Friday, 4 October 2019

5 Tips Liburan Singkat Ala Introvert yang Bisa Kamu Ikuti

Ketika mendengar kata ‘introvert’, apa yang pertama kali keluar di benak teman-teman? Meskipun saat ini mulai banyak bermunculan persepsi miring mengenai introvert itu sendiri, perlu diketahui bahwa introvert bukanlah sebuah gangguan, melainkan hanya sebuah personality dari diri seseorang. Sama halnya seperti sifat periang dan pemalu, introvert pun juga dapat disandingkan dengan ekstrovert. Yang satu pandai bergaul dan supel, yang satunya lagi lebih nyaman menghabiskan waktu sendiri dengan kegiatannya sendiri.


Tidak semua introvert gemar menghabiskan waktu di kamar dengan hanya membaca buku, mereka pun juga senang menghabiskan waktu bersama teman-teman dan bercerita mengenai hal-hal yang mereka alami. Bahkan seorang introvert pun juga bisa berbaur dengan banyak orang dan tertawa terbahak-bahak layaknya orang-orang kebanyakan. Hanya saja, ‘menyendiri’ salah satu cara mereka untuk mengisi kembali energi yang telah terbuang tersebut, seperti layaknya mengisi ulang tenaga sebelum bisa kembali terlibat di keramaian.

Identik dengan sendiri, seorang introvert juga bisa lho melakukan liburan singkat untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Mau tahu apa sajakah itu? Yuk kita intip beberapa aktivitas liburan singkat ala introvert berikut ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi.

Liburan Singkat Ala Introvert


1. Menulis

Hampir sebagian besar orang introvert memiliki kegemaran akan dunia tulis menulis. Pribadi mereka yang tidak mudah terbuka dengan orang lain membuat menulis menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan dalam mengungkapkan perasaan dan berkeluh kesah. Tidak hanya melalui buku dan pulpen, seorang introvert juga kebanyakan memiliki blog pribadi yang dapat digunakan untuk menulis kehidupan sehari-hari termasuk liburan singkat yang mereka alami.

2. Mengunjungi Wisata Budaya dan Peninggalan Sejarah
Dibandingkan mengunjungi klub, bar, ataupun hotel bintang lima, sebagian besar introvert akan lebih memilih untuk mengunjungi wisata budaya dan peninggalan sejarah yang bisa menambah wawasan mereka. Khususnya di Jakarta, banyak kok destinasi bersejarah yang dapat dikunjungi, seperti museum Fatahilla, museum Gajah, Monas, dan masih banyak lagi lokasi-lokasi yang bisa dijadikan sebagai media pembelajaran seorang introvert.

 3. Solo Traveling

Banyak yang mengatakan bahwa introvert merupakan kaum kesepian yang sering kali melakukan kegiatan seorang diri, mulai dari makan di restoran, menonton film di bioskop, hingga berbelanja di pasar. Namun kenyataan, introvert bukanlah kaum yang kesepian. Mereka memang lebih nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas seorang diri dibandingkan harus bergerombol.

Bagi mereka, pergi bergerombol bersama teman-teman justru sangat melelahkan dan merepotkan. Maka dari itu, aktivitas solo traveling bisa dijadikan sebagai pilihan. Bila kamu hanya memiliki waktu sedikit untuk melakukan liburan singkat, pilihlah destinasi yang tidak terlalu jauh sehingga memungkinkanmu untuk liburan dalam waktu dua hari atau bahkan satu hari saja.

Desa, pantai, dan pegunungan terdekat bisa dijadikan sebagai pilihan, seperti di pulau seribu, hutan mangrove di Pantai Indah Kapuk (PIK), atau Ancol yang siap siaga memberikanmu ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan dalam waktu sejenak.


