dapat membuat awet muda. Dengan lebih sering berjalan kaki, dapat membuat otak menjadi aktif.

 Berjalan kaki memang aktivitas yang sederhana. Namun dibalik itu, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dengan berjalan kaki.  Aktivitas yang menyehatkan dan dapat dijadikan alternatif untuk mengimbangi kenaikan harga BBM.

Sumber : Dahsyatnya Manfaat Ibadah-ibadah Harian
gambar : waspada(dot)co(dot)id

Artikel Lainnya :
Rambut Putih (Uban) Sebagai Nasehat
Manfaat Tidur Miring ke Kanan Seperti Anjuran Rosululloh  
Bahaya Dibalik Berpakaian Ketat 
Manfaat Tidur Siang 
Cara Mengolah Makanan Agar Vitaminnya Tidak Terbuang 
Cegah Penuaan Dini Dengan Vitamin C

13 comments:

  1. Berjalan kaki akan lebih sering bertemu dengan orang dan berinteraksi. Akan lebih mengenal orang-orang sekitar, akan lebih mudah mengajak yang belum berangkat sholat untuk sholat karena sama-sama jalan kaki

    ReplyDelete
  2. terimakasih informasinya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. mba, aku yang pernah hidup di pedesaan, sangat terasa manfaat berjalan kaki. Salah satunya bisa saling sapa dengan orang-orang yang kita jumpai.
    Terasa bedanya dengan naik kendaraan bermotor, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...bisa menyambung silaturahmi juga ya mbak..

      Delete
  4. ternyata manfaatnya banyak juga ya mbak

    ReplyDelete
  5. Berjalannya saja sudah baik karena menyehatkan apalagi ditambah untuk niat bepergian ke arah kebaikan. Jadi manfaat dunia akhirat, ya.

    ReplyDelete
  6. dulu aku rutiiiin, keliling monas tiap minggu. tp skr jd ga pernah lagi -__-. Kayaknya memang harus dimulai lg ya mba..mengingat umur juga makin nambah :D

    ReplyDelete
  7. memulai hari dengan olah raga, apapun jenisnya tentu bermanfaat bagi fisik kita. di China orang orang secara teratur : tua muda pada berolah kebugaran Tai Chi. di India dengan Yoga. saya perhatikan wajah wajah dan kulit mereka cemerlang dan umur mereka juga relatif lebih panjang. jadikan olah raga sebagai kebutuhan, sama seperti makan dan minum.

    ReplyDelete
  8. Nah, skrg ini saya memag diminta banyak2 berjalan kaki, buat kekuatan panggul saat melahirkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, bagus untuk ibu yang mau melahirkan. Pengalaman saya, bisa juga untuk melancarkan persalinan :)
      Semoga persalinannnya dilancarkan ya mbak, aamiin.

      Delete
  9. tk - jalan
    sd - jalan
    smp - jalan
    sma - jalan
    kuliah -jalan
    nikah n jadi ibu-ibu - udah jarang jalan lagi
    : p

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.comment-content a {display: none;}