Wednesday, 3 April 2019

Menjaga Profesionalitas dengan Selalu Tepat Waktu


“A professional is someone who can do his best work when he doesn't feel like it”

Semua orang pasti ingin menjadi professional di bidang kerjanya masing-masing, bukan? Begitu juga dengan saya. Sebagai orang yang menekuni aktivitas menulis di blog, menjadi blogger professional tentu sudah menjadi impian saya. 

Berbicara tentang profesionalitas, ada beberapa kriteria yang mencakup segitiga kompetensi. Kriteria yang dimaksud meliputi pengetahuan, keterampilan dan attitude (perilaku).

Pengetahuan tanpa ketrampilan tidak akan berguna. Tanpa ketrampilan pengetahuan pun akan sia-sia, karena hanya sebatas teori saja. Begitu pula dengan attitude yang sama pentingnya. Seseorang yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang hebat, tidak akan disenangi oleh orang-orang di sekitarnya jika tidak memiliki etika yang baik.

Di postingan sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai etika blogger yang baik. Demi profesionalitas, seorang blogger pastinya dituntut memiliki attitude yang baik, seperti selalu tepat waktu.

Seorang blogger dituntut untuk bisa tepat waktu dalam memenuhi semua tanggung jawab pekerjaannya. Misalnya saja, tepat waktu saat mengerjakan tulisan ulasan, tepat waktu saat membagikan postingan di media sosial miliknya dan tepat waktu saat datang ke sebuah acara.

On time datang ke sebuah event merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh saya dan blogger lainnya. Dengan datang tepat waktu, kita bisa dinilai lebih professional dan menghargai pihak yang telah mengundang kita.

Tinggal di kota besar seperti Kota Bandung, membuat saya perlu persiapan matang jika hendak datang ke sebuah acara. Jalanan Kota Bandung yang kian padat, membuat saya harus lebih berhati-hati dalam memperkirakan waktu tempuh. Bahkan seringkali saya berangkat 2 jam hingga 2,5 jam sebelum acara dimulai.

Kita tidak akan pernah tahu apa saja yang akan terjadi di perjalanan, bukan? Jadi harus dipersiapkan sebaik mungkin, deh! Oh iya, dulu saya punya pengalaman yang kurang menyenangkan saat melakukan perjalanan di Kota Bandung. Waktu itu, saya sudah berangkat dari rumah 2 jam sebelum acara. Menurut perkiraan, saya akan tiba di lokasi setengah jam sebelum acara di mulai. Dengan begitu saya bisa istirahat dan melakukan ibadah sholat dahulu.
Namun rencana hanya kita yang menentukan, kenyataan berkata lain. Pagi itu, ada sebuah truk tanki yang terguling di tengah jalan. Hingga menimbulkan kemacetan di mana-mana.

Salah satu cara tercepat untuk sampai ke tempat tujuan hanya menggunakan ojek online. Apalagi setelah melihat di aplikasi, terdapat banyak driver yang stand by di daerah tersebut. Sementara itu, beberapa teman sudah menanyakan keberadaan saya. Untuk menepis rasa khawatir kawan-kawan yang telah menunggu di lokasi, saya kabarkan jika saya akan segera menuju lokasi dengan menggunakan ojek online.
 
menjaga profesionalitas dengan tepat waktu
Ilustrasi Pemesanan
Alhamdulillah, menggunakan motor perjalanan saya bisa lebih lancar. Dan akhirnya bisa tiba di lokasi tujuan meskipun tetap terlambat sekitar 15 menit. Seandainya saya memutuskan untuk menggunakan GOJEK lebih cepat, pasti tidak akan datang terlambat ke tempat acara berlangsung. 

Semenjak kejadian itu, jika menghadapi kemacetan dalam perjalanan untuk menuju lokasi event, saya lebih memilih menggunakan GOJEK agar bisa datang tepat waktu. Karena saya harus bisa menjaga attitude sebagai blogger yang diundang untuk mengikuti sebuah event. Saya harus bisa menjaga profesionalitas.