4. Berkeliling Dunia Bersama Puluhan Buku

Selain menulis, sebagian besar introvert juga gemar membaca buku. Kamar mereka dapat dipastikan akan ada sebuah rak yang dipenuhi oleh aneka ragam buku yang belum sempat dibaca. Meskipun mereka belum sempat berjalan-jalan keliling dunia, hanya dengan membaca buku saja mereka sudah bisa sampai ke negara yang ingin mereka tuju.

Berdiam diri di kamar dengan dikelilingi oleh tumpukan buku yang belum sempat dibaca bisa dijadikan sebagai liburan singkat yang tepat bagi seorang introvert. Belum lagi bila turut didukung dengan aneka ragam camilan favorit yang tergeletak di samping kursi yang nyaman.
 5. Movie Marathon Di Rumah

Gemar menonton film? Maka melakukan movie marathon dirumah bisa dijadikan sebagai pilihan liburan singkat paling tepat. Apalagi bila kamu menonton sambil duduk di spot favorit dengan ditemani oleh popcorn dan soft drink, wah benar-benar aktivitas liburan yang sangat ideal.

Meskipun merasa bahwa diri kita seorang ekstrovert yang gemar berada dikeliling banyak orang, menghabiskan waktu sendiri sepertinya sangat perlu dilakukan bagi setiap orang. Hal tersebut dikarenakan dengan memiliki waktu sendiri, kamu menjadi memiliki waktu pula untuk merenung dan merencanakan hal-hal yang ingin kamu lakukan di masa depan. Selain itu, menghabiskan waktu sendiri juga bermanfaat dalam mengembalikan pikiran menjadi lebih fresh dan santai.

Tidak hanya menghabiskan waktu sendiri, liburan pun juga merupakan salah satu hal yang sangat perlu dilakukan oleh setiap orang. Mau sesibuk apapun dirimu, sempatkanlah untuk melakukan liburan singkat setidaknya sebulan sekali untuk membuat pikiran, jiwa dan raga kembali fresh. Bingung menentukan destinasi liburan singkat di Jabodetabek? Baca saja informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/liburan-singkat-cek-5-tempat-wisata-unik-di-jabodetabek/

48 comments:

  1. Saya introvert nih mba.. Dan benar sekali langkah-langkah di atas bisa dijadikan rekomendasi untuk liburan singkat :) thanks mba informasinya :)

    ReplyDelete
  2. aku siih plaing suka nulis sama solo traveling soalnya jadi seimbang, kalau nulis mulu pusing, kalau solo traveling jadi buat nutrisi otak :3

    ReplyDelete
  3. Kalau anakku pasti milih nomer 4, soalnya dia kutu buku banget

    ReplyDelete
  4. Sebagai introvert sejati aku suka banget melakukan kelimanya! Hwahahaha! Pas bagian solo traveling kadang suka ditanyain kok sendirian, gak punya temen ya, blablabla. Aku cuma mikir ya ampun emangnya kalo mau ke mana-mana mesti ada temen apa ya? Wahahaha.

    ReplyDelete
  5. Saya introvert, dan saya lebih suka menghabiskan waktu liburan saya di rumah saja. Banyak hal bisa dilakukan di rumah. Asalkan itu pekerjaan yang bisa membuat hati bahagia, itu tak jadi soal.

    Kalau saya, biasanya untuk memanfatkan waktu liburan, dengan menonton film, bisa juga dengan berkumpul bersama keluarga besar, serta membaca buku2 koleksi yang ada di rumah.. membaca2 buku yang belum terbaca juga bisa menyenangkan.

    Dan lagi, setiap orang punya selera liburan yang berbeda beda

    ReplyDelete
  6. Liburan sendirian itu menyenangkan banget loh kak tidak ada yang mengganggu ataupun yang lainnya ya. Sangat merekomendasikan banget nih liburan singkat dan simpel

    ReplyDelete
  7. Aku jadi menganalisis kembali diriku, teh...
    Entah kenapa...sejak punya anak, jiwaku jadi introvert.
    Dulu pas sekolah mah...ekstrovert banget...berasa kemana-mana harus punya temen. Kalo engga, males banget.

