Cara Mudah Atasi Stres

Stres Akibat Pandemi

Pandemi Covid-19 memang belum mereda, tetapi aktivitas kita sudah mulai agak leluasa lagi, bukan? Namun meskipun sudah agak leluasa kita tetap harus menjalankan prokes saat berkegiatan di luar rumah. Setelah selama hampir dua tahun kita terpaksa harus melakukan semua kegiatan di rumah aja, apakah semua itu berdampak pada kehidupan kita?

Cara Mudah Atasi Stres

Tentu saja! Bahkan WHO memperingatkan bahwa kesehatan mental bisa jadi dampak berkepanjangan yang diakibatkan dari pandemi. Kesehatan mental atau stres bisa berasal dari beberapa aspek. Bisa diakibatkan terkait pengangguran, kecemasan terkait keuangan atau adanya pembatasan sosial.

Wajar saja apabila masyarakat merasa stres akibat bosan selama pandemi. Semua orang merasa kebebasannya terenggut. Tidak boleh keluar rumah bisa membuat orang merasa bosan, kesepian, terisolasi hingga menimbulkan kecemasan.

Keadaan ini tentunya tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Semua orang harus berusaha mengatasi stres dan bosan dengan cara yang sehat. Terutama sehat secara mental dapat membuat diri sendiri, orang yang dikasihi dan sekitar kita menjadi lebih tangguh dalam menghadapi keadaan selama atau pasca pandemi.

Mengalami stres bisa mengganggu kegiatan sehari-hari dan bisa menimbulkan penyakit fisik. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan stres bisa memicu resiko seseorang terkena kanker. Ngeri, yak! 

Oleh karena itu, sebaiknya tidak membiarkan diri dalam keadaan stres atau mememdamnya terus menerus. Stres harus diatasi sedini mungkin.

Atasi Stres Dengan Cara Mudah

Berikut ini cara atasi stres secara alami yang bisa dicoba, diantaranya:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Pada beberapa orang, mengonsumsi makanan enak tetapi tidak sehat merupakan pelampiasan saat sedang stres. Makanan yang mengandung lemak dan tinggi gula memang lezat serta bisa membuat hati menjadi sedikit bahagia.

Namun makanan tidak sehat seperti soda, keripik kentang, atau junk food lainnya bisa membuat kadar gula dalam tubuh meningkat. Naik turunnya kadar gula secara mendadak bisa menimbulkan dampak stres dan gangguan kecemasan. Oleh karenanya usahakan untuk selalu mengosumsi makanan sehat agar tubuh dan pikiran tetap sehat.

2. Latihan Pernapasan

Cara menghilangkan stres berikutnya yaitu melatih pernapasan. Latihan mengubah cara bernapas dengan teknik pernapasan yang tepat. Melatih pernapasan dengan teknik yang benar dapat membuat otak dan tubuh menjadi lebih rileks hanya dalam waktu singkat.

Latihan pernapasan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, caranya yaitu:

  1. Menghirup udara dalam hitungan satu hinnga tiga. Tarik napas hingga memenuhi perut
  2. Menahan napas selama satu detik lalu dihembuskan secara perlahan selama hitungan satu hingga tiga.
Semua rangkaian latihan sebaiknya dilakukan di tempat terbuka dengan suasana yang nyaman sehingga bisa membuat perasaan lebih rileks.

3. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Alihkan perhatian dengan melakukan hal yang menyenangkan, sehingga rasa bosan atau masalah yang menjadi sumber stres bisa terlupakan. 
Hal menyenangkan seperti apa? Kita bisa melakukan yang menjadi hobi kita, contohnya berkebun mengurus tanaman, memasak kue cemilan atau panganan kekinian, menulis atau membuat kerajinan tangan. Semua hobi itu bisa membuat pikiran lebih tenang dan jauh dari stres.
 