Tidak hanya saya yang mengandalkan GOJEK untuk bisa melakukan perjalanan dengan cepat. Anak saya pun berlaku sama. Lebih memilih menggunakan ojek online dibandingkan moda transportasi lainnya. Lebih aman dan nyaman saat melintasi jalanan Kota Bandung.

Apalagi kini GOJEK selalu berusaha meningkatkan kualitasnya. GOJEK memberikan pelayanan yang terbaik untuk mitranya dan pengguna layanan GOJEK. Selain itu, ojek online yang memiliki ciri khas atribut berwarna hijau tersebut selalu terbuka menerima masukan dan saran dari masyarakat. Hal itu bertujuan agar GOJEK bisa lebih baik lagi dan memotivasi agar bisa berkembang serta menjadi aplikasi yang diandalkan oleh penggunanya.

Untuk menjadi aplikasi yang diandalkan, GOJEK sekarang memperkenalkan fitur keamanan dan juga strict on boarding prosess, pelatihan driver melalui Rifat Drive Labs serta memberikan pembekalan edukasi melalui mitra driver.
menjaga profesionalitas dengan tepat waktu

Oh iya, ada beberapa fitur baru dan layanan GOJEK yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna layanan GOJEK diantaranya:

1. Fitur Panggil Bantuan Darurat

Fitur ini membuat pengguna merasa lebih aman karena GOJEK kini menyediakan tombol yang bisa digunakan ketika menghadapi situasi darurat. Tombol tersebut berhubungan langsung dengan Unit Darurat GOJEK yang siap melayani 24 jam setiap harinya. Penggunaan tombol panggil bantuan darurat ini bisa membuat pengguna merasa lebih aman jika menghadapi kondisi yang terburuk, seperti mengalami kecelakaan atau penjambretan.

Kabar baiknya Panggil Bantuan Darurat ini sudah tersedia untuk pengguna GO-CAR di seluruh wilayah Indonesia. Semoga segera bisa digunakan di GO-RIDE, juga yak!

Etapi … mudah-mudahan tombol ini gak terpakai, deh! Kita ingin semuanya aman, kan?

2. Fitur Bagikan Perjalanan

Fitur “Bagikan Perjalanan” memungkinkan pengguna membagikan tautan kepada kerabat atau keluarganya melalui media sosial WhatsApp atau Line. Fitur tersebut berisi informasi berupa: titik picup dan drop off, informasi pengendara yang lebih terperinci (mencakup nama, nomor kendaraan, penilaian dan nomor pemesanan), status perjalanan (kondisi sedang menunggu driver, dalam perjalanan atau sudah sampai di lokasi tujuan), dan rute perjalanan yang digunakan oleh pengendara.

Dengan adanya fitur ini, saya bisa lebih tenang saat anak perempuan saya pulang larut dan harus menggunakan ojek online. Karena bisa lebih terpantau oleh saya saat dia bagikan perjalanan yang sedang dilakukannya. Begitu juga jika saya pulang larut saat mengikuti sebuah event blogger, fitur ini bisa digunakan untuk memberitahukan lokasi saya sekarang kepada suami di rumah. Suami pun nggak perlu bolak-balik tanya lokasi saya

menjaga profesionalitas dengan tepat waktu

3. Fitur Driver Jempolan

Selain memperhatikan kenyamanan penggunanya, GOJEK juga mempersiapkan driver-nya dengan baik. Sebagai mitra yang mencerminkan GOJEK, diberlakukan proses rekruitmen yang ketat untuk menyeleksi driver terbaik. GOJEK juga menyediakan modul pelatihan untuk driver, yang berisi informasi tentang cara menggunakan aplikasi pengarah jalan, menaati peraturan lalu lintas, cara merawat kendaraan, dan cara memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan.