    Kalo sekarang...aah, tiap orang punya urusan sendiri-sendiri, jadi gak pernah gantungin diri sama orang lain.
    Semoga selalu diberi kemudahan dan kesehatan...gitu aja yaa, teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lagi mager parah, aku suka banget niih...marathon movie.
      Tapi,
      Alhamdulillah...Allah beri amanah. Jadi fokes ke amanah dulu...berkurangnya jatah menonton, hihi...

      Kangen teteh...

      Delete
  8. Hmmm,, semangat menulis nih yang perlu ditiru ya mbak, karna terkadang gak semudah yang dibayangkan untuk sesemangat menulis ala introvert.

    ReplyDelete
  9. Kalau aku mending movie marathon di rumah. Soalnya kalau gak ada acara dan moodie menulisnya lagi down aku kasih vitamin movie biar semangat.

    ReplyDelete
  10. Aku fifty2 nih. Terkadang introvert. Terkadang ekstrovert. Kl lagi introvertnya kumat, kegiatan diatas lah yang aku lakukan. Sekaligus buat waktu me time. Jadi lebih nyaman buatku

    ReplyDelete
  11. Wah aku bingung introvert or ekstovert but i agree liburan itu penting sesibuk apapun waktu kita

    ReplyDelete
  12. Kalau aku introvert bukan ya? tapi aku ngga berani kalo solo travelling, nulis juga kadang suka merasa lebay, pemalu kali ya?😊

    ReplyDelete
  13. Kadang menjadi introvert itu penting. Menyendiri, menikmati me time, adalah hal yang menyenangkan. Saya pilih no 4 dan 1 Mbak. Kalau traveling sama nonton saya lebih senang bareng2 dengan keluarga. Keren tipsnya. Makasih.

    ReplyDelete
  14. Saya setuju dengan pembahasan mengenai introvert di awal. Saya yang introvert ini sesekali mau hang out dengan teman2 juga. Asalkan temannya klop dan bisa diajak cerita apa saja dan tertawa bersama :D

    Daaan .. menulis adalah liburan terasyik saya. Pengennya gak diinterupsi sama apapun hihihi.

    ReplyDelete
  15. aku ambivert sih Mak.
    Campuran antara extrovert dan introvert
    Kadang sukaaaaa liburan rame2, tapiii aku enjoy aja libur dgn gaya introvert
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  16. Dulu pas belom ngrasain asyiknya ngeblog banyakan no 5, nyetel pilem berseri-seri hihihi. Sekarang banyakan nulis dah bikin tenang hati dan hepi

    ReplyDelete
  17. Yuni adalah seorang yang lebih senang diam di kamar ketimbang harus keluar. Namun sesekali yuni juga mau diajakin nongkrong, nonton bioskop atau sekedar jalan-jalan. Apakah berarti yuni adalah seorang yang introvert? Kok jadi berasa horor ya?

    Hehehe

    ReplyDelete
  18. Beneran deh liburan singkat penting banget.. Gak jarus jauh2 juga sih kalo memang tidak memungkinkan.. yang penting happy.. hehe

    ReplyDelete
  19. Kalau aku termasuk yang mana ya? Aku juga agak kesulitan kalau berhadapan dengan banyak orang. Cenderung diem. Tapi aku juga ngga berani kalau solo travelling.

    ReplyDelete
  20. enak sebenernya ke museum, keliling dunia bersama buku buku baru sambil ngopi, movie maraton apalagi k drama, dan traveling sendirian juga sama asyiknya

    tapi ya gitu bukan hanya introvert yang mau, ekstrover juga kadang perlu menyendiri

    ReplyDelete
  21. kalau membaca ulasan diatas, sepertinya saya introvert. karena jenis liburan tadi yang sering saya lakukan. padahal saya sendiri merasa seorang setengah ekstrovert

    ReplyDelete
  22. Aku sepertinya introvert. Kalau menyendirinya yaa...aku ngeblog, menekuni hobby, ngemal, nonton. Tapi kalo travelling blm pernah. Kepikir masalah keamanan aja sih. Takut kenapa² jauh dr rumah, ngerepotin yg di rumah...

