7 Kegiatan Menyenangkan di rumah

Bismillah
Apa kabar sobat? Semoga semua sehat-sehat selalu. 
Bagaimana situasi di daerahmu? Apakah masih menjalankan prokes dengan ketat?
Alhamdulillah masyarakat di sekitar daerah saya masih menjalankan prokes, meskipun tidak ada lagi orang yang terpapar covid-19. Di beberapa fasilitas umum, orang-orang sudah mulai beraktivitas seperti biasa dengan menggunakan masker. Kehidupan sosial dan ekonomi perlahan kembali seperti dahulu.
 

Bebas Melakukan Kegiatan Lagi

Bagi beberapa orang, kondisi ini merupakan hal yang sangat dinantikan. Bisa bebas beraktivitas kembali di luar rumah, mengunjungi tempat yang menarik dan bertemu dengan orang lain. Wajar saja, sebagai makhluk sosial, bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain pastinya sangat menyenangkan.

Lantas bagaimana dengan saya sendiri? Kondisi ini tentu saja sangat dinantikan. Terutama bisa berkunjung ke tempat wisata untuk melepas rasa bosan saat harus berada di dalam rumah saja. Menikmati keindahan alam dan menghirup segarnya udara luar merupakan sebuah anugerah yang harus disyukuri. Namun setelah itu, saya lebih senang berada di dalam rumah kembali. Lebih banyak beraktivitas di dalam rumah dibandingkan harus keluar rumah. Mengapa? Apakah saya introvert?

Bukan! Saya sepertinya bukan tipe introvert, deh! Mari kita bahas apa itu introvert?
Orang yang memiliki kepribadian introvert lebih nyaman menikmati waktu luangnya sendiri atau bersama satu hingga dua orang terdekatnya, dibandingkan dengan bersosialisasi dengan orang banyak. Selama ini saya senang-senang saja bersosialisasi dengan orang banyak, berarti saya tidak termasuk tipe introvert, bukan?

Ciri khas orang bertipe introvert lainnya yaitu mereka hanya cenderung fokus dengan pikiran, perasaan serta mood-nya sendiri dibandingkan dunia luar. Nah, kalau saya memang cenderung bisa lebih fokus mengerjakan banyak hal ketika sendirian, dalam suasana sepi tanpa ada orang lain. Bukan berarti fokus hanya dengan pikiran dan perasaan sendiri.

So, saya lebih enjoy beraktivitas di dalam rumah bukan berarti introvert. Bukan. Hanya lebih senang berada di rumah saja. Toh, banyak kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan di rumah. Bukan juga tidak mau bersosialisasi dengan orang lain, karena pada kenyataannya saya selalu ikut apabila ada event blogger. Selain untuk bekerja, saya juga senang bisa bertemu dengan teman-teman yang memiliki frekuensi sama. 
 
Memangnya apa saja kegiatan menyenangkan di rumah?

Inilah Beberapa Kegiatan yang Menyenangkan di Rumah

Tidak dipungkiri, pasti ada sebagian orang yang menanyakan, apa aja sih yang bisa buat kita betah di rumah? Adakah kegiatan yang gak bikin bosan? Ada, dong! Berikut ini kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah, di antaranya:
 

1.  Melakukan Hobi

Siapa pun pasti sangat menikmati kegiatan yang sudah menjadi hobinya. Termasuk juga saya. Apabila tidak ada kegiatan penting yang harus dilakukan, saya lebih senang menulis di rumah. Merangkai kata di depan laptop, melepas stres sekaligus mendapatkan pundi-pundi berupa dolar dan rupiah. Alasan terakhir merupakan bonus yang menyenangkan sih, bagi saya hehehe.

Bagaimana dengan sobat? Apa hobi kalian yang bisa dilakukan di rumah? Memasak panganan kekinian, membuat kerajinan, berkebun, merawat tanaman hias, menyulam atau menjahit? Apapun kegiatannya selama itu menyenangkan, waktu berjalan pun tidak akan terasa, bukan? Lagi asyik-asyiknya, eh, udah sore lagi ... 😂

2. Merawat Diri

Sekarang melakukan perawatan diri tidak harus ke salon, kita pun bisa melakukannya di rumah. Kita bisa mudah mendapatkan perlengkapan perawatan wajah dan tubuh di toko terdekat atau toko online. Mari hadirkan suasana salon di rumah, pasang aromatherapy, berendam dengan air hangat, facial, manikur dan perawatan diri lainnya. Sekarang lebih mudah, deh, memanjakan diri meski di rumah aja.

3. Mengikuti Kelas Online

Meng-upgrade keahlian, menambah wawasan dan pengetahuan pun sekarang bisa kita lakukan di rumah. Berkat teknologi internet membuat semua hal lebih mudah diakses. Tersedia kelas berbayar ataupun yang gratis. Tinggal dipilih sesuai dengan keinginan kita saja. 