Dalam menyelenggarakan pelatihan bagi driver, GOJEK bekerja sama dengan Rifat Drive Labs, yang langsung dibimbing oleh Duta Keselamatan Berkendara yaitu Rifat Sungkar. Sudah 4 tahun terakhir ini, lebih dari 300 ribu mitra pengendara GOJEK yang ada di 20 kota di Indonesia bergabung dalam program RDL Gojek.

Hingga saat ini program tersebut masih terus berjalan dan setiap bulannya diikuti sekitar 10 ribu mitra driver.
Program ini memberikan para driver edukasi tentang pengetahuan (mengenai tanggung jawab, kesabaran dan empati), defensive riding, keselamatan berkendara, pre trip inspection dan sesi praktek.

Tidak hanya itu, GOJEK juga membarikan edukasi kepada mitra driver dengan #Trikngetrip, sebuah program yang menyampaikan pesan melalui cara yang menyenangkan. Tujuannya agar mitra driver bisa memberikan pelayanan yang terbaik dan cara berkendara yang baik.

Program rutin lainnya yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia yang menggandeng para profesional di bidangnya adalah workshop Bengkel Belajar Mitra. Workshop ini membahas topik yang relevan dengan keselamatan berkendara sebagai driver.

Ada juga kabar gembira bagi driver yang telah menunjukkan performa baik dan memiliki kontribusi positif bagi masyarakat, GOJEK memberikan penghargaan Driver Jempolan. Dan tanda penghargaan ini disematkan berupa pin pada jaket driver.

4. Fitur Asuransi GO-RIDE

Bentuk nyata GOJEK dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya diberikan juga dalam bentuk asuransi. Setiap penumpang akan terlindungi dalam perjalanannya. GOJEK memberikan asuransi tersebut untuk pengguna layanan GO-RIDE mulai titik jemput hingga tiba di lokasi tujuan.

menjaga profesionalitas dengan tepat waktu

Asyiknya, fitur ini sudah berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Jadi semakin nyaman saja menggunakan GOJEK untuk beraktivitas di padatnya Kota Bandung. Sekarang saya sudah bisa #uninstallkhawatir saya akan telat saat menghadiri sebuah undangan event. Menggunakan GOJEK bisa cepat, aman dan nyaman.

So … jangan lupa aplikasi GOJEK-nya di update ke versi terbaru ya. Karena nanti ada fitur-fitur terbaru yang bisa diakses dan digunakan.

Menggunakan GOJEK sebagai alat transportasi kini menjadi pilihan saya untuk tetap menjaga profesionalitas. Bagaimanapun saya harus bisa menghargai pihak klien yang sudah mengundang, bukan? Jangan sampai mengecewakan mereka, deh!
                 Salam takzim
 

60 comments:

  1. Happy banget waktu tahu ada fitur Bagikan Perjalanan di Gojek 😍😍😍 Apalagi buatku yang ke mana2 sendirian. Fitur ini mbantu banget 💕

    ReplyDelete
  2. Andalan saya juga nih, mbak.. apalagi saya udah super duper kapok naik sepeda motor sendiri hehe.. payah ya .. gojek mbantu saya kemana mana dengan cepat. Kalo ujan tinggal pilih gocar. Praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, praktis. Tinggal pesan, naik, sampai tujuan, deh hehehe

      Delete
  3. Aku baru tahu adanya fitur-fitur ini. Maklum jarang pakai untuk go-ride ataupun go-car, yang sering itu go-foodnya, qiqiqi...

    Soalnya suami gak ngijinin dianter non-muhrim, alhamdulillah hikmahnya jadi nganter suami.

    ReplyDelete
  4. saya sudah mulai jarang naik angkot. bukan perkara ngetemnya lama. tapi karena mereka jalannya lambat. huhuhu, bisa terlambat saya nanti.

    ReplyDelete
  5. Perlu tuh fittur bagikan perjalanan buat yg suka kemana² sendirian. Saya juga suka pakai goride spy cepat. Walaupun yaa suka takut juga sih kalo ngebut...