    ReplyDelete
  23. Sebagai introvert, libur baca buku di rumah aja udah seneng banget, meski kalau bisa jalan keluar sndiri juga oke banget

    ReplyDelete
  24. Internet pun butuh yang namanya liburan hihi. Kasih link nya ahh ke papii

    ReplyDelete
  25. Kok saya pernah melakukan kelimanya, jadi apa saya ini introvert? Lah? 🤣

    ReplyDelete
  26. Ah iya, Teh Nurul. Cara liburan di atas itu semua adalah cara liburanku, hihi. Sekali pun harus travelling ke luar (rumah) saya dan suami karena tipe introvert juga jadi kalau mau piknik lebih suka kalau keluarga kami aja gak suka reramean barengan sama keluarga besar atau dengan yang lain. HIhi

    ReplyDelete
  27. Aku sebenarnya nggak terlalu introvert tapi semakin ke sini semakin suka menghabiskan waktu berlibur dengan cara-cara seperti dalam postingan ini. Karena makin tua kali yak, wkwkwk, jadi energinya sudah tidak seperti dulu lagi. Tetapi aku juga masih sering pergi ke keramaian kok. Soalnya masih punya balita, ya, jadi nggak seru juga kalau diajak ke museum terus. Yang ada anaknya malah bosan, kasihan juga dong, liburannya jadi kurang berkesan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, kalau solo traveling aku memang sangat menikmatinya. Sejak dulu malahan. Saat masih single. Rasanya seneng aja mengeksplor suatu tempat sendirian. Terserah kita mau ngapain. Nggak ada yang ngatur2. Dulu seringgg banget pas masih kerja.

      Delete
  28. Postingan yang pas banget ini buat saya. Yes, I am an introvert woman :)
    Tetap pede dan memang tidak merasakan itu sebagai sebuah gangguan. Lha wong memang kecenderungannya di situ.

    So, 4 hal di atas memang saya banget. Hanya yg bagian solo travelling, saya sih enggak begitu. Pas masih gadis sih iyes, sering pergi sendiri. Setelah berpasangan, perginya sering rame2 dg keluarga dan kerabat :)

    Nice info, Teteh.

    ReplyDelete
  29. Saya kayaknya ada di tengah-tengah antara introvert dan ekstrovert deh. Hihi ada sebagian yang saya kurang suka dari kegiatan liburan ala introvert ini. Tapi, saya suka ide tulisannya.. kadang nggak kepikir piknik saking introvert nya..ternyata ada banyak pilihan juga

    ReplyDelete
  30. solo traveling sambil bawa buku kesayang plus notebook kecil untuk sekali-kali langsung menuliskan apa yang dinikmatid r perjalanan...what a perfect trip for an introvert

    ReplyDelete
  31. ini mah saya banget Teh Nurul, saya yang introvert memang sering melakukan hal itu. Tapi tetap saja saya menikmati traveling saat bersama keluarga, meskipun sebenarnya melakukan semua aktivitas yang disebutkan Teh Nurul adalah the best

    ReplyDelete
  32. Dulunya aku introvert mba, mengurung diri di rumah dengan timbunan buku. Tapi begitu udah kuliah dan ikutan kelompok pencinta alam, lama-lama bisa membuka diri. Bisa lebih banyak ngobrol dan ceriwisnya kebablasan mpe sekarang. :)
    Tapi jauh di dalam lubuk hati, waktu yang ternyaman memang di kala sendirian. Masih ada sisa2 menikmati kesendirian dari jaman kecil dulu kayaknya.