4. Olahraga Ringan

Berikutnya kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah yaitu berolahraga. Selain sehat, menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga jadi kegiatan yang bisa membuat pikiran jadi lebih fresh. Olahraga ringan ini bisa dilakukan dengan instruksi menggunakan berbagai aplikasi kebugaran. Kita juga bisa memanfaatkan video-video di youtube.

Banyak jenis olahraga yang bisa kita lihat tutorialnya di youtube. Dari zumba, aerobik, senam, hingga yoga bisa kita tiru gerakannya. Cukup praktis, tidak perlu keluar rumah, deh!

5. Menikmati Musik dan Menonton 

Entahlah, hanya sekedar menyetel radio, menyalakan aplikasi musik atau menonton konser dari daring bisa jadi kegiatan yang menyenangkan di rumah. Bagi yang suka bernyanyi, bisa menggunakan aplikasi untuk berkaraoke. Saya sendiri lebih memilih menikmati musik dengan cara mendengarkannya.

Bagi yang senang menonton film atau drama, bisa dipenuhi dengan mudah melalui jaringan internet. Apalagi sekarang banyak platform film digital yang menyediakan banyak judul dan genre film atau drama. Sehingga memungkin bagi siapa saja yang ingin menonton lebih dari satu film dalam sehari.

6. Membereskan Rumah

Beres-beres di rumah itu salah satu kegiatan menyenangkan bagi saya. Entahlah dengan sobat-sobat, apakah memelihara kebersihan rumah itu jadi kegiatan yang menyenangkan juga? Dirasakan menyenangkan karena saya sangat menikmati hasil yang didapatkan setelah beres-beres. Rasanya lega dan puas sekali lihat rumah yang sudah rapih. Jadinya semakin betah, deh, berlama-lama di dalam rumah.

Membereskan rumah bukan hanya membuat rumah bersih dari debu dan kotoran. Kita juga bisa menata ulang interior atau perabotan yang ada di rumah. Barang yang sudah tidak dipakai lagi dan masih layak pakai, bisa disumbangkan pada yang membutuhkan. Selain itu mendaur ulang barang bekas yang tidak digunakan lagi pun bisa jadi kegiatan yang menyenangkan selama di rumah.

7. Bermain Game

Untuk urusan bermain game, sepertinya hampir semua rentang usia menyukai bermain game. Solusi menghalau stres dan depresi bisa dengan bermain game. Menurut beberapa pendapat, bermain game juga bisa mengasah kreativitas, melatih fokus dan mengasah kemampuan problem solving. Bermain game dapat dijadikan solusi meredakan rasa penat dan bosan.

Dampak yang timbul di saat bermain game yaitu memberikan rasa senang pada pemainnya. Selain itu bermain game juga membuat otak mendapatkan rangsangan baru hingga merasa lebih segar. Beberapa permainan yang bisa membuat pemainnya merasa gembira yaitu: game Solitaire.org

Jenis permainan yang saya mainkan bukanlah permainan dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Karena alasan bermain untuk melepas penat dan rasa bosan. Oleh karena itu saya memilih bermain game dengan tingkat kesulitan yang rendah. Namanya juga mencari hiburan, bukan?
 

Main di Solitaire.org, yuk!

Bermain di solitaire.org kita tidak perlu repot-repot mengunduh, sehingga tidak perlu khawatir juga dengan kapasitas gawai kita kepenuhan. Semua game yang tersedia berbasis browser. Katalog yang ditampilkan berupa HTML5 yang mobile friendly. Selain di komputer atau laptop kita bisa bermain solitaire.org di smartphone yang didukung oleh windows.

Lalu apa saja game yang saya mainkan di Solitaire.org? Saya memilih game yang sudah saya kenal sejak zaman masih sekolah dulu. Berikut ini game yang saya mainkan di website solitaire:

a. Free Online China Mahjong Solitaire Video Game
 

Cara memainkan game Mahjong Solitaire ini cukup mudah. Begitu masuk di berada, klik tanda panah untuk memulai permainan. Kita akan diberi pilihan level yang ingin dimainkan, ada sekitar 18 tata letak papan yang berbeda dan diklasifikasikan berdasarkan tingkat kesulitan. Cukup beragam pilihannya, bukan? Kita tinggal pilih bentuk yang disukai. Kalau saya lebih senang mahjong dengan bentuk piramida, lebih terlihat tumpukan kotak-kotaknya.
 
Biasanya sebuah bidak memiliki sisi terbuka untuk dapat memainkannya. Agar semua kotak bisa terbuka, kita pun harus membuat sisinya terbuka agar bisa dipasangkan. Permainan ini juga memudahkan pemainnya, loh! Karena setiap potongan kotak yang bisa dimainkan, apabila disorot akan muncul warna kuning di sisinya. Asyik, kan?
 
b. Free Online Hidden Objects Game
 
 
Hidden Objects Game adalah permainan objek tersembunyi yang lumayan tingkat kesulitannya. Di masing-masing level terdiri dari objek, angka dan perbedaan fitur di masing-masing level dari 10 level.
 