    ReplyDelete
  6. Saya semenjak nikah udah juarang pake gojek. Dulu sering tapi belum ada fitur ini, nih. Wah sekarang sudah ada, ya. Kalau nanti saya berpergian sendirian bisa saya share ke suami biar dia bisa cek jg saya ada dimana. Makasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
  7. Walau ada dan bisa motoran sendiri, case-case tertentu malah lebih milih naik GOJEK. Lebih aman dan nggak bingung mikirin rute jalan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...tinggal duduk manis, langsung sampai ya...gak perlu cari jalan

      Delete
  8. Aku belum pernah nyoba fitur baru Gojek ini. Tapi merasa semakin nyaman saja dengan pelayanannya. Ya pastinya seneng, karena Gojek ini benar2 andalanku saat keluar rumah tanpa suami.
    Aku suka nggak kebayang aja survive di Jakarta tanpa Gojek. Secara, aku gak paham utara-selatan. Tapi alhamdulillah, selalu ketemu driver yang baik. Perjalanan juga nyaman dan yang pasti cepat plus ekonomis. Hidup Gojek!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba fiturnya, Mbak. Aplikasinya di-upgrade aja

      Delete
  9. Kebetulan aku jarang pake fasilitas Ojol yang satu ini Teh. Tapi kalau ada fitur keamana kayak gini, rasanya lebih safe aja ya pergi2 terutama kalok sendirian. Thanks infonya ya teh.

    ReplyDelete
  10. Gojek memang sangat membantu ya mbak. Apalagi harganya yang busa dibilang murah lah untuk perjalannan yang cukup jauh.

    ReplyDelete
  11. Wah...semakin banyak ya fasilitas yg disediakan oleh Gojek bagi penumpang maupun bagi pengendara

    ReplyDelete
  12. apapun profesinya kita harus belajar untuk tepat waktu ya,Mba. Saya juga sering menggunakan layanan online ini untuk memudahkan dalam bepergian. Apalagi kalau waktunya sudah mepet. Supaya kita bisa hadir tepat waktu.

    ReplyDelete
  13. Berul mb on time sangat penting buat blogger. Baik saat peliputan atau setor kewajiban. Tentang fitur gojek keren yes, bermnfaat bnget buat pelanggannya. Mksh mb infonya secara lbh sering naik grab...

    ReplyDelete
  14. Saya nih yg masih sering gak konsisten dengan berbagai alasan. Terima kasih alarmnya mbak. Btw... Kok di aplikasi saya gojek agak mahal ya? Heuheu... Tapi paling suka sama gojek tuh mereka suka kasih voucher gofood. Heheh

    ReplyDelete
  15. Sekarang kalau pergi-pergi npesan Gojek jemputnya bisa langsung di depan rumah. Sebelum ada Gojek kudu jalan kaki dulu ke jalan besar sekitar 500 meter. Menghemat tenaga, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, lumayan juga kalau harus jalan kaki sekitar 500 meter ya...

      Delete
  16. Alhamdulillah lebih tenang dan nyaman sekarang yaa pakai gojek.

    ReplyDelete
  17. Membantu banget fitur ini ya mba, jadi ga khawatir ngandelin gojek buat jemput anak pulang les.
    Meskipun cuman di gang sebelah sih, kadang was2 juga kalau dijemput gojek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan fitur bagikan perjalanan, keberadaan anak kita bisa terpantau ya...

      Delete
  18. Gojek adalah fav. transport bunda jd andalan banget utk menjadi seorang blogger yg menjaga punctuality utk tiba on time do acara.

    ReplyDelete
  19. Beneran uninstall khawatir ya skrg pake Gojek. Fitur2nya makin lengkap :)

    ReplyDelete
  20. Saya sudah tenang make gojek sekarang makin tenang dengan fitur baru ini. Uninstalkhawatir banget

    ReplyDelete
  21. Seneng deh ada fitur baru yg sekece ini di gojek. Bikin nyaman dan nggak khawatir juga ya mbk. Makin suka deh pergi kemana mana pakai gojek.