Atasi stres dengan menulis
Atasi stres dengan kegiatan yang menyenangkan seperti menulis
 

4. Meditasi

Meredakan stres juga bisa dilakukan dengan melakukan meditasi selama beberapa menit setiap harinya. Cara melakukan meditasi juga cukup mudah, lakukan beberapa langkah berikut ini:
- Duduk tegak beralaskan matras, karpet atau lantai
-  Memejamkan mata dan ambil napas perlahan sambil mengucapkan kalimat afirmasi yang positif bagi diri sendiri.
- Selanjutnya rasakan pikiran-pikiran negatif keluar secara perlahan dari pikiran.
 

5. Olahraga

Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh saja, tetapi dipercaya dapat juga menurunkan stres. Berolahraga membuat hormon stres menurun dan memicu produksi endorfin. Hormon endorfin sendiri merupakan hormon yang dapat memperbaiki suasana hati dan bisa berfungsi sebagai pereda nyeri alami.
Selain itu, olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.
 

6. Merawat Hewan Peliharaan

Sobat memiliki hewan peliharaan di rumah? Tahukah sobat, memiliki peliharaan bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres?
Berinteraksi dengan hewan kesayangan akan memicu otak melepaskan oksitosin. Merawat hewan peliharaan dianggap baik karena bisa membuat pikiran kita aktif untuk hal-hal yang menyenangkan.
Keluarga kami sudah sejak lama memelihara kucing. Bermain bersama hewan peliharaan begitu menyenangkan bagi kami. Selain itu ada manfaatnya memelihara kucing bagi anak.
 
Atasi Stres dengan Memelihara Hewan
Atasi stres dengan memelihara hewan seperti kucing
 

7. Bermain Game

Pada umumnya orang bermain game untuk menghibur dan menghilangkan stres. Pilihlah game yang sedikit lebih santai untuk menenangkan pikiran dan meredam stres yang ada di pikiran. Kini di internet tersedia banyak game yang santai dengan alur cerita yang tenang tanpa kita perlu berpikir keras saat memainkannya.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres. Semakin sering kita melakukan hal-hal tersebut bisa membuat pikiran dan hati tenang sehingga stres pun bisa dihindari.
 

Website Plays.org

Berbicara tentang bermain game, beberapa waktu yang lalu saya menemukan website game yang praktis dan mudah digunakan. Apakah itu? Namanya plays.org.

Nah, saya bisikin tentang plays.org ini ya...
Website game ini adalah game online gratis berbasis browser dan menyediakan berbagai macam permaianan.

Game online ini didirikan oleh sepasang suami istri yang senang bermain game. Mereka berdua ingin memberikan fasilitas bagi siapa saja yang ingin bermain game dengan cara mudah. Website ini bisa dimanfaatkan bagi siapa saja tanpa harus mengunduh atau upgrade pembayaran. Yes, main game yang ada di plays. org itu, gratis.

Lantas apa saja kelebihan plays.org?
1. Tidak perlu diinstal
Sekarang kita tidak perlu khawatir dengan penuhnya ruang penyimpanan gawai. Plays.org tidak perlu diinstal. Kita bisa langsung masuk websitenya dan memilih permainan yang kita sukai. 

2. Dapat dimainkan di smartphone dan desktop
Semua permainan yang ada di plays.org bisa dimainkan baik di desktop atau di smartphone. Khusus untuk bermain di smartphone, kita harus menyesuaikan layar ponsel dalam bentuk landscape untuk beberapa permainan.

3. Tanpa register atau sign in
Bermain game jadi lebih simpel karena tidak perlu register atau sign in terlebih dahulu. Tanpa mendaftar kita bisa memainkan permainan di sana. 

Tapi .....
Kalau mau mendaftar pun boleh, kok! Kelebihannya kita bisa menyimpan game tertentu yang sudah kita mainkan. Saat berpindah browser atau ganti desktop kita tinggal sign in lalu bisa melanjutkan permainan yang sudah pernah dimainkan.

4. Beragam pilihan permainan
Di beranda plays. org kita bisa menemukan banyak pilihan permainan. Bahkan di Bulan Januari 2021, jumlah pemainan di sana telah mencapai 1000 jenis permainan. Banyak sekali, bukan?

5. Loading time cepat
Sebagian besar game yang tersedia, dibuat sebagai aplikasi web Javascript ringan sehingga loading time cepat.  Sebaiknya selalu menghapus cache di web browser apabila hendak bermain  lagi supaya loading nya lebih cepat.