Ketika menemukan objek yang tersembunyi maka kita akan mendapatkan 500 poin.  Selain itu kita juga akan mendapatkan poin 200 untuk setiap nomor tersembunyi dan 200 poin untuk setiap menemukan perbedaannya. Skor yang didapatkan di setiap level juga tergantung dari seberapa cepat kita menyelesaikan teka-teki tersebut. Kita akan mencetak 3 poin untuk setip detik yang tersisa.
 
c. Play Free Candy House Match 3 Game Online

 
Cara main Candy House ini pun cukup mudah. Kita hanya diharuskan menukar 2 item untuk mencocokkan minimal 3 item yang sama dalam kolom vertikal atau horizontal. Atur strategi agar kotak dengan warna yang sejenis berjejer panjang. Semakin banyak item sejenis yang berjajar akan menghasilkan potongan power up yang bisa menghancurkan potongan lain pada baris atau kolom yang sama.

Game ini terdiri dari 50 level dan diberi batas waktu. Setiap level memiliki tata letak yang berbeda. Semakin tinggi level maka rintangannya pun semakin banyak dengan adanya beberapa bagian yang posisinya terkunci. Hal ini memberikan tantangan tersendiri. Seru!
 
Itulah tiga permainan yang sudah saya nikmati. Semakin tinggi level yang kita mainkan maka tingkat kesusahannya butuh effort untuk menyelesaikannya. Jadi semakin tertantang juga, dong! Hehehe

Kesimpulannya, meskipun kegiatannya di rumah aja tidak akan membosankan apabila kita bisa memanfaatkan kesempatan yang ada. Baik itu memasak cemilan, berkebun atau bermain game, bisa jadi salah satu kegiatan menyenangkan di rumah. So, bagaimana dengan sobat semua? Apa saja kegiatan kalian yang bikin betah di dalam rumah? Sharing, yuk!
 
Salam takzim


Post a Comment

15 Comments

  1. Wah main game memang hal yang paling pas untuk mengusir kebosanan. Kadang rumah memang tempatnya pulang walau kadang membosankan. :)

    ReplyDelete
  2. Ya ampun, kok saya gak ngeh ya di website Solitaire ada Free Online China Mahjong Solitaire Video Game. Coba cari ah.

    ReplyDelete
  3. Denger nama solitaire ingat games kartu jadoel saat masih komputer tabung, hehe

    ReplyDelete
  4. Saya juga kalau lagi bosen biasanya nonton film atau main game klo gak banyak kuota, main game di solitaire.org cukup menantang juga ya, china temple hidden object games ini juga saya suka :)

    ReplyDelete
  5. Kalau menilik definisi introvert ini, sepertinya saya cenderung ke introvert, meski masih bisa bersosialisasi dg banyak orang juga pada waktu2 tertentu. Terima kasih tips2nya ya mba..

    ReplyDelete
  6. Waaah China Temple ini juga salah satu game favoritku kalo lagi nyantai di rumah. Enak, mainnya gak perlu install-install di HP yaa

    ReplyDelete
  7. zaman aku dulu solitaire itu identik dengan permainan game kartu deh kayaknya ya...hehe... sekarang mah macam2 pastinya yang jelas permainan yang asyik sendirian ...:D

    ReplyDelete
  8. kalau aku, kegiatan menyenangkan dirumah itu rebahan sambil main game.. hahaha.. nikmat banget! btw, aku juga suka main game solitaire

    ReplyDelete
  9. emak2 kalau dirumah ga bakalan mati gaya. haha....7 kegiatan diatas emang asyik kalau ga diganggu orang. main solitaire sering bgt waktu kerja dulu. kalau bosan ngetik2 kerjaan hiburannya yg solitaire ini.

    ReplyDelete
  10. Aku kalau di rumah selalu memanfaatkan waktu untuk main game mbak. Game apapun itu baik di HP atau laptop, tiada hari tanpa main. Apalagi setelah kenalan sama game online seperri Solitaire.org ituu

    ReplyDelete
  11. seru sekali yaaa main game online klasik gini, aku suka tuh yang hidden objects, seru dan happy aja kalo berhasil nemuin hidden objectsnya

    ReplyDelete
  12. Aku gak tau masuk introvert atau apa tapi emang skrng lbh suka berada di rumah hahaha
    Ya ampun Solitaire ini bener2 permainan legendaris yaa :D
    Lumayan juga nih buat jadi media hiburan kalau pas bosan dan gabut di rumah, selingan selain ndrakor :D

    ReplyDelete
  13. Membereskan rumah tuh emang jadi salah satu pilihan kegiatan aku saat di rumah mba :) apalagi hasil rumah jadi bersih sehingga nyaman juga

    ReplyDelete
  14. Poin no 6 paling sulit nih kak. Membereskan rumah. Hahaha.

    ReplyDelete
  15. Kegiatan di rumah sangat menyenangkan apalagi kalau lagi free. Btw main solitere juga oke mbak, fun apalagi bareng teman.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^