    ReplyDelete
  22. Saya juga selalu berusaha datang tepat waktu. Malah jadinya keseringan nungguin. Kadang-kadang kesel kalau begitu. Tetapi, setidaknya saya tetap profesional karena darang tepat waktu. Pastinya GOJEK juga sering membantu saya untuk datang tepat waktu. Seperti yang saya lakukan hari ini. Datang ke salah satu event naik GOJEK

    ReplyDelete
  23. Profesionalisme itu memang dibutuhkan dalam semua hal ya mbak. Tak terkecuali sebagai blogger. Salah satunya datang tepat waktu di setiap event. Ini yang membuat blogger mendapatkan kepercayaan dari klien yang mengundangnya. Dan saat ini untuk undangan blogger sudah tidak perlu ragu lagi akan takut nyasar atau datang telat, sudah ada abang Gojek yang setia mengantar kita kemanapun. Jadi semakin percaya dengan layanan dari Gojek kalau aplikasinya makin lengkap seperti ini ya mbak.

    ReplyDelete
  24. Penasaran banget buat mencoba fitur terbaru dari Gojek. Keren banget inovasi demi inovasinya :)

    ReplyDelete
  25. Semakin bagus aja ya pelayanan gojek. Orang akan merasa nyaman pastinya.

    ReplyDelete
  26. Benar sekali mbak, menjaga profesionalitas itu penting sekali. Kalau mendapatkan trasnportasi umum agak susah dan sering terkena macet, ada GOJEK ya. Saya sudah install aplikasi GOJEK dan sudah update supaya mendapatkan akses fitur terbaru dari GOJEK

    ReplyDelete
  27. Yeaay! GOJEK punya fitur keamanan dan layanan baru! Keren ih udah bisa Bagikan Perjalanan, jadi kita ga perlu screenshot orderan dan share live location di WA yah. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sekarang gak perlu screenshot dan share location dari WA. Sudah ada fiturnya.

      Delete
  28. Aku nih yang masih susah profesional dengan waktu. Susah buat on time. Tapi dengan Gojek, udah mulai berkurang nih telat-telatnya. Dan aku juga termasuk yang bersyukur banget dengan adanya Gojek. Fitur barunya bikin puas kita para pelanggannya

    ReplyDelete
  29. Mbak, aku juga sering nih datang liputan pakai gojek. buat aku ini membantu banget, terutama jika areanya belum pernah kukunjungi sebelumnya. Paling bisa diandalkan Gojek mah ya.

    ReplyDelete
  30. Sebenarnya ada fitur yang aku idam-idamkan dari Gojek, teh..
    Fitur memilih gender untuk driver.
    Hehehe...

    Siapa tau bisa, someday.

    ReplyDelete
  31. Iyess setuju banget kita harus profesional dengan datang tepat waktu, saya termasuk yang sangat terbantu dengan aplikasi gojek ini.. jadi andalan banget..sejak awal kehadirannya hingga kini aku masih setia lho.. sering banget juga dapat voucher diskon potongan go ride maupun go car.. apalagi ada fitur baru ya mbak.. duh semakin loyal deh saya

    ReplyDelete
  32. Aku inai selalu ngandelin ojek ke mana2 jg. Kalau di sini kudu berangakt minim 2 jam sblmnya kalau gk mau kejebak lalu lintas yg geje. Alhamdulillah ada babang ojol yg bisa diandalkan nganter ke event apalgi pas kita buta tempatnya dmn hehe. Fitur terbaru gojek bagus dan membanfu banget ya mbak

    ReplyDelete
  33. So far aku klo naik Gojek baik-baik aja sih ya ga pernah gimana-gimana tapi dengan adanya fitur baru ini pastinya kita lebih merasa nyaman dan aman aja ya.

    ReplyDelete
  34. Makin nyaman dan tenang dengan berbagai fitur baru yang disediakan oleh Gojek ya. Tau aja deh kalau customer tuh butuh diberikan beragam fitur yang menunjang kebutuhan seperti Bagikan Perjalanan dan Bantuan Darurat.