    ReplyDelete
  33. Waah ini kayak list caraku menikmati liburan deh. Serius. Aq kalau liburan mah aktivitasnya ya salahs atu diantara lima kegiatan ini. Enak gitu menghabiskan waktu dengan diri sendiri.

    ReplyDelete
  34. saya movie marathon kak. duh lama gak kayak gitu. paling lama 2jam pas anak bobok, huhu. baca buku pun kudu pas sama2 baca buku juga biar dapat feelnya. anak dikasih buku jg biar gak panggil2 mulu

    ReplyDelete
  35. Berarti saya termasuk introvet ya, Mba. Karena apa yg ditulis diatas itu saya banget. Dan hiburannya bener banget tuh. Lebih tenang kalau mojok seharian di perpustakaan. Lebih tenang kayaknya. ^_^

    ReplyDelete
  36. Akupun senenngnya movie marathon di rumah, gak cape dan gak kepanasan hehe..aku pun lebih seneng suasana yang sepi dan nyaman kalo rame kadang suka bikin sutreesss hehhe

    ReplyDelete
  37. Btw aku nih sampai sekarang belum pernah nyobain solo traveling, padahal kepengen banget. Sesekali pengen me time dengan melakukan solo traveling gitu.

    ReplyDelete
  38. Bener semua mbak. Aku yang termasuk introvet juga seh. Diantara 5 itu, aku gak termasuk yang berkunjung ke museum aja. Kalau aku terpaksa ke museum, biasanya cuma menghabiskan 30 menit seh saking gak tahunya mau ngapain lagi, hahahaha.

    Tapi kalau urusan menulis, dan maraton film di kamar aku banget dah, hahaha

    ReplyDelete
  39. Sepertinya saya bukan introvert, soalnya mudah ada ngobrol ngalor-ngidul sama yang baru kenal. Curhat dan lain sebagainya.

    Ohya memang sih liburan si introvert ini semestinya ditemani buku karena dia akan kesulitan mendapatkan kenalan kalau nggak memulainya.

    ReplyDelete
  40. Kok aku mirip begitu, ya. Apalagi yang menulis, marathon nonton film, makan sendirian di restoran, hahaha.

    Tapi emang lebih asyik sih, jadi lebih tenang dan bisa menikmatinya.

    ReplyDelete
  41. apakah aku termasuk introvert karena aku suka semua tips liburan yang mbak tulis? hahaha..
    apalagi movie marathon dan menulis.
    kalau saya tidak menulis, tapi pasti berkutat dengan tulis menulis. bullet journal, tracking, to do list, menulis diary, hand lattering.

    ReplyDelete
  42. Wah, aku ambivert sebenernya. Di tengah-tengah ekstrovert dan introvert. Jadinya seneng yang rame, tapi kadang menikmati sendiri juga. Tapi karena faktor biaya, aku liburan lebih banyak marathon Nonton film atau drakor. 😅

    ReplyDelete
  43. Saya yang solo traveling masih belum punya nyali. Soalnya kemampuan navigasi saya parah dan ga kenal arah. Jadi masih belum berani nyoba

    ReplyDelete
  44. Aku aslinya dulu pun introvert dan lebih suka dengan buku di kamar. RAsanya dunia begitu berwarna, hihihiii. Sejak menikah udah mulai terbuka dan bisa mengakrabkan diri dengan beberapa orang, yah tetep sih milih-milih

    ReplyDelete
  45. Dulu aku pun merasa nyaman pergi-pergi sendirian aja. Sekarang mulai nuaman pergi bareng keluarga :)

    ReplyDelete
  46. Kalau aku paling nyaman ya pergi sama keluarga. Rasanya selain nyaman, ada kebahagiaan tersendiri. Kalau pergi ramai-ramai ya harus sama sahabat yang akrab, kalau gak aku gak nyaman

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf, untuk menghindari SPAM, komentarnya dimoderasi dulu, yaa ^~^