6. Petunjuk sebelum permainan
Untuk memudahkan pengguna, setiap kita memilih permainan, akan ada petunjuknya terlebih dahulu. Dengan begitu pengguna bisa lebih mudah memainkan game.

7. Review
Sebelum mulai bermain kita juga bisa melihat hasil ulasan pemain sebelumnya. Berdasarkan hasil ulasan tersebut, pengguna dapat menentukan permainan mana yang akan dimainkan.

Nah itulah beberapa keunggulan website permainan plays.org. Bermain di website tersebut sangat menyenangkan dan bisa mengatasi stres. 

Pengalaman Bermain di Plays. org

Saya lebih memilih menikmati permainan yang simpel, tidak terlalu menantang dan jenis permainan yang sudah saya kenal sejak dulu. Beberapa permainan ini sering saya mainkan sejak masih sekolah dahulu.

1. Mahjong Deluxe 
Permainan mahjong ini merupakan game yang paling saya sukai. Mahjong merupakan permainan dengan karakter tradisional Cina berbentuk ubin. Permainan yang membutuhkan ketelitian mata kita untuk menghabiskan ubin yang bertumpuk dengan cara memasangkan gambar yang serupa.
 
Atasi Stres dengan Bermain Mahjong Deluxe
Mainan ini menggunakan 18 desain level menarik yang berbeda seperti monumen, arena, gurita, kura-kura, kuil, piramida, mercusuar, burung dan laba-laba.
 
Saya memainkan game Mahjong Deluxe dari level terendah dulu, berikut ini permainan saya yang baru setengah jalan. Rasanya mendapat tantangan tersendiri mencari pasangan gambar dalam waktu yang sudah ditentukan.

Bermain Mahjong melepas stres

 
2. Classic Solitaire 
Semua orang bisa memainkan permainan kartu Klondike Solitaire dengan mudah. Baik orang dewasa maupun anak-anak. Permainan ini menyusun kartu sesuai dengan urutannya. Lakukan pada semua kartu hingga kartu habis dan tersusun.
 
Atasi Stres dengan Bermain Classic Solitaire
 
Sebenarnya kalau menurut saya, bermain classic solitaire ini gampang-gampang susah hehehe. Keliatan mudah karena tinggal mengurutkan kartu dari angka 2 hingga kartu As. Tapi yag susahnya kalau kartu yang kita perlukan tidak tersedia, dan ketika dikocok tidak mau muncul juga, tamatlah sudah :))

Bermain Solitaire atasi stres

3. Mr. Bean Matching Pairs
Merupakan permainan kartu memori kartun animasi. Cara bermainnya dengan menyesuaikan gambar yang sama. Terdiri dari  empat tingkatan yang menampilkan karakter dari serial Mr. Bean.
 
Atasi Stres dengan Bermain Matching Pairs
Permainan mencocokkan gambar itu sebenarnya beragam, hanya saya memilih Mr. Bean Matching Pairs karena senang dengan tokoh karakternya. Berawal dari film Mr. Bean kemudian lanjut, deh, bermain dengan karakter yang ada di film tersebut.
 
Bermain Mr. Bean Matching Pairs atasi stres

Permainan ini memiliki level yang menunjukkan penghitung waktu. Pemain dapat mengambil waktu selama yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan permainan.
 
Nah, ketiga permainan tersebut hanyalah contoh permainan yang saya mainkan di plays.org. Pada kenyataanya masih banyak lagi permainan yang dapat dinikmati dan bisa membuat pikiran jadi lebih tenang. Bermain permainan yang sederhana tanpa harus berpikir keras bisa mengatasi rasa bosan selama di rumah saja.  

Untuk sobat yang ingin juga main bisa langsung mengunjungi situs tersebut. Tidak perlu diunduh dan tanpa iklan, loh! Jadi kita bisa bermain dengan tenang tanpa gangguan iklan.
Salam takzim


Post a Comment

31 Comments

  1. Pas stress dan frustrasi memang sulit banget, tapi hal yang bisa melampiaskan amarah ya game. Selain menenangkan juga menghibur, kayak ada kepuasan juga setelahnya.