    ReplyDelete
  35. memang kita suka menyepelekan soal tepat waktu ini ya mbaaa. Dan memang aku suka sebeeel kalau ada yang datang telat muluu

    ReplyDelete
  36. Yup profesionalitas sangat berkaitan dengan disiplin waktu ya mbak. Untuk menjadi blogger profesional pun kita harus bisa memanage waktu dengan baik. Ngomong2 soal Gojek, suka banget deh dengan inobasi terbarunya yang menghadirkan fitur untuk kenyamanan dan keamanan penumpang. So keren banget jadi gak perlu khawatir bepergian dengan Gojek.

    ReplyDelete
  37. Aq baru aja gregetan sama ojol, tapi bukan gojek ya. Njemputnya lama pisan, ternyata dia lagi makan, kenapa gk bilang, kan aq bisa cancel. Padahal tadi keburu banget ngejar jam travel hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, padahal kalau sedang ada kegiatan, gak perlu menerima orderan ya..

      Delete
  38. Salut sama gojek dengan tambahan fasilitas ini, jd sbgai customer merasa jadi lebih aman meski saat pulang malam

    ReplyDelete
  39. Aku setuju banget, pakai gojek tuh emang bikin semuanya jadi lebih mudah ditambahlagi dengan jadi lebih hemat waktu dan bisa lebih cepet dateng ke tempat secara efisien. Aku jadi kangen gojek, diskon makanan etc semuanya ada di gojek ugh.

    ReplyDelete
  40. Iya sih. Aku juga sering mengandalkan gojek kalo motorku gak bisa. Mengusahakan untuk datang tepat waktu. Dan senangnya abang gojek serinhnya bisa diajak kerjasama supaya aku datanf tepat waktu, hehe

    ReplyDelete
  41. Belum install fitur yang ini mbak, pernah ditawarin, tapi aku tuh dasar gaptek, nolak, abis kuatir justru nanti aku dikuntit atau diawasin terus kemana pun aku pergi gitu hehhe justru ini fitur membantu kita kalau ada kejadian yang gak diinginkan ya mbak? oke deh noted.

    ReplyDelete
  42. Fitur Bagikan Perjalanan ini yang saya pakai juga mba kalau pulang larut malam, agar orang rumah tidak khawatir pulang naik apa. Karna jika pulang pakai angkutan umum, pasti rawan hal-hal yang tidak diinginkan. :)

    ReplyDelete
  43. kalau di tempatku belum ada gojek, jadi belum bisa ikutan gunain fitur-fitur kerennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan Gojek segera hadir di kota Mbak Zefy, ya, Mbak

      Delete
  44. PE.er aku nih Mbak, kadang balas email dr clien agak lama durasinya mbak hehehee
    Tapi kadang juga diusahakan gercep dah wkkwkw
    Oh ya, Soal Go-Jek aku juga terbantu nih saat sampai di kota sebelah hehee
    Cepet sampai ke hotel heheee
    TFS ya mbak

    ReplyDelete
  45. Aku ngerasa banget betapa pentingnya tepat waktu, terutama untuk tulisan deadline dan biasanya nyambi jadi buzzer. kalau ngga tepat waktu bisa ngga dibayar. Jadi penting banget nih, menunjang profesionalitas

    ReplyDelete
  46. Gojek fiturnya banyak dan lengkap ya memudahkan sekali bagi yang suka bepergian biar bisa tepat waktu tiba ditujuan. Masalah tepat waktu ini memang termasuk salah satu yang menentukan profesionalitas. Kalau sudah terlambat jelas ya jadi tampak tak profesional.

    ReplyDelete
  47. aku selalu update aplikasi gojek ke versi terbaru lho kak. karena ga mau ketinggalan sama fitur fitur terbarunya yang membantu banget. hehe

    ReplyDelete
  48. "Profesionalisme" sering kali lebih mudah diucapkan daripada dilaksanakan ya. Salah satunya ya masalah tepat waktu itu. Kudu banyakin sabar apa gimana ya? :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^