Tribelio Sarana Pemasaran Andalan

Dulu saya memiliki pemikiran jika seorang penulis buku itu cukup hanya menulis saja. Kirimkan naskah pada penerbit, dan kalau disetujui bisa langsung diterbitkan. Cukup, begitu saja. Selanjutnya ya, menulis naskah buku lagi.

Penulis dan Pemasaran Buku
 
Nyatanya di dalam dunia kepenulisan, pekerjaan penulis tidak hanya berhenti ketika naskah ditulis kemudian diedit oleh editor. Penulis juga harus memiliki kemampuan membuat promo karya tulis mereka untuk dapat ditemukan oleh para pembacanya.
 
Dalam sebuah grup penulis buku, hal ini sudah menjadi perbincangan yang sering kami bahas. Di beberapa kelas bincang editor, sudah ada penekanan dari penerbit bahwa penulis harus bisa mempromosikan karyanya. Bahkan ada beberapa penerbit yang sebelum menerima naskah memeriksa media sosial penulis terlebih dahulu. Mencari tahu apakah penulis suka posting hal-hal yang berkaitan dengan kepenulisan atau tidak?

Selama ini saya gak terlalu fokus beraktivitas di sosial media. Belum bisa mengatur waktu yang pas, hiks. Kalau sudah ada kerjaan nulis, ya, biasanya gak bisa lama-lama di media sosial. Begitu juga sebaliknya. Inginnya, ya, bisa mempromosikan buku dengan cara yang praktis dan tertuju pada target market.

Alhamdulillah sekarang saya dapat cara lebih praktis dan mudah untuk promosi buku sekaligus membangun branding di aplikasi berupa situs web. Saya kini bisa menggunakan landing page sebagai tempat promosi di dunia maya. Ya, kini saya bisa menggunakan Tribelio. 
 
Tribelio Page Sarana Pemasaran Andalan

Tribelio Page


Tribelio page kini bisa membantu saya untuk bisa menjangkau target market yang lebih luas. Tribelio adalah satu layanan berbentuk platform yang membantu pemilik bisnis membangun bisnis online berbasis komunitas. Selain itu tribelio page adalah penggabungan fungsi antara landing page, facebook dan email marketing.

Denny Santoso membangun Tribelio pada tahun 2018 dan mulai diluncurkan pada tahun 2019. Sebagai seorang ahli digital marketing, Denny Santoso melihat penggunaan sosial media semakin sering digunakan sebagai tempat berbisnis online. Oleh karenanya dengan dibangunnya Tribelio, dapat mempermudah pebisnis untuk mengelola prospek menjadi konsumen loyal. 
 
Denny Santoso Digital Marketing Indonesia
Sumber gambar: Denny Santoso. com

Tribelio sendiri dibuat mengikuti framework basic dari bisnis online yaitu awareness, edukasi dan transaksi. 

Awareness

Menggunakan Tribelio kita bisa membuat konsumen mampu mengenali, mengingat produk yang ditawarkan. Konsumen bisa lebih mudah mengingat nama, gambar, logo atau slogan yang dipromosikan oleh pebisnis online. Fasilitas yang disediakan oleh Tribelio untuk mendukung awareness yaitu landing page builder.

Landing page itu sendiri merupakan halaman website yang memuat menu-menu yang memudahkan konsumen untuk melihat dan memutuskan untuk membeli produk yang kita tawarkan. Menu yang tersedia pada landing page yaitu deskripsi produk, bonus yang sedang ditawarkan, garansi dan sistem pembayaran yang digunakan.

Tersedianya menu-menu tersebut selain memudahkan konsumen juga bisa menghemat waktu pemilik usaha ketika menjelaskan produk atau jasanya. Landing page builder Tribelio menyediakan fitur A/B testing yang bisa diandalkan oleh pebisnis online. Fitur tersebut memungkinkan kita membuat 2 landing page sejenis dengan desain tampilan yang berbeda. Sehingga kita bisa memilih tampilan yang paling menarik dan disukai.

Edukasi

Tahap selanjutnya setelah awareness yaitu edukasi. Yang dimaksud edukasi di sini adalah menjelaskan informasi yang sudah disampaikan pada tahap awareness dengan lebih detil terperinci. Edukasi bisa dilakukan menggunakan email, mengadakan meeting online menggunakan zoom atau menggunakan aplikasi Tribelio. Mengedukasi pelanggan dengan cara tersebut dinilai lebih nyaman dan tidak mengganggu pelanggan.

Berbeda halnya ketika kita menyebarkan informasi produk menggunakan WhatsApp atau Telegram. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Denny Santoso, menyebarkan informasi produk di media sosial dianggap mengganggu dan tidak disukai anggota grup. Sedangkan di Tribelio, selain bisa mengedukasi pelanggan, kita juga bisa mendapatkan list building secara otomatis. Selanjutnya kita bisa mengedukasi secara personal untuk pelanggan yang sudah mulai tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Transaksi

Ketika di tahap awareness dan edukasi sudah berjalan dengan baik maka peluang transaksi pun akan semakin besar. Terjadinya transaksi tentunya menjadi tujuan utama sebuah bisnis. Nah melalui Tribelio transaksi menjadi lebih mudah karena adanya fitur instant payment. Di dalam fitur tersebut, Tribelio juga memberikan reward bagi penggunanya yang telah mencapai jumlah transaksi tertentu.