    ReplyDelete
  2. Pembunuh stress terampuh bagi saya adalah olahraga.. Semakin banyak keringat, semakin hilang rasa stress

    ReplyDelete
  3. Stres diatasi dengan main game...asyiik...apalagi kalau game-nya ringan, banyak pilihan, termasuk game kesukaan jaman ((muda)) pun ada, wah, bahagia!! Plays memang salah satu solusi ampuh atasi stres nih

    ReplyDelete
  4. Wow, beneran me time yang asyik! Udah gitu ada juga main game, biar stres terhalau sempurna hehehe :) Meskipun udah ibu2, kita juga butuh relaksasi ya mbak :) Kepengen ah coba main di play org juga seperti mbak Nurul kembaran nih namanya hehehe :D

    ReplyDelete
  5. Dari no 1-7 kayaknya perlu banget aku coba.
    Apalagi no 7, haha. Suka banget aku tu main games buat ngilangin stress.
    Apalagi kalau gamesnya seru-seru kaya di plays.org gini. Betahh deh

    ReplyDelete
  6. wah iya, pandemi seperti ini memang memicu stres ya mbak
    untungnya banyak cara ya untuk meredakan stres ini
    salah Satunya dengan bermain game di plays ini

    ReplyDelete
  7. Yes kak...masa pandemi kayak sekarang sangat rentan kena stress..Ternyata banyak juga ya aktivitas yang bikin reda stress..

    ReplyDelete
  8. Masa pandemi ini tidak satu atau dua hal saja yang membuat kita stres. Banyak banget sumber stres nya. Dan cara terbaik tentu saja mencari sumber tersebut dan mengatasinya. Kalau sudah tidak bisa diatasi seperti pqndemi di luar kekuasaan kita, tentu saja harus berpasrah. Melakukan hal-hal sehat seperti yang di atas lalu main game

    ReplyDelete
  9. MasyaaAllah, terima kasih tipsnya, Mbak, saya jadi paham terutama tentang plays.org.
    Saya coba ah :D

    ReplyDelete
  10. aku uda coba plays.org mba..
    aku suka karena mudah dimainkan di PC/laptop. Ini lebih nyaman buatku daripada main di HP (ehehe, beda2 sih tiap orang ya...)

    ReplyDelete
  11. Stres jangan dipelihara, tapi ditenggelamkan ke laut dalam :D
    7 cara yang sudah mbak paparkan di atas, kerap jitu buat atasi stres, tinggal pilih dan lakukan. Yak, main game juga bisa atasi stres, bagi yang hobi/suka ngegame.

    ReplyDelete
  12. Main games memang paling nyaman release stress ya, Mba. saya pun kalau puyeng sama rutinitas pasti main games.

    ReplyDelete
  13. Kalo lagi stres memang solusinya jeda ya mbak. Aku biasanya pilih rebahan, itu yang paling gampang. Kalo nggak nonton ato main game. Plays.org ini banyak banget pilihan gamenya ya

    ReplyDelete
  14. Kalau saya mengatasi stress dengan tidur mbak heuheu biasanya lebih manjur, biasanya didahului dengan membuang semua pikiran yang mengganggu dengan mindfullness itu mbak. habis tidur biasanya saya lebih fresh dan bisa melakukan aktivitas lainnya.

    ReplyDelete
  15. Cara mengatasi stress yang ampuh buat saya memang ngegame. Jelang akhir tahun gini, kerjaan luar biasa banyaknya. Pulang kerja seringnya nyempetin ngegame. Di plays.org ini banyak banget ya pilihannya. Mau ngegame yang ringan juga oke, mau yang rada berat juga ada.

    ReplyDelete
  16. Stres, depresi, frustrasi dan aneka penyakit turunannya tuh berbahaya bgt! Karena ngga hanya nyerang mental, tapi fisik juga bisa kena.
    Yap, sepakaatt bahwa kita kudu menemukan dan mengaplikasikan cara yg efektif utk hempas manja rasa stres!

    ReplyDelete
  17. Aku selalu berusaha jauh-jauh deh dari stres, mba. Makasih informasinya mba. JMain games juga beneran bisa jadi pilihan mba biar jauh jauh dari stres :)

    ReplyDelete
  18. Bersyukur sekarang sudah bisa berakatifitas keluar seperti biasa ya mbak dengan tetap prokes, jadi tidak jenuh lagi. Gamenya ini kayak yang di hp jadul gitu ya tanpa iklan atau diunduh. Kalau kayak gini sih asyik, selain bisa mengurangi stress tentu gak ribet mainnya.

    ReplyDelete
  19. Aku tuh sering loh di rumah main game, selain emang biar gak bosan juga jadi lebih tertantang gitu. Karena biasanya yang ku mainkan beberapa game anak laki, hehehehee

    ReplyDelete
  20. Sejak pandemi memang bikin otak kadang terdistraksi dengan berita beragam yang bikin pusing. Jangan sampai stres, kudu nyari hiburan ya mbak. Aku juga main game sekarang, padahal udah lama kutinggalkan. Demi mengusir stres, mainnya juga di plays yang aman karena nggak perlu donwload

    ReplyDelete
  21. Terhibur banget yaa..
    Allah menciptakan virus dan membuat kita semua harus dirumahaja, tapi obatnya pun ada di sekitar kita agar tidak stres. Salah satunya adalah dengan bermain dengan kucing dan bisa main di plays.org

    ReplyDelete
  22. Kecuali poin merawat hewan peliharaan, aku cocok nih ama tipsnya. Benar2 bisa bikin mood bagus. Kalau aku sih ditambah nonton film/ drakor dan skincare-an. Auto adem hatinya..

    ReplyDelete
  23. Wah aku lakuin semua tuh mbak penghilang stres di atas. Mulai dari berkebun, menulis, pelihara hewan, main game. Ya alhamdulillah ngaruh sih.

    ReplyDelete
  24. Kalo baca ini kayaknya mudah yah atasi stres padahal kenyataannya susah, hehehe. Terima kasih ya mak ulasannya, saya sepakat semua. moga kita gak stres yang lama deh

    ReplyDelete
  25. Pandemi memang cukup bikin stress ya mbak. Makanya kudu pinter2 mencari banyak aktivitas ketika kegiatan kita masih lbh banyak di rumah kyk skrng ini. Salah satunya dengan selingan main game jg sih kalau aku. Gak perlu game yang berat dan rumit. Yg ringan2 aja kalau dimainkan juga lumayan bantu redakan stress hehehe

    ReplyDelete
  26. Ya ampuun ini game ingat banget apalagi favorit saya mahjong bisa sampai seharian deh maininnya.

    ReplyDelete
  27. Stress dengan main game boleh juga tuh, tetapi gamenya yang ringan-ringan saja. Dan paling penting tidak disela dengan iklan.
    Eh, game-game di play.org tidak ada iklannya kan ya?
    Wah, asyik sekali apalagi tidak perlu diinstal. Keren ini.

    ReplyDelete
  28. Saya mencoba melakukan meditasi sejak pandemi, memang bikin pikiran jadi lebih rileks, overthinking jadi berkurang ditambah hiburan main game di plays org pula, tambah turun stresnya

    ReplyDelete
  29. Di HP ku tuh dah ga ada app game krn kepenuhan. Kalo bisa main game tanpa instal app kaya gini asik juga nih.

    ReplyDelete
  30. Jadi kangen nge-game nih mba, udah lama banget kayaknya saya nda buka hp maupun laptop untuk main games. Selama ini ngilangin stres dengan olahraga yang memang efektif banget bikin hati tambah ceria plus badan jadi bugar.

    Boleh juga nih nyobain play dot org, permainannya khas games jaman dulu yang sering kumainkan. Mahjong ini seru loh untuk mengisi waktu.

    ReplyDelete
  31. Bene, saya juga santai aja kalau anak-anak main di Plays.org karena gak ada iklan aneh2. Yang penting udah saya pilihkan game kategori tertentu kemudian mereka bebas explore jenis permainannya. Anak-anak plg suka game strategi karena bikin geregetan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^