Platform Pemasaran Tribelio

Semua fasilitas yang disediakan oleh Tribelio tentunya sangat cocok untuk memasarkan produk dan jasa yang saya tawarkan. Di Tribelio saya bisa menjual buku sekaligus menawarkan jasa tulisan di blog. Kita sebagai penggunanya dapat membangun komunitas yang bisa mendongkrak penjualan produk dan jasa.

Sebagai Chief atau pemilik produk, saya bisa berinteraksi dengan konsumen yang pernah membeli buku atau memakai jasa tulisan saya. Karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cara kerja Tribelio seperti gabungan dari Facebook Grup dengan email marketing dan landing page. Penggabungan fungsi tersebut bisa mempermudah interaksi kita sebagai penjual dengan anggotanya. Dengan begitu pelanggan akan semakin percaya dan setia pada produk atau jasa yang kita tawarkan.

Menurut Denny Santoso sebagai Digital Marketing Indonesia, jualan itu membutuhkan komunitas. Keberadaan komunitas dapat mengurangi pekerjaan membuat iklan baru, karena anggota komunitas sudah kenal dengan produk kita.

Pengalaman Membuat Tribelio Page

Tertarik dengan manfaat yang diberikan Tribelio, membuat saya tanpa menunggu waktu lama untuk segera membuat landing page di Tribelio. Cara pembuatannya cukup mudah. Tutorial yang disediakan mudah dimengerti dan dipraktikkan.

Sempat agak bingung juga ketika harus memilih template. Semua templatenya memang bagus tetapi saya harus menemukan template yang tepat dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Akhirnya saya memilih template sederhana yang biasa digunakan untuk jasa freelancer
 
Tribelio Page Nurul Fatkhani

Saya isi keterangan yang menggambarkan produk dan jasa yang akan dijual. Tidak lupa menyesuaikan warna latar belakangnya dengan warna kesukaan saya hehehe…. Selanjutnya menambahkan gambar buku non fiksi seperti Buku Rahasia Bisnis Rasulullah  dan buku anak karya saya serta penampilan blog-blog saya.

Setelah menambahkan nomor kontak yang bisa dihubungi, saya pun memublikasikan page Tribelio saya. 
Jualan Buku di Tribelio
 
Well … dengan membuat page di Tribelio bisa memudahkan saya memasarkan buku dan jasa tulisan. Semoga bisa semakin laris ya … Aamiin Ya Rabbal’alaamiin. 
Bagaimana dengan teman-teman? Sudah punya akun di Tribelio juga? Sharing, yuk!

Salam takzim

Post a Comment

12 Comments

  1. Pemikiran yang sama pas awal jadi penulis, kenyataannya sebagai penulis harus bisa branding diri dan karya juga. Itu pun ga semudah jualan baju di mana orang mudah tertarik beli asal cantik. Baru dengar tentang tribelio ini, mantep terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Keren, Teeeeh. Aku mau bikin juga ah. Hehe.... Beberapa bulan belakangan ini tersadar kalau medsosku, terutama IG, terlalu banyak postingan nonkepenulisan.

    ReplyDelete
  3. Memang betul sih Mbak, memasarkan produk & jasa melalui medsos, sebagian orang merasa tdk nyaman dgn hal tersebut.
    Nah, salut dengan tribelio yang dapat mengedukasi para pelanggan agar tetap nyaman dengan produk maupun jasa yg kita tawarkan.

    ReplyDelete
  4. Keren nihh buat bisnis jadi lebih efektif sekalian untuk program pemasarannya dihandle tribelio ya kak. Mau coba dulu ah ntarr

    ReplyDelete
  5. Awalnya aku ga paham sama Tribelio
    Ternyata pas utak atik jadi tahu kalau semacam landing page buat mancing kolam kolam bisnis digital
    Jadi pengen benahin lagi Tribelio nih yang masih belum sempurna

    ReplyDelete
  6. Ternyata Tribelio ini punya banyak manfaat ya, aku pikir cuman buat landing page atau payment aja. Banyak manfaat dan bikin penasaran buat tahu lebih banyak sih ini

    ReplyDelete
  7. Kok kayaknya menarik? Kayaknya cocok nih mulai mencoba memasarkan buku via Tribelio ini.

    ReplyDelete
  8. Saya doakan usahanya semakin lariss manisss mbak, Insya Allah dengan segala usaha yang mengetahui cara yang tepat penjualan apapun bisa berkembang dengan baik.

    ReplyDelete
  9. Membuat landing page di Tribelio gak susah dan hanya membutuhkan waktu yang singkat yaa, teh.
    Sesimple itu menunjukkan apa yang kita tawarkan pada klien.

    ReplyDelete
  10. Saat teman ngajak gabung di komnuiyfan belajar Tribelio saya udah kebingungan lebih dulu. Apa ini Tribelio? Harus install? Dan banyak pertanyaan lainnya...
    Akhirnya disini tercerahkan juga. Terimakasih ya Teh informasinya

    ReplyDelete
  11. Oh kebayang deh tribelio ini kayak gimana. Auto pengen nyoba nih buat olshop ku. Eh buat karya bisa juga gak ya?

    ReplyDelete
  12. Aku baru tau loh Tribelio itu buatan anak bangsa
    Keren juga bisa jadi landing page buat promosi produk kita

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^